FUNGSI PERGELANGAN TANGAN PADA MANUSIA

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan – Tulang adalah tulang yang berada pada daerah pergelangan tangan dan siku serta memiliki otot-otot untuk menggerakan tangan.

Tulang Pergelangan Tangan termasuk kedalam jenis tulang pendek atau Carpal. Sesuai dengan namanya, tulang ini berbentuk bulat dan pendek.

Contohnya yaitu pada tulang pergelangan tangan, tulang pendek juga terdapat pada tulang pergelangan kaki dan ruas-ruas tulang belakang.

Pergelangan tangan terdiri dari 8 tulang pendek termasuk jenis tulang yang keras. Tulang pergelangan tangan terbentuk dari sel tulang, mempunyai Saluran Havers yang berisi Pembuluh Darah.

Tulang dalam tubuh manusia memiliki peran dalam menggerakkan apa yang kita lakukan setiap hari. Tulang Pergelangan Tangan merupakan salah satu tulang yang sering kita gunakan sehari-hari.

Tahukah kalian ? Dalam tbuh manusia, terdiri dari 206 susunan tulang yang membentuk kerangka tubuh manusia. Rangka tubuh Terdiri dari beberapa jenis tulang yang mempunyai peran dan bentuk yang berbeda dalam menjalankan kerja tubuh.

Fungsi dari Tulang Pergelangan Tangan bukan hanya sekedar mendukung pergerakan tangan dalam berolahraga, mengetik dan yang lain sebagainya.

Akan tetapi masih banyak fungsi yang lainnya, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Baca juga : Fungsi Tulang Pengumpil

Penyusun Tulang Pergelangan Tangan

Penyusun Tulang Pergelangan Tangan

Penyusun Tulang Pergelangan Tangan/ Sumber Image: doktersehat.com

Tulang Pergelangan Tangan terdiri dari 8 tulang, sehingga menyambung dengan Tulang Ulna (Tulang Hasta) dan Radius (Tulang Pengumpil).

Untuk mengetahui lebih detail tentang letak penyusunan Tulang Pergelangan Tangan, berikut ini penjelasannya :

  1. Lunatum terletak pada bagian tengah dari baris Karpal Proksimal.
  2. Hamate (Hamatum) terletak pada batas Ulna dari baris melintang Distal
  3. Pisiformis (Pisiforme) terletak pada bagian terakhir barisan Proksimal yang menandai batas Ulna.
  4. Skafoid (Schapoideum), yaitu terletak pada batasan Radial dan berada pada Sisi Lateral Ibu Jari.
  5. Trikuetrum (Triguetrum) adalah tulang Piramidal yang terletak pada bagian tengah baris Proksimal.
  6. Trapezium (Trapezium) terletak diatas Skafoid sehingga membentuk batas Radial dari garis melintang Distal.
  7. Trapezoid (trapezoideum) terletak diantara Trapezium dan Kapitatum Tulang Karpal.
  8. Capitate (Capitatum) terletak pada daerah pusat tulang pergelangan tangan sering disebut sebagai pergelangan tangan.

Baca juga : Fungsi Tulang Atas

Fungsi dari Tulang Pergelangan Tangan

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Apa saja fungsi dari Tulang Pergelangan Tangan ?

Fungsi dari Tulang Pergelangan Tangan yang lebih utama adalah untuk menunjang tangan untuk bergerak, akan  tetapi perlu diketahui fungsi dari Pergelangan Tangan lainnya. Berikut ini 4 fungsi pergelangan tangan :

  • Membantu Pergerakan Pergelangan Tangan

Berfungsi sebagai pergerakkan pergelangan tangan. Pada pergelangan tangan terdapat sedi pelana, yaitu yang digunakan untuk memutarkan ke segala arah,yaitu baik dari depan, belakang, maupun ke samping kanan maupun kiri, baik ke bawah maupun ke atas, serta memutar.

Pergerakan pergelangan tangan membentuk gerak kearah vertikal yaitu fleksi dan ekstensi. Fleksi adalah gerakan pergelangan tangan ke bawah dan ekstensi adalah gerakan ke belakang pergelangan tangan.

  • Membantu Pergerakan Jari-Jari Tangan

Tidak hanya membantu pergerakan pergelangan tangan, fungsi tulang pergelangan tangan juga ikut mendukung jari-jari tangan untuk bergerak.

Pergelangan Tangan mendukung untuk pergerakan jari jempol dan jari – jemari lainnya, agar bisa bergerak ke segala penjuru arah.

  • Penghubung Tulang Lengan Bawah dengan Tulang Jari – Jemari

Fungsi Pergelangan Tangan selanjutnya yaitu sebagai perantara antara Tulang Jari – Jemari dengan Tulang Lengan Bawah, yaitu yang terdiri dari Tulang Hasta dan Tulang Pengumpil.

Struktur penyusunan Pergelangan Tangan terdiri dari Tulang Pendek dan yang memiliki bentuk bulat sehingga membentuk carpal dan mampu menghubungkan tulang jari dengan tulang lengan bawah.

  • Tempat Melekatnya Jaringan-Jaringan Tubuh pada Tangan

Fungsi selanjutnya adalah sebagai tempat menempelnya otot serta jaringan-jaringan halus, contohnya Tendon, Saraf, Pembuluh Darah, dan Ligamen.

Jaringan – jaringan tersebut berfungsi sebagai pembantu pergerakan, sensasi, serta penyebaran nutrisi ke tangan. Selain itu Otot yang mengikat pada tangan menjadi sensor – sensor gerak agar mudah untuk aktivitas kita.

Terdapat 2 jenis otot yang ada pada Pergelangan Tangan yaitu Otot Ekstensor dan Otot Fleksor. 2 jenis otot inilah yang menyebabkan terjadinya berbagai gerak yang dibantu oleh Sendi Kaku dan Sendi Pelana pada bagian Pergelangan Tangan.

Baca juga : Fungsi Tulang Paha

Gangguan yang terjadi Pada Fungsi Pergelangan Tangan

Gangguan Pada Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Gangguan Pada Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tulang Pergelangan Tangan sering dimanfaatkan dan karena itu sangat sensitif saat mengalami cedera atau gangguan. Gangguan pada fungsi Pergelangan Tangan bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Keretakan pada tulang pergelangan tangan

Cedera yang berupa keretakan pada tulang pergelangan tangan merupakan gangguan yang paling umum terjadi.

Keretakan terjadi karena adanya tekanan atau pukulan yang keras pada tulang pergelangan tangan, seperti karena kecelakaan, dan lain sebagainya.

Kita bisa mengalami keretakan pada Pergelangan Tangan dikarenakan jatuh dengan posisi lengan yang terlentang. Keretakan yang terjadi akibat jatuh semakin meningkat bila Anda memiliki gangguan tulang atau Osteoporosis.

Cedara ini bisa dialami ketika jatuh atau kecelakaan yang disebabkan karena Tulang Skafoid,yaitu pada pergelangan tangan mengalami fraktur (patah atau retak).

Patah tulang Skafoid juga menyebabkan gejala klinis seperti rasa sakit dan pembengkakan pada daerah yang dikenal Anatomical Snuffbox.

Proses untuk menyembuhkan Patah Tulang Skafoid dapat dilakukan dengan cara perawatan khusus yang dilakukan oleh dokter dan pemasangan gips.

  • Tekanan Berulang pada Tulang Pergelangan Tangan 

Gerakan atau tekanan yang dilakukan secara berulang – ulang dapat menghalangi fungsi Pergelangan Tangan yaitu, dengan memicu terjadinya Sindrom Terowongan atau bisa disebut dengan Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Carpal tunnel merupakan sekumpulan Tendon dan Saraf yang ada pada tulang Pergelangan Tangan.

Carpal Tunnel dapat menebal dan meradang apabila diberikan tekanan atau melakukan gerakan tertentu secara berulang – ulang, seperti mengetik, olahraga tertentu, dan yang lain sebagainya.

Proses penyembuhan pada Sindrom Carpal Tunnel ini dilakukan dengan cara, yaitu meminimalisir pada penggunaan pergelangan tangan dengan jangka waktu tertentu sampai kondisi tangan mulai membaik.

Disamping itu, penggunaan perban mampu untuk menstabilkan pada daerah yang sakit. Selain itu, diperlukan pengawasan dalam penggunaan obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri yang dapat digunakan dalam kasus-kasus tertentu.

Tulang Pergelangan Tangan sensitif dalam mengalami gangguan, tetapi Anda bisa menghindari cedera dan gangguan tersebut dengan melakukan peregangan terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas yang dianggap berat.

Sahabat, Anda juga bisa meningkatkan kekuatan tangan dan pergelangan tangan dengan melakukan latihan kekuatan tertentu yang bisa Anda lakukan disetiap waktu.

Nah sahabat, salah satu olahraga yang bisa membantu fleksibilitas dan kekuatan tangan serta pergelangan tangan adalah yoga.

  • Cedera pada Otot Ditulang Pergelangan Tangan

Selain dari keretakan, cedera otot pada pergelangan tangan merupakan cedera yang umum dan bisa saja mengganggu untuk fungsi tulang pergelangan tangan. Cedera otot bisa saja menyebabkan rasa sakit pada pergelangan tangan.

  • Artritis pada Tulang Pergelangan Tangan

Kondisi medis berupa Artritis atau peradangan pada sendi bisa terjadi pada pergelangan tangan. Ciri khusus dari Artrtis adalah rasa sakit dan kekakuan pada persendian.

Jenis Artrtis yang sudah umum terjadi yaitu osteoartritisrheumatoid arthritis, dan posttraumatic arthritis.

Baca juga : Sistem Peredaran Darah