7 Keuntungan Bisa Lancar Bahasa Mandarin

Manfaat Belajar Bahasa Mandarin – Anda pasti pernah setidaknya sekali seumur hidup nonton film berbahasa mandarin.

Ada banyak film kungfu dan roman yang berasal dari negeri tirai bambu dan rata-rata tidak di-dubbing ke dalam bahasa Inggris.

Jika saat menonton film mandarin tapi tidak ada subtitle-nya, pasti bingung karena hanya bisa mereka-reka artinya. Inilah salah satu manfaat belajar bahasa mandarin.

Ada keuntungan lain ketika Anda bisa bahasa mandarin. Jangan takut ketika mempelajarinya, karena metode belajarnya banyak.

Selain kursus, Anda juga bisa menonton video animasi belajar bahasa china, atau mendengarkan lagu dalam bahasa tersebut.

Manfaat Belajar Bahasa Mandarin

Manfaat Belajar Bahasa Mandarin

Manfaat Belajar Bahasa Mandarin

Setelah semangat belajar, anda jadi tahu keuntungan bisa berbahasa mandarin, yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Cepat Dapat Pekerjaan

Jika Anda sudah lulus kuliah dan melamar ke sana-sini, tapi belum membuahkan hasil, maka ini saatnya untuk belajar bahasa mandarin.

Mengapa harus mandarin? Penyebabnya adalah sekarang ia dianggap sebagai bahasa internasional kedua selain bahasa inggris. Bahkan sejak beberapa tahun lalu ada tayangan berita berbahasa mandarin, karena banyak peminatnya.

Jadi jika bisa berbahasa mandarin, akan dianggap sebagai nilai plus saat bagian personalia melihat curriculum vitae Anda.

Kayawan yang bsa lebih dari 1 bahasa asing bisa ditempatkan di bagian resepsionis atau divisi media, karena bisa melayani klien dengan bahasa inggris sekaligus mandarin. Rekanan kerja perusahaan akan senang mendengarnya.

Begitu pula ketika ditugaskan untuk dinas ke luar negeri. Anda akan memiliki 2 ‘senjata’ yaitu skill untuk berbahasa inggris dan mandarin.

Walau bukan job description, tapi Anda bisa jadi penerjemah antara atasan di kantor dan rekanan bisnis beliau di sana. Banyaknya orang keturunan china membuat Anda bisa bertemu mereka di berbagai belahan dunia.

Baca juga : Bahasa Malaysia

  1. Manfaat Belajar Bahasa Mandarin Bisa Jadi Penerjemah

Selain mendapat pekerjaan tetap, Anda juga bisa ‘menjual’ kemampuan berbahasa mandarin dengan menjadi penerjemah. Pekerjaan ini sangat prestisius, karena seorang penerjemah dokumen bisa dibayar dengan fee ratusan ribu per lembarnya. Penerjemah bahasa mandarin masih jarang ditemukan, jadi ini adalah peluang bagus untuk memasarkan skill Anda.

Penerjemah langsung atau interpreter bahasa mandarin bisa jadi pilihan karir, jika Anda sudah lancar mengobrol dengan bahasa itu.

Masih banyak tamu asing dari RRC yang belum terlalu menguasai bahasa inggris, jadi Anda bisa jadi penerjemah mereka sekaligus jadi tour guide di tempat wisata. Ada banyak cara mencari uang, jika bisa berbahasa mandarin.

Dari mana Anda mendapat klien untuk menerjemahkan teks berbahasa mandarin? Jangan bingung, dapatkan pekerjaan itu di internet dengan mengisi portofolio pada akun LinkedIn Anda.

Pasang juga satus sebegai penerjemah bahasa mandarin pada semua akun media sosial, jadi ketika ada yang membutuhkan bantuan penerjemahan akan menghubungi Anda.

Baca juga : Bahasa Madura

  1. Manfaat Belajar Bahasa Mandarin Dapat Banyak Relasi

Jika Anda mulai berbisnis, selain membaca buku marketing, juga baca buku belajar bahasa mandarin. Kebanyakan pebisnis memiliki darah tionghoa, jadi mereka akan senang jika Anda sapa dengan bahasa mandarin.

Percakapan sederhana ini bisa membawa Anda ke kerjasama bisnis yang menguntungkan. Tetaplah mengobrol walau kosakata Anda tidak terlalu banyak.

Relasi bisnis ini juga bisa Anda dapat ketika mengikuti seminar atau talkshow. Bagikan kartu nama Anda dalam 2 versi, yang 1 memakai bahasa indonesia, yang kedua pakai bahasa mandarin.

Calon rekan bisnis akan tertarik karena mengetahui Anda bisa berbahasa nenek moyangnya. Jika memang tidak ada kerjasama, minimal Anda menambah teman dan link.

Baca juga : Cara Belajar Bahasa Korea

  1. Bisa Melanjutkan Studi di China

Kemampuan berbahasa mandarin juga wajib dimiliki ketika ingin kuliah di RRC. Anda tidak bisa mengandalkan bahasa inggris, namun pelajari juga bahasa mandarin.

Ada banyak dialek di sana, tapi jika bisa bahasa mandarin, akan lebih mudah beradaptasi dengan penduduk. Sesi kuliah juga makin lancar karena tahu arti kata-kata yang diucapkan oleh dosen.

Sepulang kuliah, Anda juga bisa pergi ke perpustakaan untuk membaca buku tambahan selain modul. Dengan bisa berbahasa mandarin sekaligus hafal hurufnya, Anda tak lagi ‘buta huruf’ karena bisa memahami artinya.

Huruf hanzi bentuknya indah dan unik, dan usahakan untuk sekaligus menghafalnya ketika belajar bahasa mandarin.

Baca juga : Alasan Belajar Bahasa Jerman

  1. Menonton Film Tanpa Subtitle

Banyak film bagus yang berbahasa mandarin namun sayangnya ketika streaming, Anda belum menemukan terjemahannya.

Atau ada subtitle namun hasilnya kacau balau, karena hanya mengandalkan Google translate. Jika Anda bisa berbahasa mandarin, maka acara akhir minggu akan makin berkesan dengan menonton film silat China tanpa teks terjemahan.

Kemampuan berbahasa mandarin sekaligus hobi menonton bisa membuat Anda jadi penerjemah subtitle film. Cari saja lowongannya di Jobstreet.

Bayarannya cukup besar dan Anda jadi senang karena bisa menyalurkan hasrat nonton film sembari menerjemahkan teksnya. Melakukan hobi yang dibayar membuat Anda bekerja dengan semangat.

Baca juga : Cara Belajar Bahasa Jepang

  1. Traveling Jadi Menyenangkan

Jika memiliki hobi traveling, maka kemampuan berbahasa mandarin bisa melancarkannya. Ketika ada di Australia misalnya, Anda bisa mudah berkomunikasi dengan orang keturunan China.

Ya, selain ada di RRC, mereka juga ada di Singapura, Malaysia, Amerika, dan banyak tempat lain. rata-rata mereka juga senang disapa dengan bahasa nenek moyang.

Setelah kenal dengan sesama pelancong, maka acara traveling jadi makin menyenangkan. Anda bisa mendapat informasi di mana tempat restoran China pada kota yang sedang dikunjungi.

Salah satu problem ketika jalan-jalan adalah susah mendapatkan nasi, tapi di restoran China pasti ada. Semangkok nasi itu bisa jadi pengganjal perut yang menyenangkan.

Jika Anda traveling dengan metode backpacker, maka bisa menambah teman baru, dan traveler lain yang juga bisa berbahasa mandarin akan senang diajak mengobrol.

Siapa tahu ia bisa jadi travel buddy yang menyenangkan dan Anda bisa melancong ke tempat lain bersama-sama. Petualangan baru dimulai, diawali dari kemampuan berbahasa mandarin.

Baca juga : Bahasa Jawa Halus

  1. Mendapat Harga Murah Saat Menawar

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, kebanyakan pedagang di Indonesia memiliki darah tionghoa. Ketika Anda belanja di Glodok misalnya, selalu dilayani oleh Kokoh yang ramah.

Kemampuan berbahasa mandarin akan sangat menguntungkan, karena bisa menawar dengan lancar dan mendapat harga yang sangat miring. Acara belanja jadi menyenangkan.

Setelah mendapat harga yang murah berkat kepandaian menawar dan berbahasa mandarin, jangan lupa untuk meminta kartu nama pemilik toko.

Siapa tahu Anda bisa belanja lagi di sana dalam jumlah besar, dan mendapat harga spesial yang super murah. Barang-barang itu bisa dijual lagi dan menambah pundi rupiah di dompet dan tabungan.

Ada banyak manfaat bahasa mandarin yakni bisa jadi penerjemah buku, subtitle film, atau interpreter (penerjemah langsung).

Selain itu, calon karyawan yang fasih berbahasa mandarin akan lebih cepat diterima kerja daripada yang lain, karena mandarin itu dianggap sebagai bahasa internasional selain English. Ayo semangat belajar dan rasakan manfaatnya.

Baca juga : Bahasa Batak