15+ Keutamaan Sedekah Berdasarkan Al Quran dan Hadist {Lengkap}

15+ Keutamaan Sedekah Berdasarkan Al Quran dan Hadist {Lengkap}

Keutamaan Sedekah – Seperti  pepatah yang mengatakan yaitu  lebih baik tangan diatas dibandingkan tangan dibawah menjelaskan jika sedekah dalam Islam adalah sebuah tindakan yang penting untuk dilakukan khususnya jika termasuk golongan orang mampu.

Agama Islam sendiri juga sudah memerintahkan kita semuanya untuk saling tolong menolong pada sesama manusia dalam hal kebaikan dan sedekah yang dapat dilakukan diantaranya yaitu zakat yang terkandung banyak manfaat zakat fitrah didalamnya serta qurban.

Daftar Isi

Keutamaan Sedekah

Keutamaan Sedekah

Sedekah merupakan amalan yang sangat bagus karena sedekah dapat meningkatkan iman kita dan juga rasa keperdulian kita, karena pepatah mengatakan tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Berikut ini adalah beberapa keutamaan sedekah yang perlu anda ketahui:

Memperkuat Iman

Ibadah menjadi sebuah sarana pengabdian hambanya terhadap sang pencipta yaitu Allah SWT dan sedekah dalam Islam menjadi salah satu perintah untuk semua umat muslim. Bersedekah yang dilakukan dengan cara niat ibadah pada Allah SWT akan semakin menguatkan iman kita pada Allah SWT.

Meningkatkan Empati Sosial

Sedekah adalah proses memberikan apa yang kita miliki baik dari segi materil ataupun non materil pada orang yang membutuhkan. Bersedekah tersebut tidak hanya bisa dilakukan untuk membantu orang lain yang sedang kesusahan namun juga melatih rasa empati kita pada orang lain khususnya pada penerima zakat atau sedekah tersebut.

Menghindari Sikap Kikir

Salah satu sifat buruk manusi yaitu sifat kikir, sifat ini harus sangat dihindari sebab sebagai makhluk sosial, sudah tidak seharusnya kita mempunyai sifat sombong dengan beranggapan jika yang kita miliki adalah karena hasil usaha kita saja tanpa menyadari campur tangan oleh Allah SWT dalam hal tersebut.

Hal buruk maupun baik yang terjadi pada diri kita harus disadari jika terdapat campur tangan dari Allah SWT dan juga campur tangan dari orang lain sehingga keutamaan bersedekah yang kita lakukan akan menjauhkan kita dari sikap yang kikir.

Menyembuhkan Penyakit

Nabi Muhammad SAW Beliau bersabda, “Bentengilah hartamu dengan cara  berzakat dalam Islam, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan cara bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (H.R. Ath-Thabrani)

Nabi Muhammad SAW sudah bersabda jika kita sebagai manusia harus membentengi harta dengan cara berzakat atau sedekah sebab dengan cara ini maka penyakit dapat disembuhkan.

Meringankan Sakratul Maut

Tidak hanya pahala sedekah pada hari Jumat yang dapat kita lakukan, namun dengan cara melakukan sedekah sesering mungkin, ini mengartikan kita juga memperingan kepedihan yang kelak akan kita rasakan pada saat sakratul maut sebab dengan sedekah, maka Allah SWT akan menghilangkan perasaan dan sifat sombong dalam Islam dan juga egois orang yang melakukan sedekah tersebut.

Mengabulkan Hajat

Selain dengan cara banyak keutamaan melakukan shalat hajat, untuk anda yang mempunyai hajat tertentu dan ingin segera dikabulkan, maka cara yang bisa ditempuh yaitu dengan cara melakukan melakukan sedekah.

Menjauhkan Bencana

Sedekah juga dapat memberikan hikmah yang luar biasa bagi pelakunya yaitu menjauhkan diri orang tersebut dari segala macam bahaya sekalipun pelaku sedekah tersebut adalah seorang pendosa, kafir bahkan zhalim dan dapat menghadapi musibah dalam Islam dengan baik sebab Allah SWT akan menjauhkan bencana dari orang yang melakukan sedekah tersebut.

Memperbanyak Rezeki

Meskipun kita mengeluarkan banyak sedekah baik itu berupa materil atau non materil, namun ada hikmah berharga yang bisa kita dapatkan yaitu mendapatkan rezeki yang lebih banyak lagi karena perbuatan sedekah tersebut dan diikuti juga dengan dzikir pembuka rezeki

Memperoleh Naungan Hari Kiamat

Hal yang perlu diingat yaitu naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat menurut Islam kelak adalah sedekah yang sudah dilakukan.

Menghapus Dosa

Sedekah sendiri juga dapat menghapus dosa besar dalam Islam yang sudah kita perbuat meskipun dosa tersebut tidak dapat dihapuskan begitu saja tanpa disertai dengan perbuatan yang baik dan bertaubat.

Pemisah Diri Dari Neraka

Bersedekah yang tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan uang, pakaian, makanan dan hal lainnya akan menjadi pemisah kita dengan api neraka saat kiamat datang.

Nabi Muhammad saw, beliau bersabda: “Jauhkan diri kalian semua dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma“. (Muttafaqun ‘alaih)

Memperpanjang Umur

Sedekah yang telah kita lakukan tanpa kita disadari dapat menambahkan umur kita sekaligus mencegah kita mengalami kematian yang buruk sekaligus menghilangkan berbagai sifat tidak baik yang ada dalam diri kita.

Keutamaan Sedekah Pada Hari Jum’at

Keutamaan Sedekah

Hari jumat adalah hari yang special daripada hari lainnya, maka dari itu hari jumat baik sekali untuk melakukan segala ibadah apalagi ibadah sedekah. Berikut ini merupakan keutamaan dari sedekah yang dapat menambah pengetahuan anda semuannya:

Seperti Sedekah Bulan Ramadhan

Keutamaan melakukan sedekah di hari Jumat jika dibandingkan dengan hari lainnya karena bersedekah di hari itu sama halnya kita sedekah di bulan Ramadhan.

Pahala Berlipat Ganda

Hari Jumat juga menjadi salah satu hari terbaik dimana nilai dan segala macam pahala akan dilipat gandakan, sehingga dengan melakukan sedekah di hari Jumat akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Memperkuat Iman

Ibadah merupakan salah bentuk pengabdian yang dapat dilaksanakan seorang hamba pada Allah SWT dan bersedekah dengan niat ibadah di hari Jumat pada Allah maka akan semakin memupuk keimanan seseorang pada Allah SWT.

Memberi Berkah Rezeki dan Keluarga

Sedekah di hari Jumat juga dapat membuahkan keajaiban serta pertolongan yang tidak pernah di duga sebelumnya seperti aliran rezeki yang semakin lancar. Sedekah sendiri tidak harus berupa materi, akan tetapi juga bisa dalam bentuk bantuan  maupun tenaga yang juga termasuk dalam sedekah pada orang lain.

Memperkuat Tali Silahturahmi

Kita sebagai makhluk sosial, kita tidak pernah mengetahui kapan kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Dengan kita memperbanyak sedekah khususnya pada hari Jumat, maka bisa dijadikan sebuah cara untuk menambah keluarga baru, kerabat baru atau teman baru.

Sebab, kita tidak akan pernah mengetahui seperti apa kehidupan seseorang pada kelak dan pada saat kita membutuhkan bantuan, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan membantu kita.

Merupakan Amalan Mulia

Keutamaan selanjutnya  tentang sedekah pada hari Jumat yaitu karena sedekah pada hari Jumat merupakan amalan mulia yang dikerjakan pada hari paling mulia dibandingkan dengan amal yang dilakukan pada waktu kurang mulia lainnya.

Hari Yang Dianjurkan Untuk Amal Soleh

Dianjurkan juga untuk semakin memperbanyak sedekah serta amal soleh pada hari Jumat atau malam jumat. Memperbanyak shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam atau siang hari di hari Jumat sebab shalawat dan sedekah yang sudah dilakukan pada hari Jumat akan diperlihatkan untuk Allah SWT.

Memiliki Keistimewaan Khusus

Sedekah yang dilakukan pada hari Jumat juga memiliki keistimewaan khusus jika dibandingkan dengan beberapa hari lainnya. Sedekah pada hari jumat dibandingkan dengan hari – hari lainnya tersebut seperti layaknya perbandingan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan dengan sedekah pada bulan lainnya.

Hari Terbaik Dalam Sepekan

Allah juga telah menyiapkan sebuah  ampunan, pengabulan doa dan juga pahala yang sangat besar bagi setiap hamba beriman dan oleh karena itu, hendaknya amal shalih dan juga ketaatan lebih ditingkatkan khususnya pada ibadah yang diagungkan di dalamnya seperti shalat Jumat, lebih memperbanyak shalawat, membaca surat Al-Kahfi dan sebagainya.

Dilimpahkan Karunia

Salah satu amal shalih yang sangat mendapat perhatian dari para ulama adalah sedekah yaitu mengeluarkan infak dan sedekah pada hari dimana Allah sudah melimpahkan karunia serta kebaikan untuk setiap hamba-Nya. Sedekah yang dilakukan pada hari jumat sangat lebih baik dan lebih besar pahalanya jika dibandingkan dengan hari lain selain hari jumat tersebut.

Merupakan Sunnah Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Dalam sebuah Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib tentang hari Jum’at disebutkan jika, “Disunnahkan memperbanyak  sedekah dan juga berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jum’at. Juga disunnahkan memperbanyak shalat atas Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khobar.”

Dilakukan Sebelum Sholat Jumat

Sedekah di hari Jumat hendaknya juga dapat dilakukan sebelum berangkat pergi untuk menunaikan sholat jumat dan juga sangat dianjurkan untuk memberi sedekah tanpa diketahui oleh orang lain.

Hari Memohon Kebaikan

Dengan hari penuh kebaikan pada hari Jumat tersebut, maka sedekah yang dilakukan khususnya pada hari Jumat dapat memberikan kebaikan yang lebih berlipat ganda dibandingkan dengan hari lainnya dan juga kebaikan yang bisa dilakukan diantaranya yaitu sedekah pada hari Jumat tersebut.

Sedekah Dilakukan Sembunyi Sembunyi

Sedekah yang dilakukan pada hari Jumat ini juga sangat disarankan untuk dilakukan secara sembunyi-sembunyi pada saat melakukan perjalanan ke masjid atau sebelum shalat jumat.

Sedekah Akan Dibalas 700 Kali Lipat

Allah sudah dengan jelas menjelaskan perhitungan sistematis atas apa yang sudah kita keluarkan dari harta untuk bersedekah. Apabila dari perhitungan matematis ayat diatas, maka sedekah yang sudah diberikan khususnya untuk hari Jumat akan dibalas hingga 700 kali lipat dan Allah juga menekankan akan membalas sedekah untuk siapa pun yang Allah SWT kehendaki.

Keutamaan Sedekah Makanan

Keutamaan Sedekah

Sedekah merupakan berbagi dengan orang lain dengan ikhlas tanpa adanya paksaan, tanpa dibatasi jumlah atau lama waktu pemberian. Sedekah merupakan berbagi tanpa ada penentuan apa yang harus dibagi atau diberikan.  Allah SWT akan memberikan balasan yang sangat berlimpah pada orang yang telah melakukannya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dan keutamaan bersedekah makanan, yaitu:

Dilapangkan Pintu Rezeki

Manfaat sedekah makanan selanjutnya yaitu memberi keberkahan pada rezeki orang yang memberi. Bagi orang yang diberikan makanan, pastinya akan sangat bermanfaat dan dapat meringankan beban mereka.

Mempererat Tali Silaturahmi

Memberikan makanan pada orang kekurangan dapat membangun sebuha tali silaturahmi. Contohnya saja apabila Anda melakukan sedekah makanan pada anak yatim piatu di suatu pondok maupun panti asuhan. Dengan bertemu, menjalin keakraban dan berbagi dengan mereka semua, secara tidak langsung Anda telah mendapat manfaat bersosialisasi dengan orang lain, dengan meningkatkan jalinan silaturahmi dan ukhuwah islamiah.

Melipat Gandakan Pahala

Seperti halnya manfaat pada zakat, orang yang suka memberikan sedekah termasuk sedekah makanan, akan diberikan pahala yang berlipat ganda.

Memberikan Ketenangan Hati

Manfaat sedekah makanan tidak hanya bisa mendapatkan pahala yang berlipat, pada saat seseorang memberikan sedekah makanan pasti akan timbul rasa senang dan bangga pada diri sendiri karena dapat berbagi dengan orang lain.

Dihapuskan Dosa-Dosa

Seperti yang telah dijelaskan pada hadits HR Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Sedekah dapat menghapuskan dosa, sebagaimana air dapat memadamkan kobaran api.” Yang artinya dengan memberikan sedekah makanan kepada orang yang telah membutuhkan, pahala yang didapatkan dapat menutupi dosa yang telah diperbuat oleh orang tersebut. Namun, tentunya disertai dengan penyesalan dan tobat pada perbuatan dosa tersebut.

Amalan Yang Tak Akan Putus

Sedekah dalam bentuk apa saja termasuk makanan, merupakan salah satu dari tiga amalan jariyah. Amalan jariyah adalah amal yang tidak akan terputus dari seseorang, bahkan sampai orang tersebut meninggal dunia.

Dibukakan Pintu Khusus Ke Surga

Sedekah merupakan amalan yang sangat terpuji, yang membuat pintu surga untuk orang yang suka bersedekah pun istimewa. Sebuah hadits HR Bukhari menyebutkan, “Bahwa pintu salat adalah pintu untuk orang yang rajin mendirikan salat, begitu pula orang yang gemar melakukan sedekah akan masuk dari pintu sedekah.”

Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

Keutamaan Sedekah

Bulan Ramadhan adalah saat yang paling tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dan juga memohon ampunan kepada Allah SWT. Dan salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk dapat meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan yaitu melalui sedekah. Berikut ini adalah keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan yang perlu Anda ketahui.

Pahala Yang Berlipat Ganda

Bersedekah merupakan suatu amalan yang dapat dilakukan kapan saja. Namun, berbeda dengan bulan-bulan yang lainnya, semua amal baik yang kita dapat lakukan dilipatgandakan pahalanya, termasuk juga pahala bersedekah. Tidak hanya akan mendapat pahala yang berlipat ganda, bersedekah juga sekaligus sebagai penyempurna ibadah yang telah kita lakukan.

Sedekah Memberi Keberkahan Pada Harta

Para ulama telah menjelaskan bahwa harta seseorang tidak akan berkurang karena mereka ingin melakukan ibadah bersedekah. Yang dimaksud harta tidak berkurang disini mencakup dua hal yakni pertama hartanya diberkahi dan juga dihindarkan dari bahaya. Kedua, secara dzatnya harta tersebut telah berkurang, maka pengurangan tersebut akan ‘impas’ dengan pahala yang didapat dengan berlipat ganda.

Bersedekah Mensucikan Orang Yang Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Pada  bulan suci Ramadhan, Allah juga akan melimpahkan kebaikan dengan memberikan rahmat, ampunan, dan pembebasan dari api neraka kepada orang-orang yang bersedekah dan menyayangi sesamanya.

Memperkuat Keimanan Orang Yang Bersedekah

Nabi Muhammad Saw  mengatakan bahwa bersedekah merupakan salah satu bukti dari keimanan seseorang. Dinamakan shadaqah maupun Shidqu Imanihi yang artinya kebenaran dari iman seseorang.

Mampu Bersyukur Dengan Hati Yang Berbahagia

Bagi orang yang bersedekah ada rasa senang, bangga, dan berlapang dada setelah memberikan sedekahnya kepada orang lain yang membutuhkan. Tentu hal ini juga menjadi salah satu cara kita untuk bersyukur dengan perasaan yang lebih bahagia karena telah membantu orang lain.

Ayat Al Quran dan Hadist Tentang Keutamaan Sedekah

Keutamaan Sedekah

Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Belilah semua kesulitanmu dengan cara bersedekah.”

Manfaat Sedekah dalam Islam Bagi Kehidupan

Keutamaan Sedekah

Sedekah bukan hanya soal kita telah memberikan sebagian harta bagi yang membutuhkan, namun manfaat sedekah lebih luas akan dirasakan pada orang yang melakukannya seperti berikut :

  1. Memperkuat keimanan

  2. Meningkatkan rasa empati sosial

  3. Terhindar dari nilai materialisme

  4. Rasa syukur kepada Tuhan

  5. Melatih berpikir positif

  6. Terhindar dari sifat kikir

  7. Meningkatkan kekebalan Tubuh

  8. Semakin panjang umur

  9. Memiliki tubuh lebih bugar

  10. Mendapat rasa bahagia

  11. Terhindar dari stress

  12. Berlatih bersikap Adil

  13. Menurunkan tekanan darah

Contoh Kultum Singkat Tentang Sedekah dan Dalil yang Menerangkannya

Keutamaan Sedekah

Pembahasan singkat ini akan saya bahas dalam format kultum singkat, dengan tema utama pada kultum singkat tentang sedekah, semoga bermanfaat.

Assalamualaikum wa rahmatullahi wabarokatuh

Bismillahirrahmanirahim,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memberi kita nikmat dan karunia yang tidak terhitung banyaknya sehingga kita bisa merasakan indahnya hidup hingga detik ini.

Kedua kalinya, tak lupa shalawat serta salam selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang telah berlelah-lelah di medan juang dakwah demi tersebarnya agama islam, begitu juga kepada para keluarganya dan sahabatnya serta pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT,

Tema yang akan saya bahas pada pertemuan kultum kali ini yaitu tentang sedekah. Bagaimana islam memandang ibadah sedekah? Sedekah dalam agama kita termasuk dalam amal yang diutamakan untuk selalu dikerjakan.

Sedekah  memiliki banyak sekali keutamaan dan manfaat yang akan diperoleh oleh seseorang yang mengamalkannya. Sedekah juga pada dasarnya dalam praktiknya dapat menjadi pembeda antara seorang mukmin dengan non mukmin, walaupun bukan dalam ranah status melainkan maknawi tersebut.

Al-Quran dan hadist banyak memberitahukan kepada kita tentang sedekah ini, mulai dari pahala yang diperoleh hingga manfaat yang bisa didapatkan apabila kita malakukansedekah.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT,

Tentunya kita sering mendengar tentang pahala yang diperoleh seseorang apabila malakukan sedekah, atau manfaat dari bersedekah itu sendiri.

Nah, yang perlu digaris bawahi dan mendapat perhatian lebih disini adalah, kebanyakan dari kita hanya mendengar, tahu, mengerti, tetapi tidak mengamalkannya. Seolah-olah hanya dijadikan tambahan ilmu semata tanpa ada amal yang mengikutinya.

Tentu ini hal yang seharusnya tidak terjadi pada diri seorang muslim yang baik, Sehingga perlu kiranya kita ketahui apa saja yang harus dilakukan agar kita bisa melakukan amal tersebut, dalam pembahasan kali ini, akan lebih menyangkut tentang sedekah.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Hal yang paling utama yang harus menjadi bekal kita tentu ilmu tentang sedekah tersebut. Karena apapun itu, amal tanpa disertai ilmu maka akan salah nantinya, entah dalam langkah-langkahnya, atau dalam niat dan prakteknya.

Sebagaimana telah kita ketahui, sedekah merupakan sebuah perbuatan yang Allah lipat gandakan berkali-lipat lebih banyak. Dalam surat Al-Baqarah dijelaskan kali lipatnya hingga 700 kali atau minimal 10 kali lipat.

Hanya saja, ketika orang mendengar tentang hal ini, dia biasanya hanya bergumam “Ah, itu kan teori saja, kenyataannya kan tidak seperti itu.” Nah, orang-orang seperti ini sejatinya belum paham benar ilmu tentang sedekah, sehingga ucapan yang keluar dari mulutnya seperti itu.

Maka apa sebetulnya yang harus kita tanamkan dalam hati mengenai sedekah dan amal yang lain, agar pengetahuan kita berbuah amal?

Ketahuilah para hadirin sekalian, bahwa uang atau tenaga yang kita sedekah kan adalah investasi kita di akhirat sana. Investasi ini sifatnya abadi disisi-Nya, dan nilai pastinya tidak ada yang tahu, yang jelas besar dan membuat kita nantinya tercengang senang.

Jadi, tanamkan dalam diri anda sekalian bahwa ketika anda bersedekah, sejatinya anda sedang berinvestasi dengan Rabb semesta alam, Allah subhanahu wa ta’ala.

Dzat yang kita berinvestasi kepadanya ini tidak pernah ingkar janji, tidak pernah berbuat dzolim, dan tidak pernah berlaku tidak jujur, maka adakah kerugian yang kita dapatkan apabila berinvestasi kepada-Nya? Orang waras tentu akan menjawab tidak.

Nah, itu yang pertama yang harus di perhatikan, ini tentang mindset atau pola pikir kita.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT,

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah tentang iman atau percaya sepenuhnya terhadap janji yang Allah SWT janjikan dalam Al-Quran.

Perkara keyakinan akan benarnya janji tersebut saya kira sangat penting untuk dilakukan ketika kita akan, sedang dan sesudah beramal.

Ini juga lah yang akan mendorong kita dalam melakukan amal tersebut lebih baik, dan lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Dalam hal ini amalnya adalah sedekah.

Pertanyaannya, sudahkah kita begitu yakin akan kebenaran dengan ilmu yang sudah kita ketahui tentang sedekah tersebut? Atau pengetahuan yang kita tahu hanya menjadi hiasan dalam memori saja.

Maka hal kedua yang harus dilakukan adalah menumbuhkan keyakinan akan keutamaan sedekah disisi Allah SWT, sehingga dari keyakinan yang kita pupuk sedikit-sedikit itu bisa menjadi benteng kita yang kokoh dalam menjalankan amal ini.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT,

Kedua hal diatas kiranya yang perlu untuk mendapatkan perhatian lebih dari kita sebelum melakukan sedekah, agar apa? Agar kita dapat bersedekah secara terus menerus, dan juga semakin percaya akan janji Allah SWT.

Misalnya hasil ari sedekah itu belum terlihat didunia, ketahuilah para hadirin, InsyaAllah di akhirat kita akan memetik buah nya.

Saya kira ini yang perlu saya sampaikan dalam kultum singkat tentang keutamaan sedekah ini, semoga dengan adanya kultum singkat ini bisa diambil manfaat nya oleh hadirin sekalian.

Akhir kata saya mohon maaf apabila ada salah kata maupun pengucapan, karena semua yang benar datangnya dari Allah SWT

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wabarakaatuh

 

Leave a Comment