10+ Rekomendasi Merk Bola Voli Lengkap dengan Cara Perawatannya

10+ Rekomendasi Merk Bola Voli Lengkap dengan Cara Perawatannya

Bola voli –Bola voli adalah bola yang paling awet, meskipun sering kali digunakan. Untuk dapat memaksimalkan permainan dibutuhkan bola yang berkualitas baik. Walaupun mempunyai kualitas baik, bola tetap harus dirawat dan disimpan dengan baik, agar tidak mudah rusak. Berikut ini adalah 10 rekomendasi bola voli kualitas terbaik. Berikut ini Adalah Penjelasannya:

10 Bola Voli Kualitas Terbaik dari Merk yang Bagus

Setelah mengetahui penjelasan, sejarah, cara bermain, dan posisi pemain bola voli, selanjutnya yaitu mimin akan memberikan tentang Bola Voli kualitas terbaik. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Mikasa MVA 330

Produk asal Negara Jepang ini tersedia dalam ukuran nomor lima yang tepat digunakan orang dewasa. Terdiri dari dari delapan buah panel dengan paduan warna biru dan juga kuning membentuk pola pusaran yang cantik.

Permukaan yang lebar pada tiap – tiap panel memungkinkan kontak lebih besar dengan tangan saat bermain voli, khususnya di dalam ruangan. Selain itu, produk ini adalahbola resmi Federasi Voli Internasional.  Jenis bola voli ini yang hanya bisa digunakan di dalam ruangan yang tertutup atau indoor.

2. Proteam Original Elegance

Terbuat dari kulit Poliuretan asal Negara Jepang dengan sensasi soft touch yang lembut di tangan. Berat dan juga ukuran dari bola ini pun sesuai dengan standar internasional dan disertai label SNI. Bagi kamu yang ingin memerlukan bola untuk berlatih sebagai pemula, maka produk ini dapat dijadikan pilihan karena bobotnya yang ringan dan nyaman digunakan. Bola ini mempunyai ukuran nomor lima yang pas untuk orang dewasa pemula maupun profesional

3. Molten EV5000

Permukaannya yang halus akan memungkinkan bola memantul dengan baik pada pasir serta mencegah partikel-partikel pasir yang menempel. Permukaannya dilapisi dengan delapan belas buah panel kulit komposit yang dijahit dengan rapi dan mempunyai ukuran nomor lima. Meskipun dijahit dengan tangan, produk import ini sudah disetujui oleh FIVB bahkan menjadi pilihan para atlet voli pantai pada saat ini.

4. Pro Court MVP-600

Pro Court MVP-600 adalah jenis bola voli berbahan paduan kulit sintetis polyurethan microfiber atau PU yang didesain khusus untuk olahraga bola voli di dalam ruangan. Bola seri ini sangat lunak dan juga lentur serta telah memenuhi standar SNI sehingga dapat digunakan saat latihan maupun saat pertandingan. Mempunyai pola panel yang sederhana sehingga sesuai untuk kamu yang lebih suka desain minimalis dari jenis bola voli ini.

5. Tachikara TX5WRY

Terbuat dari bahan PVC Soft yang membuat bola voli ini menjadi lembut dan empuk serta memenuhi standar FIVB. Selain itu, bahan ini aman untuk kulit karena tidak membuat tangan panas meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Jenis dari bola voli ini mempunyai 18 buah panel dan ukuran nomor lima dengan permukaan yang dilaminasi sehingga mampu digunakan di dalam ruangan dengan maksimal.

6. Nassau New Patriot

Bola yang berukuran lima ini dilapisi dengan kulit sintetis polyurethane berkualitas yang dilekatkan dengan rapi pada permukaannya. Mempunyai tekanan angin 4 sampai 6 pon serta berat sekitar 260 hingga 280 gram. Produk ini telah memenuhi standar organisasi voli internasional dan juga voli nasional. Dengan begitu, kamu dapat berlatih menggunakan jenis bola yang terjangkau dan tetap merasakan kualitas bola yang sama seperti saat kompetisi.

7. Mitzuda MZ 100 Junior

Bola voli jenis ini berukuran empat, sehingga pas untuk digunakan pelajar SD dan SMP saat belatih voli. Ukuran kecil yang lebih ringan daripada bola dewasa memudahkan untuk anak dalam mengontrol bola serta melatih teknik pukulan mereka. Terbuat dari bahan kulit PU sehingga dapat digunakan ketika di dalam maupun di luar ruangan. Produk ini juga memenuhi standar resmi sehingga sang anak dapat menggunakannya untuk latihan kompetisi dari bola voli tersebut.

8. Li-Ning LNV 80

Bola buatan Li-Ning ini mempunyai warna biru, putih, dan juga kuning dengan pola gelombang yang membuatnya nampak dinamis. Tidak perlu khawatir selip untuk saat menggunakannya, karena terdapat ratusan bintik yang tersebar pada permukaan kulit biru untuk dapat meningkatkan daya genggaman serta kontak dengan tangan. Produk ini terbuat dari sebuah material PU yang tahan lama dan juga berkualitas.

9. Decathlon Kipsta

Produk ini dibuat khusus hanya untuk voli pantai dengan desain yang stylish untuk pemain wanita. Selain warna kuning, kamu juga dapat memilih bola dengan warna dasar biru muda. Bola ini mempunyai berat antara 260 sampai 280 gram sesuai dengan standar resmi.

Berkat material dari PVC pada panelnya, kamu dapat menggunakan bola ini untuk dapat bermain selama berjam-jam. Li-Ning turut menjahit produk ini menggunakan mesin agar mempunyai daya tahan yang maksimal terhadap gangguan cuaca sehingga tidak mudah untuk pecah dan warnanya pudar

10. Nabaiji

Bola berbahan karet PVC ini sangat cocok dimainkan di kolam ataupun pada pantai. Ideal untuk voli air atau permainan bola lainnya.  Permukaan yang bergulir membuat bola voli ini anti selip saat basah dan tetap nyaman saat dimainkan. Dengan diameter sekitar 15 cm maupun sebesar telapak tangan, bola ini jadi lebih mudah digenggam dan juga dimainkan. Tersedia dalam pilihan warna menarik seperti kuning, merah muda, dan juga oranye.

Cara Memilih Bola Voli

Rekomendasi Bola Voli
Rekomendasi Bola Voli

Berikut ini adalah cara memilih bola voli dengan baik sehingga sangat pas untuk kalian gunakan. Berikut ini adalah penjelasannya

1. Jenis Bola Voli

Bola voli dibuat untuk dapat menyesuaikan dengan lokasi permainan yang dilaksanakan, yang masing-masing mempunyai kondisi yang berbeda-beda. Sesuaikan spesifikasi bola dengan lokasi anda tersebut. Antara lain untuk voli dalam ruangan, di pantai, maupun di air (polo). Untuk permainan yang dilakukan di dalam ruangan, dengan permukaan datar dan juga keras, maka bola yang berat diperlukan supaya mudah untuk memantul.

Sementara bola mempunyai tekstur kasar dan juga berbobot ringan sangat diperlukan ketika bermain voli pantai untuk dapat mempermudah kontak ketika bersentuhan dengan pasir. Jika permainan yang dilakukan di kolam renang, maka bola dengan permukaan berulir patut dipilih untuk dapat menghindari selip dari saat bola basah tersebut.

2. Ukuran Bola Voli

Untuk ukuran dari boal voli itu sendiri dibedakan menjadi dua buah. Nomor ukuran empat untuk anak-anak dan juga lima untuk orang dewasa. Bola ukuran empat memang dibuat pas dengan cara ukuran telapak tangan anak kecil agar dapat melatih sentuhan terhadap bola dan juga pukulan.

Selain itu, ukuran yang kecil jauh lebih aman bagi anak-anak karena mempunyai tekanan yang tidak besar untuk menghindari cedera. Setelah terbiasa, bola berukuran dewasa dapat dipilih untuk dapat membiasakan diri dengan beratnya. Bola nomor lima juga dipilih para pemain profesional untuk berlatih maupun dipilih untuk sebuah pertandingan.

3. Material

Biasanya permukaan pada bola voli terbuat dari material kulit sintetis yang tidak dapat dipisahkan berdasarkan panel. Kamu dapat memilih bola dengan panel yang telah dijahit maupun direkatkan dengan lem. Biasanya bola dalam ruangan menggunakan lem untuk dapat mempermudah laminasi sehingga bola semakin halus, mampu memantul, dan juga bergerak dengan baik di lapangan datar.

Sementara bola voli pantai dijahit menggunakan tangan maupun mesin supaya sambungan panel tetap rapat dan juga tidak terpengaruh gangguan cuaca.

Sepatu bola voli Mizuno pada saat ini sedang popular. Kualitas dari sepatu merek ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi berikut akan diuraikan keunggulan-keunggulan dari sepatu merek ini dan juga contoh yang dapat Anda jadikan sebuah pilihan.

Cara Merawat Bola Voli Mikasa

Rekomendasi Bola Voli
Rekomendasi Bola Voli

Berikut ini adalah Cara merawat bola voli dengan baik dan benar:

1. Setelah digunakan, pada umumnya bola menjadi kotor. Bersihkan permukaan bola tersebut menggunakan air.            Jika lumpur yang menempel cukup tebal, bisa gunakan sikat untuk menggosok bola voli tersebut. Setelah benar-        benar bersih, langkah selanjutnya yaitu lap menggunakan kain kering. Tidak perlu menjemur bola di bawah terik        matahari, karena dapat merusak kulitnya. Selain itu, jangan merendam bola terlalu lama.

2. Jika tidak digunakan, simpan bola menggunakan jaring dengan digantung. Hindari menyimpan bola di lantai,             sebab suhu lantai mudah berubah sehingga berdampak pada tekanan bola voli tersebut. Tentu saja hal ini akan          dapat mempengaruhi kelayakan bola jika digunakan dalam permainan.

3. Seringkali, bola yang disimpan terlalu lama akan menjadi kempis. Anda dapat menambah angin dengan                        menggunakan pompa sepeda manual.

4. Bola juga rawan mengalami sebuah kebocoran karena terkena benda tajam. Biasanya beberapa toko penjual alat olahraga menyediakan layanan servis bola dengan cara menambal bola voli tersebut. Tapi bola yang pernah ditambal tidak akan mulus 100% dan juga kualitasnya akan mengalami pengurangan atau berkurang.

4 Perbedaan Bola Voli Asli Dan KW Yang Harus Diketahui

Rekomendasi Bola Voli
Rekomendasi Bola Voli

Apakah anda sudah paham tentang apa saja kesalahan dalam permainan bola voli? Jika sudah, maka kali ini anda juga harus tahu tentang apa saja perbedaan bola voli asli dan kw yang banyak orang tidak sadar sehingga banyak dari mereka tertipu untuk memilih bola voli kw. Seperti yang kita tahu olahraga voli termasuk salah satu cabang olahraga yang dilombakan di berbagai ajang kejuaran seperti Sea Games, Asia Games, dan bahkan olahraga ini juga dilombakan dalam Olimpiade.

Di dalam melakukan permainan ini, tentu anda harus tahu secara betul mengenai bagaiman cara bermain bola voli yang benar sehingga anda bisa selalu meraih kemenangan dan pada akhirnya anda bisa mencapai target yang anda impikan selama ini. Dan salah satu cara untuk menjadi pemain bola voli yang handal adalah dengan memahami perbedaan bola voli asli dan kw.

Alasannya adalah kedua bola ini tentu memiliki perbedaan dari segi kualitas. Ketika anda sering memainkan permainan bola voli, namun menggunakan bola kw maka kemungkinan anda memerlukan waktu untuk beradaptasi ketika tiba-tiba anda menggunakan bola voli yang berbeda dari bola yang anda gunakan karena anda selama ini ternyata anda menggunakan bola voli kw.

Untuk mengetahui apa saja perbedaannya, maka kami sarankan agar anda menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini:

1. Pantulan Bola

Perbedaan antara bola voli yang asli dengan kw adalah terletak pada pantulannya. Perlu anda tahu bahwa banyak dari orang awam yang tidak memperhatikan tips ketika membeli bola voli dimana orang tersebut harus memantulkan bola tersebut untuk mengetes apakah bola yang ia beli merupakan bola asli, kw, atau bahkan bola palsu.

Seseorang yang tidak sadar membeli bola voli kw atau palsu, maka kemungkinan ia akan mengalami beberapa kesalahan umum pada saat servis dalam bola voli karena memang bola yang ia gunakan tidak memiliki tingkat pantulan yang baik.

Oleh sebab itu, cara yang harus anda lakukan adalah dengan memantulkan bola yang ingin anda beli. Jika bola yang anda pantulkan jaraknya lebih dari setengah ketika kita memantulkan, maka bola tersebut bisa dikatakan asli atau memiliki kualitas yang baik.

2. Kualitas bahan

Perbedaan yang kedua antara bola voli asli dan kw adalah terletak pada kualitas bahan yang digunakan. Bola voli yang asli tentu saja akan dibuat dari bahan yang memiliki kualitas tinggi dan terpercaya sehingga mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama dan sangat sulit untuk bisa robek sekalipun bola tersebut terkena atau tergores benda yang tajam.

Namun jika anda membeli bola kw, maka bola tersebut tentu saja cenderung akan mudah robek terutama jika anda menggunakannya dengan intensitas yang tinggi. Mengapa? Karena bola voli kw dibuat dari bahan semi plastik sehingga tidak heran jika bola voli yang satu ini akan mudah robek jika misalnya terkena benda tajam.

3. Berat Bola

Perbedaan yang ketiga antara bola voli asli dan kw adalah pada berat bola itu sendiri. Meskipun sebenarnya perbedaan ini sederhana, namun jika anda teliti maka anda akan menyadari bahwa meskipun memiliki perbedaan yang sederhana, ternyata akan berpengaruh terhadap kualitas permainan dan variasi permainan bola voli seperti ketika melakukan passing atas, passing bawah, servis, atau bahkan smash.

Anda harus tahu bahwa anda tidak dianjurkan untuk memilih bola yang memiliki berat terlalu ringan, namun anda juga tidak dianjurkan untuk memilih bola yang terlalu berat karena anda akan kesulitan mengembangkan permainan atau menikmati permainan anda.

Yang harus anda lakukan adalah dengan memilih bola yang memiliki berat ideal sehingga akan nyaman ketika dimainkan. Adapun bola dengan berat ideal adalah bola yang memiliki berat 9 sampai dengan 10 ons, serta memiliki tekanan yang mencapai kurang lebih 4,5 sampai dengan 6 pon.

4. Warna bola

Perlu anda sadari bahwa perbedaan lainnya antara bola voli asli dan juga bola voli kw adalah terletak pada warnanya. Meskipun memang sebenarnya warna bukan hal yang dapat mempengaruhi dari segi kualitas, namun beberapa orang yang teliti terhadap barang kw akan langsung menyadari bahwa bola voli anda kw atau bahkan palsu hanya bermodalkan penglihatan dari warna bola yang anda miliki.

Namun yang kami sarankan ketika anda membeli bola voli adalah anda harus membeli bola dengan warna yang agak mencolok. Alasannya adalah bola dengan warna mencolok akan memudahkan anda dalam bermain dan mengembangkan teknik bola voli anda.

Dan bahkan ada beberapa peraturan permainan bola voli yang salah satunya berkaitan dengan warna bola yang anda gunakan yakni harus memiliki warna yang agak mencolok sehingga dapat memudahkan para pemain.

Leave a Comment