METAMORFOSIS IKAN | Pengertian, Siklus, Proses Daur Ikan Terlengkap

Metamorfosis Ikan – tentu Anda telah mengetahui tentang ikan yang mungkin telah familiar di telinga Anda.

Ada banyak berbagai jenis ikan yang hidup di dunia ini. mulai dari ikan hias, ikan yang dikonsumsi dan ikan pemangsa.

Mereka semua mengalami daur hidup yang sama dan mereka termasuk kedalam jenis golongan metamorfosis secara tidak  sempurna.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini yang mendiami suatu ekosistem pastinya memerlukan adaptasi.

Hal ini sangat memiliki tujuan untuk menjaga keberlangsungan hidup dan melindungi spesies yang ada di lingkungan tersebut.

Pengertian Metamorfosis Ikan

Pengertian Metamorfosis Ikan

Pengertian Metamorfosis Ikan

Ikan merupakan salah satu jenis hewan vertebrata yang bertempat dikawasan yang ada airnya. Jenis ikan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ikan tawar dan juga ikan asin. Keduanya memiliki siklus hidup yang tidak berbeda.

Lalu bagaimana dengan proses metamorfosis ikan? Nah artikel ini akan membahas tentang bagaimana proses metamorfosis ikan secara sempurna.

Metamorfosis secara sempurna ialah metamorfosis yang melalui empat proses atau fase. Fase tersebut dimulai dari sebuah telur sama halnya dengan hewan yang lainnya yang termasuk kedalam metamorfosis secara sempurna.

Setelah mereka melalui fase telur mereka akan menjadi sebuah larva, lanjut ke pupa kemudian yang terakhir adalah fase imago atau juga disebut dengan fase yang menuju hewan yang sudah dewasa.

Sebelum mereka bertelur, mereka akan melakukan repoduksi terlebih dahulu agar terciptanya generasi baru untuk penerus bagi mereka.

Setelah mereka mengeluarkan telur tak lama kemudian mereka akan menetas dan akan menjadi larva yang biasanya juga disebut dengan hewan muda.

Fase selanjutnya ialah larva akan berpuasa ketika menjadi seekor kepompong atau juga sering disbeut dengan pupa. Setelah melewati masa kepompong mereka akan menjadi hewan yang sempurna seperti biasanya.

Pada fase dewasa inilah fase yang mana mereka telah siap untuk menciptakan para generasi penerus spesies sejenis mereka.

Diantaranya hewan yang mengalami metamorfosis secara sempurna ialah katak, nyamuk, kupu – kupu, dan sebagainya.

Metamorfosis secara tidak sempurna ialah metamorfosis yang mengalami proses kehidupannya hanya tiga fase tidak seperti metamorfosis secara sempurna yang mengalami proses kehidupannya selama 4 fase.

Metamorfosis tidak sempurna ini biasanya dialami oleh hewan yang sejenis serangga contohnya kecoak, belalang dan juga capung. Ternyata ikan pun termasuk kedalam jenis golongan metamorfosis secara tidak sempurna.

Karena ikan hanya mengalami 3 fase saja. Tahapan 3 fase tersebut ialah yang pertama adalah fase telur yang ketika menetas mereka akan berlanjut kepada fase yang kedua yaitu fase larva dan fase yaang selanjutnya ialah menjadi hewan yang dewasa.

Metamorfosis secara tidak sempurna ini bukan berarti mereka tidak akan mirip dengan induknya, akan tetapi hanya saja bagian tubuh mereka yang kurang sempurna seperti contoh pada sayap mereka.

Ikan dapat ditemukan di berbagai macam dengan jenis yang berbeda beda. Namun mereka dapat ditemukan hanya di dalam air yang twar dan air yang asin.

Keduanya dapat dibedakan dengan organ yang terjadi pada jaringan tubuh yang ada pada jenis hewan tersebut.

Baca juga : Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Daur Hidup Ikan

Proses Daur Hidup Ikan

Proses Daur Hidup Ikan

Ikan juga memiliki proses daur hidup sama halnya dengan hewan yang lainnya. Akan tetapi semua hewan memiliki proses hidup yang berbeda beda.

Proses daur hidup yang terjadi pada hewan ini bertujuan untuk mempertahankan populasinya dengan cara mereka yaitu berkembang biak. Dan metamorfosis ikan ini termasuk kedalam jenis gologan yang tidak sempurna.

Mengapa demikian, karena ikan hanya mengalami 3 fase dan pertumbuhannya yang memakan waktu cukup lama. Fase yang dimiliki oleh ikan yaitu ada 3 yaitu diantaranya :

Tahap Telur Proses Metamorfosis Ikan

Awal mula asal usul hidup telur ini dimulai dari proses telur terlebih dahulu. Telur ikan ini dimulai dari ova yang telah berhasil dibuahi oleh ikan jantan.

Setelah telur selesai dibuahi, mereka akan membentuk embrio sehingga akan muncul ciri – ciri kehidupan yag terjadi pada ikan.

Telur akan sangat tergantung dengan suhu dimana telur diletakkan oleh induknya. Ketika telur yang menetap di suhu air yang hangat, ia akan cepat menetas.

Akan tetapi telur ikan yang mendiami suhu yang dinging ia akan  memakan waktu yang cukup lama untuk menetaskan dirinya menjadi larva.

Pembuahan telur dilakukan diluar tubuh dari induknya. Mereka akan meletakkan telur telur mereka di tempat tertentu yang sudah dipilih oleh induk telur tersebut kemudian ikan jantan akan meyemprotkan spermanya kepada telur telur tersebut.

Ketika memasuki tahap metabolisme, mereka akan membelah dengan sendirinya. Sel sel pada jaringan tubuh mereka juga akan mulai terbentuk  sampai akhirnya mereka akan muncuul dibagian tubuh mereka yang namanya ekor didalam telur.

Tahap yang selaanjutnya, ekor mereka akan membungkus telur kepala mereka sendiri. Ketika masa waktu penetasan telah mereka selesaikan, ekor pada embrio akan mereka keluarkan dari sel sel.

Dan memasuki fase yang kedua yaitu dimana telur ikan akan menjadi sebuah larva dan mereka berenang bebas di permukaan peraian.

Baca juga : Metamorfosis Capung

Tahap Larva Metamorfosis Ikan

Fase yang kedua ini adalah fase larva. Larva adalah sebutan bagi ikan yang telah mengalami penetasan sama halnya dengan hewan yang lainnya. Ciri – ciri larva yang baru mengalami penetasan mereka akan mempunyai kantung kuning telur.

Kantung kuning telur terletak di bagina perut ikan dan menjadi sumber makanan bagi ikan selama dia belum bisa memakan yang lainnya.

Fungsi dari kuning telur sendiri ialah digunakan sebagai nutrisi bagi mereka selama mereka belum bisa memakan mangsa yang hidup.

Proses ini akan bertahan selama 2 sampai 4 hari kemungkinan lalu  kemudian mereka akan disebut dengan sebagai makan endogen.

Larva juga dapat memakan makanan organisme atau partikel yang ada di dalam air yang disebut dengan eksogen.

Setelah memasuki tahapan yang kedua ini larva akan menjadi hewan yang sempurna seperti biasanya.

Baca juga : Metamorfosis Belalang

Ikan Dewasa Proses Metamorfosis Ikan

Pada siklus ini ikan akan bertumbuh menampakkan bentuk yang mungkin mirip dengan ikan yang sudah dewasa. Pada fase ini telah menujukkan metamorfosis yang telah terjadi pada ikan.

Fase yang dikatakan sangat membahayakan ialah pada fase larva. Dikarenakan pada fase larva ini kemungkinan besar banyak terjadinya kematian ikan.

Maka dari itu terkadang jumlah larva yang berhasil menjadi ikan dewasa akan sangat sedikit dikarenakan banyak larva yang tidak bisa bertahan hidup.

Tahapan ini merupakan finishing dari metamorfosis yang terjadi pada ikan. Ikan tidak mengalami masa kepompong, hanya saja dia mengalami masa menjadi larva.

Tahapan dewasa ialah dimana karakter ikan sudah mulai terlihat seperti bentuk tubuhnya, warnanya, siripnya dan organ organnya yang ada pada dalam tubuhnyapun sudah mulai lengkap dan sempurna.

Proses perkembangan ini dapat dipengaruhi oleh faktor fisiologis dan jug dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang ditempati oleh mereka. Kedua faktor tersebut sangat mendukung dengan jalannya proses perkembangan yang terjadi pada ikan.

Yang mana mereka dimulai dari telur sampau dewasa. Betina yang dewasa akan menghasilkan telur matang yang sudah siap dibuahi maupun telur jantan yang mengeluarkan spermatizoid.

Kegunaan spermatozoid ini yang berguna untuk membuahi telur yang dihasilkan oleh ikan betina.

Demikian proses metamorfosi yang terjadi pada ikan. Sahabatku yang budimanm sekarng Anda sudah tahu bukan proses ikan mulai dari bentuk telur sampai menjadi ikan yang dewasa.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pada Anda sekalian dan menambah ilmu dan semoga dapat membantu tugas Anda untuk mengetahui tentang metamorfosis yang terjadi pada ikan. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat.

Baca juga : Metamorfosis Lalat