FUNGSI LAMBUNG | Pengertian, Bagian, Dan Gangguan Kesehatan Pada Lambung

Fungsi Lambung – Pada manusia dewasa, volume pada lambung dalam keadaan santai, hampir kosong, adalah sekitar 75 mililiter.

Lambung merupakan organ tubuh yang dapat mengembang (distensible), juga dapat menampung sampai sekitar satu liter makanan.

Lambung bayi manusia yang baru lahir hanya akan dapat menampung sekitar 30 mililiter saja. Lambung juga terhubung dengan dua saluran di kedua bagian ujungnya.

Yang pertama yakitu di bagian ujung atas lambung yang tersambung dengan esofagus atau kerongkongan, yakni saluran seperti tabung yang menghubungkan mulut ke lambung.

Daerah di mana kerongkongan akan beralih menjadi lambung disebut dengan katup gastroesofageal.

Sedangkan bagian ujung bawah juga terhubung dengan usus halus, yaitu organ yang hampir sama dengan selang, memanjang dari bagian akhir lambung hingga ke usus besar.

Bagian usus halus ini yang akan langsung terhubung dengan lambung  dan disebut dengan usus dua belas jari (duodenum).

Baca juga : Bagian-bagian Sel

Bagian Penting Dari Lambung

Bagian Penting Dari Lambung

Bagian Penting Dari Lambung

Organ yang berbentuk seperti halnya balon ini terdiri dari lima bagian penting, yaitu:

  • Kardiak yang berfungsi untuk mencegah semua isi di dalam lambung masuk ke dalam kerongkongan kembali.
  • Fundus yakni bagian dari lambung yang biasanya berisi udara yang masuk ketika Anda menelan apapun itu. Nah di bagian ini biasanya lambung menghasilkan zat pepsinogen yang akan diubah menjadi pepsin (enzim pencerna protein).
  • Badan lambung adalah bagian di mana makanan tersebut akan mulai diproses dan dicerna. Di bagian inilah asam lambung akan langsung diproduksi.
  • Antrum yaitu bagian bawah lambung yang dekat dengan usus dua belas jari. Di sini makanan tersebut akan diproses dan bercampur langsung dengan cairan lambung. Selanjutnya, makanan  tersebut akan disimpan sementara sebelum kemudian di dorong ke usus dua belas jari.
  • Pilorus adalah bagian akhir dari lambung, yang dimana bagian ini akan terhubung dengan usus halus. Di sini juga terdapat katup yang akan berfungsi untuk mencegah makanan yang berada di duodenum agar tidak kembali lagi ke lambung.

Selain terdiri dari lima bagian penting tersebut, lambung juga memiliki beberapa lapisan yang menyusun dindingnya sendiri, yaitu:

  • Lapisan terdalam lambung adalah mukosa. Di bagian, tempat dimana cairan lambung dan enzim pencernaan akan dibuat.
  • Lapisan berikutnya adalah lapisan submukosa. Di  lapisan ini terdiri jugs terdiri dari jaringan ikat yang dimana jaringan ini mengandung pembuluh darah, kelenjar getah bening, dan sel-sel saraf.
  • Lapisan luar juga dapat disebut dengan propria muskularis atau bisa kita sebut dengan jaringan otot, yakni lapisan yang dapat  menutupi submukosa.
  • Sedangkan lapisan terluar dari organ lambung sendiri adalah serosa, yaitu membran berserat yang bisa menutupi bagian luar dari lambung.

Baca juga : Cara Kerja Enzim

Fungsi Lambung

Bagian Penting Dari Lambung

Bagian Penting Dari Lambung

Fungsi lambung sangat penting terhadap sistem pencernaan Anda. Sebab, di organ ini makanan akan diolah dan diproses secara sedemikian rupa hingga nantinya nutrisi dari makanan ini dapat diserap oleh tubuh.

Berikut ini adalah enam fungsi utama lambung:

  • Menampung Makanan

Ketika Anda sedang makan, makanan yang sudah masuk ke dalam mulut akan melewati 2 jalur yaitu lewat tenggorokan dan kerongkongan saat ditelan.

Selanjutnya, makanan yang sudah masuk tersebut akan disimpan sementara saja, yakni sekitar kurang lebih dua jam, di dalam lambung.

  • Memecah, Mengolah, dan Memroses Makanan

Di dalam lambung juga terdapat asam lambung yang berfungsi untuk memecah makanan. Selain itu, terdapat otot-otot yang kuat, yang dapat berfungsi untuk mengaduk makanan dengan cairan lambung agar dapat  tercerna dengan rata.

Asam lambung dan enzim pencernaan, dapat dihasilkan oleh kelenjar yang terdapat pada dinding lambung. Enzim pencernaan juga diperlukan untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi molekul yang lebih kecil atau halus, sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Selain berfungsi untuk memecah makanan, asam lambung atau asam hidroklorida juga bisa berperan untuk membunuh bakteri yang masuk bersama dengan makanan.

  • Mendorong dan Meneruskan Makanan Ke Usus

Setelah makanan diolah dan diproses di dalam lambung, selanjutnya otot lambung akan berkontraksi untuk mendorong makanan yang telah selesai diproses tersebut ke usus dua belas jari.

Yang dimana akan melalui katup di bagian ujung bawah lambung yang biasa kita sebut dengan pilorus. Katup ini dapat berfungsi untuk mencegah makanan yang sudah masuk ke dalam usus dua belas jari, naik kembali ke lambung.

  • Membunuh Mikroorganisme Patogen

Lambung  juga dapat  menghasilkan asam klorida (HCI) memiliki beberapa banyak fungsi penting, salah satunya yaitu untuk membunuh mikroorganisme patogen yang akan masuk secara sengaja maupun tidak sengaja bersamaan dengan makanan.

  • Membantu Pnyerapan Vitamin B12

Sel parietal pada fundus lambung juga dapat menghasilkan dua sekresi penting, salah satu faktornya ialah faktor dari dalam atau intrinsik.

Faktor intrinsik merupakan glikoprotein yang berperan penting dalam penyerapan vitamin B12 (kobalamin) dalam usus.

Vitamin B12 ini  merupakan nutrisi yang lumayan penting dalam pembentukan sel darah merah.

  •  Sekresi Hormon

Selain dapat memproduksi enzim, lambung juga dapat memproduksi beberapa hormon yang akan berperan penting dalam sistem pencernaan, seperti hormon gastrin dan ghrelin. Gastrin yang diproduksi oleh sel G yang terdapat di dinding lambung. Hormon ini masih berfungsi untuk merangsang sekresi asam lambung secara terus-menerus. Sedangkan ghrelin dapat diproduksi di dalam kelenjar oksintik mukosa yang sudah tersebar di dalam lambung manusia. Ketika tubuh kita sedang merasakan lapar atau kekurangan energi, hormon ghrelin lah yang akan bertanggung jawab untuk memberi sinyal pada hipotalamus.

  • Meredam Bahaya Asam Lambung

Di dalam lapisan mukosa pada lambung, juga terdapat sel yang disebut dengan sel goblet.

Baca juga : Fungsi Hati

Gangguan Kesehatan Pada Lambung

Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

Terdapat beberapa jenis gangguan kesehatan yang dapat menyerang lambung kita. Diantaranya seperti di dispesia,  Gerd (gastroesophageal reflux disease), tukak lambung, kanker lambung dan gastroentitis.

  • Dispepsia

Istilah di dalam medis yang menggambarkan kondisi ketidaknyamanan ini atau rasa nyeri pada perut bagian atas.

Gejalanya ialah berupa rasa nyeri di bagian ulu hati yang disertai dengan  mual, muntah, lambung terasa penuh, kembung dan  sendawa terus menerus.

  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Kondisi dimana ketika asam lambung naik hingga menuju ke kerongkongan (esofagus). Gejala yang paling menonjol dari GERD yakni heartburn (rasa panas di dada seperti terbakar).

  • Tukak Lambung

Luka yang muncul di bagian dinding lambung akibat dari terkikisnya selaput pelindung lambung atau peningkatan asam lambung. Gejala utama tukak lambung berupa rasa nyeri yang hebat pada perut terutama di bagian ulu hati.

  • Kanker Lambung

Jenis kanker yang dapat menyerang lambung, semua akibat dari pertumbuhan sel abnormal pada dinding lambung kita.

Gejala ini pada kanker lambung berupa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan karena penurunannya sangat drastis, yang disertai mual dan muntah, terdapat darah dalam feses dan menguningnya kulit dan mata (ikterus).

  • Gastroenteritis

Peradangan yang terdapat pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh beberapa jenis virus dan  bakteri. Dikenal juga dengan sebutan flu lambung.

Gejalanya yang berupa diare, mual, muntah, demam tinggi, kelelahan dan feses yang disertai darah.

Demikian penjelsan tentang fungsi lambung, bagian-bagian lambung, pengertian lambung dan gangguan kesehatan pada lambung.