7 Hal Menarik Tentang Bahasa Spanyol, Pelajari Sekarang!

Manfaat Belajar Bahasa Spanyol – Jika Anda hobi menonton serial telenovela pasti akrab dengan bahasa Spanyol. Bahasa ini memiliki 400 juta lebih penutur asli dan menduduki peringkat kedua setelah bahasa Mandarin.

Bahasa negara Spanyol ini digunakan tidak hanya di negara Spanyol saja, melainkan di Amerika Latin seperti Kosta Rika, Meksiko, Argentina, Uruguay, Venezuela dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri bahasa ini memang tidak memiliki banyak penggemarnya, namun bahasa ini digadang-gadang menarik dipelajari untuk bekal masa depan.

Dengan mempelajari bahasa asing ini, tentu akan memudahkan perjalanan wisata dan bisnis Anda di wilayah Eropa dan Amerika Latin.

Investasi bahasa asing ini juga dapat memperluas jaringan Anda dan mempermudah Anda memelajari bahasa asing lainnya seperti bahasa Perancis, Jerman, Itali, Portugal dan sebagainya.

Agar semakin membangkitkan minat belajar bahasa Anda, ada baiknya ketahui terlebih dahulu info menarik bahasa negara Spanyol berikut ini.

Manfaat Belajar Bahasa Spanyol

Belajar Bahasa Spanyol

Belajar Bahasa Spanyol

Dipakai Oleh Sebagian Besar Penduduk Amerika

Memang betul bahasa negara Spanyol berasal dari negara Spanyol, namun ternyata bahasa ini juga digunakan oleh sebagian besar wilayah di benua Amerika, khususnya Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Persebaran bahasa negara ini akibat Spanyol yang menjajah benua Amerika dan banyaknya migran Spanyol yang singgah di Amerika.

Akibat banyaknya penutur rumpun bahasa Roman-Latin atau bahasa negara Spanyol di Amerika, maka muncullah sebutan Amerika Latin.

Sebutan ini dipakai untuk menunjukkan perbedaan dengan penduduk Anglo Amerika yang menggunakan bahasa Inggris. Istilah Amerika Latin muncul pertama pada tahun 1890. Sebelumnya Amerika Latin disebut sebagai Amerika Spanyol.

Baca juga : Kosakata Bahasa Sansekerta

Memiliki Bahasa dan Aksen Berbeda di Setiap Wilayah Spanyol

Sama halnya dengan bahasa Inggris yang memiliki aksen berbeda pada masing-masing wilayah Inggris, Amerika dan Australia, bahasa di negara Spanyol pun demikian.

bahasa ini memiliki aksen berbeda pada masing-masing daerah, meski berada di wilayah Spanyol. Apalagi di wilayah Amerika Latin yang mayoritas penduduknya berbahasa Spanyol.

Perbedaan mencolok jelas terlihat pada bahasa Spanyol dan bahasa Meksiko. Tidak hanya aksennya saja tetapi juga pemilihan diksi pada tiap daerah penutur bahasa negara Spanyol ini berbeda.

Contohnya jika orang Spanyol lebih sering menggunakan diksi vosotros yang berarti mereka, maka orang Amerika Latin akan menggunakan diksi ustedes versi lebih formal.

Sedangkan di wilayah Spanyol, selain berbahasa Spanyol, penduduknya pun menggunakan 5 bahasa berbeda tergantung wilayahnya masing-masing.

Misalnya orang Galicia akan menggunakan bahasa Galician, orang Catalonia akan menggunakan bahasa Catalan, orang San Sebastian dan Bilbao akan menggunakan bahasa Basque dan begitu juga orang Aragonese.

Baca juga : Fakta Bahasa Rusia

Memiliki Banyak Arti dalam Satu Kata

Seperti kebanyakan bahasa yang memiliki banyak arti dalam satu kata. Bahasa negara Spanyol pun demikian. di awal Anda mempelajarinya pasti akan merasa sedikit kebingungan karena satu kosakatanya memiliki banyak arti, seperti misalnya si yang memiliki arti benar atau jika. Juga kata ¿por qué? yang berarti mengapa atau karena atau yang mana.

Perbedaan arti dalam setiap kosakata yang sama ini bisa dibedakan dengan cara melihat konteks kalimat yang mengiringinya. Maka dari itu dalam memahami kalimat berbahasa Spanyol tidak boleh tergesa-gesa, harus teliti.

Selain itu menghafalkan dan memahami kosakata dasar dalam mempelajari bahasa ini juga penting untuk menunjang pemahaman kalimat yang lebih kompleks.

Baca juga : Bahasa Perancis

Serupa dengan Bahasa Arab

Ya, Spanyol adalah salah satu negara di dunia yang juga memiliki bahasa serupa dengan bahasa Arab. Ada sekitar 4.000 lebih kosakata Spanyol berasal dari bahasa Arab.

Menurut penelitian, bahasa Arab adalah bahasa paling tua yang memengaruhi bahasa-bahasa di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika bahasa dari negara Spanyol turut terpengaruh oleh bahasa Arab.

Apalagi kita ketahui Bangsa Arab pernah berjaya di tanah Eropa. Pengaruh Bangsa Arab terhadap Spanyol sebenarnya tidak sebatas pada bahasa saja, tetapi juga kebudayaannya.

Secara linguistik kosakata bahasa negara Spanyol yang terpengaruh oleh bahasa Arab dapat dilihat pada nama tempat, kata benda, nama, nama keluarga dan jarang ditemui pada kata sifat atau kerja.

Awalnya bangsa Muslim Moor yang menyebrangi semenanjung Iberia kemudian mendirikan Emirat Cordoba yang kuat dan mampu menaklukkan wilayah tersebut dan sekitarnya sembari memperkenalkan bahasa Arab, kesenian dan arsitektur. Mulai dari situ bahasa Arab dipakai dan mendominasi wilayah Pyreness hingga Gibraltar sampai pada abad ke-13.

Pada masa kejayaan bangsa Moor di abad ke-8 sampai abad ke-13 bahasa Arab adalah bahasa ilmiah yang dipergunakan di dunia. Jika mereka (penduduk asli semenanjung Iberia) ingin maju, maka mereka harus rela mempelajari bahasa dan sastra Arab. Hingga pada akhirnya raja-raja Katholik mampu menggeser kekuasaan bangsa Muslim Moor pada akhir abad ke-15.

Mereka tetap meminjam istilah-istilah bahasa Arab dan digunakan sampai sekarang. Terbukti dari 600.000 manuskrip tulisan tangan yang tertinggal di perpustakaan Cordoba dan beberapa nama daerah di Spanyol yang berasal dari bahasa Arab, contohnya Gibraltar yang berasal dari kata Jabal Tariq (gunung Tariq) atau  berarti gunung yang berhasil disinggahi Tariq ibn Ziyad.

Baca juga : Manfaat Belajar Bahasa Mandarin

Walau Satu Wilayah, Bahasa Portugal dan Spanyol Tidak Sama

Serupa tapi tak sama. Begitulah perumpamaan yang tepat untuk Spanyol dan Portugal. Sama-sama berada di dataran Iberia, kedua negara tersebut memiliki bahasa yang berbeda.

Walaupun secara tata bahasa kedua negara ini mirip, namun cara pengucapannya berbeda. Itu karena bahasa Portugis lebih sulit untuk dibaca dan diucapkan.

Belajar Bahasa Spanyol dengan Media yang Menyenangkan

Jika akan mempelajari bahasa negara Spanyol, Anda tidak perlu khawatir akan mati gaya karena merasa bosan. Anda bisa juga mempelajari bahasa ini melalui serial TV telenovela, film, lagu, kartun favorit, mendengarkan video wawancara pemain sepakbola jagoan Anda atau membuka portal berita sepakbola liga Spanyol dan Amerika Latin.

Baca juga : Bahasa Malaysia

Tes untuk Menguji Kemampuan Berbahasa Spanyol DELE dan SIELE

Kalau dalam bahasa Inggris ada tes TOEFL dan IELTS untuk memiliki sertifikat penguasaan kosakata bahasa Inggris, maka di bahasa negara Spanyol pun demikian.

Kita harus memiliki sertifikat resmi yang menunjukkan kemampuan berbahasa Spanyol untuk mengikuti penyetaraan bahasa dalam kegiatan perkuliahan maupun pekerjaan.

Tes standarisasi tersebut adalah DELE (Diplomas de Español como Lengua Extranjera)  yang terdiri dari beberapa tingkatan, mulai A1 (pemula) sampai C2 (master).

Selain DELE ada juga tes lainnya yang akan menguji secara komprehensif kemampuan berbahasa Spanyol Anda, yaitu SIELE (Servio Internacional de Evaluación de la Lengua Española).

Keterangan Gender Femina dan Maskulin Lebih Mudah Dibedakan

Layaknya bahasa asing di benua Eropa lainnya, mempelajari bahasa negara Spanyol tidak luput dari gender Femina dan Maskulin dalam suatu nomina atau kata benda. Untuk mengawali nomina yang femina diawali dengan awalan –la, sedangnkan maskulin diawali dengan awalan –el.

Untuk mengetahui mana saja yang harus menggunakan keterangan gender sangat mudah. Jika nomina tersebut berakhir dengan huruf “a” berarti menggunakan –la, sementara jika nomina berkahir dengan huruf “o” maka menggunakan awalan –el.

Setelah mengetahui info menarik di atas, apakah ketertarikan Anda memelajari bahasa negara Spanyol masih sama? Jika iya, Anda bisa memulainya dengan niat yang sungguh-sungguh karena memelajari bahasa asing membutuhkan waktu, komitmen dan dedikasi.

Selanjutnya Anda bisa memelajari bahasa asing ini secara otodidak dengan menonton film, kartun atau wawancara pesepak bola favorit.

Namun jika Anda memiliki uang berlebih, Anda mungkin bisa ikut kelas kursus bahasa Spanyol yang menghadirkan native speaker.

Inilah beberapa manfaat belajar bahasa Spanyol, mudah-mudahan membantu bagi Anda agar semangat belajar bahasa Spanyol karena banyak manfaatnya.