24+ Manfaat Renang yang Jarang Kalian Ketahui {LENGKAP}

24+ Manfaat Renang yang Jarang Kalian Ketahui {LENGKAP}

Manfaat Berenang – Berenang merupakan jenis olahraga yang baik bagi semua kalangan. Olahraga ini adalah cara yang baik untuk bersantai dan juga memperbaiki mood. Selain itu, manfaat renang lainnya adalah menjaga kesehatan fisik bahkan kesehatan mental.

Berenang bolak-balik dari ujung ke ujung kolam renang tersebut, dapat menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan latihan yang itu-itu saja, seperti berlari di atas treadmill. Pasalnya, olahraga ini dapat menciptakan perasaan menyenangkan, dengan peluang cedera yang lebih kecil.

Berenang dalam air hangat dapat memberikan efek yang menenangkan pada otot-otot yang pegal. Sebaliknya, berenang pada saat cuaca panas dapat membuat kita tetap dalam keadaan ‘dingin’.

Ini Alasan Renang Jadi Olahraga Terbaik Bagi Tubuh Dengan memilih renang sebagai olahraga rutin maupun hobi, kita bisa memperoleh manfaatnya bagi kesehatan mental dan fisik.

Apa Saja Manfaat Renang yang Bisa Didapatkah didalam Tubuh Manusia?

Karena manfaat berenang bagus untuk membuat tubuh lebih bugar dan juga sehat, hal ini dianggap sebagai latihan yang bagus karena Anda untuk memerlukan seluruh gerakan tubuh untuk melawan resistensi air.

Selain itu, manfaat renang juga membuat detak jantung Anda akan meningkat, membangun daya tahan, menguatkan otot, membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan sistem koordinasi tubuh, mengurangi stres, bahkan dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan.

Pada umumnya, berenang tidak hanya membuat tubuh sehat dan bugar. Melakukan olahraga renang ini secara teratur dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.

Sering kali, berenang juga menjadi salah satu pilihan olahraga terbaik bagi penderita penyakit tertentu, seperti penderita radang sendi (arthritis), hernia nukleus pulposus, bahkan dapat digunakan sebagai latihan untuk pemulihan pasca-stroke.

Berenang merupakan olahraga yang baik untuk semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karena itu, jangan ragu, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk berenang bersama.

Manfaat Renang

Manfaat Berenang
Manfaat Berenang

Berikut ini merupakan beberapa manfaat renang lainnya yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Memperkuat Otot

Salah satu manfaat renang yang paling signifikan yaitu untuk membuat seluruh tubuh Anda bergerak. Ada berbagai gaya yang dapat digunakan pada saat berenang dan masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda. Ini yang dapat membantu memperkuat otot Anda dan membangun kekuatan dan daya tahan tubuh.

Selain itu, sebuah studi telah menemukan manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas) hingga 25 persen pada sekelompok pria. Hasil dari studi itu diperoleh setelah dilakukan program berenang selama 8 minggu.

2. Menyehatkan Jantung

Manfaat renang lainnya yaitu untuk dapat meningkatkan detak jantung dan menjaga kesehatan paru-paru. Para peneliti telah mengatakan bahwa berenang dapat mengurangi risiko kematian dibandingkan dengan orang yang tidak aktif lagi. Dengan demikian, berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah.

3. Renang Membuat Anda Lebih Cerdas

Manfaat renang yang banyak orang tidak sangka yaitu kemampuannya untuk meningkatkan kecerdasan. Renang meningkatkan fungsi memori serta kemampuan berpikir.

Aktivitas ini dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak, dengan membangun pertumbuhan sel otak baru. Berenang juga dikenal untuk dapat meningkatkan mood dan kemampuan otak untuk berpikir lebih efisien.

4. Berenang Baik Untuk Asma

Bagi Anda yang mempunyai penyakit asma, manfaat renang yang bisa Anda dapatkan karena kelembapan dari air menggantikan kelembapan yang telah dikeluarkan selama pernapasan yang kuat. Manfaat berenang ini sangat efektif untuk orang yang telah menderita kondisi penyakit paru-paru kronis seperti asma.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, manfaat renang yang bisa didapatkan yaitu kemampuannya untuk membakar kalori. Sebuah penelitian telah mencatat bahwa satu jam berenang dapat membakar sekitar 715 kalori.

Menurut para peneliti di Universitas Indiana, ketika mereka membandingkan dengan perenang rekreasi dengan perenang profesional, ditemukan bahwa perenang profesional dapat menurunkan bobot pinggang dan pinggul lebih banyak.

6. Meredakan Stres

Berenang mempunyai efek untuk meningkatkan suasana hati dan dapat menurunkan tingkat stres. Manfaat renang selama 30 menit, tubuh Anda akan merasa rileks dan juga bebas stres. Jadi, lepaskan stres dari bahu Anda dengan olahraga berenang tersebut.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi Anda yang telah mengalami kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, sepertinya Anda harus melihat manfaat renang. Berenang mempunyai kekuatan yang sangat besar untuk dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Orang yang telah menderita insomnia akan mendapatkan tidur yang lebih baik begitu mereka mulai berenang. Jika Anda ingin meningkatkan tidur Anda, berenang merupakan sebuah latihan yang sempurna.

8. Meningkatkan Energi

Manfaat renang lainnya yang bisa didapatkan yaitu meningkatkan tingkat energi. Itu karena semua otot Anda bekerja pada saat Anda berenang dan hal ini otomatis akan meningkatkan energi. Menghabiskan setengah jam untuk berenang, membuat hari-hari Anda menjadi lebih aktif dan segar.

9. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Ketika Anda berenang, tubuh Anda beradaptasi menggunakan oksigen lebih efisien lagi. Tubuh belajar mengambil lebih banyak udara segar dengan setiap napas kemudian mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida. Pada akhirnya, manfaat berenang yang bisa didapatkan yaitu menjaga paru-paru tetap sehat, menghindari irama detak jantung lambat, serta menurunkan tekanan darah.

10. Mengontrol Kolesterol

Manfaat berenang selanjutnya dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan juga meningkatkan kolesterol baik berkat kekuatan aerobiknya. Berenang membuat kadar kolesterol Anda stabil dan membantu menjaga tubuh Anda tetap dalam kondisi baik.

11. Meningkatkan Kekuatan Sistem Kardiovaskuler

Sebagai salah satu latihan kardio, manfaat renang bagi tubuh bisa didapatkan karena berenang dapat memperkuat otot jantung serta paru-paru, serta menyehatkan sistem pernapasan. Oleh sebab itu, renang termasuk pilihan olahraga rutin yang tepat dan benar.

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa latihan renang yang dilakukan secara rutin selam 12 minggu, konsumsi oksigen naik hingga 10 persen. Selain itu, peningkatan jumlah darah yang telah dipompa jantung tiap kali berdenyut mencapai 18 persen.

12. Baik Bagi Ibu Hamil: Melemaskan Kembali Ketegangan Punggung

Berenang merupakan salah satu olahraga yang aman dilakukan sepanjang masa kehamilan karena kecilnya risiko cedera bagi ibu hamil maupun janinnya. Olahraga renang ini memungkinkan ibu hamil bergerak tanpa menekan persendian tubuh.

Seiring kondisi perut yang semakin membesar, bahu dan juga tulang belakang akan bergerak maju dan memiringkan panggul keluar dari posisi idealnya. Hal ini otomatis dapat meningkatkan beban pada punggung. Namun jika Anda rutin latihan berenang, beban ini dapat menjadi berkurang. Otot-otot yang menjadi lebih kuat salah satunya dikarenakan aktivitas berenang melibatkan otot dalam kelompok besar, yakni lengan dan kaki.

13. Baik Bagi Penderita Nyeri Sendi

Bagi Anda yang tidak dapat melaksanakan olahraga aerobik seperti berlari dan melompat karena menimbulkan sakit pada persendian, tak ada salahnya Anda untuk merasakan manfaat berenang. Manfaat renang sangat baik bagi Anda yang terkena radang persendian maupun arthritis.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa berenang merupakan yang latihan yang paling aman dan mampu secara efektif meringankan sakit punggung bagian bawah yang kronis.

14. Melatih Seluruh Tubuh

Melatih seluruh tubuh Ketika berenang, kita akan menggunakan hampir seluruh otot utama didalam tubuh. Mulai dari lengan, kaki, hingga perut.

15. Menurunkan Tekanan Darah Dan Mengendalikan Kadar Gula Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa renang dapat menurunkan tekanan darah serta dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. Bahkan orang yang berenang secara teratur dikatakan mempunyai harapan hidup hingga 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

16. Membakar Kalori

Dalam tubuh Jumlah kalori tubuh yang dibakar melalui olahraga renang memang tergantung pada berat badan masing-masing orang, durasi, frekuensi, intensitas, serta jenis gerakan renang yang dapat dilakukan. Sebagai contoh, orang dengan berat badan 83 kg yang berenang selama 30 menit dikatakan mampu membakar hingga 226 kilo kalori. Luar biasa, bukan?

17. Baik Untuk Orang Yang Cedera

Ketika berenang, air akan membantu dalam menopang beban tubuh kalian masing-masing. Dengan ini, sendi dan juga tulang pun tidak bekerja terlalu berat. Misalnya saja bagi orang yang menderita radang sendi maupun keseleo, renang termasuk salah satu pilihan olahraga terbaik yang tidak membebani sendi yang sakit atau otot dan ligamen yang cedera.

18. Meringankan Gejala Penyakit Multiple Sclerosis

Studi tertentu menemukan bahwa rasa sakit pada penderita multiple sclerosis dapat berkurang jika menjalani program berenang secara rutin selama kurang lebih 20 minggu. Perbaikan kondisi juga dapat  ditemukan pada menurunnya tingkat depresi dan rasa lelah yang berkaitan dengan penyakit ini.

20. Bisa Dilakukan Oleh Para Difabel

Para difabel tidak mempunyai pilihan aktivitas olahraga sebanyak orang yang normal. Renang adalah jenis olahraga yang baik untuk dilakukan oleh para difabel. Selain melatih otot, berenang juga dikatakan dapat meningkatkan kepercayaan diri maupun dapat meningkatkan keterampilan sosial bagi kaum para penyandang cacat.

21. Meningkatkan Suasana Hati (Mood)

Ketika kita hendak berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin yang akan meningkatkan suasana hati. Termasuk ketika kita hendak berenang.

22. Cocok Untuk Segala Usia

Berapapun usia kita, tidak ada batasan umur untuk belajar olahraga renang ini. Jadi, tak perlu khawatir jika baru mulai belajar berenang saat sudah tidak muda lagi.

22. Keterampilan Yang Penting Untuk Dimiliki

Kita tidak tahu kapan kecelakaan maupun musibah akan terjadi. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya dapat menambahkan kemampuan berenang untuk berjaga-jaga.

23. Tidak Membosankan

Renang termasuk olahraga dengan banyak variasi gerakan dan juga gaya. Karena itu, berenang tidak akan membosankan.

24. Olahraga Yang Terjangkau

Kamu tidak harus punya kolam renang di rumah untuk bisa mendapatkan manfaat renang bagi tubuh. Banyak sekali fasilitas kolam renang umum yang dapat menjadi pilihanmu. Biaya masuk kolam renang yang terbuka untuk umum pun pada umumnya tergolong tidak mahal. Jadi, kita tidak perlu untuk merogoh kocek terlalu dalam. Yang perlu diperhatikan ketika berenang di kolam umum yaitu kebersihan dan keamanannya.

Untuk berjaga-jaga, kamu dapat mengenakan sandal jepit ketika berjalan di pinggir kolam maupun di kamar mandi umum yang tersedia. Langkah ini akan dapat menghindarkan dari penularan penyakit kulit yang mungkin bersarang di sana.

Renang Sebagai Rutinitas

Manfaat Berenang
Manfaat Berenang

Bagaimana agar tetap termotivasi untuk berenang? Ilustrasi berenang(endopack) Setelah mengetahui berbagai manfaat renang bagi tubuh kita masing –  masing, beberapa cara berikut ini dapat dicoba agar bisa meneruskan olahraga berenang sebagai salah satu rutinitas:

1. Jadikan Renang Sebagai Sebuah Kebiasaan

Sediakan waktu untuk berenang, misalnya di akhir pekan maupun sepulang kerja. Buatlah catatan ataupun agenda dalam ponsel untuk mengingatkan jadwal berenang.

2. Berenang Bersama-Sama Jika Sudah Berkeluarga

Kamu dapat mengajak pasangan dan anak-anak untuk ikut berenang bersama. Renang dapat menjadi pilihan aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga tercinta. Bagi yang masih lajang, kamu dapat mengajak teman-teman dekat untuk berenang bersama. Kamu dapat saling memberikan semangat agar tetap menjalani rutinitas berenang.

3. Mengikuti Klub Berenang Dengan Bergabung Dalam Klub Renang

Kamu akan mendapat banyak teman baru, meningkatkan kemampuan berenang, dan terus termotivasi untuk berolahraga secara teratur. Dengan mengetahui beragam manfaat renang bagi tubuh di atas, kamu bisa mulai melakukannya kapan saja. Luangkan waktu untuk melakukan olahraga ini agar kesehatan senantiasa terjaga.

Nah, itulah beberapa manfaat renang yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba. Dan semoga bermanfaat

 

 

Leave a Comment