8+ Unsur Unsur Musik Beserta Penjelasannya {Lengkap}

8+ Unsur Unsur Musik Beserta Penjelasannya {Lengkap}

Unsur Musik – Musik adalah sebuah lantunan syair yang sangat merdu sekali dan juga dapat dinikmati dengan sangat enak, selain dengan syair yang baik sebuah musik tentunya memiliki sebuah unsur yang dimana dengan adanya unsur tersebut musik akan terasa hampa. Berikut ini adalah Unsur musik :

Pengertian Musik

Unsur Musik

Musik dapat diartikan sebagai susunan bunyi-bunyian yang dirangkai sedemikian rupa dalam sebuah ritme dan melodi hingga menjadi satu kesatuan yang harmonis.

Pengertian Menurut Para Ahli

Unsur Musik
Unsur Musik

Ada beberapa pengertian musik menurut para ahli. Berikut pengertian musik menurut beberapa ahli.

Sunarto

Sunarto. Menurut Sunarto musik adalah bentuk penafsiran dari isi hati manusia yang dituangkan ke dalam bentuk bunyian dengan ritme dan melodi yang memiliki keselarasan sehingga tercipta suatu bentuk keindahan.

David Ewen

David Ewen. Menurut Ewen, seni musik adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang harmoni dan melodi yang diciptakan oleh nada-nada hasil vokal maupun instrumental sebagai bentuk pengekspresian sisi emosional seorang manusia.

Jamalus

Jamalus. Menurut Jamalus, seni musik adalah bentuk ungkapan perasaan serta pikiran dari seseorang yang dituangkan ke dalam bentuk komposisi lagu yang berisikan unsur-unsur seperti melodi, irama, harmoni, dan juga ekspresi sehingga menjadi satu kesatuan.

Reed dan Sidnell

Menurut Reed dan Sidnell, seni musik adalah bentuk cabang seni suara yang memiliki unsur melodi, ritme, dan harmoni serta timbre.

Fungsi Musik

Unsur Musik

Musik memiliki beberapa fungsi dalam kehidupan kita. Berikut beberapa fungsi dari musik, yaitu

Sarana Pengekspresian Diri

Sarana pengekspresian diri. Musik sebagai bentuk pengekspresian jati diri adalah sebuah fungsi dimana musik menjadi wadah dan sarana bagi para seniman musik untuk dapat mengekpresikan emosi dan perasaan mereka melalui media suara dan lagu.

Sarana Hiburan

Sarana hiburan. Musik memang sudah diketahui sebagai salah satu bentuk hiburan. Alunan melodi dari musik mampu membuat orang-orang merasakan berbagai emosi meskipun tidak secara langsung diungkapkan.

Sarana Upacara Adat

Sarana upacara adat. Musik sudah sejak lama dikenal juga sebagai sarana dalam upacara-upacara adat seperti perkawinan, keagamaan, kematian, kelahiran, dan bahkan upacara kenegaraan.

Sarana Pendidikan

Sarana pendidikan. Musik juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan bagi para siswa untuk mempelajari mengenai musik dan elemen-elemennya. Terkadang musik juga digunakan oleh pemerintah untuk mengingatkan para siswa tentang cinta tanah air. Contohnya adalah dinyanyikannya lagu Indonesia Raya saat upacara bendera pada hari senin.

Sarana Pengiring Tari

Sarana tari. Seni musik dan seni tari sebenarnya adalah satu kesatuan karena tarian tidak dapat dilakukan atau terasa kurang dalam penjiwaan jika tidak diiringi oleh musik. Musik dan tari memiliki bentuk ritme yang mirip satu sama lain menjadikannya semakin terlihat harmonis.

Jenis Musik

Unsur Musik
Unsur Musik

Ada beberapa jenis musik dilihat dari perkembangannya dari zaman ke zaman. Berikut tiga jenis musik dalam masa perkembangannya.

Musik Tradisional

Musik tradisional. Jenis musik yang pertama adalah musik tradisional, musik ini merupakan jenis yang paling tua karena merupakan warisan dari generasi ke generasi.

Salah satu ciri khas dari musik tradisional adalah masih menggunakan bahasa daerah, menggunakan alat musik tradisional seperti gamelan, karawitan, angklung, dan lainnya, belum memiliki notasi atau masih berbentuk musik yang sangat sederhana.

Contoh musik tradisional adalah musik Gambang Kromong yang berasal dari Betawi yang merupakan perpaduan antara budaya Betawi dan Tionghoa. Ada juga musik keroncong yang merupakan musik asli Portugis dan masuk ke Indonesia ketika masa penjajahan. Musik keroncong menggunakan alat musik gamelan dengan tambahan seperti seruling, biola, gendang, ukulele, dan lainnya.

Musik Kontemporer

Musik kontemporer. Musik kontemporer merupakan jenis musik yang populer di era 1990-an. Jenis musik kontemporer memiliki ciri-ciri nada yang kompleks, memiliki tempo dan irama yang bervariasi, dan menggabungkan banyak instrumental di dalamnya. Musik kontemporer menekankan pada kebebasan si pencipta musik dalam mengeksplorasi musik. Contoh musik kontemporer adalah dj, dubstep, trance, dan lainnya.

Musik Modern

Musik modern. musik modern adalah bentuk musik yang sering kita dengarkan sehari-hari. Seni musik yang satu ini memiliki bentuk penyajian yang lebih modern dengan menggunakan alat musik modern dan melibatkan teknologi di dalamnya. Contoh musik modern adalah EDM, KPop, Hip-Hop, Rap, dan lainnya.

Macam-Macam Genre

Unsur Musik
Unsur Musik

Musik sendiri dibagi menjadi 9 genre musik yaitu klasik, blues, jazz, funk, reggae, hip hop, pop, rock, dan dangdut. Berikut penjelasan dari masing-masing genre musik.

Klasik

Klasik. Musik klasik mulai berkembang pada abad ke-2 sebelum masehi. Berawal dari musik-musik di negara Mesir dan Cina, yang kemudian mulai berkembang dan meluas hingga mendapat pengaruh dari daerah Babilonia, dan terus berkembang menjadi musik keagamaan pada gereja-gereja yang sering dimainkan saat upacara keagamaan berlangsung.

Saat itulah musik klasik masuk ke benua Eropa dan mulai berkembang menggunakan alat musik yang lebih berkembang seperti biola, piano, cello, brass, harpsichord. Beberapa tokoh dunia yang berperan dalam menyebarluaskan musik klasik adalah Wolfgang Amadeus Mozart, Ludwig Van Beethoven, Georg Friedrich Handel, Franz joseph Haydn, dan Franz Schubert.

Ciri-ciri dari musik klasik adalah instrumen yang digunakan adalah instrumen yang lebih sederhana, tiga nada yang dibunyikan secara bersamaan atau homofik, adanya peralihan antara tempo accelerando dan ritardando, adanya peralihan antara dinamik decrescendo dan crescendo.

Blues

Blues. Genre musik blues mulai berkembang pertama kali di Amerika Serikat pada abad ke-19. Nama blues diperkenalkan sejak tahun 1910 dan genre ini muncul dari lagu-lagu yang sering dinyanyikan para kaum budak pada masa itu sebagai bentuk musik spiritual. Sebagai bentuk musik religi, istilah blues digunakan sebagai bentuk penerjemahan untuk perasaan melankolis atau frustasi dan sedih.

Musik blues juga sering dikaitkan dengan kaum muslim di Afrika Selatan. Ada kemiripan antara musik blues pada masa itu dengan lantunan adzan. Musik blues biasa menggunakan instrumen seperti gitar, gitar bass, saksofon, trombon, piano, klarinet, terompet, vokal, double bass, dan drum.

Ciri-ciri dari musik blues adalah dari liriknya yang biasanya bertemakan religi atau pujian, menggunakan pola call and response dimana lirik lagu terdiri atas 4 baris dengan dua baris awal berisi pertanyaan dan dua baris akhir berisi jawaban. Biasanya musik blues juga dikenal memiliki teriakan atau hentakan hingga menghasilkan irama yang harmonis. Beberapa contoh musisi blues yang terkenal adalah W.C handy, Bessie Smith, Louis Armstrong, Louis Jordan, Robert Johnson, Ray Charles.

Jazz

Jazz. Aliran musik jazz pertama kali mulai berkembang di Amerika Serikat pada awal tahun 1900 an. Musik jazz sendiri merupaakn aliran musik yang menonjolkan ciri khas pada vokal yang unik, gabungan instrumen dan juga tambahan improvisasi dalam setiap permainannya menjadikan musik jazz menjadi sempurna.

Ciri-ciri dari musik jazz adalah ritme dan melodinya merupaakn sebuah improvisasi, vokal termasuk ke dalam instrumen bunyi, improvisasi dalam musik jazz tidak ada yang berulang, memiliki harmoni yang rumit, dapat dipadukan dengan genre musik lainnya.

Aliran musik jazz banyak menggunakan alat musik seperti gitar, trombon, piano, terompet, gitar bass, biola, clarinet, dan saksofon. Beberapa musisi jazz yang terkenal adalah Michael Buble, frank Sinatra, Indra lesmana, Erwin Gutawa.

Funk

Funk. Aliran musik funk lebih dikenal dengan aliran musik Afrika-Amerika. memiliki ciri-ciri yaitu ritmenya sering terpotong-potong singkat, dominasi oelh alat musik perkusi, suaras gitar yang tajam, memiliki unsur jazz, irama yang dikeluarkan memiliki ciri khas Afrika. Musisi funk yang terkenal adalah James Brown,  Earth Wind And Fire, Tower of Power, Kool and The Gang, The Brother Johnson, Red Hot Chili Peppers, dan Stevie Wonder.

Aliran funk merupakan aliran musik yang memperlihatkan semangat kaum muda. Hal ini terlihat dari ritmenya yang upbeat dan danceable cocok bagi para anak muda pada generasinya.

Reggae

Reggae. Reggae dan Jamaika merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan, hal ini dikarenakan memang dari sanalah musik reggae dilahirkan. Musik reggae sudah ada sejak tahun 60an tetapi baru berkembang pesat sekitar tahun 70 an. Musik reggae merupakan perpaduan antara musik tradisional mento, musik jazz, dan r&b, juga musik ska dan rocksteade.

musik reggae memiliki ciri-ciri liriknya merupakan pola call and response, temponya yang lambat, ritme musik reggae dihaasilkan dari gitar dan piano, memiliki gaya ritmis skank. Musik reggae juga identik dengan warna hijau, kuning, dan merah. Beberapa musisi reggae yang terkenal adalah Bob Marley, Toots adn The Maytals, Tony Q. rastafara, Souljah, Coconut treez, Cozy Republic, Coconut Head, dan Gangstarasta.

Hip Hop

Hip Hop. Musik hip hop adalah musik yang tumbuh di kalangan masyarakat Latin-Amerika dan Afro-Amerika pada tahu  70 an. Musik hi hop menggabungkan rap, djing, breakdance, dan graffiti di dalamnya. Salah satu ciri khas dari hip hop adalah bahasa slang yang digunakan, beatboxing, juga fashion dan gaya hidup.

Alat musik yang digunakan dalam musik hip hop adalah turntabel yaitu semacam alat untuk memutar vinyl, synthesizer, dan mixer dj. Berikut beberapa musisi musik hip hop adalah Iwa K, Bondan Prakoso & Fade 2 Black, Saykoji, Eminem, LL Cool J, dan Notorius Big.

Pop

Pop. Musik pop adalah musik yang paling sering diputar di publik. Hal inilah yang menyebabkan musik pop mendapat julukan sebagai musik populer. Mmusik pop sendiri sangat mudah untuk diikuti karenan ciri khasnya yaitu pengulangan lagu atau lirik. Musik pop sendiri mulai berkembang pada tahun 60 an. Ada beberapa musisi pop legendaris yang membantu mengembangkan musik pop sehingga menjadi setenar seperti sekarang yaitu The Beattles, di Indonesia sendiri ada Dara Puspita san Ernie Johan.

Musik pop dibagi lagi menjadi 3 jenis yaitu musik pop standar, pop kreatif, dan musik pop balada. Ciri-ciri musik pop adalah melodinya yang ringan sehingga mudah diikuti, Liriknya yang mudah diingat, harmoni dan tempo yang sederhana.

Rock

Rock. Musik rock merupakan aliran musik yang populer pertama klai pada awal tahun 50 an. Pertama kali diperkenalkan oleh Fat Domino. Musik rock awalnya terbentuk karena pengaruh dari musik blues dan musik country. Musik rock pertama kali berkembang di Amerika Serikat dan Eropa. Dalam perkembangannya musik rock telah berubah menjadi beberapa sub genre seperti soft rock, galm rock, haevy metal, hard rock, punk rock, hardcore rock, alternative rock, dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri dari musik rock adalah lirik lagu yang ekspresif, beat yang keras, didominasi oleh gitar listrik, cakupan nadanya cukup luas, memiliki struktur chord dan tempo yang kompleks.

Dangdut

Dangdut. Musik dangdut merupakan genre musik yang merupakan perpaduan budaya antara Arab, Melayu, dan Hindustan. Ciri khas yang ada pada musik dangdut adalah cengkok yang ada pada vokal. Alat-alat yang sering digunakan pada musik dangdut adalah seruling, gendang, dan tabla. Nama dangdut sendiri diambil dari Dang yang meruapakn bunyi dari gendang dan Dut yang merupaakn bunyi hentakan drum.

Ada beberapa sub genre dari musik dangdut yaitu dangdut original, dangdut rock, dangdut pop, dangdut house, dangdut jaipongan, dan dangdut koplo. Beberapa musisi dangdut adalah Rhoma Irama, Elvi Sukaesih, Evie Tamala, Cici Paramida, dan masih banyak lainnya,

Unsur Musik

Unsur Musik
Unsur Musik

Ada 8 unsur yang membetnuk suatu musik yaitu melodi, irama, birama, tangga nada, harmoni, tempo, dinamika, dan timbre. Berikut penjelasan lebih lanjut masing-masing unsur pembentuk musik.

Melodi

Melodi. Melodi adalah tinggi rendah dan panjang pendeknya suatu nada. Melodi terdiri dari pitch atau timbre, durasi, dan tone. Pitch merupakan suatu rangkaian not yang dilambangkan dengan huruf A hingga G, rangkaian not tadi dimainkan dalam selang waktu yang disebut durasi. Rangkaian not tersebut dihasilkan dari suatu alat yang menghasilkan bunyi disebut tone.

Irama

Irama. Irama atau ritme merupakan ketukan di dalam musik. Ritme mengatur pengulangan bunyi, panjang pendek, dan pergantian tekanan dalam sebuah lagu. ritme merupakan rangakaian dasar penyusun musik. Irama akan membawa kita menikmati sebuah musik dengan bergerak mengikuti alunan lagu atau yang disebut dengan perasaan ritmis.

Birama

Birama. Birama adalah jumlah ketukan atau ayunan yang diulang dan terattur dalam suatu lagu. Birama biasa ditulis dengan 2/4, ¾, dan ⅔. Birama yang memiliki nilai genap disebut dengan birama bainar, sedangkan yang memiliki nilai ganjil disebut dengan birama ternair.

Tangga Nada

Tangga nada. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun teratur. Ada tangga nada diatonik yaitu tangga nada yang terdiri dari 7 nada dan memiliki jarak ½ dan 1. Yang kedua adalah tangga nada pentatonik yang terdiri dari 5 tangga nda pokok saja. Tangga nada pasti memiliki suatu tangga nada lain yang mengikutinya bisa lebih rendah atau lebih tinggi.

Harmoni

Harmoni. Harmoni adalah susunan dan hubungan antar bunyi yang membentuk keselarasan. Harmoni memiliki dau buah elemen yaitu interval dan akor. Interval adalah susunan tiga buah nada yang dibunyikan secara bersama-sama sehingga terdengar harmonis. Sedangkan akor adalah bunyi yang dimainkan mengiringi melodi. Keduanya harus berjalan beriringan.

Tempo

Tempo. Tempo adalah ukuran kecepatan suatu birama lagu. Ukuran dari satu tempo adalah beat yang berarti adalah satu ketukan per menit. Tempo dibagi menjadi beberapa yaitu

  • Largo atau lambat sekali
  • Lento atau Lebih lambat
  • Adagio atau lambat
  • Andante atau sedang
  • Moderato atau agak cepat
  • Allegro atau cepat
  • Vivace atau lebih cepat
  • Presto atau sangat cepat

Dinamika

Dinamika. Dinamika menentukan penghayatan dari suatu lagu apakah plagu tersebut memiliki aura kesedihan, agresif, bahagia, maupun datar. Dinamika merupakan tanda untuk memainkan volume nada. Ada juga yang disebut dengan Crescendo yaitu penanda musik dimainkan secara keras dan decrescendo yang berarti musik dimainkan dengan pelan. Ada beberapa istilah dalam dinamika yaitu

  • Piano, p: lembut
  • Pianossiomo, pp: sangat lembut
  • mezzo piano, mp: setengah lembut
  • Mezzo forte, mf: setengah keras
  • Forte, f: keras
  • Fortissimo, ff: sangat keras

Timbre

Timbre. Timbre adalah warna bunyi. Timbre merupakan kualitas saura yag dihasilkan oleh sumber bunyian. Timbre satu alat musik tentunya akan berbeda dengan alat musik lainnya.

 

 

 

Leave a Comment