10+ Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja Terbaik dan Terbaru {Lengkap}

10+ Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja Terbaik dan Terbaru {Lengkap}

Rekomendasi Merk Raket atau Bet Tenis Meja – Meskipun tidak sepopuler bulu tangkis dan juga sepak bola, tenis meja merupakan salah satu olahraga yang cukup populer dimainkan oleh masyarakat Indonesia dalam lingkup kecil seperti komplek perumahan, instansi pendidikan, serta lingkungan kantor. Skill dan juga strategi memang menjadi kunci utama bermain tenis meja ini, namun untuk membuat itu semua berjalan dengan baik, diperlukan juga bat (sebutan umum raket tenis meja) yang mumpuni.

Dalam artikel berikut, kami akan sedikit menjelaskan bagaimana cara memilih raket tenis meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai lanjutannya, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk raket tenis meja terbaik yang telah kami himpun berdasarkan bentuk, ukuran, serta juga harganya. Simak artikel ini sampai selesai ya dan tidak boleh terlewatkan!

Cara Memilih Raket Tenis Meja

Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja
Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja

Sepertinya tidak ada perbedaan yang mencolok jika kita melihat sekilas raket tenis meja yang dipakai oleh pemula maupun yang digunakan oleh pemain profesional. Namun dalam penggunaannya, bat atau raket untuk pemain pemula lebih mudah untuk diarahkan, sehingga bola tidak mudah keluar dari area permainan. Untuk itu, pilihlah raket tenis meja yang sesuai dengan level permainan Anda masing – masing. Berikut ini adalah cara memilih raket atau bet tenis meja dengan baik dan benar:

1. Bagian-Bagian yang Perlu Diketahui Oleh Pemain

Ada bagian yang perlu diketahui berkaitan dengan raket atau bet tenis meja. Raket tenis meja sendiri terdiri dari dua bagian penting yaitu papan plus bagian pegangan yang biasa disebut dengan blade, serta lapisan karet berwarna merah dan juga hitam pada papan yang biasa disebut dengan rubber.

Beberapa bat yang dijual secara terpisah papan serta alas karetnya, namun ada juga yang menjualnya menjadi satu bundle. Bat yang satu bundle ini cocok untuk digunakan oleh para pemula, karena lebih siap pakai.

Jika sudah lama digunakan, bagian rubber pada umumnya kehilangan ‘sentuhannya’, sehingga bola yang kita pukul menjadi sulit untuk dikontrol karena umur dari rubber sudah habis. Dalam kasus yang seperti ini, Anda harus segera mengganti bagian rubber bat Anda dengan yang baru.

2. Sesuaikan Raket Tenis Meja Dengan Jenis ‘Pegangan’ yang Anda Gunakan

Seperti halnya bulu tangkis dan juga tenis lapangan, permainan tenis meja juga mempunyai cara tersendiri untuk memegang alat pemukulnya (raket). Ada dua tipe cara memegang yang umum dalam permainan tenis meja yaitu teknik shake hand (layaknya berjabat tangan), dan juga teknik penhold (seperti halnya menggunakan pena).

Cara memegang jenis shake hand lebih akrab digunakan oleh para pemain profesional karena dapat menghasilkan tenaga lebih kencang dibanding dengan cara penhold. Meski begitu, tidak sedikit juga pemain profesional yang menggunakan cara memegang penhold ini. Kita dapat melihatnya pada beberapa atlet asal China yang masih menggunakan cara pegangan teknik penhold ini.

Sebelum membeli, ada baiknya untuk mencoba bat dengan pegangan yang biasa Anda gunakan ketik bermain. Pilihlah bat yang nyaman dengan jenis pegangan Anda telah pelajari bahkan anda kuasai.

3. Pilih Berdasarkan Bentuknya

Raket tenis meja dibagi menjadi dua tipe berdasarkan bentuknya, yaitu bulat (berbentuk mirip lingkaran) serta bentuk kotak (berbentuk seperti persegi panjang). Para pengguna pegangan shake hand pada umumnya menggunakan bat berjenis bulat ini. Sedangkan untuk para pengguna pegangan penhold, ada yang menggunakan bat berbentuk kotak, ada pula yang menggunakan bat berbentuk bulat.

Ada perbedaan karakter dari kedua jenis bentuk bat tersebut ini. Bat kotak dapat memberikan power yang lebih pada saat melakukan pukulan forehand. Sedangkan bat berbentuk bulat, sangat sempurna untuk melakukan kontrol bola, melakukan ayunan dengan cepat, dan dapat menimbulkan pukulan dengan efek melengkung. Di Negara Indonesia sendiri, bat yang lebih sering ditemui dan juga digunakan yaitu bat berbentuk bulat.

10 Rekomendasi Raket atau Bet Tenis Meja Terbaik

Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja
Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja

Seperti yang telah disebutkan pada sebelumnya, dalam bagian ini Anda akan kami perkenalkan dengan beberapa produk raket tenis meja yang telah kami himpun. Anda dapat membandingkan harga, serta karakter raket tenis meja tersebut, sesuai dengan kebutuhan permainan yang Anda inginkan tersebut.

1. Butterfly TBC202

Untuk Anda yang ingin mendapatkan kontrol bola serta pukulan efek yang baik, Anda dapat mengamati lebih jauh produk berikut. Butterfly TBC-202 dipersenjatai dengan dua Butterfly Yuki rubber pada masing-masing sisinya tersebut. Yuki rubber adalah alas karet yang dapat menimbulkan efek bola yang baik jika digunakan secara tepat.

Ketebalan rubber yang tercatat yaitu 2,0 mm dapat membuat pukulan terarah. Sangat cocok untuk para pemula yang menginginkan raket dengan performa baik dan juga enak digunakan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan cover raket jika membeli produk jenis ini.

2. Cornilleau Tacteo Pack Duo

Tak ada salahnya untuk membeli produk yang dibuat dalam bentuk paket. Cornilleau Tacteo Duo dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mencari raket tenis meja dengan harga ekonomis, namun dengan performa yang cukup baik ketika anda gunakan. Produk ini berisikan 2 bat dan 3 bola yang siap untuk langsung digunakan dalam permainan tenis meja tersebut.

Mengenai performa, bat atau raket fini sudah lebih dari cukup untuk keperluan pemain pemula. Karetnya solid, sehingga baik untuk mengontrol bola. Warnanya yang catchy dan bentuknya yang trendi, paket ini sangat sempurna untuk dipakai bermain bersama keluarga dan sahabat, serta cocok digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dengan menggunakan bat ini, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan pegangan yang nyaman dan tidak mudah lepas, karena pegangannya terbuat dari material full karet.

3. Butterfly Timo Boll 2000

Produsen peralatan tenis meja populer, Butterfly, membuat bat seri khusus dari pemain tenar asal Jerman, Timo Ball. Raket berikut dirancang untuk para pemain pemula yang ingin mengembangkan skill permainannya.

Untuk karakter, bat berikut mempunyai kemampuan speed dan spin yang seimbang. Jadi, Anda dapat melakukan pukulan-pukulan efek serta drive cepat ketika menggunakan bat berikut. Harganya juga terbilang masuk akal untuk kantong para pemain non profesional.

4. DHS A3002

Satu lagi pilihan yang menarik bagi para pemula yang ingin mendapatkan bat dengan performa baik. DHS A3002 memiliki papan kayu yang terbuat dari 5 lapis yang memadahi dalam urusan speed, balance dan power.

Rubber yang menempel sebagai alas bat dapat menjadi media kontrol bola yang memadahi permainan Anda. Karena pegangannya yang cukup panjang, produk berikut pas untuk Anda yang terbiasa menggunakan pegangan shake hand. Harganya yang ekonomis juga membuatnya menarik untuk dibeli.

5. Butterfly Stayer 3000

Butterfly Stayer 3000 FL merupakan bat rakit untuk pemain yang biasa menggunakan pegangan shake hand. Bagian rubber yang menjadi alas papan sudah lolos persetujuan dari ITTF, lembaga tenis meja internasional.

Secara khusus, Butterfly merancang bat ini untuk Anda yang ingin mengedepankan kontrol bola yang baik. Produk berikut cocok digunakan untuk pemain tenis meja dari kelas pemula, hingga pemain kelas menengah. Dengan harga yang cukup terjangkau, produk ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengganti bat lama Anda dengan yang baru.

6. DHS Hurricane 301 FL

Bagi Anda yang mencari raket untuk penunjang permainan ‘keras’, DHS Hurricane 301 FL dapat menjadi opsi yang memungkinkan. Sebagai papan pemukul, DHS Hurricane 301 FL terbilang tipis namun lebar, sehingga pas untuk dijadikan landasan bola.

Bahan utama dari papan ini adalah kayu pilihan, serta lapisan karbon. Ditambahkannya karbon pada produk ini menyebabkan bat lebih elastis, sehingga mampu mengeluarkan tenaga lebih ketika diayunkan. Bat ini dijual tanpa rubber, jadi Anda bisa mengaplikasikan rubber sesuai dengan karakter permainan yang ingin Anda tonjolkan.

7. Stiga Titan

Stiga Titan dapat menjadi andalan jika Anda ingin melakukan kontrol bola lebih jauh dalam permainan. Bagian rubber-nya sudah di-approve oleh Interational Table Tennis Federation (ITTF) untuk permainan kelas turnamen.

Untuk bagian pegangan, bat berikut menggunakan teknologi WRB yang cocok untuk mengarahkan bola, berfungsi untuk recovery pemain saat permainan, serta stabil untuk pegangan. Karena terbuat dari bahan kayu balsa, raket ini memiliki bobot yang ringan, sehingga cocok untuk digunakan saat rally cepat.

8. Palio Expert 2

Palio menggandeng para ahli untuk menciptakan produk yang diberi nama Palio Expert 2. Sebagai alas, rubber yang dipilih masih tidak berubah jika dibanding Palio Expert yang pertama, yakni rubber Palio CJ8000. Rubber tersebut mempunyai kekuatan untuk memberikan efek putaran bola yang baik dan telah disetujui oleh ITTF.

Bentuk dan susunan papan pada produk ini akan memberikan kontrol bola yang baik pada pemain. Jadi, untuk Anda yang ingin menekankan karakter top spin dan kontrol bola yang baik, Palio Expert 2 adalah barang yang dapat Anda jadikan opsi.

9. Stiga Pro Carbon

Karbon memang cocok untuk menjadi tambahan dalam lapisan bat tenis meja untuk mendukung permainan keras dan cepat. Hal ini juga yang diberikan oleh Stiga pada produknya yang bernama Pro Carbon. Termasuk dalam kategori high end, produk ini mumpuni untuk segala jenis permainan. Spesialisasinya ada pada power dan speed yang dihasilkan. Produk ini cocok untuk para pemain yang berkarakter energik dan penuh tenaga dalam bermain.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa teknologi tambahan seperti nano composite technology untuk mendukung speed dan top spin, ACS untuk mendukung kontrol bola yang baik, WRB untuk menjaga keseimbangan, serta crystal dan penggunaan kayu balsa untuk mendukung peningkatan kecepatan pukulan. Produk yang high performance!

10. Killerspin Jet800 Combo

Produk yang satu ini masuk sebagai raket yang digunakan oleh para profesional. Tebuat dari 7 lapis kayu pilihan sebagai bahan utama papan, Jet800 merupakan produk yang paling baik digunakan untuk segala jenis permainan dibanding raket-raket yang dikeluarkan oleh Killerspin yang lain.

Sangat menawan ketika digunakan untuk pengembalian bola efek dari musuh. Anda juga dapat menggunakannya untuk pukulan-pukulan tricky maupun pukulan keras. Secara garis besar, produk ini pas untuk segala jenis permainan. Killerspin Jet800 Combo dijual sepaket dengan case yang muat untuk dua bat serta tiga bola bintang empat.

Kesimpulan Pemilihan Raket atau Bet Tenis Meja

Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja
Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja

Dari beberapa produk di atas dapat disimpulkan bahwa tiga karakter kemampuan yang dilihat dari bat yakni speed dan power, top spin, serta kontrol bola. Kami sarankan Anda memilih produk yang sesuai dengan permainan yang ingin Anda bangun. Namun yang lebih dasar lagi, kenalilah gaya permainan Anda, karena dari situ Anda dapat menutupi kelemahan dengan mengandalkan kelebihan yang Anda miliki. Akhir kata, selamat berburu dan bermain.

Cara Merawat Bet atau Raket Tenis Meja

Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja
Rekomendasi Merk Raket Tenis Meja

Meski mungil dan tampak sederhana, paddle atau bet tenis meja bukanlah barang murahan. Bet tenis meja dijual paling murah Rp600.000 hingga puluhan juta rupiah. Bayangkan jika bet andalan kamu rusak karena tidak dirawat dengan baik, bisa-bisa dompetmu terkuras karena harus terus-menerus membeli bet baru. Atau lebih buruk lagi, kamu jadi meninggalkan olahraga ini sepenuhnya. Jangan khawatir, di tulisan kali ini BukaReview akan memberikan beberapa tips untuk merawat bet andalan kamu agar tetap terjaga kualitasnya.

1. Gunakan Protective Coating

Jika kamu membeli bet terpisah dengan rubbernya, maka kamu wajib membeli protective coating. Jika kamu langsung mengoleskan lem pada bet, kemungkinan ketika nanti kamu akan mengganti bet, lapisan kayu atau serat karbon bisa ikut terkelupas. Protective coating ini banyak dijual di toko-toko material terdekat kamu, atau buka saja BukaLapak.

2. Gunakan Plastik Pelindung

Pada umumnya, ketika kamu membeli bet baru, bet akan dilapisi oleh selembar plastik pada kedua sisi. Kegunaan plastik ini adalah menjaga karet bet dari debu dan kelembapan udara. Biasakan selalu menggunakan plastik ini ketika menyimpan bet andalan, karena pada umumnya karet dari bet berasal dari karet organik ataupun sintetik.

Karet organik akan lebih cepat rusak karena mengalami pelapukan jika terlalu sering terkena debu, apalagi jika diletakkan di tempat yang lembab. Jika bet yang kamu beli tidak disertai plastik pelindung, ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah kertas. Kertas bisa menjadi pelindung yang lumayan bagus karena tidak akan menempel pada karet bet, dan meminimalkan risiko terjadinya kerusakan pada karet.

3. Jauhkan Dari Sinar Matahari

Karet yang melapisi bet kamu sangat rentan terhadap sinar atau panas matahari. Karet bet terpapar langsung sinar matahari bisa cepat rusak, karena tekstur karet yang lentur bisa sangat mudah memuai dan kemungkinan akan menjadi kering. Pastikan bet kamu selalu terlindung dari paparan sinar matahari. Masukkan bet ke dalam sleeve atau tas olahragamu.

4. Simpan Karet Bet Di Dalam Tas Olahraga

Jika kamu termasuk orang yang ceroboh, kamu sangat membutuhkan tas olahraga. Menyimpan bet di dalam tas olahraga sangat berguna untuk mengurangi benturan dari benda-benda keras lainnya. Bahan karet yang ada pada bet bisa dibilang ringkih, karena tekstur karet yang lentur dapat mudah rusak jika terkena benturan maupun gesekan dari benda keras lain. Masalah yang kedua adalah, jika kamu memasukkan bet ke dalam tas olahraga bersamaan dengan jersey berkas pakai dan sepatu olahraga, lebih baik kamu membeli tas khusus bet tenis meja. Pengamanan ganda akan lebih baik untuk menjaga kualitas dari bet yang kamu sayangi.

5. Jangan Mencuci Bet Dengan Air

Menggunakan air untuk membersihkan paddle sangat tidak dianjurkan. Kayu pada bet tidak anti-air, jadi air bisa meresap ke dalam dan kayu bisa mudah lapuk. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan paddle wrap tape. Selain untuk mengoptimalkan genggaman kamu pada gagang bet, pelapis ini berguna juga agar keringat yang dihasilkan telapak tangan tidak meresap ke dalam gagang bet.

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai salah satu cabang olahraga yang begitu mendunia hingga bisa dikenal di Negara kita tercinta ini, indonesia. Menjadi seorang pemain tenis meja yang handal dan professional bukanlah suatu hal yang tidak mungkin.

Asalkan terdapat niat dan tekad yang kuat untuk terus berusaha, berupaya dan berlatih sekuat tenaga, Anda pun bisa menjadi apa yang Anda inginkan. Yang perlu diingat adalah segala sesuatu yang hebat tidak ada yang instan, semuanya melalui sebuah proses panjang yang tentunya tidak selalu mulus, mulai dari jatuh bangun, gagal, sakit bahkan hal – hal buruk mungkin terjadi namun semata – mata untuk membentuk Anda menjadi seorang pemain yang hebat dan mampu memenangkan sebuah pertandingan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment