10+Senjata Tradisional Riau yang Masih Eksis, Sejarah dan Penjelasannya

Senjata Tradisional Riau – Salah satu wilayah Sumatera yaitu Provinsi Riau daerahnya berada di sepanjang pesisir Selat Malaka.

Provinsi Riau ini dikenal kaya akan kebudayaannya dan merupakan sebuah wilayah kepulauan. Anda bisa mengetahui banyak hal yang menarik untuk dipelajari, seperti tarian adat, makanan khas dan senjata tradisional Riau.

Warisan budaya nenek moyang berupa senjata tradisional asal Riau ini perlu dilestarikan. Semenjak Provinsi berdiri sebagai Ibu kota Pekanbaru.

Kekayaan alam lainnya seperti gas alam, minyak bumi, dan kelapa sawit menjadikan pulau ini salah satu tempat yang banyak dijadikan tujuan para pencari kerja.

Sejarah Masa Prakolonial Riau

Sejarah Masa Prakolonial Riau

Tome Pires merupakan seorang penjelajah Portugal, dimana dalam catatan buku perjalanannya di awal abad ke-16. Summa Oriental merupakan kota-kota yang ada di pesisir timur Sumatera antara suatu daerah yang dinamakan Arcat.

Letaknya berada di sekitar Aru dan Rokan sampai ke Jambi. Tempat ini merupakan pelabuhan dagang di bawah wewenang raja-raja dari Minang.

Dalam wilayah itu, para pedagang Minangkabau membangun kampung-kampung perdagangan di sepanjang Sungai Kampar, Siak, Indragiri, dan Rokan.

Di sana penduduk lokal membangun kerajaan semiotonom yang diberi kebebasan dalam mengatur urusan di dalam negerinya, namun mereka wajib membayar upeti pada para raja Minangkabau.

Dari sanalah awal mula terbentuknya Pekanbaru. Sebab, dari sekian banyaknya kampung yang dibangun saat itu yang terkenal ialah Senapelan. Daerah ini kemudian akan berkembang menjadi Pekanbaru, yang Anda ketahui wilayah itu kini menjadi ibu kota provinsi Riau.

Baca juga : Senjata Tradisional Indonesia

Macam-Macam Senjata Tradisional Riau

Dengan ragam keunikan untuk tahu semua Indonesia, terlebih kekayaan alam dan budaya yang ada di Riau, terutama tentang senjata adat Riau. Berikut ini ulasan lengkap mengenai senjata tradisional Provinsi Riau.

  1. Senjata Beladau

Senjata Tradisional Riau

Senjata Tradisional Riau

Alat tradisional Riau Melayu ini termasuk jenis tusuk di Riau. Senjata Beladau merupakan pisau belati di mana salah satu sisinya amatlah tajam.

Sebagai senjata, Beladau memiliki panjang 24 cm. Senjata ini pun kerap dipakai untuk melindungi diri dari serangan jarak dekat dari musuh.

Perbedaan Beladau Riau dengan senjata lainnya yakni terletak pada kelengkapan di pangkal pegangannya. Dengan begitu, Beladau lebih mudah dipegang dan didorong ketika digunakan. Beladau merupakan sebuah senjata jenis tusuk yang ada dalam budaya masyarakat Riau.

Sesuai dengan ukurannya yang hanya 24 cm, senjata tradisional asal Riau ini acap kali digunakan sebagai sarana perlindungan diri terhadap serangan dari jarak dekat.

Baca juga : Senjata Tradisional Maluku

  1. Senjata Pedang Jenawi

Pedang Jenawi

Pedang Jenawi

Pedang yang satu ini menjadi senjata tradisional pertama dan juga populer di Riau. Pedang ini dulunya digunakan oleh para panglima perang dari Kerajaan Melayu saat menghadapi musuh-musuhnya. Pedang ini berukuran sekitar 1 meter, sehingga sering dipakai untuk perang tanding dengan lawan jarak dekat.

Pedang Jenawi mirip seperti halnya senjata khas Jepang yakni samurai. Diktahui dari ahli sejarah kalau Jenawi berasal dari Jepang kuno ini terjadi akulturasi terhadap budaya Melayu.

Apapun itu, baik asumsi atau pendapat lainnya, pedang Jenawi tetaplah senjata sebagai identitas masyarakat melayu secara nasional.

  1. Senjata Pemuras

Senjata Tradisional Pemuras

Senjata Tradisional Pemuras

Senjata tradisional lainnya dari Riau ialah Pemuras. Senjata ini merupakan senjata tradisional yang banyak diketahui masyarakat melayu di Riau. Bahkan, tentara Inggris pun juga mengakui bahwa dalam menggunakan perumas masyarakat melayu sangat pandai.

Pemuras merupakan senjata tradisional yang banyak dipakai orang-orang Melayu pada dulu kala. Para Tentera Inggris juga berkata kalau orang-orang Melayu sangat pandai memakai Pemuras.

Baca juga : Senjata Tradisional Jambi

  1. Senjata Terakol

Terakol biasa juga disebut sebagai Tarkul. Senjata ini merupakan senjata favorit para pedagang, pelaut, dan lanun-lanun melayu. Tarkul dulunya menakai teknologi kancing roda atau wheel lock, di mana proses membakar serbuk bedilĀ  otomatis. Jadi terakol ini tidak membutuhkan fius. Bentuk Terakol seperti halnya sebuah pistol dan layaknya Perumas namun dikecilkan.

  1. Senjata Klewang

Alat senjata tradisional Riau selanjutnya yakni Klewang. Bentuknya serupa denganĀ  golok di mana ujung bilah membesar.

Klewang dahulunya dipakai para prajurit kerajaan pada saat peperangan terjadi. Namun, kini senjata ini lebih dipilih sebagai alat yang dapat membantu pertanian Anda para petani saat beraktivitas di sawah ataupun di ladang mereka.

Fungsi yang dimiliki kelewang ini membuat Kelewang sampai saat ini tetap lestari daripada jenis senjata tradisional dari Riau lainnya.

  1. Senjata Keris

Senjata Tradisional Riau

Senjata Keris

Nyatanya Keris tidak di daerah Jawa saja, akan tetapi budaya Melayu Riau juga memiliki keris warisan dari leluhur yang terdapat keunikannya sendiri.

Keris yang notabenenya ialah warisan budaya melayu yang memiliki jumlah lekukan sedikit dan ada ukiran pada gagang keris. Selain itu, kebanyakan sarung keris motifnya lebih banyak yaitu flora.

Sebagian besar orang sering menganggap bahwa keris hanya ada di Jawa, karena yang meteka ketahui hanya itu maka sebaiknya Anda coba jelajahi serta berkeliling ke daerah Sumatera ataupun ke negeri Malaysia.

Sebab, dalam budaya masyarakat daerah masyarakat tersebut Anda akan menemukan keris sebagai warisan dari leluhur mereka.

Keris pun bisa ditemukan dalam kebudayaan masyarakat Riau. Walaupun demikian, keris Riau mempunyai keunikan, yaitu jumlah luk atau lekukan yang sedikit serta ukiran pada gagang dan sarungnya yang lebih banyak memakai motif-motif flora.

  1. Senjata Lela Rentaka

Senjata tradisional Lela Rentaka merupakan sebuah meriam yang ringan dan bentuknya kecil. Kalau dalam bahasa inggris, meriam tersebut dinamakab Lantakas adalah gabungan kata dari Lela dan Rentaka. Lantakas ini sebuah senjata khas dari masyarakat Melayu Riau yang dibuat mereka sendiri.

Rentaka adalah meriam ringan dan kecil. Menurut bahasa Inggris meriam disebut Lantakas gabungan kara Lela dan Rentaka. Lela Rentaka yaitu senjata tradisional khas orang Melayu dibuat sendiri oleh masyarakat.

  1. Senjata Blunderbuss

Senjata tradisional Blunderbuss ini sangat mirip dengan alat bedil di mana larasnya berkaliber pendek, namun besar dan terdapat muncung peledak di hadapan. Bentuk muncung ini berbentuk kembang atau funnel-shapped muzzle. Dalam penggunaan blunderbuss, Anda memerlukan sebuah peluru timah hitam.

  1. Senjata Badik Tumbuk Lada

Senjata bernama Badik Tumbuk Lada ini sebetulnya senjata lebih dikenal sebagai senjata tradisional dari Jambi. Meski demikian, tak berarti masyarakat Riau tidak mengetahuinya.

Di karenakan letak geografis membuat kedua provinsi ini memiliki budaya tidak jauh berbeda sehingga wajar jika senjata itu juga termasuk jenis senjata tradisional Riau.

  1. Senjata Tradisional Meriam atau Lela

Meriam mempunyai sejarah yang panjang di Indonesia dan Aceh sudah memakai alat perang ini untuk melawan musuh. Tidak tahu kenapa ada pihak yang ingin menyimpangkan sejarah.

Dari sejarah Riau terutama warisan peninggalan berupa senjata tradisional Riau yang telah dibahas ini, memberikan Anda sebuah pembelajaran di mana baik di zaman prakolonial Riau sampai ulasan mengenai senjata-senjata tradisional dari Riau, yang beberapa di temukan kemiripan pada senjata negeri Sakura.