√ PENCEMARAN LINGKUNGAN : Pengertian, Jenis, Penyebab, Dampak, Dan Cara Mencegahnya

Pengertian Pencemaran Lingkungan – Hallo, Sobat. Mendengar kata pencemaran lingkungan tidaklah asing di telinga kita. Hidup kita tidak pernah terlepas dengan lingkungan yang selalu mengelilingi kita setiap hari.

Di mana kita berada ya di situlah lingkungan kita, terutama lingkungan hidup di sekitar kita

Namun, pernahkah Anda membayangkan lingkungan sekitar Anda tercemar. Kira-kira apa penyebab lingkungan hidup kita menjadi tercemar. Yuk, kita simak pembahasan pencemaran lingkungan dalam ulasan berikut ini.

PENGERTIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Pengertian Pencemran Lingkungan

Pengertian Lingkungan

Banyak berbagai sumber menjelaskan apa itu makna pencemaran lingkungan.

Salah satunya kutipan resmi dari Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia dalam UU No.4 Th 1982 yang menjelaskan bahwa Pencemaran Lingkungan adalah masuk atau dimasukannya makhluh hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan akibat ulah manusia atau proses alam.

Atau dengan kata lain dapat ditarik benang merahnya bahwa Pencemaran Lingkungan dapat diartikan masuknya komponen baru baik itu fisik ataupun biologis yang membuat ekosistem yang ada menjadi terganggu, sehingga kualitas lingkungan turun sampai pada level tertentu.

Turunnya kualitas itulah yang menyebabkan lingkungan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

POLUSI DAN POLUTAN DALAM PENCEMARAN LINGKUNGAN

Polusi dan Polutan

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Dalam Encyclopedia Britannica, pencemaran lingkungan dapat pula disebut dengan polusi yang bermakna bahwa adanya penambahan zat apa pun itu baik berupa padat, cair atau gas maupun segala bentuk energi seperti panas, suara atau radioaktif ke dalam lingkungan.

Sedangkan polutan adalah zat atau bahan yang menyebabkan pencemaran terjadi. Polutan dapat berupa bentuk padat, cair ataupun gas.

Dapat pula berupa energi seperti yang telah dijelaskan di atas. Misalnya polutan dalam bentuk padat seperti sampah plastik, botol kaca atau kertas.

Jika kita megamati di sekitar kita, banyak sekali limbah-limbah yang menyebabkan lingkungan kita menjadi tercemar. Limbah-limbah tersebut bisa berasal dari rumah tangga maupun  industri. Jika tidak dikendalikan maka limbah–limbah tersebut dapat terus meningkatkan pencemaran lingkungan.

JENIS-JENIS PENCEMARAN LINGKUNGAN

Jenis-jenis pencemaran lingkungan yang ada di sekitar kita  dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu pencemaran berdasarkan tempat terjadinya, pencemaran berdasarkan polutan dan pencemaran bedasarkan tingkat pencemarannya. Penjabarannya bisa kita pelajari sebagai berikut.

1. Pencemaran Lingkungan Berdasarkan Tempatnya

Pencemaran lingkungan berdasarkan tempatnya dapat dibagi menjadi 3 kategori, yaitu pencemaran air, pencemaran tanah dan pencemaran udara. Pencemaran lingkungan ini banyak sekali kita temui di sekitar kita.

  • Pencemaran Lingkungan Air

Anda pasti pernah melihat sungai yang keruh penuh dengan busa hasil dari limbah industri. Nah, itu merupakan salah satu contoh pencemaaran lingkungan di air.

Bukan hanya dari limbah industri saja yang dapat lingkungan air tercemar namun limbah rumah tanggapun juga bisa membuat air tercemar, misalnya membuang bekas minyak goreng dalam sungai.

  • Pencemaran Lingkungan Udara

Udara memang tidak bisa kita lihat namun kita bisa merasakannya. Udara jadi tercemar saat komponen udara mengandung beberapa unsur tertentu yang mengotori komposisi udara.

Contoh sederhananya adalah asap kendaran bermotor yang mengandung karbon monoksida.

  • Pencemaran Lingkungan Tanah

Pencemaran lingkungan di tanah karena adanya sampah anorganik dan organik dari limbah rumah tangga, pasar, industri, peternakan, pertanian dan lain sebagainya.

Pencamaran tanah ini bisa menyebabkan terganggunya kehidupan mikroorganisme yang hidup dalam tanah. Misalnya sampah plastik yang dibuang sembarangan.

2. Pencemaran Lingkungan Berdasarkan Polutannya

Pencemaran lingkungan berdasarkan polutan atau bahan pencemarnya bisa diklasifikasinya menjadi empat macam, yaitu Pencemaran Suara, Pencemaran Kimia, Pencemaran Fisik dan Pencemaran Biologi. Peencemaran ini juga sering kita temui disekitar kita.

  • Pencemaran Suara

Pernahkah Anda mendengara suara sepeda motor “brong” yang bunyinya terkadang sangat memekik telinga. Ya itulah salah satu contoh pencemaran suara yang diakibatkan oleh bunyi dengan volume tinggi, sehingga lingkungan di sekitarnya menjadi bising dan tidak nyaman.

  • Pencermaran Kimia

Penggunaan pestisida yang berlebihan pada pertanian menyebabkan lingkungan air jadi tercemar juga. Unsur pestisida yang penuh dengan bahan-bahan kimia ikut larut dalam air sungai atau meresap dalam tanah.

Itulah merupakan contoh dari pencemaran kimia yang menjadi lingkungan sekitar tercemar.

  • Pencemaran Fisik

Pencemaran fisik adalah pencemaran yang disebabkan oleh benda-benda fisik bisa berupa benda padat, cair dan gas. Misalkan limbah pasar yang sering kita temui berupa bahan sisa-sisa potongan sayur atau bahan-bahan pasar lainnya.

  • Pencemaran Biologi

Sedangkan pencemaran biologi adalah pencemaran yang disebabkan makhluk hidup atau mikroorganisme. Contohnya pencemaran akibat terjadinya banjir bandang.

Unsur-unsur air dalam banjir bandang banyak sekali mikroorganisme yang hidup dan masuk dalam tubuh manusia jika tidak dibersihkan dengan benar.

3. Pencemaran Lingkungan Berdasarkan Tingkat Pencemarannya

Jika di jalan raya kita sering melihat parameter kualitas udara yang menampilkan grafik CO, NO2, SO2, O3 dan lainnya. Tanpa kita sadari itu merupakan indeks atau alat ukur yang menandakan bahwa tingkat pencemaran udara di sekitar kita dalam kondisi aman atau tidak.

Berdasarkan tingkat pencemarannya, jenis-jenis pencemaran lingkungan dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu pencemaran ringan, pencemaran kronis dan pencemaran akut.

  • Pencemaran ringan

Pencemaran lingkungan yang termasuk ringan adalah pencemaran  yang menyebabkan iritasi ringan atau gangguan ringan pada ekosistem lain. Contohnya pencemaran gas kendaraan bermotor

  • Pencemaran kronis

Pencemaran lingkungan yang termasuk kronis adalah pencemaran lingkungan yang menyebabkan penyakit kronis pada manusia. Misalnya pencemeran merkuri yang menyebabkan kanker

  • Pencemaran Akut

Pencemaran akut adalah pencemaran lingkungan dengan kadar polutan tinggi yang menyebabkan kematian. Contohnya pencemaran nuklir

PENYEBAB PENCEMARAN LINGKUNGAN

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan sudah marak terjadi saat ini, baik dari yang ringan maupun sampai taraf akut. Hal ini terjadi tidak terlepas dari ulah-ulah manusia yang tidak bertanggungjawab dalam kesehariannya.

Secara tidak sadar banyak yang dianggap sepele oleh manusia namun sangat berdampak buruk bagi lingkungan sekitarnya.

Pencemaran lingkungan tidak bisa dianggap sepele oleh siapa pun, sobat. Karena lingkungan yang tercemar bisa sangat mengganggu ekosistem yang ada.

Pastinya jika ekosistem sudah terganggu maka kualitas lingkungan juga tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Beberapa penyebab pencemaran lingkungan sekitar mungkin sebagian sudah terulas dipaparan di atas. Anda bisa melihat dari berbagai segi, baik dari tempatnya jenis polutannya atau bahkan tingkat pencemarannya.

Semua itu pasti berkaitan erat dengan penyebab terjadinya pencemaran lingkungan.

Lantas apa saja inti sebenarnya yang menjadi penyebab pencemaran lingkungan yaa. Jika kita tahu penyebabnya mudah-mudahan kita pun bisa mengendalikan pencemaran lingkungan ini agar ekosistem tetap stabil.

Karena pencemaran lingkungan pasti akan ada dimana pun tempatnya.

Berikut ini beberapa ulasan yang kami rangkum untuk Anda tentang penyebab pencemaran lingkungan:

  1. Pembuangan sampah sembarang tempat

Membuang sampah pada tempatnya memang hal yang sepele, namun jika ini dilakukan terus menerus maka sampah akan tercecer di mana-mana. Sehingga akan sulit menguraikan sampah-sampah yang kian banyak menumpuk. Hal ini pasti akan menyebabkan lingkungan jadi tercemar.

  1. Penggunaan bahan peledak untuk mengkap ikan

Bagi nelayan menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak memang sangat mudah dan lebih cepat untuk mendapatkan ikan yang banyak.

Namun, bahan peladak bisa menjadi racun dan membuat air terkontaminasi  dengan bahan-bahan kimia yang terkandung didalamnya.

Bahan peledak menyebabkan air menjadi tidak sehat, ekosistem menjadi rusak dan habitat laut akan hancur. Bukan hanya ikan yang mati, tetapi terumbu karang atau plankton/zat pengurai juga akan mati.

  1. Penebangan pohon secara liar

Penebangan hutan secara liar menyebabkan hutan menjadi gundul. Jika hutan gundul maka permukaan tanah semakin sedikit. Nah, jika permukaan tanah semakin menipis akan mudah sekali terbawa arus ke sungai saat terjadi hujan deras.

Bukan hanya akan terjadi banjir bandang namun tanah longsor pun bisa saja terjadi. Saat hujan deras, air dengan mudah akan mengikis tanah sehingga ikut terbawa arus dan tidak ada lagi akar-akar pohon yang menahan tanah.

  1. Asap pembakaran hutan atau sampah

Selama tahun 2019 kita sering mendengat pembakaran hutan besar-besar di daerah Kalimantan. Entah disengaja atau tidak, yang pasti pembakaran hutan ini menjadikan udara semakin kotor. Sehingga sebagian warga saat itu juga merasakan kesulitan bernafas, jarak pandang pendek dan udara semakin tidak sehat.

  1. Asap rokok

Merokok disembarang tempat dapat menyebabkan udara menjadi tidak bersih dan pengap, karena asap rokok mengandung zat-zat berbahaya yang sangat mengotori udara.

Bahanya asap rokok bukan hanya pada sang perokok tetapi juga orang-orang di dekatnya.

Yang menjadi lebih miris lagi, asap rokok itu sangat berbahaya bagi orang yang menghirupnya dari pada bagi si perokok. Asap rokok bisa menyebabkan penyakit paru-paru, kanker dan sesak nafas.

  1. Asap kendaraan

Asap kendaraan menjadi  salah satu penyebab pencemaran udara yang paling sering terjadi di sekitar kita. Setiap tahun jumlah kendaraan bertambah, otomatis akan semakin bertambah pula kandungan zat asap kendaraan.

Asap kendaraan sangat tidak baik untuk pernafasan dan proses fotosintesis pertumbuhan. Asap kendaraan mengandung hasil pembakaran yang tiak sempurna, apalagi ditambah dengan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan.

  1. Perkembangan teknologi dalam penggunaan bahan radioaktif

Perkembangan teknologi mendorong ilmuwan menciptakan hal-hal baru, hingga pemanfaatan bahan radiokatif yang sangat berpengaruh pada manusia.

Pencemaran radioaktif menyebabkan mutase gen yang menimbukan kanker atau tumor. Debu radioaktif ini biasanya berasal dari bom atau reactor nuklir.

  1. Pendirian industri yang tidak memperhitungkan keamanan lingkungan sekitar

Semakin berkembangnya dunia industri maka semakin banyak pula pendirian bangunan-banguan industri untuk menghasilkan sebuah produk.

Pastinya ada syarat-syarat tertentu yang harus dilengkapi jika mendirikan bangunan industri. Misalnya dekat dengan sungai, jauh dari pemukiman atau yang lainnya.

Bangunan industri yang didirikan sembarang biasanya kurang memperhatikan saluran pembuangan, keamanan lingkungan, asap pabrik ke udara atau suara bising yang bisa jadi mengganggu warga sekitar.

  1. Pendirian bangunan pencakar langit

Saat ini kita sudah mulai banyak melihat bangunan-bangunan pencakar langit. Dan bangunan itu umumnya terbuat dari kaca yang menjulang tinggi ke langit.

Penggunaan kaca bangunan ini dapat menimbulkan pantulan sinar matahari sehingga sinar matahari bisa menyebar kemana-mana.

Pantulan sinar matahari inilah yang membuat udara semakin panas, radiasi juga semakin besar dan bahkan hingga merusak ozon bumi. Hal ini sangat merusak kehidupan manusia dan lingkungan hidup lainnya.

  1. Kurangnya kesadaran manusia

Satu hal yang terpenting yang menjadi penyebab utama pencemaran lingkungan adalah kurangnya kesadaran manusia dalam kehidupan lingkungan sekitar.

Banyak orang yang menganggap sepele apa yang dilakukan tetapi jika dia sadar apa yang dilakukan akan berdampak buruk bagi dirinya sendiri.

Kesadaran manusia untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang atau masih banyak contoh lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh pola hidup sebagian masyarakat yang masih kurang menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan agar tetap asri.

DAMPAK PENCEMARAN LINGKUNGAN

Dampak Pencemaran Lingkungan

Dampak| Pengertian Pencemaran Lingkungan

Jika kita ulas kembali penyebab-penyebab pencemaran lingkungan yang sudah dipaparkan di atas, sudah terlihat apa saja dampak yang akan terjadi jika pencemaran lingkungan terus dilakukan. Berikut ini beberapa dampak pencemaran lingkungan :

  1. Punahnya spesies

Polutan-polutan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup di darat maupun di air. Banyak hewan mengalami keracunan dan akhirnya mati. Hal ini terjadi karena kekebalan spesies hewan tidaklah sama, ada yang bisa bertahan dan ada pula yang rentan terhadap polutan.

  1. Gangguan keseimbangan lingkungan

Punahnya spesies atau mikrooragnisme tertentu bisa merubah poal interaksi di dalam satu ekosistem. Akibatnya keseimbangan lingkungan akan terganggu dan tidak stabil.

  1. Kesuburan tanah berkurang

Penggunaan pupuk yang berlebihan bisa membuat tanah menjadi terlalu asam, sehingga bisa mematikan fauna tanah. Matinya faunah tanah bisa menyebabkan menurunnya kesuburan tanah.

  1. Lubang ozon semakin membesar

Lubang ozon semakin membesar akibat pemanasan global yang terjadi di  bumi ini. Pemanasan global disebabkan bahan pencemaran udara yang sangat bisa merusak ozon. Salah satu zat perusak ozon yaitu CFC.

  1. Efek rumah kaca meningkat

Efek rumah kaca terjadi akibat banyak bangunan pencakar langit yang berlapis kaca. Kaca membuat sinar matahari terpantul dan menimbulkan gas CO2 yang proses pembakarannya tidak sempurna.

Karena itulah kadar CO2 meningkat pada atmosfer bumi yang menyebabkan suhu naik.

CARA MENCEGAH PENCEMARAN LINGKUNGAN

Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan

Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan

Sampai kapanpun pencemaran lingkungan akan terus terjadi. Apalagi tingkah laku manusia tidak bisa dengan mudah dikendalikan.

Karena itu untuk mencegah pencemaran lingkungan mulailah dari diri kita sendiri untuk sadar dan peduli terhadap lingkungan.

Jika sudah dimulai dari diri sendiri kita akan mudah mengendalikan orang-orang disekitar kita. Sehingga pencemaran lingkungan akan semakin minim.

Namun, berikut ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan oleh para pemangku kepentingan agar saling bekerjasama untuk mencegah pencemaran lingkungan.

  1. Menempatkan bangunan industri atau pabrik-pabrik pada daerah khusus perindustrian dan jauh dari pemukiman warga.
  2. Adanya peraturan yang tegas terkait pembuangan limbah industri yang berdampak buruk pada warga.
  3. Pengawasan terhadap penggunaan pestisida dan zat-zat kimia lainnya yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.
  4. Memperbanyak kegiatan penghijauan dan reboisasi hutan yang gundul.
  5. Memberikan sanksi atau tindakan yang tegas jika menemukan pelaku yang menyebabkan lingkungan menjadi tercemar.
  6. Membuang sampah pada tempatnya dengan memisahkan jenis sampah.
  7. Penggunaan bahan ramah lingkungan sehingga mudah teruraikan.
  8. Memberikan kesadaran pada masyarakat dengan menjadi contoh yang baik tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Demikian sobat, itulah ulasan mengenai Pengertian pencemaran lingkungan. Mulai dari pengertian lingkungan, polusi dan polutan, jenis-jenis pencemaran lingkungan, penyebab pencemaran lingkungan, dampak pencemaran lingkungan bahkan hingga cara pencegahan pencemaran lingkungan.

Janganlah kita menunggu orang lain untuk berbuat lebih baik dalam menjaga lingkungan hidup ini, namun bergerak dan mulailah dari diri Anda sendiri untuk melakukan sesuatu kebaikan yang bisa Anda lakukan. Bumi ini tempat hidup kita bersama, yuuk sama-sama saling menjaga.