STRATEGI MARKETING GOJEK | Peran, Fungsi, Tujuan, Jasa Serta Strateginya 2020

Strategi Marketing Gojek – Anda pasti tahu gojek kan ? Sebuah aplikasi karya anak bangsa yang menyediakan jasa transportasi secara online.

Seiring berjalannya waktu kini gojek memiliki banyak pilihan layanan seperti pesan-antar makanan dan pembayaran secara elektronik menggunakan go-pay.

Gojek merupakan salah satu pioner usaha ekonomi kreatif di Indonesia. Nadim Makarim yang merupakan founder Gojek menempuh jalan yang berliku untuk membawa gojek hingga sebesar ini sekarang.

Dulu yang awalnya gojek mengandalkan call center untuk menghubungkan penumpang dan pengemudi gojek. Hingga sekarang akhirnya berkembang menjadi aplikasi dengan 50 juta lebih pengguna.

Pernah kah anda berfikir bagaimana cara gojek memasarkan layanannya hingga berkembang sepesat ini sekarang ? Tentu saja ada suatu “Rahasia” yang digunakan gojek untuk membuat aplikasi ini bertahan hingga kini.

Mari kita kupas tuntas strategi marketing yang telah dijalankan oleh Nadim Makarim atas aplikasi Gojek tersebut.

Dalam hal ini gojek menggunakan konsep public relations dalam pemasaran layanannya. Mengingat gojek merupakan startup dalam penyediaan layanan transportasi secara online.

Maka gojek diharuskan untuk memilih strategi pemasaran yang memfokuskan untuk pengenalan layanan sehingga masyarakat mau beralih dari ojek konvensional ke ojek online.

Strategi Marketing Gojek

Strategi Marketing Gojek

Strategi Marketing Gojek

Konsep public relations memiliki tiga strategi secara garis besar, yaitu :

1. Strategi Push Marketing Gojek

Strategi ini digunakan untuk mendorong pembelian sekaligus memberikan nilai tambah untuk kepuasan pelanggan yang menggunakan layanan perusahaan.

2. Strategi Pull Marketing Gojek

Strategi ini ditujukan untuk mendapat perhatian dari masyarakat atas layanan atau produk yang dimiliki perusahaan bisa berupa iklan dan promosi.

3. Strategi Pass Marketing Gojek

Sedangkan strategi ini dipergunakan untuk menciptakan image atau branding dengan membuat kegiatan sosial maupun ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat.

Jadi strategi inilah yang dipakai oleh gojek untuk pemasarannya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas strategi pemasaran ojek dari awal berdirinya perusahaan berbasis ekonomi kreatif tersebut.

Gojek pertama kali di rintis pada tahun 2010, sosok founder yang dulunya sempat bekerja di perusahaan Zalora akhirnya memutuskan untuk resign dan memulai usaha yakni gojek.

Ide untuk membuat gojek tercetus dikarenakan pengalaman pribadi dari sang founder, Nadiem Makarim ketika itu sering menggunakan jasa ojek konvensional.

Ia kemudian berfikir jika para pengemudi gojek ini dapat terkoneksi dengan mudah dengan penumpang yang membutuhkan.

Ia akan mendapat pendapatan yang lebih besar dibandingkan ia hanya berdiam di pangkalan ojek menunggu penumpang datang.

Apalagi di kota besar seperti Jakarta yang pasti mengalami kemacetan. Maka keberadaan ojek sangatlah diperlukan sebagai solusi untuk keluar dari kemacetan secara cepat.

Namun sayangnya akses pengemudi ojek konvensional dengan penumpang sangatlah minim. Dengan adanya masalah itu Nadiem memberikan sebuah solusi mudah untuk menghubungkan kedua pihak tersebut.

Awalnya ia menggunakan call center untuk menghubungkan antara pihak customer dan pengemudi gojek. Ia merekrut ojek-ojek yang ada di sekitar kediamannya.

Tidak banyak ojek yang bergabung saat itu. Mengingat ide usaha dengan konsep tersebut tergolong baru kala itu sehingga gojek menjadi salah satu startup usaha berbasis aplikasi online di Indonesia.

Seiring berkembangnya gojek, ia menerapkan strategi marketing public relations. Yaitu strategi push berupa referral code. Gojek membuat referral code sebagai salah satu strategi promosinya.

Seperti apa cara kerjanya ? Yaitu dengan memberikan poin gojek untuk pengguna yang menshare kode refferal kepada orang lain. Hal ini sangat menguntungkan pihak gojek.

Secara tidak langsung masyarakat telah membantu pemasaran dari gojek itu sendiri.

Dengan strategi ini ia bisa meningkatkan awareness masyarakat mengenai pentingnya gojek untuk menyelesaikan masalah urgent yang dihadapai oleh masyarakat kota kala itu.

Hal yang juga menunjukkan keberhasilan strategi ini juga bisa dilihat dari gojek yang tidak hanya menarik perhatian konsumen namun juga menarik pengendara ojek untuk bergabung.

Seperti yang dijelaskan di atas problem pertama gojek adalah pengemudi ojek yang terbatas.

Dengan strategi pengenalan kepada masyarakat akhirnya masalah itu bisa teratasi.

Bahkan sekarang pendaftar gojek malah meningkat drastis. Hingga akhirnya gojek memperketat sistem pendaftarannya.

Tolak ukur strategi ini berhasil, bisa dilihat dari brand gojek yang sudah tersebar luas sekarang. Seluruh Indonesia telah mengenal gojek sebagai aplikasi penyedia jasa transportasi secara online.

Selain itu keberhasilan yang dapat kita lihat berupa peningkatan pengemudi serta pengguna aplikasi ojek online tersebut.

Meskipun memiliki kompetitor, gojek menjadi pilihan utama mengingat ia merupakan aplikasi buatan anak Indonesia sendiri.

Selain strategi push berupa kode referral ia juga menggunakan strategi lain yakni strategi pull. Strategi ini berupa penggunaan social media sebagai media promosi.

Mengingat banyaknya jumlah pengguna media sosial di Indonesia saat ini. Kesempatan ini tidak dilewatkan oleh gojek untuk mengenalkan layananya serta memperluas pasar yang akan dijangkau.

Salah satu contoh nyatanya adalah dengan pembuatan meme. Anda sering kan melihat meme atau berita mengenai gojek di website.

Hal itu merupakan strategi gojek untuk memperkenalkan serta mendekatkan aplikasi tersebut dalam keseharian masyakat.

Sehingga ketika masyarakat membutuhkan jasa transportasi online secara cepat. Maka yang terpikir pertama kali adalah gojek.

Karena apa yang sering kita lihat akan mempengaruhi pikiran kita. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah oleh para ahli.

Dan strategi yang terakhir adalah pass marketing. Mengingat  gojek bukan merupakan satu-satunya aplikasi penyedia jasa ojek online.

Masih ada grab yang menjadi kompetitor utama. Untuk menghadapi hal tersebut gojek meluncurkan beberapa langkah strategi yaitu melakukan persaingan tarif serta menambah layanan yang ada.

Seperti Go-Food, Go-Massage dan Go-Send. Hal ini semakin mempermudah pengguna gojek untuk melakukan aktifitasnya.

Selain itu branding gojek yang berkaitan dengan nasionalisme cukuplah  kuat. Bisa dilihat dari nama tag-line gojek yaitu “Karya Anak Bangsa”.

Dengan ini gojek menegaskan bahwa ia merupakan brand atau produk asli dari lokal, Indonesia. Hal ini di gunakan untuk melawan kompetitornya yang berasal dari luar negeri seperti grab yang berasal dari Malaysia.

Dengan memanfaatkan profil seorang foundernya yaitu Nadiem Makarim yang memang berasal dari Indonesia. Gojek mengangkat isu nasionalisme tersebut untuk membranding layanannya.

Sehingga menjadi pembeda atau ciri khas dibandingkan layanan lainnya.

Ketiga strategi pemasaran dari konsep marketing Public Relations ini membuat gojek berkembang begitu pesat.

Di dukung dengan para investor yang berasal dari luar negeri seperti dari PT Astra Internasional hingga pihak google pun telah menyokong dana yang begitu besar untuk pengembangan aplikasi ini.

Kini gojek telah sukses dengan nilai valuasi lebih dari Rp 53 triliun. Pengemudi gojek yang telah terdaftar juga sudah mencapai satu juta orang dengan 125 ribu mitra dan 30 ribu penyedia jasa. Dana yang mengalir di gojek bisa mencapai 100 juta setiap bulannya.

Bisa anda bayangkan bagaimana kekayaan sang founder dengan melihat keberhasilan aplikasi tersebut ? Hal ini tidak lepas dari strategi marketing public relations yang telah diterapkan oleh gojek.

Anda juga bisa mempelajari mengenai konsep marketing public realtions secara lebih lanjut. Mungkin saja anda milyader selanjutnya.

Baca juga : Strategi Branding

Jasa Layanan Gojek

Jasa Strategi Marketing Gojek

Jasa Strategi Marketing Gojek

Ada juga jasa layanan Gojek yang dapat dinikmati antara lain bagaikan berikut.

Jasa Transportasi & Logistik

  1. Go- Ride
  2. Go- Car
  3. Go- Send
  4. Go- Box

Jasa Makan & Belanja

  1. Go- Food
  2. Go- Med
  3. Go- Mart

Jasa Pembayaran

  1. Go- Pay
  2. Go- Bills
  3. Go- Points
  4. Paylater

Jasa Kebutuhan

  1. Go- Life
  2. Go- Massage
  3. Go- Clean
  4. Go- Auto

Baca juga: Strategi Pemasaran

Peran Penting Strategi Marketing Gojek

Peran Strategi Marketing Gojek

Peran Strategi Marketing Gojek

Sahabat tanpa butuh berlama- lama lagi langsung saja ikuti strategi marketing Gojek yang efisien berikut ini.

Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Tiap Pelanggan

Bagaikan pelakon bisnis, Gojek mengartikan pelanggan ataupun konsumennya bagaikan seseorang rekan, team, ataupun apalagi raja.

Oleh karenanya pelakon bisnis di bidang transportasi online satu ini wajib betul- betul dapat fokus pada kosumen yang memakai jasanya.

Sahabat perihal ini untuk lebih baiknya lagi jikalau pelakon para pebisnis transportasi online menyadari bahwasannya kalau pasar menginginkan mereka untuk jadi prioritas dan skala untuk kebutuhan industri.

Memberikan Harga Yang Pasti

Pada dasarnya aktivitas memastikan harga lebih memainkan peranan berarti dalam proses pemasaran.

Untuk harga layanan jasa transportasi tersebut jadi penentu dari seberapa jauhnya konsumen atau pengguna memperhitungkan suatu layanan transportasi online.

Tidak hanya itu, perihal ini juga untuk jadi penentu juga dari proses pembangunan citra.

Penentuan harga apalagi memberikan prespeksi tertentu dari segi mutu. Dimana dalam perihal ini Gojek menetapkan tarif yang sangat terjangkau sekali.

Perihal tersebut dipercaya untuk sanggup membuat konsumen yang sebelumnya memakai jasa ojek biasa saat ini bergeser ke Gojek.

Fokus Pada Perbaikan Strategi Marketing Gojek

Butuh dikenal juga kalau suatu keberhasilan transportasi online dalam bersaing di pasar merupakan perihal yang pantas diapresiasi. Walaupun di sebagian perkotaan besar, layanan yang berbasis online satu ini ditentang.

Tetapi, pada realitasnya hingga saat ini layanan tersebut malah terus menjadi merambat ke seluruh zona.

Apalagi dikala ini Gojek tidak cuma menawarkan layanan jasa pengantar saja, namun juga menawarkan banyak sekali layanan untuk mempermudah kebutuhan para konsumennya.

Tidak heran bila dikala ini telah terdapat 10 juta orang lebih yang sudah mendownload dan menikmati layanan yang mereka tawarkan.

Lebih Peka Lagi Terhadap Kebutuhan Pasar

Strategi marketing Gojek yang yang lain merupakan belajar untuk lebih peka lagi terhadap kebutuhan pasar. Dimana dalam perihal ini, business pemilik nyatanya mempunyai peranan berarti untuk memastikan arah industri.

Dengan begitu untuk nampak secara jelas industri tersebut bergerak ke arah yang lebih signifikan lagi.

Memberikan Update Dan Penyempurnaan

Di era saat ini pasar untuk terus natural pergantian dan bisnis yang berbasis online juga saat ini telah terus menjadi gencar untuk terus tumbuh. Apabila Kamu lamban dalam mengejar kesempurnaan, hingga bersiap- siaplah untuk tertinggal.

Oleh karenanya Kamu wajib melaksanakan beberapa update dan penyempurnaan diwaktu yang pas dan kilat, dengan begitu Kamu dapat mengadakan suatu trend dan pola terkini dalam mengkonsumsi di warga.

Gojek merupakan tipe transportasi online yang dapat dibilang lumayan sukses dalam menghadirkan model bisnis terbarunya, ialah dengan mengombinasikan teknologi dan model bisnis kreatif inovatif.

Bagaikan jasa transportasi online yang berbasis aplikasi, Gojek pas memberikan kemudahan untuk tiap konsumennya.

Memperluas Sasaran Pasar Marketing Gojek

Dalam memberikan layanan yang baik kepada para konsumennya, Gojek nyatanya mempunyai strategi marketing ampuh, ialah dapat menjangkau seluruh golongan dengan gampang dan instan.

Apabila dahulu Gojek cuma dapat digunakan untuk mereka yang tidak mempunyai kendaraan bermotor, tetapi untuk dikala ini Gojek dapat digunakan untuk melaksanakan pemesanan santapan, tiket, belanja bulanan, dan lain- lain.

Fokus Pada Konsumen Journey Dan Experience

Terakhir merupakan fokus terhadap konsumen journey dan experience. Lewat kedua perihal tersebut hingga industri jasa transportasi online satu ini dapat lebih gampang menguasai kebutuhan, harapan, dan kemauan para konsumennya.

Itu maksudnya, Gojek dapat memperoleh konsumen yang setia memakai tiap layanan yang ditawarkannya.

Baca juga : Strategi Investasi Saham

Tujuan Strategi Marketing Gojek

Tujuan Strategi Marketing Gojek

Tujuan Strategi Marketing Gojek

Secara universal terdapat sebagian tujuan strategi marketing Gojek, antara lain bagaikan berikut.

  • Guna tingkatkan mutu koordinasi masing- masing orang dalam team pemasaran
  • Dijadikan bagaikan perlengkapan ukur hasil pemasaran bersumber pada standar prestasi yang telah ditentukan
  • Dijadikan bagaikan dasar yang logis dalam pengambilan keputusan pemasaran
  • Guna meningkatan keahlian menyesuaikan diri bila terjalin pergantian dalam pemasaran

Fungsi Strategi Marketing Gojek

Fungsi Strategi Marketing Gojek

Fungsi Strategi Marketing Gojek

Dan berikut ini merupakan sebagian peranan ataupun guna berarti strategi marketing untuk industri jasa transportasi online, Gojek, antara lain.

Baca juga : Strategi Perusahaan

Tingkatkan Motivasi Strategi Marketing Gojek

Tujuan utama diterapkannya strategi marketing Gojek yang butuh dikenal merupakan bagaikan upaya untuk memberikan motivasi manejemen industri, sehingga dapat berpikir dan memandang masa depan dengan metode berbeda yang kreatif dan inovatif.

Perihal tersebut pastinya sangat dibutuhkan guna melindungi keberlansungan industri jasa transportasi online Gijek di masa yang untuk tiba.

Berarti sekali untuk industri Gojek untuk simak ritme pasar yang terdapat. Tetapi kadangkala kalanya industri juga wajib mempunyai gebrakan- gebrakan baru.

Koordinasi Pemasaran Jadi Lebih Efektif

Pada dasarnya tiap- tiap industri yang terdapat di Indonesia spesialnya mempunyai strategi marketing sendiri, tidak terkecuali untuk industri jasa transportasi online satu ini, Gojek.

Strategi marketing tersebut berperan untuk mengarur arah jalur industri. Dengan begitu dapat membentuk team koordinasi yang solid dan efisien juga pas target nyatanya.

Merumuskan Tujuan Industri Jasa Transportasi Online

Para pelakon bisnis, tidak terkecuali untuk bisnis jasa transportasi online satu ini nyatanya juga mau dapat memandang secara jelas apa tujuan industri mereka.

Dengan terdapatnya strategi marketing yang baik dan ampuh, hingga pelakon usaha untuk sangat terbantu sekali untuk membuat perinci tujuan yang untuk dicapai, baik dalam jangka pendek ataupun juga jangka panjang.

Pengawasan Aktivitas Marketing Gojek

Dengan terdapatnya strategi marketing Gojek, hingga industri jasa transportasi berbasis online tersebut nyatanya untuk mempunyai standar prestasi kerja para anggotanya denga baik.

Sehingga pengawasan aktivitas tiap- tiap anggotanya jadi lebih gampang dipantau guna memperoleh kualitas dan mutu kerja yang efisien.

Cukup sekian pembahasan saya mengenai Strategi Marketing Gojek. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.