Pilihan Makanan untuk Kelinci Kesayangan yang Sehat & Bergizi

Jenis Makanan Kelinci – Sahabat berbicara soal makanan kelinci pasti terlintas dibenak adalah wortelkan? Nah, padahal disekitar kita banyak sekali pilihan makanan untuk pakan selain wortel.

Tidak hanya membuat nutrisi kelinci kesayangan kita saja agar terpenuhi, namun memberikan variasi makanan pada kelinci dapat membantu kelinci itu sehat.

Sahabat, bagi kalian yang lagi kebingungan dalam menentukan menu makan pada kelinci kesayangan, berikut daftar jenis makanan kelinci yang sehat menyehatkan dan bisa didapatkan dengan mudah sekali

Jenis Makanan Kelinci Sayuran Hijau

Pakan kelinci yang satu ini juga baik untuk perkembangan kelinci, namun jika dibanding rumput dan hay masih bagusan rumput. Sayuran juga beragam ada yang hijau dan ada yang tidak, semacam wortel. Nah tidak hanya wortel masih ada sayuran yang lain yang baik dan sehat di antara lain:

  • Sayuran hijau kangkung
  • Sayuran sawi
  • Wortel dan daunnya( 30 miligram)
  • Sayuran kubis( 94 miligram)
  • Sayur lobak( 105 miligram)
  • Sayur selada air( 40 miligram)
  • Sayur daun turi
  • Sayur lamtaro
  • Kacang panjang
  • Daun ubi jalar
  • Dll yang berarti tidak memiliki pestisida

Apa khasiat sayuran untuk kelinci? Khasiatnya ada banyak salah satunya bisa menghindari diare, kehilangan cairan tubuh dan penyakit yang lain. Sebagaimana yang telah dibahas dalam postingan, jenis penyakit kelinci dan penyembuhannya.

Baca juga : Jenis Makanan Bebek

Makanan Buatan Pelet

Jenis makanan kelinci yang ketiga ini tidaklah makanan natural alias langsung dari alam. Namun makanan buatan manusia dengan bermacam bahan ramuan yang telah disesuaikan gizi, nutrisi, protein dan seratnya. Walaupun demikian dianjurkan supaya pemberian pakan pelet bila memanglah terpaksa ataupun dibatasi cuma 20%.

Karena kadangkala tekstur dari pelet sangat tidak cocok dengan keadaan sistem pencernaan kelinci. Terlebih lagi sebagian pakan yang dijual di pasar merupakan pakan buatan rumahan yang kualitasnya tidak terjamin. Jadi jika memanglah terpaksa carilah pelet dengan merk populer dengan komposisi yang cocok buat kelinci hias ataupun pedaging.

Pemberian pelet sangat banyak ada di kota- kota besar, bisa jadi sebab kekurangan rumput ataupun malas memakai rumput. So jauhi pemakaian pelet secara berlebih. Bila kelebihan pelet biasanya kelinci akan sering mencret, kehilangan cairan tubuh dan kesimpulannya mati.

Buah- Buahan untuk Kelinci

Pada hakikatnya kelinci tidak makan buah- buahan, walaupun terletak di alam liar. Kenapa? sebab buah- buahan memiliki gula yang berlebih, sehingga tidak sesuai dijadikan makanan pokok untuk sang kelinci. Tetapi bolehlah bila diberikan sesekali selaku kemilan, namun memilih buah yang kandungan gulanya rendah, semacam pisang, nanas, apel, pepaya dan kesemek. Itupun lumayan selaku kemilan saja, bukan selaku makanan pokok.

Minuman Sehat untuk Kelinci

Bila berdialog minuman, nyaris seluruh makhluk bernyawa perlu minum untuk bertahan hidup. Nah begitu juga dengan kelinci, meski ia telah memakan sayuran yang banyak memiliki air, ia senantiasa perlu minum biar tidak kehilangan cairan tubuh. Kemudian apa minuman yang bagus buat kelinci?

Minuman kelinci cuma air putih saja, tetapi lebih baik lagi jika ditambah vitamin spesial yang bisa kamu beli di pet shop. Perhatikan cara memberinya, jangan diletakkan di mangkuk karena umumnya gampang dimasuki debu dan kotoran.

Jenis Makanan Kelinci Supaya Cepat Besar dan Gemuk

  1. Jenis Makanan Kelinci Rumput

Rumput makanan kelinci

Rumput makanan kelinci

Salah satu makanan untuk kelinci yang sangat gampang di miliki merupakan rumput. Rumput merupakan salah satu opsi pakan untuk kelinci yang kaya akan serat dan baik untuk menurtisi kelinci paling utama kelinci yang tengah memiliki maupun menyusui.

Opsi rumput yang baik untuk makanan kelinci antara lain jelis rumput alfafa, timothy, rumput teki, rumput gajah, maupun rumput kering ataupun jerami yang banyak diperjualbelikan selaku makanan kelinci.

Namun, yakinkan rumput yang Toppers bagikan pada kelinci kesayangan leluasa dari pestisida, ya!

  1. Jenis Makanan Kelinci Kangkung

Kangkung Makanan Kelinci

Kangkung Makanan Kelinci

Sayuran merupakan alternatif makanan untuk kelinci yang tidak kalah baik untuk gizi kelinci. Namun, tidak seluruh sayuran bisa Toppers bagikan pada kelinci peliharaan. Salah satu sayur yang disukai kelinci dan juga baik untuk nutrisinya merupakan sayur Kangkung.

Walaupun bergizi, yakinkan Toppers senantiasa membagikan variasikan sayuran pada makanan kelinci untuk membenarkan penyeimbang gizi dan nutrisi kelinci.

  1. Jenis Makanan Kelinci Seledri

Jenis Pakan Kelinci

Jenis Pakan Seledri

Tidak hanya Kangkung, sayuran lain yang bisa Toppers kombinasikan dalam menu makan kelinci kesayangan merupakan seledri. Tidak cuma kaya akan vitamin, seledri juga memiliki banyak nutrisi yang lain yang diperlukan untuk mendukung kesehatan kelinci. Tekstur batang seledri yang renyah juga merupakan salah satu alibi kelinci sangat menggemari sayuran hijau satu ini.

  1. Selada

Pakan Kelinci Selada

Pakan Kelinci Selada

Tidak kalah menyegarkan dan menyehatkan dari sayur- mayur tadinya, ada pula Selada yang bisa jadi opsi untuk makanan sehat kelinci berikutnya. Kaya akan mineral dan vitamin, selada bisa Toppers variasikan bersama seledri, kangkung, maupun makanan kelinci yang lain untuk memperkaya konsumsi gizi kelinci kesayangan.

  1. Buah Pepaya

Jenis Makanan Kelinci Pepaya

Jenis Makanan Kelinci Pepaya

Tidak hanya sayur- mayur, buah- buahan merupakan opsi makanan untuk kelinci yang juga menyehatkan. Salah satu buah- buahan yang bisa Toppers bagikan pada kelinci merupakan pepaya. Kaya serat dan vitamin, buah pepaya tidak hanya gampang didapatkan namun juga baik untuk pencernaan kelinci.

  1. Buah Apel

Jenis Makanan Kelinci Apel

Jenis Makanan Kelinci Apel

Apel merupakan buah- buahan lain yang juga disukai oleh kelinci. Untuk memenuhi konsumsi vitamin kelinci, Toppers bisa tambahkan potongan buah apel baik apel hijau maupun apel merah pada menu makanan kelinci. Namun, yakinkan apel yang Toppers bagikan dalam kondisi fresh dan leluasa dari pestisida supaya kelinci malah tidak terkena kendala kesehatan.

  1. Tomat

Jenis Makanan Kelinci Tomat

Jenis Makanan Kelinci Tomat

Tomat merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan juga antioksidan yang tidak hanya baik untuk melindungi kesehatan dan energi tahan kelinci, namun juga bisa menolong tumbuh kembang kelinci yang masih kanak- kanak. Jadi, untuk kelinci kalian yang masih kecil, tidak ada salahnya tambahkan suatu tomat dalam menu makan kelinci tiap harinya.

  1. Kol

Pakan Kelinci Kol

Pakan Kelinci Kol

Alternatif makanan untuk kelinci berikutnya yang kalah sehat dan juga digemari kelinci merupakan kol, ataupun yang sering juga diketahui dengan nama kubis. Baik kubis hijau ataupun kubis ungu, kedua sayuran ini bisa Toppers peruntukan alterasi menu makan supaya sang kelinci tidak bosan dengan menu makanan yang itu- itu saja.

Baca juga : Jenis Makanan Jangkrik

  1. Jagung dan Biji- bijian lainnya

Tidak hanya sayur- mayur dan buah- buahan, biji- bijian semacam jagung juga bisa jadi alternatif opsi untuk makanan kelinci, lho. Tidak hanya jagung, kacang- kacangan juga bisa diberikan selaku makanan pada kelinci. Namun, yakinkan kacang- kacangan tersebut dihaluskan terlebih dulu supaya lebih gampang dimakan kelinci, ya.

Kaya akan kalori dan bermacam nutrisi yang lain, pemberian pakan jenis ini haruslah Toppers batasi supaya kelinci tidak jadi kegemukan.

  1. Brokoli

Pakan Kelinci Brokoli

Pakan Kelinci Brokoli

Satu lagi makanan kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kelinci merupakan sayur brokoli. Tidak hanya menyehatkan, brokoli sendiri tercantum salah satu opsi sayur yang bisa Toppers peruntukan menu makanan pada kelinci bersama sayur- mayur yang lain. Serat pada brokoli ini juga bisa menolong memperlancar sistem pencernaan pada kelinci.

  1. Ubi Jalar

Pakan Kelinci Ubi Jalar

Pakan Kelinci Ubi Jalar

Umbi- umbian memanglah salah satu opsi makanan kesukaan kelinci. Tidak hanya wortel, umbi- umbian yang lain yang bisa Toppers peruntukan makanan untuk kelinci kesayangan merupakan Ubi Jalar. Memiliki kalori dan serat yang besar dan macam vitamin dan mineral, makanan untuk kelinci satu ini dipercaya sanggup berfungsi selaku obat untuk kelinci yang tengah wasir dan menolong meresap lemak dan kolesterol pada kelinci.

Jadikanlah ubi jalar selaku menu mingguan untuk membagikan alterasi makanan pada kelinci kesayanganmu.

  1. Jenis Makanan Kelinci Wortel

Pakan Kelinci Wortel

Pakan Kelinci Wortel

Opsi makanan untuk kelinci yang terakhir pasti saja wortel. Kesukaan kelinci pada makanan satu ini tidaklah mitos belaka sebab kelinci memanglah sangat menggemari umbi- umbian satu ini. Tidak hanya disukai, konsumsi wortel nyatanya juga baik untuk kesehatan kelinci sebab isi gizi yang dimilikinya.