Modernisasi, Pengertian dan Pengaruh Pada Kehidupan serta Cara menyikapinya

Pengertian Modernisasi – Mungkin Anda pernah mendengar istilah modernisasi dalam kehidupan Anda.

Pengertian Modernisasi

Pengertian Modernisasi

Pengertian Modernisasi

Istilah ini juga mempunyai arti yang hampir sama dengan kata ‘Modern’ yang sering Anda dengar, yaitu proses perubahan atau transformasi  dari ketertinggalan menuju pada kemajuan.

Dijelaskan pula bahwa modernisasi adalah hasil dari majunya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini.

Peranan teknologi dalam membangun modernisasi benar-benar dapat dirasakan dan dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari kota metropolitan hingga ke desa-desa yang sangat jauh dari perkotaan.

Banyak sekali perubahan yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari gaya hidup yang mulanya mengikuti ketradisionalan menjadi agak kebarat-baratan, dalam hal teknologi dan pendidikan pun perubahan yang terjadi tidak kalah saing.

Buktinya, di negara Anda sendiri sudah banyak Anda lihat. Seiring waktu berjalan proses pendidikan yang terjadi mengalami kemajuan yang signifikan.

Pendidikan yang dahulu lebih banyak menggunakan media yang manual sekarang tergantikan oleh berbagai media yang lebih praktis dan mudah digunakan.

Sehingga memberikan proses penyampaian yang lebih padat dan jelas kepada para siswa.

Begitupun sebaliknya, siswa yang menjadi target edukasi diharapkan dapat menangkap dan memahami pelajaran yang disampaikan pengajar dengan lebih mudah menggunakan berbagai media yang menunjang pembelajaran.

Di sisi lain, bisa Anda lihat sarana transportasi yang semakin memadai seiring berjalannya waktu.

Pemerintah memberikan kemudahan untuk rakyat dalam mengakses transportasi umum dengan menciptakan BusWay, MRT, KRL dsb. Semua dilakukan demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyatnya.

Seperti yang Anda ketahui, Indonesia sendiri sedang berada dalam masa-masa transisi dan penyesuaian di mana modernisasi dan globalisasi kian kuat masuk secara bertahap ke dalam Indonesia.

Dan perlu Anda ketahui juga bahwa modernisasi yang terjadi lebih dominan kepada teknologi yang semakin berkembang pesat dalam kehidupan Anda.

Maka, Anda sebagai warga negara yang berpendidikan dan bermoral harus cermat dalam memilah pengaruh positif dan negatif dari modernisasi itu sendiri.

Anda harus pandai menjaga diri, keluarga dan anak-anak dari pengaruh negatif yang mungkin terjadi dan membahayakan kehidupan masa depan Anda.

Baca juga : Pengertian Struktur Sosial

Dampak Positif Modernisasi

Dampak Positif Modernisasi

Dampak positif dari modernisasi adalah sebagai berikut :

  • Berubahnya Tata Nilai dan Sikap

Modernisasi yang terjadi  dalam zaman sekarang ini bisa Anda lihat dari cara berpikir masyarakat yang irasional menjadi cara berfikir yang rasional.

  • Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi

Dengan semakin majunya teknologi dan pendidikan masyarakat menjadi lebih dimudahkan dalam beraktivitas dan terdorong untuk berfikir lebih maju.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pula yang membentuk era modernisasi yang semakin terus berkembang dan maju di waktu sekarang ini.

  • Meningkatnya Kehidupan menjadi yang lebih Baik

Dengan adanya industri atau industrialisasi berdasarkan teknologi yang sudah semakin maju menjadikan nilai untuk memproduksi berbagai alat komunikasi dan transportasi yang canggih.

Itu juga merupakan suatu usaha untuk mengurangi banyak pengangguran serta meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Hal ini juga dipengaruhi oleh tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi yang membantu jalannya perkembangan modernisasi.

Baca juga : Perubahan Sosial

Dampak Negatif Modernisasi

Dampak Negatif Modernisasi

Dampak negatif dari modernisasi adalah sebagai berikut :

  • Pola Kehidupan Menjadi Konsumtif

Berkembangya teknologi industri yang semakin modern dan semakin cepat membuat persediaan berbagai kebutuhan masyarakat melimpah.

Dengan begitu masyarakat lebih mudah tertarik untuk mengkonsumsi barang-barang tersebut dengan berbagai pilihan, yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ditambah gaya hidup yang semakin rumit karena mengutamakan gengsi.

  • Perubahan Sikap Menjadi Seorang Individualisme

Masyarakat merasa sangat dimudahkan karena adanya teknologi yang canggih, sehingga membuat mereka seolah merasa tidak membutuhkan bantuan orang lain lagi dalam mengerjakan sesuatu.

Padahal hakikatnya manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang saling bergantung pada satu sama lain.

  • Gaya Hidup Meniru Orang-Orang Barat

Seperti yang kita ketahui, beberapa budaya Barat tidak cocok diterapkan di Indonesia. Karena memang banyak yang bertentangan dengan norma-norma di negara Indonesia.

Padahal budaya di Indonesia begitu banyak dan sangat unik, namun tetap saja eksistensinya tergeser karena pengaruh modernisasi.

Contoh budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli Indonesia adalah anak tidak lagi tunduk dan patuh kepada orang tuanya, pergaulan bebas remaja, dan lain-lain.

  • Adanya Kesenjangan Sosial

Faktor kesenjangan sosial ini dominan disebabkan karena adanya pertentangan diantara bagian masyarakat yang bisa mengikuti perkembangan modernisasi dan yang tidak bisa mengikutinya.

Mungkin dikarenakan faktor keyakinan dan tradisi yang kuat ataupun tidak mampunya bersaing dalam mengejar kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Baca juga : Pengertian Kelompok Sosial

  • Banyak Terjadinya Kriminalitas

Kriminalitas ini termasuk dari dampak sikap individualisme yang terjadi di lingkungan masyarakat. Kurangnya rasa kekeluargaan membuat mereka tidak terpantau dan kurang perhatian.

Hidup yang terlalu konsumtif juga bisa meningkatkan pengeluaran secara drastis, sehingga satu-satunya jalan yang terpaksa dilakukan adalah melakukan tindakan kriminal untuk memenuhi gaya hidup konsumtif ini.

Sekarang Anda sudah mengetahui pengaruh positif dan negatif yang mungkin terjadi akibat modernisasi dalam kehidupan Anda, selanjutnya tinggal bagaimana Anda menyikapinya ketika Anda mengalami situasi yang terjadi seperti diatas? Apa saja hal yang akan ada lakukan untuk meminimalisir pengaruh negatif yang terjadi?

Banyak hal yang bisa Anda persiapkan dan Anda pilih untuk menghadapi fase modernisasi yang tidak dapat Anda tolak kehadirannya.

Tujuannya apa? selain Anda sendiri bisa mengikuti perkembangan yang terjadi juga bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari modernisasi ini.

Saya akan menuliskan beberapa hal, yang menurut saya harus Anda lakukan untuk menyikapi modernisasi ini. Anggap saja,ini adalah cara untuk mengembangkan diri agar siap menghadapi era modernisasi yang terjadi.

Baca juga : Metode Penelitian Sosial

Membuka Fikiran pada Hal Positif

Coba Anda berfikir dan membuka wawasan luas tentang banyak perubahan yang terjadi. Jangan mengunci fikiran dan pandangan hanya pada satu sudut pandang saja.

Anda juga harus bisa menerima dan menyesuaikan diri saat Anda hidup di zaman yang berbeda.

Dalam hal ini, bukan berarti Anda juga harus meninggalkan nila-nilai budaya dan tradisi nenek moyang Anda.

Jelas hal itu salah! Hanya saja Anda harus bisa menyelaraskan kehidupan yang sudah modern ini dengan tradisi yang masih berlaku dengan cara yang tepat.

Mempelajari Bahasa Asing

Bagi saya sendiri, hal ini memang sangat saya butuhkan. Karena nantinya saya tidak tahu akan berkomunikasi dengan siapa saja diluar sana? Apalagi ketika sudah memasuki dunia kerja.

Di era modernisasi ini, kemampuan berbahasa asing bisa saja menjadi syarat utama dalam suatu perusahaan yang Anda tuju.

Karena memang kerjasamanya yang luas dan mencakup hubungan internasional yang dilakukan.

Memanfaatkan Teknologi

Dalam era ini, Anda harus benar-benar belajar dan memanfaatkan peluang yang sudah tersedia.

Anda harus sadar akan perkembangan teknologi yang semakin maju  pada era modernisasi ini agar nantinya Anda tidak menjadi generasi yang tertinggal.

Anda bisa menggunakan smartphone, laptop, atau sosial media untuk mengasah kemampuan Anda di bidang teknologi.

Pastikan jika Anda menggunakannya secara bijak. Jangan menetapkan pandangan pada hal  yang kuno. Karena tidak semua hal yang kuno itu baik dan tepat untuk diterapkan di era modernisasi.

Menjaga Moral dan Mendekatkan Diri pada Tuhan

Mengapa Anda perlu menjaga moral pada diri Anda? Karena dengan cara ini Anda bisa mengontrol diri anda dari berbuat hal negatif.

Anda harus selalu bijak dalam memanfaatkan fasilitas dan teknologi yang ada. Begitupun sipritual dalam diri Anda harus selalu terjaga agar Anda selalu mempergunakan hak anda pada langkah yang benar, sehingga menguntungkan diri Anda dan orang lain.

Menghargai Waktu

Semakin modern kehidupan Anda, maka akan ada banyak pula kegiatan baru yang memancing anda untuk melakukannya.

Semua ini berkaitan dengan teknologi serta manajemen waktu anda. Cukup banyakorang yang mempunyai gaya hidup modern namun masih memiliki aturan waktu yang sangat baik.

Berkat teknologi yang semakin maju mereka lebih mudah melaukan kegiatan sehingga dapat berjalan dengan mudah ataupun efisien.

Namun ternyata disisi yang lain ada orang yang ternyata bersikap kebalikan. Mereka termakan nafsu dan keinginan yang besar, sehingga gaya hidup modern yang dilakukan justru hanya menyia-nyiakan waktu dan terbuang percuma.

Mereka yang menjalani hidup seperti ini, akhirnya baru sadar dan menyesal karena tidak memanfaatkan waktu mereka dengan baik.

Seringkali di masa yang terjadi sekarang, banyak remaja yang menghabiskan waktunya hanya untuk duduk dan mengobrol tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Membuat Planning Yang Matang

Sebagai seorang yang memiliki wawasan yang luas dan sadar akan perkembangan zaman. Tentunya Anda sudah bisa menggambarkan bagaimana kehidupan yang akan Anda jalani dimasa depan.

Semua akan terjadi sesuai dengan rencana yang Anda buat mulai dari sekarang.

Karena sesuatu yang indah tidak akan mungkin terjadi tanpa perencanaan dan langkah yang tepat.

Memiliki Sikap Daya Saing yang Tinggi

Persaingan bukan hanya tentang perlombaan dan permusuhan, namun sikap ini wajib Anda miliki di era modernisasi ini untuk meningkatkan produktifitas Anda terhadap orang lain.

Karena banyak kemudahan yang sudah bisa Anda rasakan untuk memfasilitasi kinerja Anda, maka tidak heran jika diluar sana orang-orang semakin cepat dan cerdas dalam berkarya dan bekerja.

Banyak juga tempat yang bisa menjadi ladang keuntungan bagi kita di dunia teknologi selain di dunia kehidupan nyata yang kita jalani.

Disana orang-orang lebih mudah untuk memperlihatkan hasil kerjanya kepada rakyat dunia dan menemukan peluang yang lebih besar didalamnya.

Memiliki Mobilitas Tinggi

Perlu Anda ketahui, bahwa masyarakat yang hidup di era modern memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena begitu banyak pilihan kegiatan yang dilakukan dan harus dilakukan.

Namun nyatanya juga masih ada banyak masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi namun tidak menghasilkan suatu hal yang berarti.

Sehingga kegiatan yang dilakukan bisa jadi tidak memiliki tujuan dan hanya menyia-nyiakan waktu saja.

Karena ada banyak sekali macam kegiatan yang bisa dilakukan, Anda harus tetap bisa memilah mana yang bermanfaat ataupun tidak menghasilkan sama sekali.

Maka dari itu, Anda sebagai seorang yang berperan di era modernisasi harus benar-benar cermat.

Jangan asal memilih dan melakukan suatu kegiatan hingga pada akhirnya Anda sadar bahwa itu hanya akan membuang waktu saja.

Mobilitas tinggi boleh namun tetap memberikan manfaat dan menghasilkan, jelas masih ada banyak sekali yang berfikir seperti itu. Termasuk Anda bukan? Jawabannya ada pada diri Anda sendiri.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam menyikapi kehidupan di era modernisasi yang terjadi dimasa sekarang.

Sudah siapkah Anda menjalaninya dan menikmati prosesnya dengan bijak? Tentu sudah ada banyak persiapan yang telah Anda lakukan agar diri bisa menyesuaikan dengan keadaan.

Mustahil bagi Anda untuk menghindari setiap perkembangan yang terus terjadi. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah ikut berproses pada fase itu dengan meningkatkan produktifitas Anda dan terus memberikan pengaruh baik kepada orang lain.

Karena apa yang Anda lakukan hari ini, akan terasa dampaknya dimasa yang akan mendatang. Tentunya bukan saya ataupun Anda sendiri yang akan merasakan, tetapi generasi penerus yang akan merasakannya.

Serta merekalah yang akan meneruskan apa yang telah kita perjuangkan dimasa lampau.

Semua dimulai dari kita, prestasi dan kejayaan kitalah yang harus memulainya. Karena jika pendahulunya memiliki jejak yang baik, tentu penerusnya akan melanjutkan langkah yang baik pula.

Namun jika pendahulunya memiliki jejak yang buruk, bisa jadi penerusnya akan semakin menghancurkan lingkungan disekitarnya bahkan negara yang menjadi kebanggaannya.

Demikian pembahasan tentang pengertian modernisasi, contoh modernisasi, contoh perubahan regres, apa itu westernisasi, ciri-ciri modernisasi, ciri-ciri manusia modern, apa itu globalisasi semoga bermanfaat. Terima Kasih