PENCEMARAN SUARA | Pengertian, Sebab-sebab, Dampak, dan Cara Menanggulanginya

Pengertian Pencemaran Suara – Berbagai macam pencemaran sepertinya sudah pernah kita bahas yaa di beberapa tulisan sebenarnya. Mulai dari pencemaran lingkunga, kemudian mengkerucut menjadi pencemaran udara, pencemaran tanah dan pencemaran air. Semua itu pasti membawa dampak tersendiri bagi kehidupan.

Ternyata masih ada lagi sobat yang belum pernah kita ulas sebelumnya. Memang pencemaran yang satu ini tidak bisa kita lihat secara kasat mata ya, namun bisa kita dengar dan kita rasakan. Pencemaran ini juga sering kali terjadi di sekitar kita.

Ya, benar sobat. Pencemaran yang dimaksud  di atas adalah pencemaran suara. Suara bisa muncul dari berbagai macam hingga sampai pada level tertentu. Ternyata suara pun bisa menyebabkan pencemaran yang dapat mengganggu kehidupan sekitar.

Pengertian Pencemaran Suara

Pengertian Pencemaran Suara

Pengertian Pencemaran Suara

Pernahkan Anda melewati segerombolan orang pembalap sepeda dengan sepeda motor “brong”. Sepeda motor yang digunakan oleh mereka rata – rata sepeda motor yang menimbulkan suara sangat keras dari modifikasi knalpot sepeda. Bentuk knalpotnya agak membesar dari ukuran biasanya

Satu sepeda motor saja suaranya sangat keras, apalagi jika semua orang tersebut memainkan sepedanya secara bersamaan. Tentunya sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar bagi yang dekat dengan lokasi tersebut.

Pencemaran suara adalah suatu keadaaan dimana masuknya suara terlalau banyak atau melebihi batas sehingga menganggu kenyamanan lingkungan. Pencemaran suara menjadi anacaman yang serius bagi suasana lingkungan. Walaupun sumber pencemaran jenis ini hanya satu penyebabnya.

Sumber pencemaran suara yang dimaksud adalah bunyi atau suara yang menyebabkan kebisingan dan merusak pendengaaran manusia. Bukan hanya manusia tetapi hewan pun juga terganggu. Bunyi dikatakan bising apabila intesitasnya telah melebihi 50 desibel.

Suara dengan intensitas yang tinggi seperti suara mesin pabrik, suara pesawat terbang, dan kendaraan bermotor jika berlama-lama berlangsung terus menerus dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan cacat pendengaran yang permanen.

Baca juga : Pengertian Pencemaran Lingkuangan

Sebab-Sebab Pencemaran Suara

Pengertian Pencemaran Suara

Pengertian Pencemaran Suara

Pencemaran suara ini hanya memiliki satu sumber penyebab, sobat. Sumber penyebab yang paling utama dan satu – satunya ini adalah bunyi. Manusia memiliki batas-batas pendengeran normal. Manusia tidak bisa mendengar suara dengan frekuensi kecil dan pendengaran manusia akan rusak jika frekuensinya terlalu besar.

Bunyi atau suara dapat didengar oleh manusia atau hewan karena adanya medium yang mengatarkan gelombang getarannya. Gelombang bunyi dapat merambat melalui zat perantara berupa zat cair, padat dan gas. Misalnya merambat melalui air, udara, batu bara.

Manusia dapat mendengar bunyi saat gelombang bunyi yaitu getaran tersebut di udara sampai pada gendang telinga. Sedangkan, ambang frekuensi bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia berkisar frekuensi 20 Hz hingga 20.000 Hz pada amplitudo berbagai variasi dala kurva responnya.

Frekuensi suara di atas 20.000 Hz disebut dengan ultrasonik. Sedangkan frekuensi suara di bawah 20 Hz disebut infrasonik. Hanya makhluk hidup tertentu yang dapat mendengar pada batas frekuensi tersebut.

Contoh – contoh suara seperti yang dijelaskan di atas bisa banyak kita temui di sekitar kita yang akhirnya mengakibatkan pencemaran suara. Pada umumnya masyarakat yang rumahnya dipinggir jalan raya, pasti masyarakat tersebut mendengar suara-suara kendaraan yang lalu lalang.

Begitu juga hal yang sama, jika Anda memiliki rumah yang lokasinya berdekatan dengan bandara pastinya setiap hari Anda mendengar lalu lalang pesawat yang melintas. Suara yang ditimbulkannya pun sangat keras, walaupun pesawat sudah terbang jauh di udara.

Contoh lagi misalnya suara – suara yang kita dengar saat datang di pabrik – pabrik. Pabrik – pabrik tersebut memiliki mesin – mesin produksi dengan ukuran yang besar dan berat. Rata – raat mesin tersebut jika dijalankan menimbulkan bunyi mesin yang sangat keras. Padahal yang dijalannya bukan hanya satu mesin saja dalam satu pabrik tetapi  mesin – mesin yang lain pun dijalankan dalam waktu yang bersamaan.

Lebih jelas lagi contoh pencemaran suara yang ada di bengkel mobil. Bagi Anda yang memiliki mobil pasti pernah ke bengkel mobil walopun sekedar serbis ringan.  Cobalah Anda masuk ke dalmnya melihat proses reparasi mobil – mobil yang ada.

Di dalam bengkel tersebut banyak sekali mesin – mesin yang dijalankan hingga menimbulkan suara yang begitu keras. Mesin bongkar mobil, mesin pemotong besi dan lainnya. Kita berbicara di dalamnya pun tidak terdengar dengan jelas.

Nahh, jika kita terus menerus berada di dalamnya dalam kurun waktu yang lama maka sistem pendengaran kita jadi terganggu. Gendang telinga kita terbiasa dengan suara keras, sehingga disaat ada suara yang norma tidak begitu terdengar oleh telinga kita.

Hal itulah, kenapa sebabnya banyak orang – orang yang bekerja di pabrik besar di bagian mesin mulai banyak mengalami penurunan fungsi pendengarannya secara normal. Jika tidak diantisipasi maka pencemaran suara ini juga sangat mengganggu aktivitas manusia.

Baca juga : Pengertian Pencemaran Tanah

Dampak Pencemaran Suara

Dampak Pencemaran Suara

Pengertian Pencemaran Suara/ Dampak Pencemaran Suara

Berbagai macam contoh pencemaran suara telah dijelaskan di atas. Pencemaran suara bisa menyebabkan gejala yang ringan, sedang maupun parah. Semua itu tergantung inesntisa suara yang didengarkannya.

Paparan suara bising yang telah terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang pendek maupun yang panjang tetap dapat mempengaruhi kesehatan manusia, salah satunya adalah jantung.

Suara keras tetapi mendadak  didengar oleh manusia menyebabkan perubahan detak jantung. Suara keras tersebut beresiko keras membuat detak jantung meningkat secara tidak wajar dan pembuluh darah menjadi sempit.

Apapun jenisnya hal tersebut pasti memiliki dampak pencemaran bagi lingkungan sekitar dalam berbagai bentuk. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai dampak – dampak pencemaran suara yang dapat memunculkan ganguan – gangguan bagi kehidupan sekitar kita.

  1. Gangguan pendengaran

Bukan suatu hal yang aneh lagi  jika suara yang terlalu keras memang dapat merusak terlinga kita. Rusaknya pendengaran dapat mempengaruhi menurunnya kualitas hidup seseorang. Bayangkan diri kia sendiri jika pendengaran kita terganggu, pastinya kita juga akan sulit merespon apa yang ada di sekitar kita karena kehilangan suara.

Nah, kehilangan pendengaran  terebut dapat terjadi jika ada bagian dari telinga atau saraf yang membawa informasi ke bagian otak tidak dapat bekerja secara maksimal. Sehingga seseorang juga tidak bisa mendengar apapun yang terjadi di sekitarnya.

Misalnya, ada kereta api yang biasanya juga melewati jalan raya. Bagi seseorang yang pendengarannya terganggu bisa jadi ia tidak mendengar suara sirine kereta api dari kejauhan. Ini sangat berbahaya bagi keselamatannya.

  1. Gangguan tidur

Tidur berkualitas merupakan salah satu kunci untuk menjaga kestabilan tubuh. Pencemaran suara dapat mengganggu tidur berkualitas akibat dari bisingnya suara di sekitar. Bisa dari suara pabrik yang masih beroperasi malam hari, suara musik hajatan yang terlalu keras atau suara orang yang tertawa lepas saat ronda malam.

Apa pun jenis suara yang ditimbulkan dalam frekuensi di atas pada umumnya itu termasuk pencemaran suara. Tidur yang terganggu akibat pencemaran suara ini menyebabkan berkurangnya kualitas tidur. Kurangnya kualitas tidur dapat memicu tekanan darah naik dan sesak nafas.

  1. Gangguan kemampuan berkomunikasi dengan baik

Suara yang terlalu bising di sekitar tentunya membuat kita smeua tidak nyaman. Salah satu ketidaknyamannya adalah kesulitan berkomunikasi. Kesulitan berkomunikasi ini disebabkan suara bercampur jadi satu sehingga apa yang didengar jadi tidak jelas.

Sulitnya berkomunikasi menyebabkan hubungan antar kerabat menjadi terganggu, kesehatan menurun, tubuh lelah, mudah marah dan masih banyak efek yang lainnya bagi kesehatan.

  1. Gangguan pada jantung

Seoarang anak balita yang sangat aktif pastinya membuat gaduh di sekitarnya. Jika di dalam rumah tersebut tidak ada anggota yang lansia bisa jadi itu hal biasa dan malah mendukung perkembangan anak tersebut. Namun, bagaimana jadinya jika ada lansia yang ada dirumah tersebut.

Orang lansia memiliki ketahanan tubuh yang sudah mulai rapuh. Tidak semua lansia tahan dengan kebisingan. Kalua anak balita tersbut secara terus menerus membuat kegaduhan dirumah yang terdapat lansia di dalamnya, pastinya orang lansia tersebut jelas terganggu. Terutama terganggu dari suara sang balita yang nyaring memekik telinga.

Suara bising yang ditimbulkan seperti kasus di atas dapat menyebabkan permasalahan kesehatan, terutamanya bagi lansia. Suara yang begitu sangat bising beresiko membuat detak jantung meningkat tidak stabil dan pembuluh darah menjadi menyempit.

Jika hal tersebut terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, paparan suara tersebut menjadi pencemaran suara yang beresiko sesorang terkena hipertensi. Selain hipertensi, pencemaran suara juga menyebabkan jantung iskemik. Apalagi ditambah pola hidup yang tidak sehat, sangat rentang sekali mengganggu kesehatan.

  1. Gangguan pada pertumbuhan anak

Pencemaran suara ternyata bukan hanya berdampak bagi orang dewasa atau lansia saja. Pencemaran suara juga bisa berdampak bagi anak – anak. Ini mungkin hal yang sederhan yaa, tapi ini sering terjadi di sekitar kita dan tanpa kita sadari sangat membawa dampak buruk bagi anak – anak.

Kenapa hal ini bisa terjadi. Pada faktanya anak – anak merupakan individu yang paling sensitif terhadap pencemaran suara. Bahkan hingga mempengaruhi proses pertumbuhannya, utamanya pada perkembangan otaknya.

Contoh sederhana pencemaran suara pada anak – anak adalah memutar musik keras – keras yang di sekitarnya ada anak balita. Musik yang keras menyebabkan anak balita tidurnya terganggu. Selain itu, unsur musik yang didengar oleh balita juga masuk dalam memori otaknya.

  1. Gangguan pada ibu hamil

Kesehatan ibu hamil juga sangat rentan terhadap pencemaran suara. Kebisingan dapat mempengaruhi emosional ibu hamil yang tidak stabil selama masa kehamilannya. Sehingga ibu hamil pun harus menjaga diri dari pencemaran suara.

Kebisingan akibat pencemaran suara ini menyebabkan ibu hamil mudah marah dan pusing. Hal ini pastinya berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Perut ibu hamil akan mengencang sesuai dengan reaksi janin di dalamnya.

Baca juga : Pengertian Pencemaran Air

Cara Menganggulangi Pencemaran Suara

Pengertian Pencemaran Suara

Pengertian Pencemaran Suara

Pencemaran suara nampaknya sepele, namun ternyata begitu banyak dampaknya terutama bagi kehidupan manusia. Kebisingan ini mudah sekali terjadi tanpa adanya kendali. Sewaktu – waktu bisa terjadi tergantung kesadaran manusia bagaimana menjaga kenyamanan sekitar.

Namun bagaimanapun keadaanya, pencemaran suara ini perlu ditanggulangi agar tidak semakin membawa dampak buruk dan meresahkan masyarakat. Banyak berbagai cara penganggulangan pencemaran suara sesuai dengan penyebab timbulnya suara.

Sebenarnya tidak banyak yang dilakukan untuk menanggulangi pencemaran suara ini. Beberapa cara dapat dilakukan secara mendiri dan saling menjaga kenyamanan sekitar. Bisa mulai dari sendiri, keluarga dan kerabat sekitar.

Berikut ini ada beberapa cara menganggulangi pencemaran suara agar kebisingan tidak terjadi semakin parah.

  1. Menggunakan alat peredam suara
  2. Mengurangi penggunaan alat rumah tangga yang menimbulkan suara berisik
  3. Memutar musik instrumental
  4. Menjauh sebentar dari kegaduhan
  5. Belajar meditasi
  6. Tidak menggunakan klakson mobil / motor jika tidak diperlukan
  7. Hargai jam – jam tenang di malam hari

Demikian, Sobat. Beberapa penjabaran mengenai pengertian pencemaran suara sudah kita pelajari bersama. Mulai dari pengertian pencemaran saura, sebab – sebab pencemaran suara, dampak pencemaran suara serta cara penganggulangan pencemaran suara.

Semoga kita semua dapat mengambil manfaatnya, sehingga bisa bersama – sama meciptakan kenyamanan  lingkungan terhindar dari pencemaran suara.

Baca juga : Pengertian Pencemaran Udara