5+ Cara Jitu Membangun Strategi Branding Dengan Tepat Untuk Pemula

Strategi Branding – Perlu Anda ketahui dalam bisnis harus mempunyai sebuah Branding. Bagian yang paling dasar dalam sebuah pemasaran. Apa yang Anda ketahui tentang branding?

Branding adalah sebuah identitas atau merek dalam sebuah produk.

Dalam sebuah strategi pemasaran, branding memliki sebuah peran yang penting yaitu untuk mengenalkan pada masyarakat tentang produk agar lebih dikenal oleh pasar. Contoh branding : Addidas, Vans, Sprite, Rinso, dan lain sebagainya.

Strategi branding begitu penting untuk Anda terapkan dalam sebuah bisnis yang ingin Anda jalankan. Namun, Anda harus mengalisis pasar tentang apa yang sedang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar.

Tentukanlah nama brand Anda dengan unik dan mudah diingat oleh konsumen. karena nama brand yang mudah diingat akan lebih cepat dikenali oleh masyarakat.

Memang tidak mudah membangun strategi branding yang kuat, dengan menggunakan cara yang tepat. Karena dengan cara tepat branding akan cepat dikenal oleh orang.

Agar brand Anda cepat dikenal oleh masyarakart, maka disini kita akan membahas tentang 7 cara jitu membangun branding yang tepat.

Strategi Membangun Branding Dengan Tepat dan Cepat

Struktur membangun strategi branding

Struktur membangun strategi branding

Strategi Branding Dengan Influencer Marketing

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah marketing dengan cara mempromosikan produk dengan influencer melalui sosial media misalnya: Blog, instagram, website, youtube, twitter,dll.

Influencer yaitu orang yang memiliki followers (pengikut) yang banyak sehingga memiliki pengaruh kuat dalam sosial media seperti selebgram, youtuber,dll.

Pemasaran produk dilakukan kepada influencer sebagai riview barang/produk yang Anda miliki sehingga para pengikut tersebut akan mengetahui produk Anda.

Para pengikut bisanya sangat percaya kepada influencer, jadi secara langsung produk Anda akan cepat menyebar luas kepada pengikut untuk mencoba atau membeli sebuah produk.

Pada saat ini strategi influencer sangat menguntungkan dan meningkatkan brand. Mencapai target yang lebih dengan melalui konten yang dibuat oleh para influencer.

Jadi, influencer lebih cepat menaikkan brand dibandingkan iklan dan promosi karena pada saat ini sosial media berperan sangat penting buat semua kalangan.

Manfaat dari influencer marketing yaitu mampu untuk memperkenalkan brand kepada konsumen baru, meningkatkan angka penjualan dan meningkatkan traffic website.

Sehingga brand Anda akan berkembang pesat di masyarakat.

Baca juga : Pengertian Marketing Kupas Tuntas : Strategi, Tugas, dan Caranya 2020 (Lengkap)

Strategi Branding Dengan Event Marketing

Event Marketing

Event Marketing

Mengadakan event adalah salah satu cara untuk membangun branding. Dengan adanya sebuah event bisa membantu mendapatkan perhatian dari konsumen dan calon konsumen.

Pada saat event Anda juga bisa membuat seperti launching produk baru atau seminar dan promosi mengenai produk pada bulan lalu. Membuat lapak event menjadi menarik seperti ada icon brand unik, pegawai seragam dengan gaya terkini,dll.

Melalui event, Anda bisa berkesempatan untuk berinteraksi langusng dengan para konsumen Anda. Para konsumen bisa mengenali dan melihat brand Anda secara langsung.

Jadi, pada event itulah Anda bisa belajar cara orang lain atau brand lain memasarkan produknya.

Strategi Branding Dengan Video Marketing

Video Marketing

Video Marketing

Cara yang paling populer untuk membangun brand adalah vidio marketing karena dikabarkan Youtube menerima 10 miliyar view per hari dan instagram 12 miliyar view per hari.

Mayoritas orang menghabiskan waktunya hanya untuk menonton vidio online, tidak heran jika view semakin hari semakin bertambah.

Dalam dunia yang serba elektronik, tidak banyak orang yang hanya meluangkan waktunya dari beberapa menit untuk memepelajari brand Anda. Jadi, buatlah vidio yang unik dan menarik.

Selain menarik, pastikan bahwa Video yang Anda buat akan mudah diingat dan bisa dibagikan melalui social media.
Video marketing adalah sebuah satu cara untuk memperoleh calon pembeli secara luas hingga bisa menjadi pembeli tetap.

Anda juga bisa membuat Video dalam bentuk expaliner Video (Video penjelasan) dimana Anda dapat membuat Video berdurasi 1-2 menit yang menjelaskan secara singkat tentang keunggulan dan kualitas brand dari bisnis yang Anda kelola.

Cara yang kedua yaitu pre-roll vidio tentang iklan yang bisa muncul pada menit tertentu, biasanya vidio iklan muncul sebelum vidio yang ingin Anda tonton.

Dan cara terakhir yaitu memebuat vlog atau vidio blog. Anda bisa membuat blog dengan optimasi dengan keywords. Buatlah vlog yang fun, intelektual, dan informatif untuk menarik perhatian para konsumen.

Strategi Branding Dengan Merchandise

Merchandise

Merchandise

Sebagai apresiasi terima kasih berikan marchendise pada konsumen yang telah membeli produk Anda. Merchandise bisa dalam bentuk apa saja dengan tertera nama brand Anda misalnya sticker, acssesoris,dan lain sebagainya.

Anda harus memperhatikan merchandise yang akan diberikan pada konsumen. Jangan sampai marchindase yang diberikan cepat rusak, perlu di perhatikan kulaitas barang atau benda tersebut.

Intinya jangan nanggung sesuaikan juga dengan harga brand Anda jual.

Cara ini dapat membuat brand anda terkenal, contohnya seperti sticker. Pasti konsumen akan meletakan stickernya pada sepeda atau helm yang lainnya.

Secara tidak langsung orang yang melihat penasaran brand apakah itu ? sehingga pemberian marchendise bisa membuat brand jadi famous.

Selain memberikan merchendise Anda juga bisa mengasih sertifikat penghargaan pembelian barang.

Seperti halnya pada brand sepatu compass, mereka memberikan sertifikat didalam box sepatu hingga si pembeli merasa bangga telah membeli produk tersebut.

Pemeberian sertifikat merupakan hal yang unik dan menarik perhatian konsumen, banyak orang yang ingin memiliki sertifikat tersebut.

Karena pada zaman sekarang banyak plagiat brand di pasaran, salah satu cara menunjukan barnag ori yaitu dengan tag barang atau sertifikat yang diberikan dari pemilik brand.

Strategi Branding Dengan Combination Brand

Combination Brand

Combination Brand

Mengkombinasi brand sangatlah cara yang jitu dalam stratrgi branding karena dapat menaikan derajat brand. Contohnya brand Saint Barkely x Sunday Sunday yo, mereka bekerja sama dengan memunculkan sebuah baju, jaket dan lain lain.

Dengan mengkombinasi logo yang dijadikan satu atau pun ada dua logo dalam satu produk.
Cara ini sangat efektif buat brand pemula ataupun brand yang ingin menaikan traffic penjulan barang.

Brand pemula jika dikombinasikan dengan brand yang terkenal maka brand tersebut akan naik drastis karena pada brand yang terkenal pasti sudah banyak pembelinya dan banyak juga yang mengikutinya.

Jadi tidak heran jika kombinasi brand ini adalah trick paling jitu untuk menaikkan traffic penjualan dan memeperkenalkan brand di kalangan masyarakat luas.

Anda juga harus siap dihujat netizen untuk brand pemula, jadikanlah brand anda yang berkualitas agar terhindar dari netizen.

Barang kombinasi antara 2 brand tentunya sangat dicari oleh konsumen karena tidak membuat banyak stock.

Meningkatkan harga jual barang ini pasti terjadi, karena keterbatasan stock yang diberikan. Belum tentu cooming soon bakalan ada lagi barang kombinasi antara 2 brand tersebut.

Dan tentunya Anda bisa memberikan barang secara gratis pada konsumen (give away).

Dengan cara menginformasikan kepada kosumen tentang pemberian barang akan dimulai dan akhirnya diberikan konsumen secara random ataukah membuat tantangan tersendiri yang sesuai menurut Anda.