Pembahasan Lengkap Sumbar Beserta Senjata Tradisional Sumatera Barat

Senjata Tradisional Sumatera Barat – Indonesia memiliki banyak provinsi salah satu provinsi ialah Sumatra Barat. Daerah dengan ibu kota Padang ini berada di bagian tengah Sumatra di pesisir barat pantai.

Daerah ini pun dikenal dengan kekhasan yang unik dan menarik. Sebut saja keseniannya, rumah adat, tarian tradisional, makanan khas, sampai senjata tradisional Sumatra Barat.

Namun wilayah ini pun rentan terhadap gempa. Sebab tempat ini berada di jalur patahan Semangko, di mana bertemunya dua lempeng yakni Indo-Australia dan Eurasia.

Terdapat empat provinsi yang berbatasan dengan daerah ini antara lain, Riau, Sumatra Utara, Jambi, dan Bengkulu. Adapun hal-hal mengenai Sumatra Barat akan di ulas tuntas berikut ini.

Letak Geografis Sumatra Barat

Peta Sumatera Barat

Peta Sumatera Barat

Pulau Sumatra tepatnya Sumatra Barat terdiri atas dataran tinggi dan dataran rendah. Bukit Barisan membentuk vulkanik pada daratan tingginya, sedangkan daratan rendah ada dipantai barat.

Luas provinsi ini berkisar 42.297,30 km², dari sana sebagian tempat yaitu 45,17 persen termasuk dalam kawasan hutan lindung.

Wilayah yang terletak di pesisir pantai ini, memiliki garis pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Garis pantai pada Samudera Hindia tersebut panjangnya sekitar 2.420.357 km, sementara luas perairan lautnya ada 186.580 km². Adapun dalam provinsi ini terdapat kepulauan Mentawai yang terletak di Samudera Hindia.

Musik Khas Sumatera Selatan

Dari instrumen alat musik tradisional berupa gandang tabuik, rabab, pupuik, serunai, saluang, bansi, dan talempong.

Membuat unsur musik memberikan nuansa tersendiri. Adapun saluang jo dendang atau sijobang, yaitu sebuah penyampaian dendang yang diiringi irama saluang.

Pada umumnya musik Minangkabau dalam bentuk instrumental dan lagu-lagu daerah ini sifatnya melankolis. Terkait dengan struktur masyarakat Sumatra Barat yang punya rasa hubungan kekeluargaan, persaudaraan, dan kecintaan pada kampung halaman yang begitu tinggi.

Sebagai putra putri bangsa kecintaan pada daerah harus tetap dilestarikan.

Tarian Tradisional Khas Sumatera Selatan

Tari Adat Sumatera Barat

Tari Adat Sumatera Barat

Kekhasan yang dipegang teguh suku Minang tak hanya pada senjata tradisional Sumatra Barat, namun juga pada seni tarinya juga.

Walaupun seni tari Sumatra Barat tak hanya dari Minangkabau saja, terdapat pula suku Mentawai dengan tarian khas Turuk Langgai. Biasanya terian ini tingkah laku hewan. Seperti tari ayam, tari burung, tari ular, dan lain sebagainya.

Sedangkan seni tari Minangkabau dipengaruhi keunikan adat matrilineal, agama Islam, dan kebiasan merantau penduduknya.

Tentunya akan memberi pengaruh besar pada jiwa sebuah tari yang bersifat klasik. Antara lain Tari Indang, Tari Pasambahan, Tari Payung, dan Tari Piring.

Rumah Adat Sumatera Selatan

Rumah Adat Tradisional Sumatera Barat

Rumah Adat Tradisional Sumatera Barat

Rumah Gadang adalah rumah adat Sumatra Barat dari etnis Minangkabau. Rumah Gadang ini biasanya didirikan di tanah kepemilikan sebuah keluarga induk dalam sukunya secara turun-temurun.

Adapun etnis Mentawai memiliki juga rumah adat berbentuk rumah panggung besar yang tinggi dari tanah sampai satu meter ini disebut Uma.

Pada sebuah terdapat Uma ini dihuni lima sampai sepuluh keluarga secara bersama. Umumnya konstruksi bangunan Uma ini tidak memakai paku atau sejenisnya, melainkan dipasak menggunakan kayu dan metode sambungan silang bertakik untuk menyambungnya.

Masakan Khas Sumatera Selatan

Masakan Khas Tradisional Sumatera Barat

Masakan Khas Tradisional Sumatera Barat

Masakan Padang atau restoean Padang sudah tak asing lagi dalam dunia kuliner, khususnya bagi pecinta kuliner Sumatra Barat dengan rasa pedasnya.

Masakan khas Sumatra barat ini bisa Anda temui hampir di seluruh Nusantara, bahkan hingga ke luar negeri. Adapun makanan Sumatra Barat terpopuler ialah Rendang, Soto Padang, Sate Padang, dan Dendeng Balado.

Senjata Tradisional Sumatera Barat

Sumatera Barat ialah sebuah daerah bagian Indonesia yang memiliki suku Minangkabau dan juga suku Mentawai.

Masyarakatnya pun dikenal sangat gigih berjuang menjaga kelestarian budaya seperti halnya yang dijelaskan sebelumnya, termasuk dalam kehidupan kelestarian senjata tradisional Sumatra Barat. Berikut senjata tradisional yang masih ada di Sumatra Barat:

1. Kerambit Khas Sumatera Barat

Senjata Tradisional Sumatera Barat Kerambit

Senjata Tradisional Sumatera Barat Kerambit

Kurambiak atau Karambiak adalah sebutan lain dari senjata tradisional Kerambit Sumatra Barat. Senjata tradisional ini bentuknya pisau melengkung dengan ujung pisau runcing yang berupa piso genggam kecil.

Kerambit pun telah diproduksi US secara masal dan menjadi senjata yang wajib untuk US Marshal.

Adapun jenis penyebaran krambit berdasarkan daerah penyebarannya. Kerambit kuku harimau dari Smatra Barat dan terdapat juga di Madura dan Jawa Barat.

Sementara pada Kerambit Lombok dan Sumbawa ada Kuku hanoman, elang, dan bima. Semua Kerambit itu bentuknya sama hanya saja namanya yang berbeda.

Baca juga : Senjata Tradisional Indonesia

2. Karih Senjata Sumatera Barat

Senjata Tradisional Sumatera Barat Karih

Senjata Tradisional Sumatera Barat Karih

Bentuk senjata asal Sumatra Barat yakni Karih mempunyai bentuk yang mirip keris senjata tradisional suku Jawa. Ukiran di sarungnya berlekuk lalu menyempit di ujung sehingga menyerupai keris.

Sebetulnya Karih berfungsi sebagai aksesoris ataupun pelengkap untuk kaum pria dan ditaruh di depan badan. Biasanya dipakai ketika ada acara resmi.

Meski hanya sebagai hiasan, ketika acara resmi dan penting karih sering digunakan, setidaknya sebagai usaha melestarikannya. Untuk acara pernikahan kerih dipakai oleh para mempelai pria yang disebut baralek.

Masih sering digunakannya karih dalam acara-acara kedaerahan masih sering digunakan, memperlihatkan masih dilestarikan dengan keberadaannya.

Baca juga : Senjata Tradisional Sumatera Selatan

3. Kalewang Senjata Tradisional Sumatera Barat

Senjata Tradisional Sumatera Barat Badik Kalewang

Senjata Tradisional Sumatera Barat Badik Kalewang

Senjata Kalewang asal Sumatra Barat ini berbentuk golok dengan bersisi satu. Pada bagian tengah golok dan kampilan sebagai titik beratnya dan untuk ukuran.

Senjata ini mempunyai mata lurus tapi sebagian ada yang bermata lengkung juga, dengan ukuran umum yaitu sepanjang pedang.

Keunikan bentuk tampak sekilas seperti ular naga di pegangan senjata tersebut, sementara sarungnya dibuat bergaris-garis.

Senjata ini mempunyai banyak fungsi atau kegunaan sehingga masih sering dipakai masyarakat hingga sekarang.

Baca juga : Senjata Tradisional Sumatera Utara

4. Ruduih Senjata Tradisional Sumatera Barat

Ruduih

Senjata Sumatera Barat Ruduih

Alat senjata tradisional ini adalah senjata serupa dan sejenis golok yang berasal dari budaya masyarakat Minangkabau.

Sebagai bukti kehadiran Riduih ini pada zaman dahulu, senjata tersebut tercatat pada Museum Perjuangan Tridaya Eka Dharma, di mana ketika perang Manggopoh alat perang saat itu ialah Riduih.

Bentuk Riduih hampir serupa dengan senjata Kelewang, di mana bentuk pedang ini memiliki satu sisi bilah tajam.

Riduih justru sering dikenal sebagai senjata perang walaupun mempunyai fungsi atau kegunaan lain dalam aktivitas sehari-hari warga Minangkabau. Senjata ini masih tersimpan rapi di musium dan dilestarikan dengan baik sampai sekarang.

Baca juga : Senjata Tradisional Jawa Barat

5. Piarik Senjata Tradisional Sumatera Barat

Piarik

Senjata Tradisional Sumatera Barat Piarik

Sebuah tombak di mana terdapat tiga mata pisau yang sangat tajam. Senjata tradisional ini tak hanya ada di Sumatera Barat, terdapat di daerah lain pula seperti Sumatera Selatan.

Senjata ini juga sering disebut sebagai Trisula di sana. Bentuk alat ini terpengaruh dari budaya hindu di Sumatera Barat saat itu islam belum masuk.

Baca juga : Senjata Tradisional Aceh

6. Sumpitan Senjata Sumatera Barat

Senjata Sumatera Barat Sumpit

Senjata Sumatera Barat Sumpit

Di Sumatra Barat, Sumpitan dipakai menjadi senjata tradisional. Sumpitan adalah senjata yang digunakan untuk berburu ataupun melakukan perang atau bertempur secara terbuka.

Kelebihan dari senjata tradisional ini memiliki daya tembak dan akurasi yang sangat baik hingga 200 meter. Sumpitan termasuk warisan budaya leluhur yang masih dilestarikan suku Minang.

Meski Anda bukan orang Sumatera Barat, namun pengetahuan umum tentang senjata tradisional Sumatra Barat ini bias menambah wawasan.

Semakin banyak mengetahui soal senjata, bahasa, hingga pakaian adat daerah di Indonesia, maka semakin kita mencintai negeri ini.