10+ Pakaian Adat Jawa Barat Sunda, Penjelasan dan Keunikannya (2020)

Pakaian Adat Jawa Barat – Propinsi Jawa Barat merupakan propinsi yang wilayahnya terletak di pulau Jawa dengan penduduknya sebagian besar berasal dari suku Sunda.

Suku Sunda yang tinggal di Jawa Barat ini dari dahulu hingga saat ini tercantum warga yang kokoh dalam melestarikan adat dan kebudayaan yang dimilikinya tercantum pakaian adat Jawa Barat.

Sahabat yang budimana pakaian adat Jawa Barat ini jenisnya sangat banyak sekali tidak satu sama halnya pakaian adat dari wilayah lain juga mempunyai nama dan keunikannya tersendiri.

Pakaian adat ini juga telah hadapi pengembangan dalam desainnya jadi lebih modern tanpa meninggalkan karakteristik khas yang dimilikinya.

Pakaian Adat Jawa Barat

Dalam usaha melestarikan keberadaan pakaian adat yang berasal dari Jawa Barat ini, masih gampang untuk ditemukan di pasaran pakaian adat ini baik untuk berusia ataupun pakaian sunda anak wanita dan laki laki.

Dalam acara- acara tertentu semacam upacara adat ataupun dalam keseharian pakaian adat dari Jawa Barat masih banyak orang memanfaatkannya walaupun telah digusur oleh pakaian jaman saat ini.

Dalam pakaian adat Jawa Barat ini terdapat perbandingan wujud antara pakaian yang dipakai oleh golongan atas, menengah dan dasar.

Berikut ini merupakan bermacam macam pakaian adat yang berasal dari Jawa barat dan penjelasannya dan sebagian data tentang pakaian adat ini dapat juga dilihat di wikipedia.

Baca juga : Pakaian Adat Jawa Tengah

1. Jas Adat Jawa Barat Beludru

Pakaian adat Jawa Barat yang awal ini bila dilihat hendak terkesan sangat elegan dan sedikit menampilkan keglamoran sebab memanglah pakaian adat macam ini tidak sembarang orang memanfaatkannya.

Pakaian Jas Beludru ini cuma dipakai oleh para kalangan Bangsawan ataupun orang- orang yang berasal dari kasta atas.

Dinamakan Jas beludru sebab bahan yang dipakai dalam buatnya merupakan kain bludru bercorak gelap dengan sulaman emas yang menghiasinya dan membuat pakaian adat ini nampak elegan dan berkelas.

Wujud yang dimilikinya merupakan jas tutup dan paduan celana yang dipakai merupakan sama dengan atasannya ialah bercorak gelap dan mempunyai motif emas yang sama dengan pakaian.

Pakaian ini delengkapi dengan pernak- pernik kain yang diucap dengan kain Dodot dengan motif Rengreng Parang Rusak.

Alas kaki yang dipakainya merupakan sandal Slop bercorak gelap membiasakan dengan pakaian yang dipakainya juga berbahan kain Bludru dan bermotif manik- manik.

Tidak hanya pernak- pernik berbentuk alas kaki yang berbahan kain Bludru, terdapat pernak- pernik lain ialah berbentuk penutup kepala dan Benten ataupun sabuk emas.

Untuk pendamping wanitanya juga mengenakan kebaya dengan pakaian bercorak gelap dengan bahan Bludru diiringi hiasan semacam bros, cincin dan sebagainya.

Baca juga : Pakaian Adat Sumatera Selatan

2. Pakaian Adat Jawa Barat Bedahan

Pakaian ini merupakan pakaian adat yang dipakai oleh warga dari golongan menengah, sehingga wujud yang dimilikinya lebih simpel daripada pakaian adat yang dipakai oleh para Bangsawan.

Bahan yang dipakainya juga pernak- pernik yang dipakai pada pakaian adat kalangan menengah ini juga lebih simpel.

Wujud pakaiannya merupakan Jas Tutup untuk kalangan prianya bercorak putih dan Kebaya untuk kalangan perempuannya. Hendak namun untuk dikala ini corak yang diseleksi tidak cuma bercorak putih saja.

Alas kaki yang digunakan untuk aksesoris pakaian adat Jawa Barat ini berbentuk terompah, sabuk ataupun ikat pinggang dan ikat kepala.

Opsi corak untuk kebaya para wanitanya bagian atas dapat beragam dengan bawahan berbentuk kain Jarik Batik dengan motif yang beragam juga.

Pernak- pernik yang memenuhinya semacam kalung, cincin, gelang dan lain- lain.

3. Adat Jawa Barat Kebaya Sunda

Kebaya yang dipakai oleh para perempuan Jawa Barat wujudnya sama dengan sedikit sekali perbedaannya dengan kebaya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untuk pakaian adat Jawa Barat yang berbentuk kebaya ini hendak nampak perbedaannya pada wujud bagian leher spesial untuk kebaya modern.

Bila kebaya lama, wujudnya cenderung sama dengan kebaya dari tetangganya yang tinggal di pulau Jawa.

Bagian bawahnya berbentuk kain Jarik dengan motif batik yang beragam dan pernak- pernik yang dipakainya merupakan pernak- pernik universal semacam tusuk konde, giwang, kalung, gelang, cincin dan pernak- pernik yang lain.

Baca juga : Pakaian Adat Sumatera Utara

4. Pakaian Adat Pangsi Sunda

Pakaian Pangsi ini dapat juga diucap dengan kebaya Sunda dengan wujud sangat simpel dan corak yang tidak mencolok ataupun lebih kumal.

Wujud yang demikian ini sebab Pakaian Pangsi ini merupakan pakaian adat Jawa Barat yang dipakai oleh warga kelas dasar ataupun rakyat jelata.

Warga kalangan dasar ini merupakan rakyat biasa yang pekerjaannya bagaikan petani, buruh dan lain sebagainya dengan tingkatan ekonomi rendah.

Hendak namun pada dikala ini, pakaian ini juga dipakai oleh kalangan golongan atas dengan dibangun yang lebih bagus dan opsi kain yang lebih bagus lagi.

5. Pakain Adat Dari Kain Kebat

Kain Kebat merupakan kain yang dipakai bagaikan aksesoris pakaian Kebaya Sunda untuk warga kelas dasar yang berbentuk kain dengan warna yang tidak sangat mencolok dan kerap dipakai oleh orang Sunda dalam kesehariannya.

Tidak hanya itu para perempuan kelas dasar ataupun warga biasa juga mengenakan beuber untuk ikat pinggang, dan kamisol untuk branya juga alas kakinya lumayan memakai sandal jepit biasa.

Baca juga : Pakaian Adat Sumatera Barat

6. Pakaian Adat Beskap

Wujud dari Beskap yang ialah pakaian adat Jawa Barat ini mempunyai kesamaan dengan Beskap yang berasal dari Jawa Tengah ataupun dari suku Jawa.

Beskap Mataraman dengan corak gelap, kain tebal dan kancing terbuat menyamping merupakan wujud dari Beskap yang berasal dari Jawa Barat ini.

Persamaan ini dapat terjalin sebab tinggal di wilayah yang sama ialah pulau jawa dan terbawa- bawa dari tetangganya baik itu dari adat dan budaya berbentuk pakaian adat.

Untuk Beskap dari Jawa Barat ini terdapat motif pada bagian lengan dan juga terdapat yang polos.

Corak yang dipakai tidak senantiasa bercorak gelap tetapi dapat biru ataupun corak yang lain yang berarti polos.

7. Pakaian Adat Sunda Modern

Pakaian adat ataupun pakaian adat pada dikala ini telah hadapi pertumbuhan jadi pakaian adat yang modern tetapi tidak meninggalkan karakteristik khas aslinya ataupun yang macam tradisionalnya.

Opsi corak dan wujudnya terbuat lebih bercorak dengan kreasi pada sebagian bagian sehingga pakaian adat Jawa Barat Modern ini lebih nampak anggun dan indah bila dipakai.

Warna yang dipakainya juga masih mencerminkan motif- motif yang berasal dari Jawa Barat dilengkapi dengan pernak- pernik yang dipakai oleh perempuannya mempunyai wujud yang sangat kental dengan suku Sunda.

Baca juga : Pakaian Adat Aceh

8. Pakaian Adat Jawa Barat Pengantin Modern

Semacam yang terjalin pada propinsi yang lain, pakaian adat Jawa Barat juga hadapi pengembangan terbuat dengan style yang lebih modern tercantum pakaian pengantin.

Pakaian pengantin modern dari Jawa Barat pada dasarnya mengenakan Beskap ataupun Jas Tutup dan Kebaya yang dipakai oleh mempelai wanitanya.

Wujud dan opsi rupanya terbuat lebih modern sehingga jadi lebih elok dan anggun kala dipakai.

Pernak- pernik pada kepala mempelai perempuan terdapat juga yang mengenakan sejenis mahkota yang coraknya sangat khas dengan budaya Sunda.

9. Pakaian Adat Jawa Barat Selontreng dan Sarung Poleng

Pakaian ini merupakan pakaian yang dipakai oleh rakyat jelata kalangan laki- laki dengan wujud yang simpel dan mayoritas bercorak gelap juga terbuat longgar.

Celananya terbuat memanjang hingga betis dan bagian pinggang diikat mengenakan kain ataupun dapat juga sabuk kulit.

Dalam keseharian mereka juga terdapat yang mengenakan penutup kepala ataupun ikat kepala yang diucap ikat Logen dan wujudnya mempunyai istilah Barangbang Samplak. Pakaian ini dipakai dalam aktivitas tiap hari mereka.

Baca juga : Pakaian Adat Lampung

10. Senjata Adat Jawa Barat Kujang

Senjata yang sangat populer dari Jawa Barat spesialnya Sunda merupakan Kujang. Tetapi untuk aksesoris pakaian adat Jawa Barat juga mengenakan Keris seperti pakaian adat dari Suku Jawa yang mengenakan Keris bagaikan aksesoris untuk pakaian adatnya.

Dalam keseharian, para kalangan laki- laki juga mengenakan golok bagaikan pelengkapnya.

Demikian uraian tentang pakaian adat Sunda, nama, uraian/ penjelasan dan sebagainya baik itu yang wujudnya masih tradisional ataupun modern untuk menaikkan pengetahuan kita tentang budaya yang berasal dari Jawa Barat.

Mudah-mudahan data yang berkaitan dengan baju adat Jawa Barat yang wujud dan namanya mempunyai kemiripan dengan pakaian adat dari sekitarnya semacam kebaya, jas dan senjatanya bisa berguna untuk kita seluruh dan senantiasa lestari hendak keberadaannya.