STRATEGI KOMUNIKASI | Pengertian, Proses, Tujuan, Definisi, Pesan, Manfaat Komunikasi

Strategi Komunikasi – Komunikasi berperan sangat penting dalam kehidupan kita, baik dalam membentuk hubungan sosial maupun hubungan public.

Komunikasi ini dapat berlaku dalam beberapa macam  komunikasi misalnya komunikasi intrapersonal, komunikasi individu, komunikasi kelompok, serta komunikasi massa.

Komunikasi juga berlaku dalam berbagai bidang komunikasi contohnya komunikasi perusahaan, komunikasi konservatif, komunikasi lingkungan,  komunikasi pendidikan, komunikasi public dan lain sebagainya.

Proses komunikasi yang telah terjadi dalam berbagai bidang dan macam komunikasi. Apabila komunikasi berjalan dengan baik sesuai dengan proses dan tahap-tahapan komunikasi yang rumit dan kompleks.

Hal ini telah disesuaikan dengan pokok-pokok komunikasi yang telah diberikan oleh ilmuan dengan beberapa latar belakang aturan dalam ilmu.

Disebut demikian karena dalam proses komunikasi menyertakan macam-macam pilihan  yang mencakup faktor-faktor pesan dan faktor perilaku, pilihan mengenai tata cara  komunikasi yang akan dipergunakan.

Kualitas komunikator, hubungan antara komunikator dan public, kualitas public, serta keadaan dimana komunikasi terjadi.

Pengertian Strategi Komunikasi

Pengertian Strategi Komunikasi

Strategi komunikasi itu dasarnya adalah perencanaan dan manajemen yang berguna untuk mencapai suatu tujuan.

Pada saat komunikasi anda harus bisa menciptakan strategi komunikasi terlebih dahulu supaya pesan yang akan anda sampaikan dapat menuju target komunikasi yang anda diinginkan.

Baca juga : Strategi Marketing Restoran

Definisi Strategi Komunikasi

Menurut Middleton strategi komunikasi yaitu asosiasi yang paling bagus dari bagian-bagian komunikasi yang dimulai dari komunikator, amanat, saluran media dari penerima.

Sehingga dapat berpengaruh pada efek  yang dirancang guna mencapai maksud dan tujuan komunikasi yang maksimal.

Secara Global Strategi komunikasi ialah bagian yang aktual pada rantaian kegiatan  komunikasi yang berdasarkan dalam suatu metode bagi pengimplemintasian maksud dan tujuan komunikasi.

Sahabat, salah satu metodenya adalah suatu pilihan gerakan  komunikasi khusus bersumber pada strategi yang telah diyakinkan terlebih dulu.

Baca juga : Strategi Marketing Gojek

Tujuan Strategi Komunikasi

Tujuan Strategi Komunikasi

Tujuan Strategi Komunikasi

Memberitahu (Announcing)

Strategi merupakan tujuan untuk menginformasi inti dari pesan yang ingin disampaikan untuk menarik incaran yang gunanya esok akan memberitahukan informasi-informasi penunjang lainnya ke bidang yang sesuai.

Memotivasi (Motivating)

Sesorang melakukan aktivitas yang diawali dengan sebuah dorongan motivasi yang telah dia ciptakan, Nahh maka dari itu strategi ini bakal bertujuan untuk memotivasi seseorang agar melakuan hal yang berhubungan dengan maksud dan tujuan pesan yang hendak akan diinformasikan nantinya.

Mendidik (Educating)

Lebih dari cara memberitahu, strategi yang bertujuan untuk menyimpulkan melalui pesan atau amanat yang akan disampaikan hingga warga ngara atau publik dapat membandingkan baik dan buruknya serta butuh atau tidaknya menerima pesan yang ingin kita sampaikan.

Menyebarkan informasi (Informing)

Untuk mengefesienkan komunikasi, strategi ini bertujuan untuk memperluaskan informasi atau berita secara katagories yang sesuai dengan incaran atau target komunikan yang telah dijelaskan.

Mendukung pembuatan keputusan (Supporting decision making)

Strategi disini bertujuan untuk membuat seseorang berani mengambil keputusan dari rangkaian penyampaian informasi yang didapatnya.

Berikut akan dibahas tentang 4 (empat) komponen penting dalam komunikasi yang menjadi pokok pembelajaran dalam strategi komunikasi.

Komunikator

Komunikator merupakan pihak yang menjalankan proses strategi komunikasi.

Untuk menjabat sebagai  komunikator yang tanggap dan dapat dipercaya oleh komunikate atau target khalayak, maka dari itu seorang komunikator harus mempunyai kemampuan daya tarik serta kredibilitas.

Baca juga : Strategi Perusahaan

Pesan Komunikasi

Pesan merupakan suatu komponen atau pesan yang disampaikan oleh seorang komunikator untuk semua target khalayak atau komunikate dalam strategi komunikasi pastinya memiliki tujuan tertentu.

Tujuan inilah yang akan memutuskan cara komunikasi yang akan dipilih dan digunakan dalam sebuah strategi komunikasi.

Dapat disimpulkan bahwa pesan merupakan materi yang ditujukan kepada orang lain dalam bentuk gagasan untuk suatu tujuan tertentu.

Baca juga : Strategi Investasi Saham

Media Komunikasi

Disini kita kan sudah tahu dan paham tentang macam-macam  pengertian media sosial dijaman yang milenial ini.

Nahh, kesimpulan dari semua pengertian terkait media adalah bahwa media adalah alat yang di pergunakan untuk menyampaikan pesan-pesan komunikasi.

Media komunikasi pada jaman milenial ini tidak lagi ekslusif pada media sosial yang mempunyai macam-macam karakteristik media sosial sendiri-sendiri.

Kehadiran media sosial ini telah memiliki memiliki macam-macam komunikasi baru. Dalam strategi komunikasi ini, kita juga memerlukan dan mempertimbangkan pemilihan media komunikasi yang baik dan benar.

Sehingga kita dapat menjangkau khalayak sasaran dengan tepat dan cepat serta pemilihan media sosial yang tepat untuk memperkenalkan strategi komunikasi.

Pemilihan media komunikasi didalam strategi komunikasi harus disesuaikan dengan maksud dan tujuan yang akan dicapai, pesan-pesan yang akan disampaikan, serta bagaimana teknik untuk komunikasi yang akan digunakan.

Target Khalayak Umum

Dalam strategi komunikasi ini, melakukan pengenalan khalayak sasaran adalah hal-hal penting yang harus dijalankan oleh seorang komunikator.

Pengenalan khalayak sasaran ini akan disesuaikan dengan maksud dan juga tujuan komunikasi. Ada macam-macam komponen yang harus diperhatikan ketika kita akan melakukan pengenalan khalayak sasaran, antara lain :

  1. Kerangka pengetahuan atau frame of reference
  2. Situasi dan kondisi
  3. Cakupan pengalaman atau field of experience

Baca juga : Strategi Pemasaran

Proses Perencanaan Strategi Komunikasi

Menurut perbandingn garis besar, ditemukan 4 (empat) peringkat dalam proses strategi komunikasi yaitu analisa situasi, mengembangkan tujuan serta strategi komunikasi, mengimplementasikan strategi komunikasi, dan mengukur hasil usaha yang telah dilakukan.

Perlu dipahami bahwa strategi komunikasi yang diterapkan di berbagai macam kondisi  komunikasi mungkin sudah tidak sama, namun secara garis besar mempunyai alur yang sama.

  1. Analisis situasi yaitu menggunakan penelitian untuk melakukan analisis situasi yang secara akurat dapat mengidentifikasi berbagai permasalahan serta peluang yang dimiliki.
  2. Menguraikan agenda tindakan strategis yang ditujukan pada bermacam-macam permasalahan yang telah diidentifikasi sebelumnya. Hal ini melingkupi tujuan umum, tujuan yang bisa diukur, identifikasi target khalayak dengan jelas, target strategi, serta taktik yang efektif.
  3. Melaksanakan perancangan dengan alat-alat komunikasi dan tugas yang memberikan partisipasi untuk mencapai tujuan.
  4. Memperkirakan kesuksesan strategi komunikasi dengan memanfaatkan alat-alat evaluasi.

Manfaat Mendalami Filosofi atau Hukum Strategi Komunikasi

Manfaat Komukasi

Manfaat Komukasi

Mempelajari kosep-konsep strategi komunikasi bisa bermanfaat kepada kita diantaranya adalah sebagai berikut :

Nahh, dari penjelasan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi anda, salah satunya yaitu :

  • Kita dapat memahami arti dan istilah strategi komunikasi.
  • Kita dapat memahami maksud dan tujuan umum strategi komunikasi.
  • Kita dapat memahami landasan teori strategi komunikasi.
  • Kita dapat memahami komponen komunikasi dan kaitannya dengan strategi komunikasi.
  • Kita dapat mengerti lebih dalam mengenai proses atau alur strategi komunikasi.

Demikian karena dalam proses komunikasi melibatkan berbagai macam pilihan.

Baca juga : Strategi Branding

Elemen-elemen Komunikasi

  1. Bagian-bagian pesan dan bagian perilaku
  2. Pilihan tentang saluran komunikasi yang akan digunakan
  3. Karakteristik komunikator
  4. Hubungan antara komunikator dan khalayak
  5. Kepribadian khalayak
  6. Serta keadaan yang dimana komunikasi berlangsung.

Jika salah satu bagian itu hilang, maka akan berimbas kesegala cara komunikasi. Nahh, seperti itu  juga dengan komunikasi dan macamnya komponen atau elemen komunikasi yang terlibat.