Pengertian Sepak Bola : Sejarah, Teknik, Tujuan, Peraturan (Lengkap)

Pengertian Sepak Bola : Sejarah, Teknik, Tujuan, Peraturan (Lengkap)

Pengertian Sepak Bola – Selamat malam kawan, sampai jumpa lagi dengan Mimin, yang kali ini akan berbagi informasi tentang arti sepakbola. Siapa yang tidak kenal dengan game ini, pasti Anda kenal baik? Segera, lihat artikel berikut ini agar Anda lebih mengerti.

Pengertian Sepak Bola 

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Apa itu pertandingan sepak bola? Definisi sepak bola adalah olahraga yang menggunakan bola kulit / karet dan dimainkan oleh dua tim, di mana setiap tim terdiri dari 11 pemain utama dan beberapa pemain pengganti.

Ada juga yang berpikir bahwa pengertian Permainan Sepak Bola Adalah Permainan Yang Dilakukan Dengan Menendang Bola Dimana Tujuannya Adalah Memasukkan Bola Ke Dalam Gawang Lawan. Tim yang memanfaatkan lawan memenangkan pertandingan sepak bola sesuai dengan aturan permainan.

Dalam bahasa Inggris, sepakbola disebut football, sedangkan di Amerika Serikat game ini disebut football. Istilah “sepakbola” terdiri dari dua kata, yaitu:

Sepak bola itu berarti menendang dengan kaki Anda

Bola, yang berarti permainan bulat dan kulit / karet.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Untuk lebih memahami definisi sepak bola, kami dapat berkonsultasi dengan pendapat beberapa ahli berikut:

1. Agus Salim

Menurut Agus Salim, pengertian sepak bola adalah olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki untuk memasukkan bola sebanyak mungkin ke dalam gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang ditentukan di atas, baik oleh asosiasi sepakbola atau pihak lain yang berwenang.

2. Soekatamsi

Menurut Soekatamsi (1994: 3), pengertian sepak bola adalah permainan tim yang dimainkan di mana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain, termasuk kiper.

3. Muhajir

Menurut Muhajir (2007: 22), pengertian sepak bola adalah permainan yang dilakukan dengan menendang bola, di mana tujuannya adalah menempatkan bola di gawang lawan dan menahannya sehingga tujuannya bukan untuk memberikan bola.

4. Luxbacher

Menurut Luxbacher (2008: 2), pengertian sepak bola adalah permainan yang dimainkan antara dua tim, di mana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan menjaga gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

5. Remmy Muchtar

Menurut Remmy Muchtar (1992: 27), pengertian sepak bola adalah permainan yang dilakukan dengan mengolah bola dan mengatur pergerakan tubuh dalam permainan.

Penemu Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Penemu sepakbola masih ragu, mengapa? Awalnya, Inggris telah mengklaim tentang penemuan sepakbola untuk pertama kalinya di dunia. Namun kebenarannya masih diragukan. Ini karena tidak ada yang tahu bahwa olahraga ini dimainkan untuk pertama kalinya. Karena itu, para penemu sepakbola yang merupakan yang pertama di dunia mungkin tidak ada.

Tetapi menurut penemuan sebuah surat kabar Vatikan, L’Osservatire Romano, Guaraní, yang merupakan salah satu suku di Paraguay, telah bermain sepak bola. Artikel itu muncul atau muncul pada hari Senin, 28 Juli 2010, dan menyatakan bahwa pertandingan sepak bola telah ditemukan oleh suku Duarani pada tahun 1793. Dengan deklarasi seperti itu, 70 tahun sebelumnya, di mana Inggris mengklaim sebagai penemu sepakbola.

Artikel itu diperoleh dari pendeta bernama Juan Manuel Peramas. Dia telah menyatakan bahwa suku Guarani telah bermain menggunakan bola yang memiliki bahan dasar karet, tetapi memiliki bobot yang cukup ringan, sehingga akan cepat ketika ditendang.

Kemudian bola akan memantul dengan cepat sebelum bisa berhenti. Guarani juga memainkan bola tidak menggunakan tangan mereka seperti yang mereka lakukan, tetapi menggunakan kaki internal mereka. Artikel ini adalah bukti bahwa Inggris bukan penemu permainan sepakbola.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Tujuan dari permainan ini adalah untuk menempatkan bola di gawang lawan sebanyak mungkin untuk memenangkan pertandingan. Berikut ini adalah beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam pertandingan sepak bola;

1. Buat tujuan melawan tujuan lawan.

2. Mengemudi atau mencegah bola masuk ke gawang Anda sendiri.

3. Bangun kerja tim untuk membuat game lebih solid.

4. Kembangkan dan pertahankan sportivitas di antara pemain sepak bola dan ciptakan permainan yang adil.

5. Meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan tubuh.

6. Raih prestasi di dunia olahraga, terutama sepakbola.

Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Secara historis, Sejarah Sepak Bola ini telah dikenal di Cina sejak abad ke-2 dan ke-3 SM, yaitu pada masa dinasti Han.Ketika itu, orang Cina menggunakan bola kulit dan menendangnya dalam jaring kecil.

Selain di China, pertandingan sepakbola juga telah dikenal di beberapa negara lain, seperti Jepang, Yunani dan Roma. Orang Jepang, Romawi, dan Yunani pada waktu itu membuat game ini untuk bersenang-senang.

Sepak bola modern dimulai di Inggris dengan menerapkan aturan dasar sehingga permainan menjadi semakin populer. Meski olahraga ini telah dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, sepakbola terbukti semakin dikenal masyarakat dunia.

Hingga akhirnya, pada tahun 1904, FIFA (Fédération Internationale de Football Association) dibentuk. FIFA adalah badan sepak bola internasional yang didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Prancis.

Sepak bola menjadi olahraga yang dimainkan antar negara untuk memperjuangkan Piala Dunia. Pertandingan Piala Dunia pertama diadakan pada tahun 1930 di Uruguay, yang dimenangkan oleh Uruguay.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Permainan sepakbola tentu memiliki teknik yang bisa dilakukan saat bermain. Teknik-teknik ini juga dapat membantu Anda mengecoh lawan atau menendang bola dengan baik sehingga bola sejauh mungkin. Inilah 10 teknik dasar sepak bola:

1. Teknik tetes (drip)

Teknik menetes dapat dilakukan dengan harus memuat bola dengan kaki Anda dan Anda juga dapat mengontrol kecepatan bola.

2. Dribble tertutup dan dribble cepat

Dalam teknik dribbling ada teknik Dribling tertutup, teknik ini adalah teknik dribbling yang dapat Anda lakukan dengan mengendalikan dan menggiring bola dengan benar, dan Anda juga bisa melakukannya saat Anda diblokir atau diapit oleh pemain lain yang merupakan tim lawan.

Sementara Dribling Speed ​​adalah teknik di mana Anda bisa berlari, melempar bola ke depan dan mengejarnya. Tidak hanya itu, tidak ada 3 teknik dasar lain untuk dribbling, yaitu menggiring bola menggunakan sisi luar kaki, bagian dalam kaki dan bagian belakang kaki.

3. Menggiring bola menggunakan bagian belakang

Tahapan teknik menetes menggunakan bagian belakang kaki adalah:

a. Cobalah melihat langsung di depan mata.

b. Letakkan kaki Anda di ujung bola.

c. Maka Anda harus mendorong bola dengan punggung Anda.

d. Akhirnya, lakukan berulang kali, dan kemudian Anda bisa menghentikan bagasi menggunakan kaki Anda.

4. Tetes menggunakan kaki bagian dalam

Tahapan teknik tetes menggunakan kaki bagian dalam, yaitu:

1. Cobalah melihat langsung di depan mata.

2. Matikan pergelangan kaki Anda.

3. Anda kemudian dapat mulai mendorong bola dengan sisi luar kaki.

4. Akhirnya lakukan berulang kali dan Anda bisa menghentikan bola dengan telapak kaki Anda.

5. Menggiring bola menggunakan sisi luar kaki

Dalam teknik dribbling menggunakan sisi luar kaki tidak jauh berbeda dengan teknik dribbling menggunakan sisi dalam kaki.

Anda hanya perlu berlatih langkah demi langkah dengan seni sebelumnya, yaitu menggiring bola dengan sisi bagian dalam kaki. Namun, Anda harus memutar pergelangan kaki ke dalam dan mendorong bola.

6. Teknik tendangan (menendang bola)

Seperti yang Anda lihat dalam permainan sepak bola, sebagian besar permainan didominasi oleh tendangan bola. Oleh karena itu, teknik dasar sepak bola berikutnya adalah menendang atau menendang.

Anda dapat menggunakan 3 teknik untuk menendang bola ini, yaitu, menggunakan sisi luar kaki, sisi dalam kaki dan juga kaki. Anda dapat mempraktikkan teknik-teknik ini dengan memfokuskan mata Anda pada tujuan yang akan Anda tuju dan kemudian memposisikan tubuh Anda.

Lalu Anda bisa meletakkan kaki kanan atau kaki kiri di sebelah bola. Dan akhirnya, Anda mengayunkan kaki Anda untuk menendang bola dan memfokuskan energi Anda pada area atas kaki Anda dan pandangan Anda ke sisi yang Anda tuju.

7. Teknik Pass (mengoper bola)

Teknik yang selalu digunakan pemain sepak bola untuk memberikan bola kepada teman-teman mereka adalah teknik passing, di mana teknik passing adalah teknik untuk mengoper bola kepada rekan tim mereka. Melewati dan menerima bola juga harus didominasi oleh pemain sepak bola, dan teknik ini memiliki 3 bentuk, yaitu menggunakan kaki bagian luar, kaki bagian dalam dan juga kaki.

Anda dapat melakukan teknik passing dengan terlebih dahulu menempatkan tubuh Anda di depan bola, kemudian Anda bisa fokus pada arah pemain yang akan mengoper bola, lalu Anda bisa melempar pada saat yang sama mengayunkan kaki ke arah pemain lain yang akan menendang bola, dan tidak lupa bahwa Anda harus menyesuaikan kekuatan yang ada di kaki Anda untuk mencocokkan kisaran pemain yang Anda ubah.

8. Teknik retensi bola

Setelah menguasai teknik passing atau mengoper bola, Anda juga harus menguasai teknik memegang bola. Di mana teknik ini akan sangat berguna ketika Anda menerima bola yang terjadi pada teman Anda.

Anda bisa memegang bola menggunakan dada, kaki, dan paha. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memegang bola dengan kaki Anda, yaitu kaki bagian luar, kaki bagian dalam, telapak kaki dan juga punggung kaki.

9. Teknik kursus (heading ball)

Menuju bola akan sangat berguna bagi Anda jika Anda tidak dapat mencapai bola yang terlalu jauh dari Anda, yang memiliki tujuan untuk dapat menempatkan bola di gawang lawan dan meneruskannya. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara yang pertama-tama Anda harus dapat memposisikan tubuh Anda dan kemudian menunggu saat yang tepat untuk melompat ketika bola tiba.

Yang penting Anda harus menggunakan dahi untuk bisa mengarahkan bola, bukan memakai mahkota kepala. Ini berguna agar Anda dapat mengontrol bola sesuai dengan keinginan Anda dan bola akan meluncur langsung dengan kekuatan dan arah.

10. Teknik intersepsi

Anda dapat menggunakan teknik intersepsi ini saat Anda ingin merebut bola dari kaki lawan. Sebelum melakukan teknik ini, Anda harus bisa membaca gerakan lawan terlebih dahulu.

Anda juga bisa menahan ritme umpan musuh. Karena teknik ini adalah teknik yang paling penting untuk dapat bertahan dalam serangan lawan, tetapi Anda harus berhati-hati dan melawan bola, bukan dengan kaki Anda. Karena jika Anda salah, Anda dapat menerima peringatan.

11. Teknik memotong

Seperti teknik intersepsi, teknik mengambil atau menyapu bola juga merupakan teknik yang berguna untuk bertahan dari serangan yang dilakukan lawan. Namun, Anda juga harus berhati-hati ketika mempraktikkan teknik ini, karena dianggap sangat berisiko. Jika Anda melakukannya dengan salah, Anda dapat melukai lawan Anda dan Anda bisa mendapatkan kartu kuning dari wasit.

Teknik ini berarti bahwa Anda harus dapat menyesuaikan kecepatan musuh Anda, kemudian Anda dapat menjatuhkan tubuh sambil meluruskan salah satu kaki Anda untuk menahan kecepatan bola.

12. Lemparkan teknik

Ketika bola telah meninggalkan sisi kiri atau kanan lapangan, Anda dapat menggunakan teknik ini. Cara melakukannya adalah dengan melempar bola dengan tangan, dan Anda harus meletakkan tangan di belakang kepala.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa berjinjit agar pitch Anda lebih kuat dan kemudian teman Anda bisa menangkap bola yang Anda lempar.

13. Teknik gol (menangkap bola)

Teknik gol umumnya digunakan oleh pemain yang merupakan penjaga gawang, atau yang biasa disebut penjaga gawang. Teknik ini juga merupakan teknik yang sangat penting sebagai pertahanan terakhir dalam tim.

Untuk melakukan teknik ini, Anda harus terus melatih refleks saat menangkap bola, yang mengarah ke bola ke kiri dan ke kanan.

14. Teknik juggling

Teknik juggling bola adalah teknik di mana Anda bisa melatih kontrol bola, dan Anda juga bisa menipu atau bermain dengan musuh di lapangan. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu memfokuskan arah penglihatan pada bola, lalu Anda bisa menarik bola dengan telapak tangan Anda dan sampai jatuh ke ujung kaki.

Jika bola menyentuh sudut kai, maka Anda harus mengangkat kaki dan membuat bola naik juga. Berkonsentrasi agar bola tidak jatuh ke tanah.Ukuran Lapangan Sepak Bola

Setiap lapangan sepak bola pasti memiliki ukurannya yang berbeda – beda. Namun, untuk ukuran lapangan epak bola internasional sudah diatur oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Semua peraturan dan tata tertib yang ada didalam permainan sepakbola juga sudah diatur dan ditetapkan oleh FIFA.

Tetapi, untuk di Indonesia semua kegiatan, peraturan, dan tata tertib dalam permainan sepakbola diatur dan ditetapkan oleh PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia). Berikut ini beberapa penjelasan mengenai ukuran dari lapangan sepak bola yang berskala internasional, berstandar nasional, dan juga lapangan sepak bola mini.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Untuk ukuran lapangan sepak bola internasional, ia harus memiliki ukurannya sendiri dan tentunya lebih luas dari ukuran lapangan sepak bola nasional. Ukuran lapangan sepak bola internasional diperbesar karena permainan sepak bola internasional menjadi lebih menantang bagi pemain dengan ukuran lapangan yang lebih luas daripada ukuran lapangan sepak bola nasional.

Pada dasarnya, sepakbola adalah olahraga yang dimainkan dengan bola. Bola yang digunakan biasanya terbuat dari kulit dan dimainkan oleh dua tim. Bahwa di setiap pertandingan tim sepak bola terdiri dari 11 pemain utama dan ada juga beberapa orang sebagai pemain cadangan.

Berbagai kriteria itu harus dipenuhi untuk membuat lapangan sepak bola internasional. Berikut ini adalah beberapa karakteristik dan kriteria untuk ukuran stadion sepak bola internasional, yaitu:

1. Panjang lapangan sepak bola internasional yang memenuhi persyaratan dan kriteria adalah 100 meter hingga 110      meter.

2. Lebar lapangan sepak bola internasional yang memenuhi persyaratan dan kriteria adalah antara 64 meter dan 75      meter.

3. Ukuran gawang atau biasa disebut kotak penjaga gawang dari lapangan sepak bola internasional setinggi 2,44            meter dan lebar 7,32 meter.

4. Ukuran kotak penalti di lapangan sepak bola internasional sama dengan ukuran lapangan sepak bola nasional,            yaitu 40,3 meter x 16,5 meter.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional.

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Ukuran lapangan sepak bola nasional Ukuran lapangan sepak bola standar nasional umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran lapangan sepak bola internasional. Lapangan sepak bola nasional umumnya digunakan untuk pertandingan yang hanya berlangsung di tingkat nasional.

Bola yang digunakan dalam pertandingan sepak bola nasional juga terbuat dari kulit, serta pertandingan internasional.

Adapun beberapa kriteria dan syarat yang harus dipenuhi untuk membuat lapangan sepak bola berstandar nasional. Berikut ini adalah beberapa syarat dan kriteria untuk ukuran lapangan sepak bola nasional, yaitu:

1. Ukuran total lapangan sepak bola standar nasional yang harus memenuhi persyaratan adalah antara 90 meter            dan 120 meter.

2. Untuk panjang dan lebar lapangan sepak bola standar nasional yang harus memenuhi persyaratan adalah antara         45 meter hingga 90 meter. Ukuran ini merupakan ketentuan dan ketentuan yang telah diterapkan sejak lama.

3. Ukuran lingkaran pusat lapangan sepak bola standar nasional adalah 9,15 meter.

4. Untuk ukuran target atau yang biasa disebut kotak penjaga gawang yang memenuhi persyaratan adalah 18,30             meter x 5,5 meter.

5. Ukuran area penalti di depan gawang harus 40,3 meter x 16,5 meter.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Mini

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Sepak bola tidak hanya sesuai dengan standar nasional atau internasional. Ada juga permainan sepak bola yang dimainkan lebih sederhana, biasanya disebut sepak bola mini. Gim sepak bola mini ini biasanya dimainkan di sekolah atau di desa atau di desa. Ukuran lapangan sepak bola mini tentu lebih kecil dari ukuran lapangan sepak bola standar nasional.

Jumlah pemain dalam sepak bola mini tidak sebanyak permainan sepak bola standar nasional, yang umumnya sama dengan 11 orang dalam satu tim, tetapi permainan sepak bola mini hanya memiliki 7 hingga 9 pemain dalam satu tim.

Game sepakbola mini ini adalah modifikasi. Sehingga ukuran bola mengikuti standar dalam pertandingan sepak bola standar nasional.

Ada beberapa kriteria dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk bermain sepakbola mini. Berikut adalah beberapa kriteria dan ketentuan yang harus dipenuhi dalam permainan sepak bola mini, yaitu:

1. Untuk ukuran total lapangan sepak bola mini yang harus dipenuhi adalah 60 meter x 40 meter

Peraturan Dalam Permainan Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

Saat membuat pertandingan sepak bola, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Aturan sepakbola pada umumnya telah diketahui oleh banyak orang, baik penonton yang melihat sebagai pemain yang berpartisipasi dalam pertandingan. Berikut ini aturan sepakbola lengkap dan penjelasannya.

1. Ukuran bidang

100 – 110M: panjang bidang

64 – 75M: ​​lebar bidang

18,35 x 5,5M: Area di area tujuan

9,15 Meter: jari-jari lingkaran tengah

40,39 x 16,5 juta: penalti regional

11 meter: jarak dari titik penalti dari garis gawang

2. Ukuran sasaran

2,44 Meter: Tinggi gol

7.32 Metro: tujuan luas

3. bola

Bentuk Bola: Bulat

Bahan: kulit

396 – 453 g: berat bola

68-71 cm: di sekeliling lingkaran

4. Aturan memulai pertandingan

Sebelum memulai pertandingan sepak bola, semua pemain harus berjabat tangan dengan pemain lain dan lawan berbaris ke arah penonton.

Kemudian, wasit akan membawa koin dan memberikan masing-masing kapten tim untuk memilih sisi logam. Setelah itu, wasit akan melempar koin sebagai sinyal untuk memilih siapa yang ada di bola awal atau memilih dengan tujuan.

5. Jumlah pemain sepak bola.

Dalam pertandingan sepak bola, ada 2 tim, yang masing-masing terdiri dari 11 orang (salah satunya sebagai penjaga gawang). Jika seorang pemain tim memiliki 7 atau 4 pemain terkena kartu merah, maka ia harus meninggalkan lapangan dan tim dianggap dikalahkan.

6. Ketua Tim (Kapten)

Setiap tim harus memiliki kapten, tujuannya adalah untuk Kapten sendiri jika ada masalah dengan tim, maka kapten ini akan berdiskusi dengan wasit.

7. Aturan untuk menggunakan aksesori

a. Jersey

Dalam pertandingan, kedua tim tidak bisa mengenakan kemeja satu warna. Setiap tim harus memiliki identitas yang berbeda, dan masing-masing tim harus memiliki dua warna jersey.

Satu digunakan untuk pertandingan rumah / biaya yang disebut “Lokal” dan yang lainnya digunakan untuk pertandingan tandang atau disebut “Absen.”

b. Kaus kaki

Dalam pertandingan sepakbola resmi ini, warna baju harus sama, tujuannya adalah untuk melindungi tulang kering dan mencegah cedera lainnya.

c. Sarung tangan

Sarung tangan hanya diperbolehkan oleh kipper (penjaga gawang), tujuannya adalah untuk memudahkan penjaga gawang untuk menangkap bola dan melindungi tangannya dari tendangan keras. Pemain lain mungkin mengenakan sarung tangan ketika mereka berada di lapangan yang dingin / bersalju.

d. Topi wanita

Penutup kepala ini digunakan untuk pemain yang cedera. Dan untuk aksesori lain yang dilarang, misalnya anting, kalung, gelang, dll.

8. Wasit

Wasit adalah pemegang penuh selama pertandingan dan memiliki hak untuk membuat keputusan jika pemain sepak bola melanggar aturan. Wasit utama dibantu oleh dua asisten wasit.

9. Asisten Wasit

Asisten wasit dikenal sebagai “hakim garis”. Tugas Anda adalah memberi tahu wasit kepala jika ada offside dengan bendera dan tugas Anda untuk mengawasi jika ada lemparan ke dalam atau tendangan sudut.

10. Waktu pertandingan sepakbola

Pertandingan sepak bola berlangsung lebih dari 90 menit dan dibagi menjadi 2 putaran. Setiap putaran memiliki 45 menit dan waktu istirahat ± 15 menit.

Jika 90 menit telah habis dan pertandingan membutuhkan pemenang, waktu tambahan akan dibuat dengan durasi 2 × 15 menit. Jika posisinya tetap sama, kontes final akan diadakan.

11. Peraturan Awal

Awal dilakukan pada awal permainan, yaitu:

a) Saat memulai pertandingan

b) Mulai babak kedua

c) Tujuan terjadi

d) Mulai putaran lembur

12. Aturan tujuan

Ketika menghitung gol ini dilakukan ketika bola masuk ke gawang dan melewati kiper gatis dan tidak ada pemain yang terkena offside, pemerkosaan, atau bola tangan. Semua keputusan ada di tangan wasit yang menentukan apakah tujuannya valid atau tidak.

13. Aturan offside dan inside

Offside ini terjadi ketika seorang teman dari salah satu tim beralih ke pemain lain tetapi berada di depan bek lawan.

Formasi yang Biasa Digunakan Saat Permainan Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola
Pengertian Sepak Bola

4-4-2 (Taktik klasik, 4 pertahanan dan 2 gelandang sayap)

4-4-1-1 (2 gelandang sayap, 1 gelandang serang dan 1 penyerang)

4-2-4 (dengan 2 gelandang sayap)

4-3-2-1 (3 gelandang tengah, 2 gelandang serang dan 1 penyerang)

4-3-1-2 (4 Kembali, 3 Gelandang Bertahan, 1 Striker, 2 Strikers)

4-5-1 (4 punggung, 2 penyerang sayap, 3 gelandang tengah, 1 penyerang)

4-3-3 (4 Kembali, 3 Gelandang bertahan, 2 penyerang sayap, 1 penyerang)

4-2-3-1 (2 punggung tengah, 2 sayap belakang, 2 sayap, 1 penyerang, 1 maju)

4-3-3 (2 Sayap Punggung, 2 Punggung Tengah, 2 Sayap, 1 Pemain Tengah Bertahan, 3 Striker Tengah)

4-1-4-1 (4 Kembali, 1 Gelandang Defensif, 4 Gelandang, 1 Penyerang)

3-4-3 (dengan Winger)

3-5-2 (dengan Libero atau Sweeper)

3-5-2 (tanpa Libero atau Sweeper)

Itulah pembahasan penuh yang dia ungkapkan tentang pengertian sepak bola, semoga membaca artikel ini bisa membuat kita lebih memahami tentang aturan permainan sepakbola dan bisa mematuhi serangkaian aturan untuk membuat permainan keberuntungan. Semoga bermanfaat untuk semua orang.

Leave a Comment