Umpan Ikan Cendro

Umpan Ikan Cendro  – Sebelum kita memancing ikan cendro kita harus mengenal lebih dulu apa itu ikan cendro.

Ikan Cendro (Crocodile Needlfish) memiliki nama latin tylosurus crocodilus berasal dari genus Tylosurus dan family Belonidae. Ikan ini termasuk dalam golongan hewan karnivora, ikan ini memakan ikan lain yang lebih kecil darinya.

Dengan bentuknya yang ramping dan panjang hampir menyerupai  belut serta sirip punggung yang berada di bagian belakang tubuhnya tepatnya mendekati sirip ekor.

Ikan ini juga memiliki sirip ekor yang berbentuk huruf V dengan sirip ekor yang lebih luas pada bagian bawah nya. Panjang ikan ini bisa  sampai 1 sampai 1,5 meter.

Dengan warna punggung biru gelap sampai kehijauan dan bagian  sisi tubuh sampai bagian bawah yang bewarna perak terang.

Dan Ikan ini juga memiliki bentuk kepala  yang runcing dan memanjang lengkap dengan gigi- gigi tajam yang menyrupai jarum-jarum panjang.

Manjadikan ikan ini salah satu ikan karnivora yang berbahaya bahkan bagi manusia itu sendiri. Dengan bentuk tubuh seperti diatas ikan ini menjadi predator bagi para ikan kecil yang berada di permukaan dan karang karang. Ikan ini dapat bergerak dengan cepat serta menerkam mangsanya dengan mudah.

Ikan Cendro hidup di perairan yang yang terdapat terumbu karang dan dekat dengan permukaan yang tenang. Seperti di selat, teluk , dan semua kawasan perairan yang dangkal lainya. Selain karena jumlah mangsa yang melimpah ikan ini juga menghindari pemangsa yang lebih besar.

Ikan ini biasanya dicari untuk digunakan sebagai umpan untuk ikan yang lebih besar serta dapat pula dijadikan bahan makanan yang lezat.

Tetapi ikan ini juga berbahaya bagi manusia, terlebih untuk pemancing yang tidak berhati hati saat memancing ikan ini. Dengan bentuk tubuh dan kepalanya ikan Cendro dapat melukai manusia bahkan ada beberapa kasus yang sampai menyebabkan luka fatal.

Setelah mengenal tentang ikan  ini kita bahas bagaimana cara memancing yang benar supaya kita aman dan mendapat hasil saat memancing ikan Cendro. Untuk memancing ikan ini kita memerlukan umpan hidup , umpan mati dirasa kurang efektif untuk memancing ikan cendro.

Ikan cendro dapat pula dipancing dengan teknik casting, dengan menggunakan umpan ikan cendro berjenis softlure, swimmer, dan umpan lain yang memiliki action jenis floating.

Ikan ini memiliki rahang berbentuk menyerupai moncong kecil yang memiliki deretan gigi yang menyebabkan sangat sulit untuk kail bisa menancap pada rahang ikan cendro.

Dan walau masuk sekalipun ikan ini masih memiliki gigi yang dapat memutus senar pancing kapanpun. Saat ikan ini menggigit kail  sebaiknya jangan langsung di tarik. Cukup tunggu sampai ikan nya menelan umpan yang kita berikan dan kail menancap dengan sendirinya.

Umpan Ikan Cendro

Berikut beberapa contoh umpan yang cocok untuk memancing ikan cendro sebagai berikut:

Umpan Ikan Cendro Udang

Umpan Ikan Cendro Udang Basah

Umpan Ikan Cendro Udang Basah

Udang sangat cocok digunakan sebagai umpan ikan Cendro,udang digunakan sebagai umpan karena hampir setiap jenis ikan laut menyukai udang untuk dimakan.

Jenis udang yang digunakan untuk umpan adalah udang putih yang masih segar. udang putih yang sudah busuk tidak bisa lagi dipakai untuk memancing ikan cendro. Udang ini rentan sekali membusuk jika di tempat kan pada area terbuka.

Ikan cendro yang masih segar memiliki warna bening, lebih baik menjaga kualitas udang putih dengan meletakan nya pada sebuah ember yang memiliki sirkulasi udara secukupnya dan tidak terlalu terbuka atau bisa juga dengan aerator yang berfungsi sebagai pengganti udara yang diletakan pada box berisi es.

Umpan Ikan Cendro Cumi-Cumi

Umpan Ikan Cendro Cumi-cumi

Gambar Cumi cumi Basah

Selain udang tadi, cumi-cumi juga dapat digunakan sebagai umpan ikan Cendro. Ikan cumi yang digunakan harus lah masih dalam keadaan segar supaya ikan cendro tertarik untuk memakanya. Cumi – yang masih segar tidak memiliki bau amis layak nya ikan yang sudah mati serta warnya masih cerah.

Cara menjaga kualitas cumi cumi hampir sama seperti udang putih tadi. Cukup dimasukan kedalam wadah yang bersuhu rendah seperti kotak es dan semacam nya.

Tapi bedanya cumi – cumi harus dibungkus plastik terlebih dahulu. Cumi-cumi yang masih segar  diikat dengan benar pada kail agar terlihat alami. Hal tersebut dapat membuat ikan cendro memakan umpan yang telah kita dapatkan. Cara mengikatnya cukup dengan mengaitkan  kail di bagian ujung.

Umpan Ikan Cendro Teri

Umpan Ikan Cendro Teri Basah

Umpan Ikan Cendro Teri Basah

Ikan teri merupakan alternatif yang digunakan untuk memancing ikan cendro, ikan teri cocok digunakan umpan karena ikan cendro merupakan predator yang memangsa ikan ikan kecil yang berada dekat habitatnya.

Gunakan lah ikan teri yang masih segar dan bisa bertahan lama, biasanya ika teri dapat dibeli dengan takaran per kg di pasar. Kamu cukup membeli ikan teri yang masih dalam keadaan segar dan mampu bertahan untuk dibawa dalam perjalanan.

Ikan teri yang digunakan harus berukuran sedang, ikan teri yang berukuran kecil tidak bisa digunakan sebagai umpan karena tidak terlalu terlihat dan menyebabkan ikan Cendro tidak tertarik untuk memakanya.

Kamu harus memperhatikan kondisi ikan teri yang akan dijadikan umpan dan menjaga kualitasnya supaya tetap terjaga.

Ingat!. Ikan cendro hidup di perairan dangkal dan ikan cendro juga merupakan ikan karnivora yang memakan ikan ikan kecil yang hidup di sekitar karang.

Kalian bisa memancing ikan cidro di tempat tempat seperti dermaga, tebing karang, ataupun pemecah ombak jika anda memancing di tepi pantai.

Kalian juga harus memilih spot memancing di perairan yang tenang, hal ini sangat berpengaruh untuk mendapatkan ikan ini.

Memancing ikan ini sangat dianjurkan pada musim panas karena arus air pada musim itu lebih stabil, dan jika kita beruntung kita bisa melihat langsung ikan berenang di tepian karang.

Kalian juga harus berhati hati saat memancing ikan ini, dengan moncong nya yang berbentuk runcing dan gigi tajam nya yang berderet rapi membuat ikan ini berbahaya bagi kita.

Ditambah kemampuan untuk melompat saat mencoba melepaskan diri dari kail menambah kesulitan dalam memancing ikan ini. Tetapi ini juga merupakan tantangan tersendiri bagi  para pemancing karena terdapat keseruan dibalik kesulitan memancing ikan ini.

Tetapi kalian harus tetap ingat kalau ikan ini sangat lah berbahaya. Banyak pemancing atau nelayan yang terluka akibat ikan ini, bahkan sampai ada yang sampai menyebabkan luka fatal.

Kalian harus berhati hati saat mencoba mengangkat ikan ini dari permukaan air, karena bisa saja senar pancing yang kita gunakan dapat terputus yang disebabkan oleh gigi nya.

Bisa saja saat kita angkat dari air ikan cendro tadi loncat dan malah menusuk atau merobek kulit kita dengan moncongnya.

Penutup

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini, berikan pendapat kalian tentang postingan ini berupa kritik dan saran. Pendapat kalian akan sangat berguna untuk kelanjutan perkembangan web kami.

Terima kasih telah membaca, dan selamat memanacing.