METODE ANALISIS DATA | Pengertian, Cara, Teknik, Fungsi, Tujuan, Jenis Serta Contohnya

Pengertian Metode Analisis Data – Sahabat kali ini mimin akan membagikan informasi tentang pengertian metode analisis data dari yang sebelumnya membahas tentang metode observasi, metode penelitian sosial, dan metode pengumpulan data.

Langsung saja mari simak penjelasan dari kami ya sahabat :

PENGERTIAN METODE ANALISIS DATA

Sahabat tahukah Anda tentang metode analisis data? Analisis data merupakan suatu kegiatan berpikir untuk menguraikan sesuatu hal menjadi bagian-bagian atau komponen-komponen tertentu sehingga bisa diketahui dan dipahami apa saja ciri atau tanda pada setiap bagian, hubungan antar sesama manusia dan sebagainya.

Menurut kamus besar akuntansi Analisis data ialah suatu kegiatan yang dimana semua kegiatanya itu melakukan evaluasi terhadap sebuah kondisi yang ada pada pos-pos yang berkaitan langsung dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkin tentang perbedaan pendapat yang muncul.

FUNGSI DAN TUJUAN METODE ANALISIS DATA

  • Mengintegrasikan sejumlah data yang didapatkan dari lingkungan tertentu.
  • Menetapkan sasaran yang didapat secara spesifik mungkin.
  • Memilih langkah alternatif untuk mengatasi masalah dan menetapkan langkah-langkah diantara yang terbaik  untuk mendapati yang tepat guna sesuai dengan kebutuhan seseorang.

TUJUAN METODE ANALISIS DATA

  • Untuk mendiskripsikan data-data sehingga mudah untuk dipahami oleh banyak orang
  • Untuk membuat kesimpulan dari semua yang ada/ untuk menarik kesimpulan tentang karakteristik yang dicari dalam sebuah data lebih simple dan enak.

LANGKAH-LANGKAH MENGANALISI DATA

  1. Mengumpulkan data-data penting.
  2. Memeriksa kejelasan dan kelengkapan tentang pengisian instrumen pengumpulan data-data
  3. Melakukan sebuah proses indentifikasi dan klasifikasi dari setiap pernyataan dari yang ada dalam sebuah instrumen pengumpulan data berdasarkan variabel yang akan dianalisis tersebut.
  4. Melakukan kegiatan pencatatan data ke dalam sebuah bentuk diagram maupun tabel
  5. Melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap kualitas daya dan juga menguji reliabilitas dari pengumpulan data
  6. Menyajikan data dalam sebuah bentuk tabel frekuensi maupun diagram agar lebih mudah untuk lebih memahaminya atau menganalisis karakteristik dari sebuah data tersebut
  7. Dan yang terkahir yaitu menguji sebuah hipotesisnya apakah sudah benar ataukah tidak.

Baca juga : Pengertian Metode Observasi

CARA MENGANALISIS DATA

Metode Analisis Data

Pengertian Analisis Data

Dalam metode ini ada 2 cara menganalisis datanya sebagai berikut:

  • ANALISIS DATA SECARA KUALITATIF

Metode ini tidak menggunakan alat statistik melainkan dengan dilakukannya secara menginterprestasi tabel, grafik, diagram ataupun angka-angka yanga ada, baru kemudian melakukan penguraian dan penafsiran dari data tersebut.

  • ANALISIS DATA SECARA KUANTITATIF

Metode ini merupakan metode analisis yang kebalikan dari analisis data secara kualitatif yakni dengan menggunakan alat statistik, dengan kata lain analasis dilakukan menurut dasar-dasar statistik. Ada 2 jenis alat statistik yang biasanya digunakan untuk menganalisis data yakni:

  1. Statistik Deskriptif
  2. Statistik Inferensial

TEKNIK METODE ANALISIS DATA

Dalam tenik analisis data ini terbagi menajdi 2 teknik yaitu sebagai berikut:

TEKNIK ANALISIS DATA SECARA DESKRIPTIF

Apa sih teknik analisis data secara desktiptif itu ? ya,Teknik data ini ialah teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data secara mendeskripsikan atau menggambarkan sebuah data yang telah dikumpulkan seadanya tanpa adanya maksud untuk mengcopy data dari hasil sebuah penelitian tersebut.

Example: seperti penyajian data ke dalam bentuk tabel, diagram, mean, modus, grafik, presentase, frekuensi, dll.

TEKNIK ANALISIS DATA SECARA INFERENSIAL

Nah disini juga apakah kalian tau apa itu analisis data secara inferensial ? ya..

Teknik analisis ini adalah teknik statistik yang digunakan sebagai analsis data dengan cara menarik sebuah kesimpulan yang berlaku secara leluasa.

Ciri-cirinnya yaitu dengan menggunakan sebuah rumus statistik tertentu, kemudian hasilnya tersebut akan diperhitungkan menjadi dasara dari pembuatan generalisasi.

Biasanya teknik tersebut digunakan untuk sebuah penelitian yang sample saja.

Baca juga : Metode Pengumpulan Data

JENIS-JENIS METODE ANALISIS DATA

Nah disini analsis terbagi menjadi banyak jenis-jenis yakni:

Analisi Logika

Apasih analisis logika ini ? iya, analisis logika ialah analisis yang mempunyai sebuah ide rancangan dalam menjalankan pemecahan sesuatu kebagian-bagian yang berisi keseluruhan dasar-dasar prinsip dan bertujuan untuk menjelaskan kelompok yang terbentuk supaya mudah membedakannya.

Baiklah disini analisis logika terpecah lagi menjadi 2 bagian yaitu :

  • Analisis universal, adalah analisis yang intern nya umum ke intern-intern khusus menajdi bagian penyusunnya dan biasanya analisis ini cenderung hanya satu orang atau satu kelompok saja dan tidak terikat sama sekali dengan kelompok lainnya.
  • Analsis dikotomi, adalah analisis yang menurut 2 kelompok yang takkan pernah terpisahkan yaitu inten positif dan intern negativ. Atau sering dikatakan sebagai prinsip yang berdasarkan pada hukum logika atau “prinsip eksluds terti”. maksudnya disini yaitu prinsip penyisihan jalan tengah dengan begitu analisis ini dapat beranggapan bahwa kemungkinan 3 bukan merupakan jalan tengah dari penyisihan tersebut.

Analisis Realis

Analsis ini ialah analisis yang mempunyai rancangan urutan benda-benda yang berdasarkan pada suatu sifat dari perwujudan bendanya tersebut. Nah analsisi ini juga terpecah menjadi 2 bagian yakni:

  • Analisis esensial, adalah analisis dimana suatu penyusunan nya menurut unsur-unsur dasara nya saja
  • Analisis aksidential, adalah analisis yang dimana suatu penyusunan nya menurut sifat yang ada pada dalam data-data tersebut.

ALAT BANTU ANALISIS DATA

Alat Metode Analisis Data

Pengertian Metode Analisis Data

FLOW MAP – PENGERTIAN METODE ANALISIS DATA

Yaitu penggambaran dari sebuah grafik yang menjabarkan langkah-langkah atau menurut prosedur dari sebuah program analisis data tersebut.

Flow map ini sendiri memiliki fungsi untuk membantu sebuah programmer dalam menganalisis dan memecahkan masalah kedalam segmen yang lebih kecil lagi.

DIAGRAM KONTENKS

Diagram ini adalah diagram yang dimana didalamnya terdapat sebuah proses-proses yang menggambarkan suatu sistem dari satu pihak ke pihak lainnya yang ada diluar lingkungan dari sistem maupun didalam sistem.

DATA FLOW DIAGRAM “DFD”

Data flow diagram ini adalah grafik yang dimana grafik ini menggambarkan sebuah aliran-aliran data dan transformasi yang berguna sebagai pergerakan data yang alirannya datanya ini dari masukan menuju keluaran.

Dengan adanya DFD ini semua orang bisa lebih mudah dalam memahami dan mudah mempelajarinya dengan baik dan simple.

KAMUS DATA – PENGERTIAN ANALISIS DATA

Kamus data merupakan sebuah fakta tentang data-data dan kebutuhan informasi dari suatu informasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara sistem dengan pengguna sistemnya.

MERANCANG BASIS DATA

KEUNTUNGAN ANALISIS DATA

Keuntungan Metode Analisis Data

Pengertian Metode Analisis Data

  1. Mendapatkan hasil yang lebih jelas dan mudah dipahami
  2. Proses indentifikasinya lebih mudah
  3. Memungkinkan seseorang untuk melakukan indentifikasi hal-hal yang penting.
  4. Dapat dilihat orang secara langsung(visual) sehingga membantu dalam mengambil keputusa secara tepat dan tidak gegabah.
  5. Membantu proses indentifikasi masalah yang membutuhkan keputusan yang tepat
  6. Memiliki kesadaran yang lebih mengenai potensi dari sebuah data-data tersebut.
  7. Mambantu dalam proses pengindentifikasi beberapa perkara yang harus cepat mengambil keputusannya.

CONTOH TEKNIK ANALISIS DATA

Contoh analisis data itu bisa kita lihat saja pada cara penulisan dalam sebuah karya ilmiah, baik itu karya tulisan, thesis, laporan penelitian, atau bisa juga yang dibutuhkan oleh anak kuliahan yang akhir semesteran yaitu skripsi.

Mengapa demikian ? karena dalam sebuah penulisan pasti kebanyak seseorang tidak menggunakan analisis data terlebih dahulu dan langsung saja membuat judul nya tanpa harus menggunakan analisis data.