1001+ Jenis Ikan Air Payau yang Bagus Disantap dan Dipelihara

Jenis ikan air payau dapat kita temukan di perairan payau dimana keadaan semacam ini banyak ditemui di wilayah muara.

Air payau ialah kombinasi antara air laut( asin) dengan air tawar. Pada wilayah berair payau air akan terasa lebih asin dari pada air tawar, tetapi tidak seasin air laut.

Kandungan garam yang tercantum dalam 1 liter air dekat 0, 5– 30 gr, bila lebih asin dari itu maka tercantum air laut.

Banyak varietas ikan yang hidup di perairan payau. Mulai dari ikan yang biasa kita mengkonsumsi sampai ikan- ikan menawan yang dapat menghiasi akuarium pecinta ikan.

Butuh dicermati dikala akan memelihara jenis ikan air payau dalam akuarium ataupun kolam merupakan salinitas ataupun kandungan garam.

Jenis Ikan Air Payau

Jenis Ikan Air Payau

Jenis Ikan Air Payau

Terdapat sebagian spesies ikan air payau yang biasa disantap ataupun dipelihara sebagai ikan hias. Sebagian di antara lain juga sanggup hidup di air tawar semacam patin, bawal, mujair, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami sediakan jenis ikan air payau yang diminati entah untuk dimakan maupun sebagai ikan akuarium.

Jenis Ikan Air Payau yang Dikonsumsi

Ikan Patin

Jenis Ikan Air Payau Patin

Jenis Ikan Air Payau Patin

Daging ikan patin lumayan banyak untuk dibudidayakan sebagai ikan mengkonsumsi. Mereka berasal dari perairan air payau.

Mereka tercantum jenis ikan berkumis walaupun tidak sepanjang ikan lele.

Ikan Bandeng

Jenis Ikan Air Payau Bandeng

Jenis Ikan Air Payau Bandeng

Salah satu jenis ikan air payau yang sangat banyak disantap. Walaupun berduri banyak tetapi isi gizi ikan bandeng juga bagus.

Ikan ini kaya akan lemak baik dan protein. Tidak mempunyai gigi, bermulut kecil dnegan sisik bercorak perak.

Daging ikan bandeng bercorak putih dengan serat yang halus. Sangat sesuai untuk dihidangkan dalam wujud presto sebab durinya yang banyak.

Ikan Belanak

Jenis Ikan Air Payau Belanak

Jenis Ikan Air Payau Belanak

Di Indonesia budidaya ikan air payau yang satu ini baru terkenal di pulau Jawa dan Kalimantan. Dalam bahasa inggris ikan ini kerap diucap dengan mullet.

Sebagian spesies mullet juga terdapat yang hidup di perairan laut. Mereka banyak tersebar di perairan wilayah tropis dan subtropis.

Ikan Kakap Putih

Ikan Kakap Putih

Ikan Kakap Putih

Pada dasarnya ikan kakap sendiri mempunyai jenis yang berbagai macam semacam kakap merah, kakap bakau, kakap merah sejati, kakap putih, dan sebagainya.

Nah seluruh jenis kakap tersebut tinggal tinggal di ekosistem air payau, paling utama di tepi laut mangrove, sungai jernih, dan tepi laut yang berkarang.

Mereka bisa bertahan hidup dengan memangsa ikan yang berdimensi kecil dan juga udang- udangan. Ikan kakap diketahui dengan cita rasanya yang lezat tidak terkecuali juga dengan ikan kakap putih.

Dalam bahasa latin ikan kakap putih diucap dengan nama lates calcarifer, sebaliknya di golongan angler kakap putih diketahui dengan istilah barramundi, giant perch, palmer perch, nile perch, dan ikan gelam.

Ikan Kerapu

Ikan Kerapu

Ikan Kerapu

Berikutnya jenis ikan air payau yang universal disantap merupakan kerapu. Banyak orang barangkali telah sempat mendengar nama ikan kerapu walaupun terdapat yang belum mengidentifikasi gimana wujudnya.

Diketahui sebab rasanya yang lezat, sayangnya akhir- akhir ini jenis ikan ini lumayan sangat jarang di pasaran dan membuat biayanya juga melambung besar.

Jenis kerapu sendiri beragam, terdapat yang diucap dengan kerapu lumpur, juga kerapu berbagai, dan kerapu bebek. Seluruhnya mempunyai rasa daging yang lezat untuk dimakan.

Mujair

Jenis Ikan Air Payau Mujair

Jenis Ikan Air Payau Mujair

Semacam yang sudah disinggung di atas kalau ada sebagian jenis ikan air payau yang dapat juga hidup di perairan yang tawar, salah satunya merupakan mujair.

Mujair dikala ini banyak yang dibudidayakan di air payau, perihal disebabkan bertambahnya pengetahuan dan pengalaman sahabat yang bahagia bereksperimen.

Jenis Ikan Air Payau Hias

Ikan Puff

Jenis Ikan Air Payau Ikan Puff

Jenis Ikan Air Payau Ikan Puff

Ikan puff ataupun ikan fugu ataupun ikan buntal ialah salah satu jenis ikan air payau yang hidup di muara sungai dekat pesisir.

Sebagian spesies dari jenis ikan ini juga terdapat yang hidup di perairan laut.

Ikan yang satu ini biasa dijadikan ikan hias sebab dagingnya beracun sehingga tidak dianjurkan untuk disantap.

Ukurannya lumayan besar dibandingkan ikan hias akuarium pada biasanya.

Walaupun lumayan besar untuk akuarium ikan jenis ini senantiasa sesuai ditempatkan di tempat yang dapat nampak.

Ikan buntal mempunyai karakteristik khas yang betul- betul berbeda dengan jenis ikan yang lain. Badannya akan mengembang jadi wujud bundar dan dipadati oleh duri bila mereka merasa terancam.

Sebab keunikannya, ikan buntal sempat jadi kepribadian dalam serial kartun. Lumayan menarik bukan ikan yang satu ini.

Sayang oh sayang ikan buntal tidak dianjurkan untuk disantap sebab ada toksin di dalam dagingnya, walaupun di sebagian wilayah ikan ini bisa disantap dengan pengolahan yang pas.

Jika sahabat mau mencari habitat ikan buntal, coba untuk menjumpainya di muara sungai yang dekat dengan pesisir.

Ikan Kiper

Jenis Ikan Air Payau Ikan Kiper

Jenis Ikan Air Payau Ikan Kiper

Mempunyai nama ilmiah Scatophagus argus, kerap diucap juga ikan berbintik sebab coraknya. Mereka mayoritas mempunyai warna dasar hijau ataupun rubu, sampai merah dengan corak bercak- bercak.

Kerap dipelihara didalam akuarium untuk memakan sisa- sisa alga ataupun lumut. Banyak tersebar di perairan Indo- Pasifik sampai Jepang, Papua, dan Australia.

Ikan Terapon Jarbua

Kerap diucap juga dengan ikan kerong- kerong ataupun ikan sasaran sebab corak mereka yang semacam papan sasaran.

Corak tersebut akan lebih jelas nampak bila dilihat dari atas, sebab corak ini juga yang menjadikan ikan sasaran sebagai salah satu ikan hias.

Di habitat aslinya di perairan air payau mereka dapat mempunyai dimensi sampai 36 centimeter. lumayan besar memanglah untuk ditaruh didalam akuarium.

Jenis ikan sasaran yang saat ini banyak dipelihara telah banyak direkayasa supaya mempunyai separuh dimensi dari yang hidup di alam liar.

Ikan Penyumpit

Ikan Penyumpit

Ikan Penyumpit

Untuk sahabat yang berminat untuk memelihara ikan hias air payau, barangkali ikan penyumpit dapat jadi salah satu pilihannya.

Ikan yang juga diketahui dengan nama ikan pemanah mempunyai keahlian mencari mangsa yang lumayan unik, ialah dengan menyemburkan air dari mulutnya.

Mereka dapat dengan gampang ditemui pada perairan hutan bakau yang ada banyak serangga, karena jenis ikan ini memangsa serangga yang berdimensi kecil.

Ikan Mono

Mempunyai wujud badan yang tidak kalah mempesona dan unik, ialah semacam layang- layang pipih bercorak putih mutiara, dan memiliki sirip dan ekor yang bercorak kuning.

Perpaduan warna yang elok dan melegakan siapapun yang memandangnya. Ikan yang hidup di habitat air payau ini nampak bagus untuk dijadikan ikan hias di rumah.

Ikan Goby

Ikan Goby

Ikan Goby

Jenis ikan yang satu ini akan nampak menawan menggemaskan bila diletakkan di akuarium rumahmu.

Wujud badannya yang semacam torpedo, dan rupanya yang indah betul- betul berperan sebagai ikan hias yang nikmat ditatap mata.

Keunggulan yang lain yang dipunyai ikan goby merupakan karakteristiknya yang sedikit pendiam dan tidak bahagia mengusik, sehingga sesuai untuk disandingkan dengan ikan hias yang lain walaupun dalam satu akuarium.

Pada biasanya jenis ikan goby memanglah tinggal di perairan yang payau, namun banyak pula dari mereka yang mendiami lautan.

Cara Menambak Ikan Air Payau

Ada juga cara menambak ikan air masin sangat berbeda- beda bergantung jenis ikannya.

Tetapi terdapat sebagian perihal universal yang mesti Kamu perhatikan. Antara lain selaku berikut:

Memilah Posisi Terbaik

Untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan air dan penggantiannya, yakinkan Kamu memilah posisi yang dekat dengan sumber air masin ataupun air asin. Muara ataupun tepi laut ialah posisi terbaik untuk kolam tambak air masin.

Membuat Kolam

Sesuaikan kolam tambak dengan modal yang ada dan perencanaan bisnis Kamu. Bila bernazar untuk menambak dalam jangka panjang, Kamu dapat membuat kolam permanen dengan cara mencor tanah. Tetapi bila mau semi permanen, Kamu dapat memakai terpal ataupun plastic.

Tidak terdapat syarat baku soal luas kolam sempurna. Tetapi untuk kedalamannya, hendaknya 1, 5 m sehingga Kamu dapat mengisinya dengan air setinggi 1 m.

Siapkan Air

Pertama- tama, isi air setinggi 15- 30 centimeter. Saat sebelum memasukkan bibit ikan, Kamu butuh mengisi air dengan mikro organisme berarti supaya ikan dapat tumbuh dengan baik. Bahan- bahan yang wajib ditambahkan merupakan cairan EM 4, pupuk organik cair, dan pupuk NPK. Kemudian perkenankan air tersebut sepanjang 1 minggu.

Tanam Bibit Ikan

Sehabis air bercorak kehijauan, hingga bibit ikan siap dimasukkan ke kolam. Ikan jangan langsung diberi makan. Tunggu hingga 24 jam, barulah Kamu dapat membagikan pakan.

Makanan ikan Payau

Pada bulan awal, ikan lumayan diberi makan 5% dari berat tubuhnya per hari. Pada bulan selanjutnya, jumlah pakan dapat dikurangi jadi 4% berat ikan. Pertahankan di bulan ketiga. Kemudian pada bulan keempat, pakan dikurangi lagi jadi 3%.

Menjaga Perputaran Air

Jalani pengkinciran dikala bibit berumur 2 minggu. Jalani perihal ini sebanyak 2 kali satu hari supaya perputaran air dan oksigen berjalan baik.

Menjaga Tingkatan Mutu Air

Ubah air tiap 3 ataupun 4 minggu sekali. Perihal ini untuk menjaga tingkatan pH air yang kadangkala berganti akibat tercampur dengan air hujan.

Menghindari Penyakit

Penyakit pada ikan akan dapat dihindari dengan menjaga perputaran, mutu, dan kebersihan air. Tidak hanya itu, Kamu juga dapat melarutkan cairan EM4 untuk membatasi perkembangan organisme jahat yang merugikan.

Memanen Ikan

Keunggulan tambak ikan air masin merupakan masa pemeliharaannya yang pendek. Dalam 4 bulan saja, Kamu telah dapat memanen ikan berusia dan menjualnya ke pasaran.

Pengolahan Kolam Pasca Panen

Sehabis panen, kuras kolam hingga bersih dan biarkan 1 minggu penuh. Perihal ini untuk membenarkan tidak ada patogen penyakit yang melekat di kolam. Sehabis itu, barulah kolam Kamu siap diisi bibit ikan baru.

Selamat menambak!

Baca juga : Gambar Sketsa Ikan