Strategi Marketing Properti Untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Marketing Properti – Halo sahabat, kali ini kita akan membagi ilmu tentang Srategi Marketing Properti.

Apasih marketing itu?Kata properti itu berasal dari bahasa inggris “property” yang memili artinya sesuatu yang dapat dimiliki seseorang.

Di negara kita Indonesia, banyak properti yang identik dengan perumahan, lahan atau tanah, ruko, dan masih banyak lagi.

Banyak hal yang menyebabkan ketidak berhasilan marketing properti. Bukan karena turunnya minat konsumen, tetapi karena strategi yang Anda gunakan kurang tepat.

Setiap hari, hampir semua orang yang ingin menjual sekaligus membeli properti dengan berbagai bentuknya, seperti lahan, rumah, apartemen dan sebagainya. Banyak cara untuk memasarkan properti.

Memasarkan properti bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu secara offline dan secara online.

Memasarkan properti dengan cara offline yaitu dengan cara anda harus menyebarkan iklan di media cetak, membuat marketing tools fisik baik dari brosur, baliho, spanduk dan lainnya.

Memasarkan properti secara Online, anda bisa melalui internet, baik dipasarkan dengan cara mengupload di link portal jual beli online atau property marketplace sites.

Selain itu anda juga bisa menawarkan properti anda dengan cara ini yaitu dengan membuat website khusus untuk properti anda. Pastinya anda telah tau bagaimana membuat website khusus untuk penjualan kan.

Namun, jangan khawatir bagi Anda yang memang belum tahu tentang bagaimanasih cara agar memasarkan properti dengan baik dan benar.

Banyak yang menjadi permasalahan yang selalu mengikuti anda, dan kami akan memberi tips dan saran untuk anda.

Dibawah ini adalah tips dan saran dari kamu untuk anda yang akan berbisnis properti. Selamat membaca.

Strategi Marketing Properti

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan bahan referensi buat anda yang akan menjalankan bisnis properti :

Sebar Brosur Proses Strategi Marketing Properti

Sebar Brosur Proses Strategi Marketing Properti

Sebar Brosur Proses Strategi Marketing Properti

Cara memasarkan perumahan yaitu dengan membuat brosur. Membuat brosur hukumnya wajib.

Dikarenakan brosur merupakan media yang sangat praktis untuk menyebarkan tentang produk anda kepada calon pembeli atau konsumen.

Bikin Spanduk, Baliho, Billboard

Bikin Spanduk, Baliho, Billboard

Selain menyebarkan brosur, spanduk dan baliho juga merupakan marketing tools yang wajib bagi developer.

Properti yang sedang anda jual akan terasa hambar apabila properti anda lupa tanpa dilengkapi spanduk dan kawan-kawannya.

Media promosi dengan cara ini berguna untuk memberikan info kepada calon konsumen bahwa ada perumahan yang sedang dijualkan.

Desain spanduk dan billboard yang eye catching akan membuat mereka merasa penasaran dengan tentang yang apa yang diiklankan.

Bikin Umbul-Umbul

Selain dengan media-media promosi yang tercantum di atas, dengan membuat media umbul-umbul juga merupakan salah satu media promosi yang menggunakan media secara out door.

Yang paling membedakan umbul umbul dengan spanduk, baliho dan billboard yaitu hanya pada desain dan penempatan.

Jika spanduk, baliho dan semacamnya, itu bisa berlokasi di mana saja, akan tetapi kalau umbul-umbul itu dapat ditempatkan di lokasi proyek.

Dan kesan yang dapat ditimbulkan oleh umbul umbul adalah kesan yang sangat baik dan bisa menaik pelanggan.

Bikin Event Pameran

Ketika anda ingin properti anda dikenal oleh banyak orang, maka anda harus memamerkan dan mempromosikan properti anda.Yaitu dengan membuat event pameran terhadap properti anda.

Ketika anda memamerkan properti anda, anda harus memilih tempat yang banyak pengunjungnya.

Pameran harus di tempatkan di lokasi keramaian seperti contoh di pasar, mall atau kantor tertentu yang sudah ditetapkan sebagai target market.

Direct Selling Startegi Marketing Properti

Direct selling merupakan penawaran yang secara langsung kepada konsume.

Dengan Direct selling anda bisa melakukan cara yaitu dengan mengundang para calon konsumen dengan mengirim surat resmi terhadap target yang akan dituju.

Bisa juga dengan mendatangi target konsumen secara langsung dan minta ijin mempresentasikan produk yang anda miliki.

Jika target anda berupa karyawan ataupun karyawati, anda bisa melakukan dengan cara mengirimkan surat penawaran atau menyebar brosur kepada tempat mereka bekerja.

Biasanya bagian yang mengurus tentang penawaran seperti ini yaitu koperasi karyawan. Anda bisa melakukan Direct Selling dengan presentase.

Apabila jika target pasar Anda adalah karyawan pabrik, maka anda juga bisa melakukan penawaran secara langsung ke tempat para pekerja biasa berkumpul.

Selanjutnya, anda juga bisa melakukan yang ini yaitu penawaran dengan cara mengirimkan surat penawaran tentang properti yang anda miliki kepada konsumen yang akan dituju.

Jika anda melakukan penawaran dengan cara ini, maka didalam surat penawaran tersebut harus berisi informasi tentang properti yang anda miliki.

Surat penawaran lebih baik langsung ditujukan kepada calon konsumen dengan menulis namanya secara benar, dengan demikian calon konsumen merasa dihargai dengan adanya personal touch tersebut.

Dengan begitu penawaran yang Anda lakukan tidak seperti penawaran abal abal atau spam.

Posting di Media Sosial

Posting di Media Sosial

Anda bukan hanya bisa menawarkan properti anda dengan menyebarkan brosur atau presentase secara langsung, tetapi anda juga bisa menawarkan properti anda di Facebook.

Facebook merupakan media sosial gratisan yang diperbolehkan untuk memposting apapun dan kapanpun tanpa ada batasan.

Selama postingan sesuai dengan Terms of Service (TOS) facebook memperbolehkan iklan tayang di facebook, tetapi hanya dalam bentuk postingan status.

Media sosial lain yang sangat efektif untuk di gunakan promosi adalah WhatshApp, WhatshApp adalah sebuah aplikasi yang paling banyak digunakan orang di Indonesia bahkan di luar negeri.

Bagi anda yang mempunyai bisnis properti, Bergabunglah dengan grup-grup yang ada di WhatsApp bisnis atau grup apapun dan anda dapat memposting disitu.

Selain dengan menggunakan aplikasi Facebook dan WhatshAp, anda juga bisa beriklan dengan memanfaatkan BlackBerry Messenger (BBM) anda.

Bahkan dampaknya jauh lebih baik daripada aplikasi lannya, karena bisa memasang status gonta-ganti tiap detik dan setiap pergantian itu akan muncul terus di feeds-nya teman BBM kita.

Jika ada yang tertarik maka konsumen tersebut akan menanyakan yang anda statuskan. Lebih baik lagi apabila mengiirim pesan broadcast kepada seluruh kontak kita setiap waktu.

Namun apabila jika ada orang yang tidak suka dengan broadcast yang anda kirim dan merasa terganggu dengan pesan broadcast Anda, mungkin mereka hanya akan mendelete contact Anda, selain itu tidak ada kerugian bagi anda.

Email Marketing Strategi Marketing Properti

Selain mempromosikan proerti dengan media sosial anda juga harus memilik Email yang digunakan untuk marketing.

Beriklan dengan menggunakan email adalah sama halnya dengan menawarkan produk kita secara langsung melalui email.

Nah, ketika anda menggunakan cara ini, tentu saja Anda harus memiliki alamat email beberapa orang yang akan dituju terlebih dahulu dan yang telah di targetkan untuk mempromosikan propert anda.

Bagaimana cara agar anda dapat memilik email para calon konsumen?

Cara yang paling mudah dan sangat tepat adalah dengan cara membuat form di buku tamu, dimana salah satu informasi yang diminta kepada calon konsumen adalah dengan mencantumkan alamat emailnya.

Membuat Blog

Membuat Blog

Selain itu, cara yang selanjutnya dengan membuat blog. Strategi Marketing Properti membuat blog merupakan cara yang sangat efektif untuk memasarkan produk anda melalui internet.

Cara membuat blog itu ada dua macam, yaitu dengan cara gratisan.

Ketika anda memilih yang berbayar, maka anda akan ditagih oleh google dikemudian hari untuk membayar website yang anda buat untuk iklan yang anda taruh di google.

Cara pembayarannya dengan cara anda membeli domain dan sewa hosting. Blog dengan TLD ini sangat dikenal dengan istilah self hosted.

Dengan blog tersebut, dampaknya sangat luar biasa karena dapat memberikan kesan professional daripada di platform gratisan yang terkesan murahan.

Bisa dikatakan dengan punya toko sendiri dibandingkan dengan numpang di toko orang lain.

Datangkan Traffic ke Blog

Anda harus mengenal ilmu yang bernama Search Engine Optimization (SEO) untuk mendatangkan traffic ke blog anda.

Dengan ilmu SEO, anda bisa mengoptimasi blog anda supaya anda bisa berteman dengan robot Google agar blog anda di tempatkan di bagian atas atau sekurangnya halaman satu.

Dikarenakan cenderung semua orang yang mencari di internet lebih memilih yang paling atas terlebih dahulu.

Jika mereka merasa belum menemukan yang mereka cari atau belum puas, maka mereka akan mencari lagi pada website yang tampil di bawahnya, paling banyak hanya tiga teratas yang akan dilihat.

Jadi anda harus bisa agar website anda ada di bagian paling atas, supaya banyak orang yang mengunjungi blog anda dan bisa menghasilkan penghasilan dari properti anda.

Jika mereka tidak menemukan apa yang mereka cari maka mereka akan mencari lagi dengan kata kunci yang berbeda.

Demikian strategi marketing properti yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, dan mulailah bermarketing menggunakan cara di atas. Selamat mencoba.