Jenis Pakan Bebek Agar Cepat Besar dan Gemuk

Jenis Makanan Bebek – Bebek merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dimanfaatkan baik daging ataupun telurnya. Maka banyak kita temui peternak baik bebek pedaging ataupun bebek petelur.

Bukan cuma daging dan telurnya saja, apalagi banyak juga yang menggunakan bulu untuk dijadikan selaku kerajinan hingga kotoran yang umumnya di peruntukan selaku pupuk.

Daging bebek sendiri banyak di manfaatkan manusia, maka tidak tidak sering kita temui banyak warung makan baik di pinggir jalur ataupun warung makan yang biasa memakai selaku menu andalan sebab daging yang memiliki vitamin dan gizi.

Dengan begitu dapat kita simpulkan kalau bebek merupakan unggas yang memiliki nilai ekonomi yang besar. Terlebih dilihat dari segi pemeliharaan yang lumayan gampang banyak sekarang yang melirik untuk berbisnis bebek.

Tetapi meemelihara bebek tidak lepas dari perawatan. Salah satu perawatan yang tidak boleh di anggap sepele merupakan pemberian pakan sebab pada dasarnya bebek dengan mutu bagus juga membutuhkan pakan yang bergizi.

Oleh karena itu kali ini kita akan mangulas tentan santapan pakan bebek yang biasa di pakai dengan gizi dan bbisa membuat bebek kilat besar. Berikut ulasanya.

Pakan Bebek Petelur

Jenis Makanan Bebek

Jenis Makanan Bebek Petelur

Jenis bebek dibagi jadi 2 ialah bebek petelur dan bebek pedaging, nah pemberian vitamin dan santapan dari keduanya juga agak berbeda yang mana telah kita tahu fokus budidayanya juga berbeda. Nah berikut ini pakan bebek petelur yang baik supaya produktivitas dari bebek senantiasa terpelihara.

  1. Pakan Sumber Energi

Pakan jenis ini memanglah sangat di perlukan untuk produktivitas bebek petelur. Diantar jenis nya merupakan jagung kuning yang telah di giling, bekatul, gandum, biji bijian dan sourgum.

Dari sebagian jenis pakan tersebut sangat berarti sebab dapat menciptakan tenaga yang baik untuk bebek.

Bila kalian bertanya mengapa tenaga di butuhkan? jawabanya sebab bebek beraktifitas dan tenaga yang sangat banyak digunakan merupakan dikala bebek bertelur, bermain, dan kegiatan lainya.

Tidak hanya itu yang terutama merupakan selaku penunjang penciptaan telur yang dihasilkan. Berikut ini merupakan jenisnya.

  • Sorgum
  • Jagung kUning
  • Singkong
  • Dedak Padi
  • Polar
  • Tepung Roti
  • Minyak CPO
  1. Pakan Selaku Sumber Protein

Jenis pakan yang memiliki protein untuk bebek petelur sendiri lumayan gampang untuk didapatan sebab banyak diperjualkan di pasaran. Ada pula jenisnya merupakan:

  • Bangkil kedelai
  • Corn Gluten Meal
  • Tepung Ikan
  • Bungkil Kelapa
  • Bungkil Kacang Tanah
  • Tepung Daging dan Tulang
  • Konsentratt
  1. Pakan Selaku Sumber Mineral

Yang butuh dikenal dan dimengerti merupakan kala membagikan pakan yang memiliki sumber mineral merupakan tidak sangat banyak dan wajib di batasi.

Dikala ini banyak jenis yang terdapat di pasaran ialah Voer yang cocok cocok dengan jenis bebek yang dipelihara. Kalian dapat mencari dipasaran.

Tetapi bila kalian cuma mengandalkan voer saja maka bayaran yang diperlukan pastinya akan sangat banyak dan terbilang boros.

Tetapi terdapat cara yang tidak membuat boros dan terbilang lebih efektif merupakan dengan jenis bahan pakan yang memiliki isi gizi seimbag supaya mineral tidak kekurangan.

Perihal semacam itu sangat berarti supaya produktivitas pada bebek petelur dapat bagus. Ada pula jenis pakan bebek yang memiliki mineral merupakan:

  • Sumber mineral Ca dan P
  • Sumber Mineral Na dan CI
  • Sumber Trace Mineral

Pakan Bebek Pedaging

Mengetaui jenis pakan bebek yang membuat peertumbuhan kilat merupakan perihal yang sangat berarti untuk dikenal.

Berbeda dengan pakan bebek petelur, pakan bebek pedaging memiliki tantangan tertentu sebab modal yang diperlukan lumayan membuat was was.

Perlu diketahui bersama bahwasannya bebek pedaging sendiri bila di beri makan sembarangan pastinya akan pengaruhi raga dan kesehatan dari bebek dan siap siap untuk merugi lo sahabat.

Oleh sebab itu berikut ini jenis santapan bebek petelur yang dapat digunakan selaku berikut.

  1. Bahan pakan Sumber Energi

Perihal yang butuh dicermati merupakan tenaga yang di miliiki oleh bebek pedaging. Dengan tenaga yang baik pastinya kesehatan dari bebek juga akan terpelihara.

Bahan pakan yang memiliki sumber tenaga ini mempunyau isi yang lumayan besar yang mana biassanya berasal dari bahan pakan natural dengan biji bijin ataupun limbah pengolahan biji.

Berikut ini merupakan jenisnya:

  • Sorgum
  • Jagung Kuning
  • Singkong
  • Dedak
  • Polar
  • Tepung Roti
  • Minyak
  1. Bahan Pakan Bebek Sumber Protein

Berikutnya untuk pakan yang bagus merupakan santapan yang memiliki protein. Bahan santapan yang memiliki ini umumnya berasal dari hewan( hewani) dan tanaman( nabati). Adapaun bahan terdiri dari:

  • Bangkil kedelai
  • CGM
  • Tepung ikan
  • Bungkil Kelapa
  • Bungkil Kacang tanah
  • Konsentrat
  1. Bahan Santapan Memiliki Mineral

Ada pula jenis bahan sumber mineral terdiri dari 2 jenis ialah natural( organik) dan anorganik. Ada pula bahan yang terdiri dari alam antara lain:

  • Kapur
  • Tepung tulang
  • Tepung karang
  • Garam

Tidak hanya itu bahan anorganik terdiri dari:

  • Dicalcium
  • Phosphate( DCP)
  • Potasium klorida
  • Sodium fosfat
  • Magnesium oksida
  1. Bahan Pakan Memiliki Vitamin

Bebek memerlukan santapan yang memiliki sumber vitamin dan protein semacam tepung ikan, bungkil kedelai, dan jagung.

Tidak hanya itu bebek juga memerlukan bahan akan yang memiliki vitamin larut dalam lemak( A, D, E dan K) seperit( tiamin, riboflavin, pantotenat, niasin, piridoksin, falosin, sianakobalamin, dan kolin)

Resep Pakan Untuk Bebek Petelur

Jenis Makanan Bebek Petelur

Formula Makanan Bebek Petelur

Dalam pemberian makan pada bebek petelur peternak dapat meracik santapan dengan resep sendiri yang terutama baik untuk bebek dan tidak membahayakan perkembangan dari bebek.

Tiap jenis bebek pastinya pemberian formulanya berbeda beda, dengan resep petelur sendiri dan resep untuk pedaging juga sendiri.

Yang butuh di perhatikan merupakan nutrisi pada tiap perkembangan bebek. Tidak langsung membuat resep tetapi perhatikan dahulu nutrisinya.

Tidak hanya itu bila kalian kesusahan membuat pakan sendiri, kalian juga dapat menggunakan pakan yang telah jadi ataupun pakan pabrikan.

Ada pula panduan untuk membuat resep pakan adalah

  1. Tentukan bebek yang akan di beri makan
  2. Tentunkan kebutuhan nutrisi dari bebek
  3. Tentukan bahan pakan yang mau digunakan semacam protein, mineral, tenaga ataupun vitamin
  4. Sesuakan kandungan nutrien pakan
  5. Pertimbagkan isi serat agresif dari bahan yang telah di sediakan

Bebek petelur sendiri umumnya telah dapat bertelur diumur ke 6 bulan. Tidak hanya itu bebek akan menyesuakan terlebih dulu tidak senantiasa tiap hari menghasilkan telur.

Cara Membuat Bahan Pakan Bebek Pedaging

Cara Membuat Pakan Bebek

Cara Membuat Pakan Bebek

Tidak hanya jenis pakan yang telah aku jelaskan di atas, peternak dapat membuat resep pakan untuk bebek pedaging dengan sendir.

Triknya semacam apa? triknya merupakan dengan mengombinasikan sebagian bahan alternatif yang telah kita bahas di atas dengan menyesuakan kebutuhan gizi pada bebek.

Untuk bbebek yang masih berusia 21 tahun dapat diberikan pakan voer ataupun pakan pabrik lainya yang di bagikan secara teratur supaya bebek senantiasa bertumbuh dengan layak.

Nah untuk bebek yang masih anakan hendaknya jangan diberi pakan dengan jenis rasum. Sebab pencernaan pada anakan bebek belum kokoh dan tidak siap bila diberikan pakan jenis rasum sebab memiliki tekstur yang agresif.

Jenis Makanan Bebek Supaya Cepat Besar & Gemuk

Jenis Makanan Bebek

Jenis Makanan Bebek

Para peternak bebek pastinya menginginkan supaya bebek yang mereka ternak dapat bertumbuh dengan sehat dan kilat besar. Perihal tersebut supaya nantinya penjualan capat juga harga besar. Berikut ini merupakan jenis santapan bebek supaya kilat besar yang dapat digunakan.

Makanan Bebek Ampas Tahu

Ampas ketahui merupakan limbah bubur kedelai yaang umumnya tidak digunakan dikala membuat ketahui.

Ampas ketahui sendiri tidak susah untuk memperoleh. Sebab kamu dapat mencari di pabrik pembuatan ketahui ataupun warung warung yang menjual ampas ketahui.

Tidak hanya gampang didapatkan, bahan santapan bebek ini juga memiliki kandunga protein yang besar sehingga sangat bagus untuk pakan bebek dan pendukung perkembangan dari bebek.

Tetapi penggunaannya juga wajib di perhhatikan, jangan hingga berikan makan mayoritas. Kamu dapat membagikan ampas ketahui yaang telah dikeringkan dengan ditambahkaan dengan air dengan kandungan 13 persen.

Makanan Bebek Onggok

Jenis pakan bebek yang satu ini merupakan bahan limbah dari pengolahan singkong. Tidak hanya ampas ketahui jenis santapan ini juga sangat baik untuk perkembangan bebek sebab memiliki kandunga serat besar.

Tetapi butuh dicermati dikala membagikan santapan ini sebab bila mayoritas akan membuat bebek diare.

Jagung Ataupun Dedak

Jenis santapan ini sangat berguna untuk bebek sebab memiliki protein dan dipercaya selaku sumber tenaga untuk bebek. Bagikan jenis pakan ini dengan berkala supaya kesehatan dari bebek senantiasa terpelihara.

Tepung Ikan, Tepung Bekicot dan Tepung Keong

Tepung ikan merupakan sumber protein sangat bagus untuk bebek. Sebab tepung ini memiliki isi asam amino lisin dan metionin yang sangat bagus untuk jenis hewan ini.

Tetapi yang butuh kamu tahu merupakan daging bebek akan terasa amis bila pemberian makan sangat banyak. Maka dari itu kamu dapat memakai tepung bekicot ataupun tepung keong selaku alternatif untuk pakan bebek.

Sorgum

Sorgum merupakan jenis santapan yang isi didalamnya sama semacam jagung. Tetapi untuk diIndonesia memakai pakan jenis ini kurang pas, sebab produksinya cuma terdapat di sebagian tempat saja. Berebda dengan bahan lainya yag nyaris seluruh tempat terdapat.

Jenis Makanan Bebek Polar

Untuk kamu yang belum mengetaui tentang jenis santapan ini merupakan hasil dari limbah penggilingan gandum menjau terigu.

Tepung roti yang berasal dari roti afkir yang mana telah tidak disantap lagi yang memanglah terbuat jadi polar dan dikhususkan untuk santapan bebek.

Tetapi butuh kalian tahu untuk membagikan polar sendiri senantiasa berhati– hati. Jangan hingga membagikan roti yang telah terkontaminasi oleh jamur.

Bungkil Kedelai

Bungkil Kedelai

Jenis Makanan Bebek

Bangkil kedelai merupakan santapan bebek yang berasal dari limbah pengolahan minyak kedelai yang merupakan salah satu saran untuk membuat bebek kilat bertumbuh besar.

Ampas Tempe

Ampas tempe

Jenis Makanan Bebek

Nah tidak hanya ampas ketahui yang telah kita bahas di dini terdapat juga ampas tempe yang dapat kamu peruntukan saran untuk pakan bebek supaya kilat besar.

Jenis pakan ini jadi idaman para peternak, tidak hanya tidak susah untuk mencari juga terkategori murah dan memiliki kemampuan bagus untuk bebek peliharaan kamu.

Takaran Pakan Bebek

Pemberian pakan pastinya memiliki takaran sendiri, baik bebek peternak ataupun bebek pedaging. Dengan takaran pastinya akan membaut pengeluaran terus menjadi tertata dan bebekpun akan terpelihara untuk makananya.

Paling tidak pakan bebek diberikan 2 kali satu hari dapat siang malah ataupun pagi sore. Tetapi tidak salah bila mau membagikan makan 3 kali satu hari dan tentu hasilnya akan lebih bagus.

Yang butuh kalian tahu merupakan tiap tempat pemberian jatah makan berbeda beda, bergantung temperatur yang terdapat di tempat.

Berkut ini akan kit sajika tabel yang dapat di peruntukan ssebagai acuan untuk peemberian makan bebek.

Nah demikian tadi sebagian ulasan menimpa santapan bebek ataupun pakan bebek yang dapat kalian tahu.

Semacam halnya makhluk hidup lainya bebek membutuhkan pakan ataupun santapan yang bermutu yang akan menunjang pertumbuhanya.

Harga Pakan Bebek Update Terbaru 2021

Bahan baku pakan bebek ialah :

1. Tepung ikan
2. Bungkil kedelai
3. Bungkil kelapa
4. Tepung daging dan tulang
5. Pecahan gandum
6. Bungkil kacang tanah
7. Canola
8. Tepung daun
9. Vitamin
10. Calcium Fosfat
11. Dan Trace Mineral.

Harga : Rp. 380.000,- /Kg

Mudah- mudahan postingan di atas berguna dan dapat menolong meningkatkan usaha kamu.

Baca juga : Jenis Makanan Jangkrik