Metamorfosis Kupu-kupu – metamorfosis ialah merupakan proses perkembangan yang ada pada hewan dan melibatkan perubahan pada struktur fisik ketika mulai ia menetassampai ia bertumbuh dewasa seperti biasanya.

Berubahnya kupu-kupu ini dari waktu menuju waktu memang terlihat sangat berbeda sekali. Perbedaan tersebut terjadi dikarenakan adanya diferensiasi terhadap sel yang secara radikal.

Bahkan diantara satu tahap pertumbuhan organisme akan terlihat dua organisme yang memang tidak saling mempunyai suatu hubungan.

Perlu Anda ketahui, tidak semua hewan jenis kupu-kupu ini mengalami metamorfosis.

Akan tetapi hewan yang tertentu saja yang akan mengalami metamorfosis. Salah satu serangga yang memang mengalami metamorfosis ialah kupu-kupu ini.

Mungkin Anda telah mengetahui bahwasannya kupu-kupu ini adalah hewan yang tercantik.

Sehingga semua orang memiliki keinginan untuk menangkap kupu-kupu ini dan dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Sahabatku yang budiman, sebenarnya Anda tidak perlu mempunyai keinginan untuk menangkap seekor kupu-kupu untuk dijadikan hewan peliharaan. Anda cukup memelihara tanaman bunga yang banyak.

Sehingga hewan kupu kupu yang cantik ini akan datang sendiri ke kebun yang Anda tanami bunga untuk mencari makanan.

Pada artikel ini kami akan berbagi pengetahuan tentang metamorfosis yang terjadi pada kupu-kupu ini sehingga menjadi hewan yang sangat indah dan disukai banyak orang.

Pengertian Metamorfosis Kupu-Kupu

Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi yang terjadi pada hewan yang berubah dari waktu sampai waktu dengan pembentukan organ-organ yang terjadi pada hewan tersebut.

Kupu-kupu yang terlihat indah tidak sesuai dengan proses perkembangan kupu-kupu tersebut.

Jika dibandingkan dengan serangga hewan kupu-kupu ini memiliki proses daur hidup yang cukup memakan waktu yang sangat panjang.

Hewan ini tidak langsung menjadi kupu kupu yang indah, akan tetapi proses daur hidupnya ia dikatakan menggelikan. Kupu-kupu dimulai dari telur yang menjadi ulat atau menjadi larva.

Ketika ia menjadi ulat manusia akan ada yang merasa geli. Setelah menjadi ulat, ia akan menjadi kepompong atau juga disebut dengan pupa.

Untuk tahap yang terakhir ialah menjadi seekor kupu-kupu yang dewasa dan sangat indah jika dipandang dan akan memakan sari-sari yang ada pada tumbuhan bunga.

Metamorfosis kupu-kupu ini termasuk dalam golongan metamorfosis secara sempurna.

Baca juga : Metamorfosis Capung

Proses Metamorfosis Kupu-Kupu

Berikut dibawah ini adalah proses hidup yang terjadi pada hewan kupu-kupu :

Tahap Telur Metamorfosis Kupu-kupu

tahap awal sebelum kupu-kupu menjadi kupu-kupu dewasa ialah, ia harus melewati masa telur. Pertama, induk kupu-kupu yang sudah kawin ia akan meletakka telur – telurnya pada daun dan ranting.

Induk telur tidak asal-asalan jika memilih daun untuk telur-telurnya. Ia akan mencarikan tempat yang disukai para telur tersebut. Dikarenakan tidak semua kupu-kupu akan menyukai tempat yang sama.

Setiap kupu-kupu memiliki daun kesukaannya tersendiri. Telur telur tersebut ketika menetas mereka akanlangsung mendapatkan konsumen atau makana dari daun tersebut.

Biasanya, induk kupu-kupu ini akan meletakkan generasi barunya di ujung daun atau tangkai.

Mereka menetas tidak memakan waktu yang lama, hanya saja mereka membutuhkan waktu untuk menetas mungkin  sekitar 3 sampai 5 hari saja.

Ketika mereka akan menetas, biasanya mereka akan membuat lubang – lubang yang kecil pada kulit telur tersebut.

Tahap Larva atau Ulat Metamorfosis Kupu-kupu

Setelah telur telur kupu-kupu menetas, mereka akan memasuki fase yang kedua yaitu fase larva atau ulat. Di fase ini ulat ini akan sedikit menjijikkan dan terlihat menggelikan.

Larva setiap hariinya akan memakan dedaunan atau tumbuhan untuk perkembangan tubuhnya dan pada fase ini larva akan memiliki pertumbuhan yang sangat cepat.

Pada fase ini ketika menjadi ulat, ia akan mengalami pergantian kulit selama tidak lebih dari 5 sampai 6 kali.

Ketika pertumbuhannya sudah mulai maksimal, ia akan berhenti untuk memakan daunan lagi. Fase selanjutnya ia akan mencari tempat yang cocok untuk ia berubah menjadi sebuah kepompong.

Pada fase ini biasanya ulat ini akan merugikan manusia. Dikarenakan ia memakan tumbuhan secara sembaranga sampai merusak tumbuhan yang dirawat oleh manusia.

Tahap Kepompong atau Pupa Metamorfosis Kupu-kupu

Tahapan yang ketiga sebelum menjadi kupu kupu dewasa ialah menjadi kepompong. Kepompong adalah bentuk dari setelah ia menjadi sebuah larva atau ulat yang menjijikkan.

Bentuk kepompong biasanya dibungkus yang berwarna  atau berwarna hijau dan keras. Mereka akan menyesuaikan dengan tempat mereka menjadi sebuah kepompong.

Ketika mereka menjadi sebuah kepompong, mereka tidak makan ataupun minum sama sekali, sama halnya orang yang berpuasa.

Ketika ia menjadi kepompong ia akan menyempurnakan organ – organ agar terbentuk organ yang sempurna.

Kepompong akan berlangsung selama 7 sampai dengan 20 hari. Akan tetapi setiap kupu kupu akan berbeda tergantung dengan jenis kupu-kupunya tersebut. Dan selanjutnya mereka akan menuju ke dalam fase imago.

Tahap Imago Metamorfosis Kupu-kupu

Fase yang terakhir ialah dimana ia akan menjadi sebuah imago ketika sudah melewati fase kepompong. Perlu Anda ketahui, imago sendiri ialah suatu proses yang dimana sebuah kepompong akan menjadi seekor kupu kupu yang indah dan cantik.

Kupu kupu yang pertama kali keluar dari kepompong ia masih memiliki sayap yang kecil, basah dikarenakan ada cairan dan terlihat kusut.

Cairan tersebut akan membantu membesarkan sayap yang terjadi pada kupu – kupu. Cairan ini dalam biologi disebut dengan hemolymph.

Pertama kali seekor kupu kupu yang kecil ketika keluar dari sebuah kepompong, ia akan merangkak ke bagian atas dahan supaya bagian tubuhnya yang terkena cairan tersebut mengering dan supaya sayapnya menjadi normal.

Supaya ia bertumbuh menjadi normal, kupu kupu dewasa akan menacarikan ia makanan seperti bunga untuk diserap sari bunganya pada siang hari.

Ketika mereka menjadi ulat, mereka memakan tumbuhan dan dedaunan, dan ketika mereka menjadi seekor kupu kupu yang dewasa ia akan menghisap sari bunga atau nektar bunga.

Ketika ia sudah menjadi seekor kupu – kupu ia akan terlihat begitu indah berbeda dengan ia ketika menjadi seekor ulat yang menjijikkan dan merugikan bagi tanaman manusia.

Baca juga : Metamorfosis Belalang

Perilaku Kupu-Kupu

Kupu kupu biasanya hewan yang sangat aktif pada siang harinya dan memang sulit untuk menemukan kupu kupu yang berkeliaran pada malam hari.

Kupu kupu berterbang tidak setinggi para burung ketika berterbangan yang cukup tinggi.

Jarak kupu kupu terbang rendah jika dibandingkan dengan burung. Kupu kupu biasanya terbang secara terpisah.

Apabila Anda pernah melihat kupu kupu terbang secara bergerombolan, itu artinya mereka sedang melakukan perkawinan untuk menghasilkan generasi barunya.

Kupu kupu dewasa ini biasanya akan memulai reproduksinya jika ia telah berumur 5 sampai 6 hari selanjutnya ketika ia telah keluar dari kepompong.

Ternyata adajuga kupu-kupu yang memaang memakan bangkai hewan dan juga tanah dan ada juga yang memakan buah-buahan.

Baca juga : Metamorfosis Tidak Sempurna

Ciri-ciri Yang Dimiliki Kupu-Kupu

Dibawah ini merupakan ciri-ciri yang dimiliki oleh seekor kupu kupu :

  • Ia akan bernafas menggunakan trakea
  • Bentuk kulitnya kitin
  • Sangat aktif disiang harinya
  • Memiliki telapak kaki yang begitu halus dan memiliki sepsang 3 kaki
  • Memakan nektar bunga, buah – buahan, tergantung dari spesiesnya
  • Memiliki bentuk tubuh perut
  • Memiliki ukuran sayap yang besar daripada tubuhnya
  • Ketika beristirahat ia akan menegakkan sayapnya
  • Memiliki sayap yang indah dan menarik jika dipandang sampai semua manusia yang melihatnya akan tertarik.

Baca juga : Metamorfosis Lalat

7 Jenis Kupu-kupu Terindah dan Tercantik di Dunia

Kupu- kupu sesungguhnya ialah serangga yang masuk ke dalam ordo Lepidoptera ataupun serangga yang memeiliki sayap bersisik.

Hewan ini dapat dibilang jadi salah satunya serangga yang dapat diterima oleh segala manusia di seluruh golongan. Gimana tidak? Sebagian besar orang sangat membenci hewan serangga.

Keistimewaan dari kupu- kupu ini merupakan mereka mempunyai sayap yang sangat indah. Apalagi, ada bermacam jenis warna yang menghiasi segala sayapnya.

Tidak cuma itu saja, mempunyai corak yang indah serat penuh corak membuat seluruh orang paling utama anak kecil menyukainya.

Dari bermacam- macam warna dan corak yang terrdapat di sayap kupu- kupu, ada sebagian yang dikira mempunyai sayap sangat menawan.

Lalu, apa saja jenis kupu- kupu tersebut? Gimana rupa sayap dari kupu- kupu tercantik di dunia? Ayo ikuti datanya berikut ini.

Kupu-kupu The Blue Morpho Butterfly

Kupu-kupu The Blue Morpho Butterfly

Kupu-kupu The Blue Morpho Butterfly

Jenis kupu- kupu tercantik di dunia yang awal merupakan The Blue Morpho. Mempunyai sayap yang terbilang lumayan besar dengan gradasi corak biru dan gelap membuat kupu- kupu ini nampak sangat mamukau.

Ditambah dengan warna bercak putih dan merah di sejauh sayapnya membuat kupu- kupu ini begitu sangat elok.

Kupu-kupu The Glasswing Butterfly

Kupu-kupu The Glasswing Butterfly

Kupu-kupu The Glasswing Butterfly

Berikutnya, The Glasswing Butterfly didapuk masuk ke dalam deretan jenis kupu- kupu tercantik di dunia.

Gimana tidak? Semacam namanya, sayap kupu- kupu ini di dominasi dengan sayap yang tembus pandand. Sahabat, perlu diketahui bersama bahwasannya ditambah dengan tulang- tulang sayap yang menghiasi sayap tembus pandang tersebut membuat siapa saja yang melihatnya akan terpukau.

Di ujung sayap juga dihiasi dengan corak gelap, putih dan sedikit bercorak coklat menjadikan kupu- kupu ini tambah menawan.

Kupu-kupu The Sri Lankan Ceylon Rose

Kupu-kupu The Sri Lankan Ceylon Rose

Kupu-kupu The Sri Lankan Ceylon Rose

Mempunyai wujud sayap yang unik, The Sri Lankan Ceylon Rose masuk ke dalam deretan jenis kupu- kupu tercantik di dunia.

Wujud sayap yang memanjang di bagian atas dekat dengan kepala dan mempunyai sebagian lekukan- lekukan di bagian dasar sayap buatnya terkesan sangat unik.

Tidak ketinggalan dengan warna corak gelap, putih dan sedikit corak coklat buatnya nampak begitu elok.

Kupu-kupu Sapho Longwings

Kupu-kupu Sapho Longwings

Kupu-kupu Sapho Longwings

Kupu- kupu yang menawan ini dapat kamu temui di kawasan Meksiko dan Ekuador. Sapho Longwings ialah jenis kupu- kupu tercantik di dunia berikutnya.

Mempunyai warna dominasi corak biru navy dan dihiasi dengan corak putih di tengah sayap buatnya nampak sangat memesona.

Semacam namanya, sayap dari Sapho Longwings terkategori lebih panjang daripada kupu- kupu yang lain yang sering kamu temui.

Kupu-kupu Spicebrush Swallowtails

Kupu-kupu Spicebrush Swallowtails

Mengerti kah kamu? Tidak hanya masuk bagaikan jenis kupu- kupu tercantik, Spicebrush Swallowtails juga ialah jenis kupu- kupu terbanyak di dunia.

Kupu- kupu ini sanggup untuk merentangkan sayapnya sampai menggapai 4 inchi. Tidak cuma itu saja, kupu- kupu ini nampak sangat menawan dnegan sayap yang didominasi corak gelap dan sedikit warna bercorak putih.

Kupu-kupu Malabar Banded Peacock

Kupu-kupu Malabar Banded Peacock

Siapa sih yang tidak akan tersentuh dikala awal kali melihatnya? Malabar Banded Peacock ini mempunyai corak sayap yang begitu menawan.

Bagian luar sayap yang berwana gelap sebaliknya bagian dalam bercorak turquoise buatnya nampak sangat elok. Kamu dapat memandang jenis kupu- kupu di Ghats barat India.

Tetapi, butuh diingat jangan sempat sekalipun untuk menangkapnya karena kupu- kupu ini telah menurun jumlah kawanannya.

Baca juga : Metamorfosis Nyamuk

Kupu-kupu Peacock Swallowtail

Kupu-kupu Peacock Swallowtail

Jenis kupu- kupu tercantik di dunia yang terakhir merupakan Peacock Swallowtail. Meski di dunia ini ada banyak sekali jenis kupu- kupu Swallowtail, Peacock Swallowtail ini ialah salah satunya yang mempunyai kesan misterius.

Didominasi dengan corak hitam berbentuk gelap dan biru dan sedikit ada corak merah muda di dasar sayapnya buatnya terkesan begitu menawan.

Mungkin cukup demikian mengenai penjelasan metamorfosis yang terjadi pada kupu – kupu ini. semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah pengetahuan bagi Anda sekalian.

Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya dan jangan lupa kunjungi terus ya temna-teman.