Pengertian Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola : Pengertian, Tujuan, Teknik, Peraturan {LENGKAP}

Sejarah Sepak Bola – Sepak bola bukanlah sebuah permainan asing lagi bagi masyarakat Indonesia . Mulai dari anak-anak bahkan orang dewasa dapat melakukan permainan dengan bola tersebut. Namun tahukah anda asal mula dari sepak bola tersebut, untuk itu mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola

Permainan Sepak bola terdiri dari dua kata yakni “Sepak” dan “Bola”. “Sepak” dapat disebut menyepak yaitu menendang (menggunakan kaki), sedangkan “Bola” merupakan alat untuk permainan yang memiliki bentuk bulat yang terbuat dari karet, kulit maupun bahan lainnya.

Jadi secara singkat pengertian sepak bola merupakan sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kesana kemari yang dilakukan oleh pemain dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukkan bola kedalam gawang lawan.

Permainan sepak bola merupakan permainan dalam bentuk regu, setiap regu berisi 11 orang dengan 1 orang sebagai penjaga gawang dan mempunyai beberapa pemain cadangan.

Permainan sepak bola ini memiliki tujuan untuk dapat memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan berusaha menjaga gawang sendiri agar tidak terjadi gol. Permainan sepak bola sendiri dilakukan dalam 2 babak, masing-masing dengan waktu 45 menit dengan waktu istirahat diantara 2 babak tersebut adalah 10 menit.

Jika dalam waktu 2 babak kedua tim dengan skor yang sama atau seri atau imbang maka akan diadakan penambahan waktu 2 x 15 menit. Apabila penambahan waktu masih dengan skor yang sama atau seri atau imbang akan dilakukan tendangan pinalti. Dalam melakukan tendangan pinalti itu sendiri, tim akan diberikan kesempatan sebanyak lima kali untuk melakukan tendangan kedalam gawang.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah sepak bola sebagai olahraga digemari sejak abad ke-2 M sampai abad ke-3 M di Negara Cina. Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan cara memasukkan dalam jaring kecil yang disebut dengan Tsu Chu.

Permainan sepak bola juga dimainkan di Jepang dengan istilah lain yaitu Kemari. Pada sekitar abad ke-16 sepak bola juga digemari di Negara Italia. Kemudian permainan sepak bola banyak ditemukan di berbagai negara seperti Inggris, Meksiko, Romawi, Amerika Tengah bahkan Romawi Kuno.

Namun pada saat sepak bola sampai ke Inggris, pada tahun 1365 Raja Edward III melarang untuk memainkan sepak bola tersebut,dikarenakan dalam permainan sepak bola terjadi banyak kekerasan dan juga berbagai tindakan yang brutal.

Kemudian  pada tahun 1360 Raja Edward III mengizinkan kembali berlakunya permainan sepak bola di tanah inggris tersebbut. Namun permainan sepak bola tidak ada perubahan, tetap penuh dengan kekerasan dan juga tindakan brutal dari beberapa pemain.

Hingga pada tahun 1572, Ratu Elizabeth I melarang kembali permainan sepak bola tanpa adanya sebuah kompromi dan juga disertai sanksi tegas kepada orang yang masih melakukan permainan sepak bola yakni dengan memenjarakan orang tersebut. Namun akhirnya larangan untuk tidak melakukan permainan sepak bola dicabut kembali oleh Raja Charless II pada tahun 1680.

Sejarah sepakbola modern berdasarkan tahun:

1. Pada tahun 1863 sebuah asosiasi sepakbola Inggris dibentuk.

2. Pada tahun 1885 ada pertandingan sepakbola di luar Inggris, yaitu Kanada melawan Amerika

3. Pada tahun 1886 sebuah pertemuan diadakan untuk pertama kalinya untuk membahas pembentukan kelompok,         yaitu asosiasi sepakbola dunia

4. Pada tahun 1888 ada seorang wasit yang menjadi pemain sepak bola.

5. Pada tahun 1904, Federasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) do France dibentuk, terdiri dari Swedia,               Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia, Prancis.

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA)

Federasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) didirikan pada tahun 1904 di Prancis. Federasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memiliki slogan “UNTUK GAME, UNTUK DUNIA”. FIFA adalah badan sepak bola internasional, FIFA juga mempromosikan sepakbola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar kepada pemain sepakbola terbaik di dunia dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulan

Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menyediakan kode tiga huruf (FIFA Tigram) untuk negara-negara anggota dan anggota non-FIFA. Sejauh ini ada 209 negara yang bersatu di FIFA.

Markas besar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) terletak di Zurich, Swiss. Kompetisi terpenting FIFA adalah pertandingan sepak bola di seluruh dunia atau yang sering kita sebut piala dunia. Di babak final piala dunia adalah pertunjukan paling populer yaitu Olimpiade.

BBC adalah stasiun televisi pertama yang menyiarkan program sepakbola pada tahun 1938 dan pada tahun 1966 menggunakan fungsi pengulangan di setiap pertandingan sepak bola. FIFA kemudian melebarkan sayapnya dengan membentuk serangkaian badan asosiasi regional yang terdiri dari beberapa negara, yaitu:

1. UEFA atau Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa. Didirikan pada tahun 1954 dengan 53 anggota yang mengawasi        negara-negara Eropa. Turnamen utama UEFA adalah Kejuaraan Eropa UEFA.

2. CAF atau Konfederasi Sepak Bola Afrika. Didirikan pada tahun 1957 dengan 53 anggota + 2 mitra yang                           mengawasi  negara-negara Afrika. Turnamen utama adalah Piala Afrika.

3. Konfederasi Sepak Bola AFC atau Asia. Didirikan pada tahun 1954 dengan 46 anggota yang mengawasi negara-           negara Asia. Turnamen AFC utama adalah Piala Asia.

4. CONMEBOL atau Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan. Didirikan pada tahun 1916 dengan 10 anggota yang           mengawasi negara-negara Amerika Selatan. Turnamen utama adalah Copa América.

5. CONCACAF atau Asosiasi Sepak Bola Konfederasi Utara, Amerika Tengah dan Karibia. Didirikan pada tahun 1961       dengan 40 anggota yang mengawasi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia. Turnamen Piala Emas                       CONCACAF utama.

6. Konfederasi Sepakbola OFC atau Oseania. Didirikan pada tahun 1966 dengan 11 anggota + 6 mitra yang                         mengawasi negara-negara di Oceania. Turnamen utama adalah Piala OFC Nations.

Peraturan Dalam Permainan Sepak Bola

Peraturan dalam pertandingan sepak bola diformalkan oleh IFAB (Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional) yang terdiri dari perwakilan Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, Asosiasi Sepak Bola Wales, Asosiasi Sepak Bola Irlandia, Asosiasi Sepak bola dan empat perwakilan FIFA (Federasi Federasi Sepak Bola Internasional). .

1. lapangan Sepak Bola

Lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola adalah lapangan persegi panjang dengan rumput sintetis atau rumput alami. Panjang lapangan adalah 100-110 meter dan lebar 64-75 meter. Di ujung lapangan ada gawang berbentuk persegi panjang dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter.

Di depan gawang ada area penalti dengan jarak 16,5 meter dari gawang. Area ini adalah batas di mana penjaga gawang bisa menangkap bola dengan tangannya. Ada juga zona substitusi yang terletak di sisi garis tengah.

2. Bola

Bola yang digunakan untuk bermain sepak bola berbentuk bulat dan memiliki keliling bola 68-70 cm (27-28 inci). Bola yang digunakan terbuat dari karet atau karet sintetis (karet buatan). Berat bola sejak awal permainan adalah 410-450 gram (14-16 ons) dan memiliki tekanan udara 0,60 -0,70 atmosfer. Jika bola saat digunakan untuk bermain memiliki kerusakan, maka itu harus diganti dengan bola cadangan dan ditempatkan di posisi sebelumnya. Ada 5 jenis fitur dan ukuran masing-masing bola, yaitu:

  • Ukuran bola 5. Ukuran bola 5 digunakan untuk pemain sepak bola berusia 12 tahun ke atas. Bola 5 memiliki lingkar 68-70 cm (27-28 inci) dan bola memiliki berat 410-450 gram (14-16 ons).
  • Ukuran bola 4. Ukuran bola 4 digunakan untuk pemain sepak bola usia 8 hingga 12 tahun. Bola 4 memiliki lingkar 64-66 cm (25-26 inci) dan berat 348-468 gram (12-13 ons).
  • Ukuran bola 3. Ukuran bola 3 digunakan untuk pemain sepak bola di bawah 8 tahun. Bola 3 memiliki keliling 58-61 cm (23-24 inci) dan berat bola 312-340 gram (11-12 ons).
  • Bola Ukuran 2 Bola ukuran 2 digunakan untuk pertandingan promosi.
  • Ukuran bola 1. Ukuran bola 1 digunakan untuk pertandingan promosi.

3. Pemain Sepak Bola

Dalam sepakbola ada 11 pemain dan maksimal 12 pemain cadangan. Dalam aturan yang dibuat dengan mengganti FIFA dalam sebuah tim, itu hanya dilakukan 3 kali. Tetapi untuk partai nasional ia dapat melakukan pergantian 7 kali. Kapten tim adalah posisi seseorang yang dipilih di antara para pemain yang bertanggung jawab memimpin dan mengoordinasi para pemain untuk bermain dalam tim di lapangan. Berikut adalah pemain dalam pemain sepak bola dan tugasnya, yaitu:

a). Kiper atau penjaga gawang

Kiper atau penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang dapat menggunakan satu tangan untuk memblokir bola yang akan masuk ke gawang dari serangan tim lawan. Posisi yang harus ditempati oleh penjaga gawang adalah orang yang tinggi dan besar. Kiper juga harus memiliki tendangan yang kuat untuk melempar atau mengarahkan bola ke rekan setimnya dan tidak melakukan kesalahan yang dapat membahayakan timnya, seperti mendapatkan waktu untuk menendang bola.

b). Pemain defensif atau kembali

Tugas Kembali adalah untuk melindungi dan melindungi kiper ketika ia mengontrol bola, menghindari serangan lawan dan memblokir tembakan para pemain lawan. Posisi bek atau punggung harus kuat, memadai, pekerja keras dan bergerak cepat untuk mengantisipasi gerakan lawan. Berikut adalah 4 jenis posisi sebagai bek dalam pertandingan sepak bola:

Bek tengah (bek tengah). Tugas Middle Back adalah untuk melindungi area pertahanan pusat. Pusat selalu berada di belakang formasi dengan kiper untuk menghindari gol.

Sayap belakang (Sayap-Belakang). Sayap belakang dibagi menjadi 2, yaitu sayap kanan belakang dan sayap kiri belakang. Tugas sayap belakang adalah untuk melindungi area pertahanan sayap dan, kadang-kadang, mundur ke depan untuk membantu serangan tim dari area sayap dengan memberikan dukungan atau serangan umpan.

Penyapu Posisi penyapu tepat di depan penjaga gawang atau kiper. Penyapu (sweeper) tidak perlu memiliki keterampilan atau teknik khusus karena tugas pemain penyapu adalah mengawasi dan mendeteksi bahaya bola memasuki gawang, kemudian menyapu.

Gelandang Posisi gelandang berada di antara punggung dan penyerang. Tugas gelandang mencegah serangan lawan dari mencapai area pertahanan dan menetes ke arah penyerang. Ada 4 gelandang divisi, yaitu gelandang bertahan, gelandang serang, gelandang serang, dan gelandang sayap yang bekerja untuk mencegah serangan oleh tim lawan.

c). Maju (Maju)

Penyerang adalah pemain yang paling dekat dengan tujuan tim lawan. Tugas utama penyerang adalah membuat target. Ada 3 hal yang harus dimiliki oleh pemain penyerang, yaitu teknik, kecepatan, dan bakat. Penyerang atau forward dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan posisi dan tugas mereka.

Maju ke depan. Striker pusat umumnya disebut striker yang bertugas menciptakan gol dari umpan-umpan yang diberikan oleh rekan-rekan setimnya dan meninggalkan ruang untuk gelandang dan akhirnya dengan mengalihkan perhatian lawan untuk bermain.

Maju. Tugas penyerang sayap adalah membantu serangan dari sektor sayap dan memberikan umpan ke depan sehingga penyerang dapat mencetak gol.

Perlengkapan Permainan Sepak Bola

Berikut ini adalah perlengkapan dari permainan sepakbola tersebut beserta dengan penjelasannya:

Berikut ini adalah tim pertandingan sepak bola beserta penjelasannya:

1. Jersey atau kaos bernomor

Penggunaan kaos bernomor telah berlaku sejak 1954. Kaos tersebut harus terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat saat pertandingan sepak bola dilakukan. Setiap klub bola memiliki beberapa kaus untuk beberapa musim. Warna baju juga harus berbeda dari satu klub ke klub lainnya. Karena jika Anda memiliki warna yang sama, ketika Anda berkompetisi, Anda tidak bisa mengatakan teman lawan Anda.

2. Kaus kaki

Kaus kaki adalah tim penting saat pertandingan sepak bola diadakan. Kaus kaki digunakan untuk mencegah cedera dan tempat untuk memakai bantalan tulang kering atau bantalan tulang kering. Kaus kaki dalam tim harus berwarna sama.

3. Celana pendek

Bahan yang digunakan dalam celana pendek dalam pertandingan sepak bola harus menyerap keringat. Warna celana masing-masing setelan harus sama, untuk menghindari yang merupakan teman lawan.

4. Sarung tangan

Sarung tangan hanya dikenakan oleh penjaga gawang atau penjaga gawang. Sarung tangan dibuat sedemikian rupa sehingga lebih mudah bagi penjaga gawang untuk menangkap bola dan melindungi tangan dari gravitasi bola.

Perlengkapan Wajib

Berikut Ini merupakan Perlengkapan yang Harus Ada dalam Permainan Sepakbola:

1. Wasit

Wasit adalah indikator resmi waktu pertandingan. Tugas arbiter adalah:

  1. Kontrol jalannya pertandingan sepak bola.
  2. Pastikan bola yang digunakan dalam pertandingan sesuai dengan kondisi yang ditentukan
  3. Pastikan kedua tim lengkap dengan 11 pemain.
  4. Pastikan kedua tim memakai kemeja warna yang sama dan lengkapi semua atribut untuk pertandingan
  5. Atur waktu dan catat semua proses kompetisi.
  6. Tunda, hentikan, dan akhiri permainan jika terjadi gangguan pihak ketiga selama pertandingan.
  7. Tunda, hentikan, dan akhiri pertandingan jika pemain salah satu tim mengalami cedera serius
  8. Tunda, hentikan, dan akhiri pertandingan jika ada pelanggaran dalam pertandingan sepak bola

2. Asisten Wasit (Lines Men)

Seorang arbiter dibantu oleh 2 orang yang disebut asisten wasit, karena seorang wasit tidak dapat mengendalikan 22 orang dari kedua tim. Asisten wasit atau yang biasa dipanggil hakim garis bertugas membawa bendera dan menunjukkan apakah itu tidak dimainkan, apakah bola keluar atau jika tendangan sudut terjadi. Penggunaan 4 hakim garis diuji di piala dunia 2010, di mana 2 dari mereka berada di belakang gawang.

Waktu Permainan

Waktu pertandingan dalam sepakbola adalah 2 x 45 menit dengan istirahat 10 menit. Dalam kasus di mana ada pelanggaran cedera, penggantian waktu pertandingan dapat ditambahkan. Namun, jika pertandingan berlangsung 2 x 45 menit, skor antara kedua tim adalah sama atau seri akan ditambahkan 2 x 15 menit. Dan jika waktu tambahan adalah 2 x 15 menit, skor tetap sama atau seri, tendangan penalti akan diambil.

1. Kick Off

Kick off atau biasa kita sebut dengan tendangan pembuka. Kick off dilakukan pada saat :

  • Ketika pertandingan sepak bola dimulai
  • Ketika terjadi gol
  • Ketika babak kedua pertandingan dimulai
  • Ketika babak perpanjangan waktu pertandingan dimulai

2. Bola Keluar

Bola Keluar terjadi ketika bola mengelinding atau berguling di garis lapangan atau garis gawang. Saat bola keluar, yang biasanya dilakukan adalah membuat lembaran bagian dalam. Namun ketika bola melewati garis gawang, yang akan dilakukan adalah tendangan sudut. Jika ada pemain yang cedera, wasit memiliki hak untuk melepas bola dari lapangan sepak bola.

Peraturan Goal

Perhitungan goal dilakukan ketika bola masuk ke gawang dan melewati gawang dan tidak ada pemain yang dalam kondisi offside, pemerkosaan atau tangan. Semua keputusan gol atau tidak ditentukan oleh wasit sebagai pemimpin dalam pertandingan sepak bola.

1. Offside dan Onside

Offside terjadi apabila salah satu pemain mengoper bola kepada pemain lainnya tetapi berada sedikit didepan back pertahanan tim lawan tersebut. Namun kebalikan dari onside merupakan salah satu pemain mengoper bola ke pemain lain sedikit dibelakang back pertahanan tim lawan.

Asisten wasit merupakan orang yang menentukan offside atau pun onside dengan cara mengangkat bendera keatas. Kadang offside menjadi kontroversi sendiri antara wasit dengan beberapa pemain, karena terkadang hakim garis juga bisa salah dalam menentukan kondisi offside tersebut.

2. Lemparan Kedalam (Trow In)

Lemparan kedalam dilakukan saat bola melewati garis lapangan atau meninggalkan area lapangan samping kanan maupun samping kiri. Pemain yang dapat melakukan lemparan kedalam adalah tim yang tidak mengeluarkan bola dari lapangan. Dalam melakukan sebuah lemparan, pemain dilarang untuk mengulur waktu dan juga mengangkat kakinya.

3. Tendangan Gawang

Tendangan gawang terjadi melewati garis gawang karena pemain lawan itu sendiri . Penjaga gawang maupun pemain dalam satu tim boleh melakukan tendangan gawang asalkan tidak melewati batas garis penjaga gawang atau kiper.

4. Tendangan Sudut

Tendangan sudut dapat dilakukan karena bola keluar melewati garis gawang yang disebabkan oleh pemain back dan juga tendangan akan dilakukan oleh pemain lawan. Letak tendangan sudut sesuai dengan keluarnya bola disebelah kanan maupun kiri gawang tersebut.

5. Peraturan Pergantian Pemain

Peraturan resmi yang terdapat di dalam FIFA menyebutkan bahwa pergantian pemain hanya sebanyak 3 kali saja. Namun pada saat melakukan pertandingan persahabatan pergantian pemain dapat dilakukan sampai 7 kali.

6. Pelanggaran dan Peraturanya

Pelanggaran dapat terjadi karena terjadi tackle yang terlalu keras, hands ball, mendorong lawan main, menarik baju lawan, mengganggu pergerakan penjaga gawang, dan lain sebagainya. Pelanggaran macam ini dapat dikenakan kartu kuning bahkan bisa saja langsung kartu merah.

Namun apabila pemain dapat melakukan pelanggaran hingga mendapatkan kartu kuning dua kali maka otomatis pemain mendapat kartu merah dan harus keluar dari pertandingan tersebut. Selain mendapat kartu kuning sebanyak dua kali, apabila anda melakukan pelanggaran keras maupun arogan anda bisa saja mendapatkan kartu merah. Pemain yang telah mendapat kartu kuning sebanyak 3 kali maka tidak diperbolehkan mengikuti pertandingan berikutnya di kompetisi yang sama.

7. Tendangan Bebas

Tendangan bebas terjadi karena suatu pelanggaran yang keras atau pelanggaran yang berlebihan. Ada dua jenis tendangan bebas, yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Tendangan Bebas Langsung merupakan tendangan bebas yang dapat dilakukan dengan menendang bola langsung menuju gawang.
  2. Tendangan Bebas Tidak Langsung merupakan tendangan bebas yang dapat dilakukan menendang bola atau mengoper kepada teman satu tim terlebih dahulu.

8. Tendangan Pinalti

Tendangan pinalti dapat dilakukan pada saat pemain dari tim lawan melakukan sebuah pelanggaran di dalam kotak pinalti, entah hands ball, menjatuhkan pemain lawan dengan sengaja dan juga pelanggaran lainnya. Salah seorang pemain akan ditunjuk untuk kemudian mengeksekusi bola menuju gawang. Tendangan dilakukan pada jarak 16,5 meter dari gawang tersebut.

Formasi yang Biasa Digunakan Saat Permainan Sepak Bola

4-4-2 ( Taktik klasik, 4 pemain belakang, dan 2 Gelandang Sayap )

4-4-1-1 ( 2 Gelandang Sayap, 1 Gelandang Serang, dan 1 Striker )

4-2-4 ( dengan 2 Gelandang Sayap )

4-3-2-1 ( 3 Gelandang Tengah, 2 Gelandang Serang, dan 1 Striker )

4-3-1-2 ( 4 Back, 3 Gelandang Bertahan, 1 Penyerang, 2 Striker)

4-5-1 ( 4 Back, 2 Penyerang Sayap, 3 Gelandang, 1 Striker )

4-3-3 ( 4 Back , 3 Gelandang bertahan, 2 penyerang sayap, 1 Striker )

4-2-3-1 ( 2 Back Tengah, 2 Back Sayap, 2 Wings, 1 Penyerang, 1 Striker )

4-3-3 ( 2 Back Sayap, 2 Back Tengah, 2 Sayap, 1 Gelandang Bertahan, 3 Striker Tengah )

4-1-4-1 ( 4 Back, 1 Gelandang Bertahan, 4 Gelandang, 1 Striker )

3-4-3 ( dengan Winger )

3-5-2 ( dengan Libero atau Sweeper )

3-5-2 ( tanpa Libero atau Sweeper )

Sejarah Sepak Bola Indonesia                      

Perkembangan sepakbola di Indonesia tidak terlepas dari para pedagang di China yang datang tidak hanya untuk berdagang, tetapi juga menyebarkan sepak bola kepada masyarakat Indonesia. Telah diamati bahwa pada tahun 1915 sudah ada banyak klub sepak bola didirikan dan didirikan oleh penduduk Tiong Hoa. Pada tahun 1920 ada klub sepak bola seperti UMS Jakarta dan Surabaya, yang menjadi klub sepak bola Belanda terbesar di Hindia Timur.

Peristiwa penting juga dalam sejarah sepak bola Indonesia, yaitu, pada 19 April 1930 didirikan PSSI atau Asosiasi Sepak Bola Indonesia, yang memiliki tugas mengatasi klub sepakbola di Indonesia.

Sejarah sepakbola di Indonesia tidak terlepas dari sosok bernama Soeratin Sosrosoegondo. Dia adalah putra seorang penduduk asli yang menghadiri sekolah teknik tinggi di Heckelenburg, Jerman. Menurutnya, sepakbola adalah salah satu cara meningkatkan rasa nasionalisme terhadap Belanda.

Namun pada tahun 1938, Soeratin Sosrosoegondo memutuskan secara sepihak dengan NIVU karena dia kesal setiap kali bergabung dengan pertandingan sepak bola yang selalu menggunakan bendera NIVU atau Belanda. Namun selama beberapa waktu, sepakbola di Indonesia mengalami kekosongan. Karena Jepang telah berhasil mengusir Belanda dan menjajah Indonesia.

Prestasi Terbaik Timnas Di Sepak Bola Internasional

Berikut ini adalah pencapaian tim nasional Indonesia Dikanca International:

  1. Muncul di piala dunia pada tahun 1938
  2. Semifinal Asian Games tahun 1954
  3. Pegang undian untuk Uni Soviet di Olimpiade Melbourne pada tahun 1956
  4. Saya memperoleh medali perunggu di Asian Games 1958
  5. Juara dari partai Sukan pada tahun 1972
  6. semifinal SEA Games pada tahun 1977
  7. Juara turnamen independen pada tahun 1962.
  8. Juara Turnamen Gratis pada tahun 1969
  9. Juara Copa del Rey pada tahun 1968
  10. Semifinal Asian Games 1986
  11. Juara Piala Kemerdekaan tahun 1987
  12. Juara turnamen independen pada tahun 1961.
  13. Saya mendapatkan medali perak SEA Games pada tahun 1979
  14. Saya memperoleh medali perunggu dari SEA Games pada tahun 1981
  15. Semifinal SEA Games pada tahun 1985
  16. Juara SEA Games pada tahun 1987
  17. Saya memperoleh medali perunggu dari SEA Games pada tahun 1989
  18. Juara SEA Games pada tahun 1991
  19. Semifinal SEA Games pada tahun 1993
  20. Saya memperoleh medali perak SEA Games pada tahun 1997
  21. Dia menerima medali perunggu dari SEA Games pada tahun 1999
  22. Saya memperoleh medali perak SEA Games pada tahun 2011
  23. Saya memperoleh medali perunggu SEA Games pada 2013
  24. Finalis Piala Tiger pada tahun 2000
  25. Finalis Piala Tiger pada tahun 2002
  26. Finalis Piala Tiger pada 2004
  27. Finalis Piala AFF pada 2010

Begitulah sejarah sepakbola di dunia dan di Indonesia. Dalam pertandingan sepakbola ada juga banyak aturan yang harus dipatuhi agar tidak merugikan tim itu sendiri. Terus melestarikan sepakbola dan terus mendukung tim nasional Indonesia untuk menambah rasa nasionalisme di dalam diri kita.

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber. Terimakasih

Leave a Comment