Fungsi Tulang Paha pada Manusia, Sebab dan Bagia-Bagiannya.

Fungsi Tulang Paha pada Manusia – Sebelumnya kita telah  membahas mengenai Tulang Hasta atau Tulang Ulna, sekarang kita akan membahas mengenai Tulang Paha. Tulang Paha merupakan bagian tulang terpenting terhadap kelangsungan hidup manusia. Simak penjelasan dibawah ini.

Tulang Paha merupakan salah satu anggota gerak dalam anatomi rangka manusia. Tulang Paha merupakan tulang terbesar dan terpanjang yang biasa dikenal dengan nama latinnya yaitu Tulang Femur.

Fungsi yang sangat signifikan dari tulang paha pada bagian tubuh manusia yaitu sebagai tumpuan seluruh badan.

Tulang paha merupakan tulang yang terkuat, dan dimiliki oleh manusia, berfungsi untuk menumpu seluruh badan serta sebagai pengangkutan kekuatan dari tibia ke Sendi Panggul. Tulang ini yang menghubungkan bagian pinggul dengan lutut.

Tulang Paha sendiri diklasifikasikan kedalam jenis tulang pipa yang berbentuk silinder, mempunyai dua ujung, memiliki sum – sum kuning, dan menggembung pada bagian ujungnya.

Baca juga : Fungsi Tulang Hasta

Bagian-Bagian pada Tulang Paha

Fungsi Tulang Paha

Fungsi Tulang Paha / Sumber Image: gurune.net

Berikut ini merupakan bagian-bagian tulang paha, yaitu :

  1. Proximal Femur, pada bagian tulang paha  yang satu ini mempunyai  posisi yang  bedekatan dengan Tulang Pelvis atau Tulang Pinggul dan terdiri dari kepala, leher, trochanter (tonjolan kecil dari tulang paha), mayor  dan minor dan juga median femur.
  2. Shaft Femur, Batang tulang Paha ini berda diantara tengah – tengah proximal dan bagian bawah tulang paha, dan dekat dengan lutut. Pada bagian ini, lutut kita dapat lebih dekat ke arah pusat gravitasi tubuh, dan dapat meningkatkan stabilitas.
  3. Distal Femur, pada bagian tulang paha ini, merupakan Ditandai dengan adanya Kondilus Medial dan Lateral pada Distal Femur ini yang berperan untuk membentuk sendi lutut, dan tempurung lutut melekat.

Baca juga : Sistem Peredaran Darah Manusia

Fungsi Tulang Paha yang sangat Dibutuhkan Manusia

Fungsi Tulang Paha Pada Manusia

Dengan berbagai macam julukan untuk tulang yang satu ini, yaitu tulang terpanjang, tulang terkuat sampai tulang terbesar pada tubuh manusia.

Fungsi utama dari tulang paha, yaitu sebagai tumpuan seluruh tubuh dan transmisi kekuatan dari Tibia ke Sendi Panggul.

Tulang Paha merupakan tulang terkuat untuk kaki, sama halnya dengan Tulang Atas pada tangan. Fungsi Tulang Paha semakin besar dengan banyaknya otot-otot dan ligamen yang terikat pada Tulang Paha.

Tulang Paha dikenal dengan sebutan Femur, termasuk kedalam kategori Tulang Panjang. Dan sangat kokoh, tidak gampang patah.

Tulang ini memiliki panjang dari pinggul ke lutut lebih kurang 48 Centimeter (cm). Dan memiliki berat sebesar 283 gram (g) pada pria dewasa.

Baca juga : Fungsi Sel Darah Putih

Fungsi pada Tulang Paha yaitu, sebagai berikut ini :

  1. Sebagai Tulang yang Terkuat untuk Menopang Badan.

Fungsi utama dari Tulang Paha adalah menyangga dan menopang tubuh. Tanpa adanya Tulang Paha, maka kita tidak bisa berdiri maupun berjalan.

Tulang Paha menahan berat tubuh manusia, sebagai tulang yang terbesar dan terkuat dalam tubuh. Maka dari itu, tulang paha dapat menahan berat 30x lipat dari berat badan manusia.

Selain itu, berat yang dapat ditahan oleh Tulang Paha sampai  800Kg – 1 Ton. Tulang paha tidak akan patah , jikapun patah biasanya disebabkan olek kecelakaan mobil atau jatuh dari ketinggian sekian meter. Dan butuh waktu sekitar 3 sampai 6 bulan untuk memulihkan dari cedera tersebut.

  1. Tempat melekatnya Otot dan Ligamen.

Tulang Paha menjadi tempat melekatnya otot-otot besar. Terdapat dua jenis otot yang ada pada Tulang Paha, yakni Otot Origo dan Insersio.

  1. Artikulasi dan Daya Ungkit Kaki.

Fungsi tulang paha amat banyak, salah satunya yaitu untuk membuat artikulasi dan Daya Ungkit Kaki, berjalan, berlari, melompat, sampai berdiri.

Tulang Paha melekat ke pinggul menggunakan Sendi Estabulum yaitu Sendi Bola dan Soket, dan memberikan gerakan serta sumber untuk mengartikulasikan panggul. Sendi Bola melekat dengan leher sempit Lateral ke poros Tulang Paha Vertikal.

  1. Tempat Produksi Sel Darah Merah pada Sumsum Tulangnya.

Proses pembentukan Sel Darah Merah terjadi pada Sumsum Tulang Paha tepatnya di bagian Sumsum Merah Tulang Paha Bagian Atas, yang tersimpan diantara Rongga – Rongga Tulang Paha yaitu Rongga Meduler.

Dalam rongga tersebut terdapat 2 jenis sel Punca, yaitu Hemopoietik atau penghasil sel darah, dan juga Stromal atau Penghasil Lemak. Hubungan antara Sendi Tulang Paha dengan Panggul disebut dengan Artikulasi Asetabulum.

  1. Tulang Paha dapat membuat Sendi Condylar dengan lutut.

Adanya Condylus pada ujung Distal Tulang Paha yang akan membuat Sendi Condylar dengan lutut. Terdapat dua macam Condylus yakni Condylus Medialis dan Condylus Lateralis.

  1. Tempat Melekatnya Tempurung Lutut.

Pada bagian bawah Tulang Paha (Distal) merupakan tempat terikatnya Patella (Tempurung Lutut). Adanya Kondilus Lateral pada Tulang Paha bagian Bawah, yang membuat lutut untuk bergerak dengan bebas.

  1. Sebagai Penghubung antara bagian Pinggul dan Lutut.

Baca juga : Fungsi Sel Darah Merah

Sebab – Sebab Kerusakan Fungsi Tulang Paha pada Manusia

Sebab-Sebab Kerusakan Fungsi Tulang Paha

Sebab-Sebab Kerusakan Fungsi Tulang Paha

Meskipun Tulang Paha sering disebut dengan Tulang Terkuat pada tubuh manusia dan dianggap dengan tulang yang paling sempurna.

Akan tetapi, Tulang Femur ini bisa saja memiliki cedera sewaktu – waktu dan kehilangan fungsinya. Berikut ini sebab – sebab yang dapat menghilangkan fungsi dari tulang Femur ini :

  • Patah Tulang Paha

Pada umumnya Patah Tulang Paha merupakan kondisi yang dapat merusak funsi dari tulang Paha itu sendiri. Meskipun tulang paha mustahil untuk patah, akan tetapi hal tersebut bisa saja terjadi.

Berawal pada bagian – bagian tulang paha yang rentan sekali, seperti leher pada Tulang Paha.

Selanjutnya, bisa dipengaruhi karena faktor usia, karenanya tiap bertambahnya usia seseorang akan mengalami penurunan pada kepadatan Tulang Paha. Orang Lanjut Usia atau Lansia, rentan sekali mengalami patah tulang pada paha.

  • Dislokasi Panggul

Pada saat bagian atas dari Tulang Paha tertarik, Acetabulum (soket yang terpasang dari kepala tulang paha), maka dislokasi panggul bisa terjadi.

Akan tetapi, hal ini sangat sulit didiagnosis, jika dilihat dengan kasat mata. Disebabkan karena, dislokasi panggul seringkali disalahartikan sebagai patah Tulang Paha.

Biasanya, dokter akan langsung menyarankan penggunaan Sinar X-Ray, untuk mengetahui secara pasti.

  • Perthes

Perthes merupakan penyakit, biasanya dialami oleh anak kecil. Penyakit yang berakibat  pada Sendi Panggul ini, sengat jarang terjadi. Meskipun demikian, Perthes akan mengakibatkan penyusutan aliran darah keTulang Paha. Jika hal itu sampai terjadi, Osteonekrosis (Kematian Sel dan Jaringan Tulang) tak lagi bisa dihindari.

  • Anteversi Femoral

Anteversi femoral merupakan kondisi yang membuat Tulang Paha terputar. Kebanyakan, hal ini terjadi pada anak kecil – kecil.

Para Spesialis juga percaya, sekitar 10% anak kecil, mengalami Anteversi Femoral. Umumnya pada kasus ini, bisa sembuh dengan sendirinya.

Fungsi pada Tulang Paha sangat penting untuk menggerakkan anggota tubuh. Maka dari itu, bersyukur sebanyak – banyaknya.

Lindungi dan jaga dengan baik Tulang Paha yang sudah kita miliki saat ini, supaya fungsinya bisa dinikmkati secara maksimal, hingga usia tua.

Baca juga : Fungsi Otak