Kumpulan Gambar Sketsa Ikan

Kumpulan Sketsa Gambar Ikan – Ikan adalah salah satu binatang yang hidup di air seperti sungai, danau dan laut. Beberapa jenis ikan memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang membuat mata kita terpesona.

Bentuk dan corak warna pada tubuh ikan kerap diabadikan dalam sebuah foto maupun gambar.

Gambar atau lukisan ikan dapat dijadikan sebagai penghias dinding ruangan dalam rumah. Selain itu lukisan ikan juga dapat menjadi sumber pendapatan tambahan karena sampai sekarang lukisan ini masih banyak peminatnya.

Tapi melukis atau menggambar ikan tentunya tidak semudah kelihatanya. Teman-teman harus memperhatikan bentuk dan corak tubuh ikan yang hendak digambar.

Sangat disarankan untuk membuat sketsa terlebih dahulu sebagai acuan teman-teman dalam melukis kedepanya.

Nah, di bawah ini kami ulas kumpulan gambar sketsa dari berbagai jenis ikan serta langkah-langkah dalam menggambar ikan dengan mudah yang bisa teman-teman praktekan.

Sketsa Gambar Ikan

macam macam gambar ikan

Macam-macam gambar ikan

Menggambar ikan bisa menjadi kegiatan yang seru untuk mengisi waktu luang. Namun jika kita benar-benar serius dan cermat dalam setiap proses menggambarnya, kita bisa menghasilkan gambar yang bagus.

Selain itu, untuk menghasilkan gambar yang bagus dan sesuai dengan keinginan teman-teman, sangat disarankan untuk membuat sketsa awal dari gambar ikan yang akan dibuat.

Khusus untuk teman-teman yang hobi menggambar ikan, di bawah ini ada banyak sekali gambar sketsa dari berbagai jenis ikan yang bisa dijadikan sebagai referensi teman-teman dalam menggambar.

Dijamin hasil gambar teman-teman akan lebih bagus dan menarik.

Sketsa Gambar Ikan Hias

Sketsa Ikan Hias

Sketsa Gambar ikan hias

Tahukah ? teman-teman, memelihara ikan hias dirumah ternyata memiliki banyak manfaat loh. Selain membuat suasana rumah menjadi lebih hidup, memelihara ikan hias juga bisa membantu menghilangkan stress dan menyegarkan pikiran.

Banyak peneliti yang melakukan penelitian tentang manfaat memelihara ikan hias. Mereka mengungkapkan, bahwa orang yang banyak berinteraksi dengan ikan hias akan lebih mudah mengendalikan emosinya.

Hal ini terjadi karena corak ikan hias yang beragam membuat mata dan otak menjadi segar kembali.

Selain itu, melihat berbagai jenis ikan hias dalam akuarium juga dapat membuat teman-teman menemukan inpirasi baru dalam menggambar.

Berbagai aktivitas yang dilakukan ikan dapat dijadikan sebagai objek gambar teman-teman.

Nah di bawah ini terdapat beberapa gambar sketsa ikan hias yang bisa kamu jadikan rujukan teman-teman dalam menggambar.

Kumpulan Sketsa Ayam

Sketsa Gambar Ikan Koi

Sketsa Gambar Ikan Koi

Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan yang banyak pelihara oleh masyarakat Indonesia.

Memiliki corak tubuh yang beragam serta harga yang terjangkau menjadikan ikan yang berasal dari negara jepang menjadi primadona bagi para pecinta ikan Indonesia.

Di Jepang, ikan koi memiliki nama asli Nishikigoi, yang artinya ikan yang berwarna-warni. Di sana, ikan ini menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan.

Selain itu ikan koi juga dikenal sebagai ikan abadi karena bisa berumur hingga 200 tahun.

Dalam dunia seni, nama ikan koi sudah tidak asing lagi. Selain dipelihara ikan koi juga banyak dijadikan sebagai objek bagi para seniman untuk menghasilkan karya lukis atau gambar.

Lukisan ikan koi termasuk dalam lukisan feng shui, yaitu lukisan sebagai simbol kemakmuran.

Sketsa Gambar Ikan Cupang

Sketsa Gambar Ikan Cupang

Selanjutnya ada sketsa gambar ikan cupang. Sedikit mengenai ikan cupang, ikan ini berasal dari perairan air tawar beberapa negara di Asia Tenggara, salah satunya negara kita Indonesia.

Memiliki berbagai jenis dan corak yang beragam membuat ikan ini memiliki banyak penggemar.

Penggermar ikan cupang di Indonesia tersebar dibeberapa wilayah Indonesia. Seperti di kota Kediri, disana ikan cupang tidak hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan untuk dinikmati keindahannya, namun juga dijadikan bisnis budidaya.

Diantara ikan cupang yang memiliki corak unik adalah dari jenis Halfmoon, Slayer, Serit, Fancy.

Tidak heran jika dari jenis tersebut sering dijadikan sebagai objek dalam karya seni seperti foto atau gambar. Ada juga yang menuangkannya dalam bentuk sketsa yang sederhana namun elegan.

Kumpulan Sketsa Doraemon

Sketsa Gambar Ikan Nemo

Sketsa Ikan Nemo

Teman-teman tahu ikan nemo ?, karakter ikan lucu dalam film kartun ini menjadi salah tokoh kartun favorit anak-anak. Memiliki corak tubuh orange, putih dan sedikit warna hitam,  dia tinggal di anemon laut yang cantik.

Dalam kehidupan nyata khususnya di negara Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama ikan badut. Habitat asli ikan badut ada diperarian air hangat dengan kedalaman kurang lebih 50 cm yang berair jernih.

Ikan ini hidup ditengah terumbu karang indonesia yang indah.

Teman-teman bisa juga menemukan ikan ini di buku-buku latihan menggambar anak-anak. Pasalnya bentuk yang mungil dan warnanya yang menarik menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak untuk membelinya.

Namun teman-teman juga bisa menggambarnya sendiri di rumah. Berikut beberapa sketsa gambar ikan badut atau nemo yang bisa anda jadikan sebagai referensi menggambar.

Sketsa Gambar Ikan Koki

Sketsa Gambar Ikan Nemo

Kali ada ikan koki yang merupakan jenis ikan yang masih satu keluarga dengan ikan mas. Pada mulanya ikan ini berasal dikenal sebagai ikan peliharan rumah-rumah pada zaman Dinasti Sung di Tiongko

ز Kemudian bangsa jepang berhasil mempopulerkan ikan ini dan menyebar ke wilayah Amerika dan Eropa.

Di Indonesia sendiri ikan koki  adalah salah satu jenis ikan hias yang paling banyak peminatnya. Hal ini dapat kita ketahui dari banyaknya orang yang memelihara ikan ini dalam aquarium mereka.

Harga terjangkau dan jenis yang beragam menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Beberepa jenis ikan koki memiliki estetika keindahan yang sangat cocok dijadikan objek menggambar. Ada beberapa sketsa ikan koki yang bisa teman-teman pilih sebagai tahap awal menggambar.

Dijamin gambar teman-teman akan terlihat lebih bagus dan menarik.

Sketsa Gambar Wajah

Sketsa Gambar Ikan Guppy

Sketsa Gambar Ikan Guppy

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki tubuh berukuran kecil. Meski begitu ikan guppy termasuk yang paling populer dikalangan pecinta ikan hias akuarium.

Memiliki pola warna ekor yang berbeda-beda membuatnya memiliki daya tarik tersendiri.

Ikan asli benua Amerika ini dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga berkembang biak dengan cepat. Maka tidak heran jika penyebaran ikan ini menjangkau ke seluruh dunia.

Di Indonesia ikan ini dapat menjadi salah satu ikan hias yang digemari. Selain karena kemampuannya dalam beranak pinak, ikan yang biasa hidup liar di sungai dan selokan ini mulai dicintai karena kecantikannya.

Selain dijadikan sebagai ikan hias dalam aquarium, ada banyak cara untuk menikmati keindahan ikan guppy. Salah satunya bisa dituangkan dalam bentuk karya seni lukis dan gambar, beberapa sketsa berikut bisa teman-teman jadikan sebagai contoh.

Sketsa Gambar Ikan Louhan

Sketsa Gambar Ikan Louhan

Nah ada lagi ikan yang bisa teman-teman jadikan referensi dalam menggambar, adalah ikan loauhan yang merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan Cichlid.

Memiliki karakteristik benjolan pada bagian kepala, ikan louhan termasuk kedalam jenis ikan hias yang mahal. Meski begitu ikan ini memiliki banyak peminat yang rela merogoh kocek demi membawa pulang ikan ini.

Banyak orang mempercayai memelihara ikan louhan dapat membawa keberuntungan untuk sang pemilik.

Sketsa Gambar Ikan Mas

Sketsa Gambar Ikan Mas

Mungkin banyak dari teman-teman yang kesulitan membedakan antara ikan mas dan ikan koi karena memang terdapat beberapa kesamaan antara keduanya.

Bentuk dari ikan mas sangat mirip dengan ikan koi lah yang membuat banyak orang bingung.

Sebenarnya ada cara mudah untuk membedakan antara keduanya, yaitu ikan koi tidak bisa hidup dalam akuarium kecil. Karenanya para pecinta ikan ini memeliharanya di kolam taman rumah mereka.

Sama halnya dengan ikan koi dalam dunia feng sui, ikan mas dipercaya mampu meningkatkan mampu menciptakan energi yang baik di akuarium atau ditempat lukisan ikan mas diletakan.

Bagaimana menarik bukan ?, nah untuk teman-teman yang ingin memiliki gambar atau lukisan ikan mas dirumah, bisa membuatnya sendiri loh. Berikut ada beberapa sketsa ikan mas yang bisa teman-teman jadikan referensi.

Sketsa Gambar Ikan Arwana

Sketsa Gambar Ikan Arwana

Ikan Arwana termasuk salah satu jenis ikan endemik Indonesia. Ikan dengan nama latin Scleropages sp ini banyak dijumpai di perairan air tawar Kalimantan dan Papua.

Dihabitat aslinya, ikan arwana bersembunyi  dan berkembang biak di tepian sungai yang ditumbuhi pepohonan air.

Pada mulanya ikan arwana merupakan ikan yang diburu untuk kebutuhan pasar ikan konsumsi. Namun sekarang ikan ini mulai dijadikan sebagai ikan peliharaan karena banyak orang yang mulai sadar akan keindahannya.

Corak yang unik serta warna yang mencolok memiliki daya tarik sendiri bagi para pecinta ikan hias. Beberapa jenis ikan arwana favorit memiliki harga yang fantastis.

Seperti ikan koi dan ikan mas, lukisan atau gambar ikan arwana juga memiliki nilai feng sui.

Gambar Sketsa Ikan Yang Hidup di Laut

macam macam gambar ikan

Tidak diragukan lagi bahwa lautan menyimpan keindahan yang luar biasa. Bagaimana tidak, berbagai biota dengan keragaman jenis dapat ditemukan disana. Warna-warni terumbu karang serta ikan-ikan unik, membuat laut menjadi salah tempat wisata untuk berlibur.

Selain diving dan snorkeling, banyak cara untuk menikmati keindahan ikan-ikan yang ada dilautan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjadikannya  sebagai gambar atau lukisan.

Tapi menggambar ikan laut juga tidak bisa dibilang mudah loh. Pasalnya beberapa jenis ikan laut memiliki bentuk yang rumit. Yang membuat banyak orang kesulitan.

Untuk itu saat mulai menggambar sangat disarankan untuk membuat sketsanya telebih dahulu sebagai panduan teman-teman dalam menggambar kedepannya.

Berikut beberapa contoh sketsa gambar dari berbagai jenis ikan laut yang bisa membantu teman-teman dalam menggambar.

Sketsa Gambar Ikan Lumba-Lumba

Sketsa Gambar Ikan Lumba-Lumba

Pertama ada ikan lumba-lumba, lumba-lumba merupakan salah satu ikan mamalia yang hidup di laut.

Memiliki tubuh yang kencang serta ramping membuat lumba-lumba bisa berenang dengan cepat dan melompat ke permukaan. Hal itu lah yang membuat ikan ini sering dijadikan pertunjukan berbagai wahana hiburan.

Selain itu, karena kelucuannya ikan ini juga sebagai inpirasi tokoh kartun anak-anak. Bentuknya yang lucu membuatnya disukai anak-anak dan banyak yang membuat gambarnya di buku gambar mereka.

Sketsa Gambar Ikan Paus

Sketsa Gambar Ikan Paus

Download Gambar Sketsa Ikan Paus

Ikan paus merupakan mamalia laut yang memiliki ukuran besar. Salah satu jenis ikan paus terbesar adalah dari jenis ikan paus biru. Paus biru dewasa bisa memiliki panjang 30 meter dan bobotnya mencapai 180 ton atau setara 40 ekor gajah.

Memiliki tubuh yang besar ikan ini tergolong ikan yang tidak berbahaya loh. Makanan ikan paus berupa hewan kecil seperti crustacea dan hewan kecil lainya. Meski begitu tidak disarankan untuk berinteraksi terlalu dekat dengan ikan ini.

Keindahan ikan paus dapat dinikmati dalam bentuk gambar sketsa. Berikut beberapa sketsa ikan paus keren yang bisa teman-teman jadikan contoh mennggambar dirumah.

Sketsa Gambar Ikan Hiu

Sketsa Gambar Ikan Hiu

Download Gambar Sketsa Ikan Hiu

Ikan hiu merupakan jenis ikan predator yang memiliki gigi tajam runcing keatas. Giginya berguna untuk membantunya merobek daging mangsanya saat sedang mencari makan.

Hiu juga dapat mencium bau darah  di dalam air sekalipun dari jarak yang jauh.

Mempunyai tubuh yang besar dan gagah membuat kebanyakan anak laki-laki mengidolakan ikan hiu. Itu karena anak laki-laki pada umumnya ingin menjadi pemberani seperti halnya ikan ini.

Bagi anak yang memiliki jiwa seni, ikan hiu menjadi hewan yang menarik untuk digambar. Beberapa sketsa keren dari ikan ini bisa membantu teman-teman menghasilkan gambar yang bagus.

Sketsa Gambar Ikan Air Tawar

Sketsa Gambar Ikan Air Tawar

Download Gambar Sketsa Ikan Air Tawar

Walaupun tidak seperti ikan-ikan yang hidup di lautan, ikan air tawar memiliki karakteristiknya sendiri. Dibawah ini ada kumpulan sketsa dari beberapa jenis ikan air tawar yang beberapa diantaranya sering kita temui.

Sketsa Ikan Lele

Sketsa Ikan Lele

Download Gambar Sketsa Ikan Lele

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan lele menjadi salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia. Harga terjangkau serta rasanya yang enak membuat ikan lele banyak dibeli untuk dikonsumsi.

Saat teman-teman sedang berada di jalan pasti pernah menemukan rumah makan sederhana dengan gambar ikan lele didepannya. Hal tersebut menandakan warung tersebut menyediakan menu masakan dari olahan ikan ini.

Sketsa Ikan Mujair

Sketsa Ikan Mujair

Download Gambar Sketsa Ikan Mujair

Sama halnya dengan ikan lele, ikan mujair juga sering dijadikan berbagai olahan masakan. Tapi perlu diketahui, selain rasanya yang enak ikan mujair juga terkenal dengan misteri cerita masuknya ikan ini ke Indonesia.

Pertama kali di temukan oleh Pak Moedjair di muara sungai Kali Serang pantai selatan Blitar. Banyak orang yang mempertanyakan bagaiaman ikan yang berasal dari Afrika itu sampai daerah perairan terpencil kota blitar.

Untuk mengenang si penemu maka di Indonesia ikan ini dikenal dengan sebutan ikan mujair. Gambar ikan ini juga disematkan dalam batu nisan Pak Moedjair.

Sketsa Ikan Gurame

Sketsa Ikan Gurame

Download Gambar Sketsa Ikan Gurame

Ikan gurame dikenal dengan rajannya ikan air tawar. Tidak diketahui sebab sebutan itu berasal, namun yang pasti ikan gurame menjadi ikan favorit bagi para pecinta kuliner. Peluang inilah dimanfaatkan oleh rumah-rumah  makan.

Sketsa Ikan Patin

Sketsa Ikan Patin

Download Gambar Sketsa Ikan Patin

Ikan patin masih satu keluarga dengan ikan lele yang merupakan golongan ikan Catfish. Sekilas bebrapa bagian tubuh kedua ikan ini memiliki kemiripan.

Namun dibandingkan lele, ikan patin memiliki warna yang lebih terang.

Memiliki sifat nokturnal, ikan beraktivitas di tepian muara sungai-sungai besar.

Meskipun ikan-ikan Catfish mampu hidup di air keruh, namun ikan patin lebih menyukai lingkungan dengan kondisi air yang jernih.

Baca juga : Kumpulan Gambar Sketsa Bunga

Cara Menggambar Ikan

Menggambar ikan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, karena saat itu teman-teman dapat memvisualisasikan imajinasi dengan menggunakan tangan.

Memang bukan suatu hal yang mudah mengekspresikan bayangan ikan dalam pikiran ke dalam suatu gambar. Untuk itu teman-teman bisa memulainya dari menggambar sketsa ikan sederhana.

Silahkan ikuti langkah-langkah menggambar ikan di bawah ini.

Langkah 1 Menggambar Ikan

Langkah 1 Menggambar Ikan

Langkah 1 Menggambar Ikan

Langkah yang pertama, buat bagian awal tubuh ikan menggunakan dua garis yang agak melekung dan saling memotong di salah satu ujungnya, seperti yang terlihat pada gambar. Ikuti panah agar lebih mudah.

Langkah Menggambar Ikan 2

Langkah 2 Menggambar Ikan

Selanjutnya, hubungkan dua garis yang saling memotong tadi dengan garis lengkung untuk ekor dan beri juga sisi satunya untuk insang.

Langkah 3 Menggambar ikan

Langkah 3 Menggambar Ikan

Langkah 3 Menggambar Ikan

Gambar bagian mulut dan mata ikan. Jangan lupa juga membuat menggambar sirip pada tubuh ikan seperti pada gambar.

Jika mengalami kesulitan, teman-teman bisa membuatnya di kertas terpisah terlebih dahulu. Karena latihan seperti itu akan sangat membantu.

Langkah Menggambar Ikan 4

Langkah 4 Menggambar Ikan

Langkah 4 Menggambar Ikan

Teman-teman perlu sedikit fokus pada tahap ini. Perhatikan bahwa ikan selalu lebih gelap di bagian sirip atas dan perutnya terang. Buat goresan satu arah ada bagian sirip agar terlihat lebih mirip. Sekarang gambar hampir siap.

Langkah 5 Menggambar Ikan

Langkah 5 Menggambar Ikan

Langkah 5 Menggambar Ikan

Beri sapuan tipis pada tubuh ikan menggunakan pensil sebagi sisik, lakukan secara menyilang dengan lembut. Dan gambar ikan sederhana berhasil dibuat.

Itulah beberapa contoh gambar sketsa ikan sederhana dari berbagai jenis ikan yang hidup di air laut maupun tawar. Semoga dapat membantu dalam aktivitas menggambar teman-taman. Semoga bermanfaat, terimakasih.