PENCEMARAN UDARA : Pengertian, Sumber, Penyebab, Dampak, Dan Cara Menanggulangi

Pengertian Pencemaran Udara – Haii, Sobat. Masih ingatkah Anda apa yang sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Ya benar, kita telah membahas tuntas secara umum tentang pencemaran lingkungan. Nah, kali ini bersama Anda kita akan mengupas lebih dalam salah satu jenis pencemaran lingkungan yaitu pencemaran lingkungan udara

Sepertinya kita semua banyak tahu yaa tentang pencemaran udara. Pencemaran udara secara kasat mata memang tidaklah selalu bisa kita lihat didepan kita tapi sangat pasti bisa kita rasakan.

Sedikit aroma yang menyengat hidung kita pun sangat peka bisa merasakannya.

PENGERTIAN PENCEMARAN UDARA

Pengertian Pencemaran Udara

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemaran udara atau dapat pula disebut dengan polusi udara dapat kita artikan sebagai terkontaminasinya komposisi udara oleh zat-zat tertentu yang dapat berdampak negatif bagi lingkungan sekitar. Udara ini dihirup oleh siapapun baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan.

Pernahkah Anda merasakan bedanya jalan-jalan di pagi hari dengan jalan-jalan di siang hari. Pasti sangat terasa sekali bedanya bukan. Di pagi hari udara masih terasa bersih, sejuk dan segar. Tapi saat di siang hari udara menjadi pengap, gerah dan panas.

Di pagi hari belum banyak kendaraan yang keluar rumah, sehingga asap kendaraan pun juga masih sedikit. Jadinya kandungan O2 dalam udara masih belum banyak terkontaminasi. Zat O2 itulah yang sesungguhnya dibutuhkan oleh makhluk hidup dalam bernafas.

Sedangkan di siang hari udara terasa pengap, gerah dan panas karena kandungan O2 sudah banyak terkontaminasi dengan zat-zat lainnya. Banyak sekali polutan yang mengotori komposisi udara sehat pada umumnya. Polutan ini dapat berasal dari asap kendaraan, asap industri, asap kendaraan dan masih banyak yang lainnya.

SUMBER-SUMBER PENCEMARAN UDARA

Sumber Pencemaran Udara

Pengertian Pencemaran Udara

Pasti sudah banyak Anda temui di sekitar kita yang menjadi sumber-sumber pencemaran udara. Berbagai macam sumber pencemaran udara baik dari alam maupun dari ulah manusia. Secara garis besar sumber-sumber pencemaran udara diklasifikasikan menjadi 2 jenis, yaitu sumber alami dan sumber antropogenik.

1. SUMBER PENCEMARAN UDARA ALAMI

Sumber pencemaran udara alami merupakan sumber pencemaran yang berasal murni dari proses  alam tanpa adanya campur tangan manusia. Sumber pencenaran udara alami ini tidak bisa kita kendalikan karena sewaktu-waktu bisa terjadi kapan saja.

Berikut ini beberapa contoh dan penjelasan pencemaran udara alami yang bisa kite temui di sekitar kita:

Letusan Gunung Merapi

Yang pernah kita dengar kejadian alam pada bulan April 2020 yaitu 6 gunung berapi di Indonesia meletus dalam waktu berdekatan. Asap yang ditimbulkannya pun kemana-mana. Letusan gunung berapi pastinya mengeluarkan gas yang melimpah H2O, CO2, H2S, SO2, CO, HF dan He.

Diantara semua gas tersebut yaitu H2S (sulfur dioksida) merupakan pencemaran udara yang paling utama. Sulfur dioksida mempengaruhi kesehatan manusia dan kesulitan bernafas. Selain itu, SO2 juga menyebabkan anomali cuaca.

Secara global, letusan gunung berapi yang besar dapat menambahkan volume sulfur ke udara yang dapat mengakibatkan suhu permukaan bumi lebih rendah dan menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Letusan gunung berapi juga menyemburkan senyawa flour yang bisa merusak bahkan membunuh hewan dan menutupi vegetasi oleh abu vulkanik. Senyawa flour cenderung ada dalam kandungan partikel abu halus yang dapat dicerna oleh siapa pun yang menghirupnya.

Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan secara alami yang terjadi saat musim kemarau merupakan yang paling dominan menyebabkan pencemaran udara. Karena dari hasil pembakaran itulah bisa meningkatkan zat serupa substrat fisik maupun kimia ke udara yang mencapai jumlah tertentu.

Zat-zat yang dihasilkan dari kebakaran hutan akan menganggu pernafasan dan batuk terus menerus, berdahak dan bersin. Sedangkan dampak asap dari kebakaran hutan membuat iritasi mata, berkurangnya fungsi paru-paru dan bahkan sampai kematian.

Sumber Air Panas

Sumber air panas mengandung zat pencemaran udara berupa asam sulfifa, arsenic dan logam berat lainnya.

Samudra dan Sungai

Samudra merupakan sumber-sumber pembuangan gas metana hasil dari sistem pencernaan hewan-hewan laut dan area di sepanjang pesisir.

Debu

Angin berdebu juga berasal dari alam yang jika volume debu ini terlalu berlebihan juga bisa menganggu pernafasan manusia, misalnya debu di gurun pasir.

2. SUMBER PENCEMARAN UDARA ANTROPOGENIK

Sumber antropogenik adalah sumber pencemaran udara yang diakibatkan oleh kegiatan manusia. Yang paling banyak berasal dari aktivitas transportasi, industri dan pembakaran. Contoh dan penjelasan sumber antropogenik bisa kita lihat sebagai berikut :

Sumber tidak bergerak

Sumber tidak bergerak ini merupakan sumber pencemaran yang tidak mengalami perpindahan posisi selama menghasilkan zat polutan. Walopun tidak bergerak namun sangat mencemari udara. Misalnya cerobong asap industri, pembangkit tenaga listrik.

Sumber bergerak

Sumber bergerak ini berlawanan dengan sumber tidak bergerak. Sumber bergerak ini sumber pencemarannya mengalami perpindahan posisi saat menghasilkan zat polutan. Sumber pencemar yang termasuk dalam kategori ini yaitu kereta api, pesawat terbang, mobil, truk, sepeda motor.

Debu zat kimia

Aktivitas pertanian yang melakukan semprot pestisida ikut menambahkan emisi gas pencemaran di udara karena secara alamiah pada tumbuhan.

Suspensi dari penggunaan zat laurat kimia

Penggunaan zat larutan kimia misalnya cat, hair spray dapat mengemisikan ozon yang juga berkontribusi sebagai zat pencemaran udara.

Tempat Pembuangan Sampah

Pada tempat pembuangan sampah akhirmpasti kita temukan berbagai macam sampah disana. Tumpukan sampah-sampah itu bereaksi menghasilkan gas metana, CO2, ammonia, gas sulfida ke udara, sehingga menimbulkan bau yang menyengat.

PENYEBAB PENCEMARAN UDARA

Penyebab Pencemaran Udara

Pengertian Pencemaran Udara

Jika kita ulas kembali sumber-sumber pencemaran udara di atas, sebenarnya langsung bisa ketahui apa-apa saja yang mambuat udara semakin tercemar. Bisa dari ulah manusia maupun berasal dari alam.

Agar lebih jelas ulasan tentang pencemaran udara maka dalam tulisan ini kami berikan beberapa contoh dan penjelasannya yang dapat kita kaji sebagai berikut:

Aktivitas Rumah Tangga

Ada beberapa aktivitas rumah tangga yang dapat menyebabkan polusi udara. Salah satu aktivitas yang tak pernah tertinggalkan adalah memasak dengan menggunakan kayu bakar. Walaupun saat ini sudah banyak orang beralih ke penggunaan gas dalam hal memasak.

Namun, sebagian masyarakat masih banyak menggunakan kayu bakar saat memasak. Asap dari kayu bakar saat memasak itulah yang menyebabkan kotornya udara di sekitar kita.

Ditambah lagi rumah yang tidak memiliki cerobong asap saat memasak dengan kayu bakar.

Selain asap dari kayu bakar, pencemaran udara yang berasal dari aktivitas rumah tangga adalah pengecatan rumah. Bahan cat memiliki bahan kimia mengandung zat yang mengeluarkan bau menyengat.

2. Tumpukan Sampah

Pernahkah Anda melihat TPA (Tempat Pembuangan Akhir Sampah? Jika Anda pernah kesana sekali saja maka mungkin Anda tidak ingin kembali lagi kesana. Karena berbagai macam sampah basah dan kering ada disana sesmua.

Terutama sampah basah / sampah organik yang membusuk, Pastinya dalam sampah yang busuk juga banyak mikroorganisme disana. Banyaknya mikroorganisme disana itu yang menyumbang pencemaran udara semakin menyengat.

3. Lalu Lintas

Di zaman sekarang ini kendaraan sudah menjadi kebutuhan setiap orang setiap hari. Jika dulu masih banyak yang jalan kaki atau menggunakan sepeda pancal namun sekarang tidaklah lagi berjalan efektif karena semua butuh cepat. Sehingga orang lebih memilih membeli kendaraan pribadi.

Karena itulah volume kendaraan semakin meningkat sehingga asap kendaraan semakin meningkat pula. Asap kendaraan menyumbang besar terhadap pencemaran udara yang tingkat bahayanya juga tinggi .

Zat-zat asap kendaraan yang merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna menghasilnya senyawa-beracun sehingga udara menjadi berkabut coklat, biru atau hitam dan membentuk ozon. Ozon itulah yang dapat menimbulkan berbagai penyakit yang lebih akut.

4. Letusan Gunung Berapi

Di paparan atas sudah dijelaskan mengenai letusan gunung  berapi ini. Letusan gunung berapi memang menjadi penyebab utama secara alami yang sering terjadi. Terutama bagi daerah terdampak letusan gunung berapi ini sangat membahayakan bagi makhluk hidup sekitarnya.

5. Industri atau Pabrik

Semakin berkembangnya masa seperti sekarang ini banyak pabrik-pabrik yang didirian untuk memenuhi segala kebutuhan manusia. Sudah banyak terlihat cerobong-cerobong asap pabrik yang menjulang ke atas mengepulkan asap sisa pembakaran setiap harinya.

Pabrik-pabrik menghasilkan polutan yang sangat berbahaya, diantaranya seperti pembuatan plastik, semen, baja atau industri kimia.

Hidrokarbon, karbonmonoksida dan senyawa organic merupakan polutasn yang dihasilkan oleh pabrik akan mempercepat proses terjadinya efek rumah kaca.

6. Pertanian

Proses pertanian dapat tumbuh dengan dengan baik dan sehat jika diberikan pupuk, pestisida atau obat-obat lainnya. Tetapi penggunaan bahan-bahan tersebut memiliki dampak yang tidak baik bagi lingkungan.

Pestisida dan pupuk pertanian di dalamnya mengandung amonia atau NH3 yang berbahaya bagi atmosfer. Bukan hanya menimbulkan pencemaran udara saja tetapi amonia juga dapat menyebabkan polusi air.

Amonia ini memiliki pengaruh kurang baik bagi kesehatan, salah satu penyakit yang ditimbulkan karena amonia adalah bronkitis

7. Kebakaran hutan

Kebakaran fenomena alam yang sering terjadi juga akhir-akhir ini, sengaja maupun tidak sengaja. Kebakaran hutan terjadi bisa jadi karena kekeringan pada musim kemarau panjang. Sedangkan kebakaran yang dilakukan manusia biasanya untuk membuka lahan baru.

DAMPAK PENCEMARAN UDARA

Dampak Pencemaran Udara

Pengertian Pencemaran Udara

Seperti yang telah kita pahami bersama, pencemaran udara dapat mengganggu kesehatan makhluk hidup di sekitarnya, bukan hanya manusia saja. Kualitas kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan pastinya akan menurun dikarena polusi udara yang menyerang pernafasan.

Berbagai macam penyebab telah dijelaskan di atas. Setiap sebab yang ada pasti ada dampaknya tersendiri. Ada beberapa dampak pencemaran udara yang akan kami ulas dalam artikel ini, yaitu sebagai berikut:

1. Dampak Untuk Kesehatan

Pencemaran udara sudah sangat jelas berdampak bagi tubuh manusia. Udara yang tercemar bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran pernafasan. Ada zat-zat berbahaya yang bertahan di saluran pernafasan, tetapi ada pula yang sampai masuk ke dalam paru-paru.

Jika zat-zat berbahaya masuk dalam tubuh, tubuh terasa seperti kena racun. Terus menerus akan menumpuk dalam tubuh. Saat timbunan tubuh tambah banyak maka di seat itulah tubuh menjadi sakit.

Dampak kesehatan yang paling tampak adalah penyakit ISPA (Infeksi Saluram Pernafasan Akut). Pencemaran udara juga menyebabkan penyakit asma dan bronchitis. Ada beberap polutan dikategorikan sebagai toksik (beracun) dan karsinogenik (penyebab kanker).

2. Dampak terhadap Tanaman

Tanaman jika tuumbuh di daerah tingkat pencemaran kronis maka pertumbuhannya pasti akan terhambat. Tanaman tersebut juga rawan penyakit, yaitu bintik hitam, nekrosis atau klorosis. Selain itu proses fotosintesis pun terganggu.

Tanaman pun mengalami kekurangan nutrisi akibat terbunuhnya organisme pengurai bangkai yang tercemar oleh polutan. Organisme pengurai yang dimaksud yaitu bakteri, jamur dan cacing sampai sisa makhluk hidup.

3. Terjadinya Hujan Asam

Indeks pH (derajat keasaman) air hujan normalnya adalah 5,6. Pencemaran udara yang mengandung SO2 dan NO2 akan bereaksi dengan air hujan membentuk asam yang menyebabkan menurunnya pH beliau

Selain itu derajat keasaman (pH) normal air hujan adalah 5,6 karena adanya karbondioksida (CO2) di atmosfer. Pencemaran udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. Efek rumah kaca.

4. Menipisnya lapisan ozon

Lapisan Ozon berfungsi untuk memfilter sinar matahari yang  berbahaya seperti sinar ultraviolet. Ozon juga berfungsi mengendalikan jumlah panasnya di atmosfer. Namun sayangnya saat ini lapisan ozon perlahan-lahan semakian lebar lubangnya akibat bangunan pencakar langit.

Penyebab kerusakan ozon karena penggunaan gas berbahaya yang berlebihan oleh manusia. Gas tersebut adalah Klorofluorokarbon (CFC), CFC diguakan dalam system pendingin seperti lemari es dan AC, aerosol dan Styrofoam.

5. Atmosfer Terancam

Atmosfer berguna untuk untuk menyaring sinar matahari. Naah, komponan antmosfer ini terdiri atas debu, gas dan uap air. Tanpa disadari akibat ulah manusia atmosfer bumi semakin tercemar.

CARA MENANGGULANGI PENCEMARAN UDARA

Cara Mengatasi Pencemaran Udara

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemaran udara tidak dapat kita hindari, karena polutan akan terus bertambah. Agar kondisi lingkungan tidak bertambah parah, berikut ini ada beberapa cara untuk menanggulangi pencemaran udara :

  1. Menanam dan merawat tumbuhan di sekitar kita. Hal ini berguna untuk mengurangi polutan yang ada di sekeliling kita,
  2. Efisien dalem penggunaan kendaraan bermotor atau mboil. Misalnya, jika tujuan sama pakailah satu motor untuk berdua.
  3. Mengurangai penggunaan kendaraan pribadi dan berpindahlah menggunakan transportasi umum, agar polutan tidak semakin bertambah.
  4. Gunakan kendaraan yang ramah lingkungan, misalnya menggunakan sepeda pancal, delman atau becak.
  5. Menggunakan bahan bakar ramah lingkungan
  6. Jika tujuan masih terjangkau dengan jalan kaki, lebih baik jalan kaki saja menuju tempat tersebut.
  7. Meminimalisir penggunaan AC pada ruangan. Gunakanlah AC yang non-CFC.
  8. Menggunakan pengawi rungan yang tidak berbahan aerosol.
  9. Mematuhi batas kecepatan lalu lantas agar tidak boros dalam penggunaan bahan bakar.
  10. Kurangilah penggunaan berbahan plastik.
  11. Tidak merokok di manapun tempat berada.
  12. Memperluas daerah penghijaun.
  13. Mengurangi penggunaan bahan-bahan beracu di udara terbuka
  14. Tidak menggunakan minyak wangi yang berbahan CFC
  15. Mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia dalam merawat rumah.

Nah itu sobat. Diatas merupakan penjelasan mengenai pengertian pencemaran udara mulai dari pengertian pencemaran udara, penyebab pencemaran udara, sumber-sumber pencemaran udara, dampak pencemaran udara bagi lingkungan dan bahkan hingga pada bagaimana cara penanggulangannya. Semoga membuat kita semua menjadi lebih paham.

Pencemaran udara akan terus bertambah seiring dengan banyaknya kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Hal yang utama yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan kesadaran diri kita untuk terus melakukan sesuatu yang dapat mengurangi pencemaran udara.