Fungsi Jaringan Otot Pada Manusia

Fungsi jaringan Otot – jaringan Otot di manusia ialah kumpulan sel – sel otot, miofibril, miofilamen, sarkoplasma, tendon dan serat otot yang membantu untuk pergerakan pada manusia.

Otot sangat berperan dalam gerakan tubuh manusia semua pergerakan akan di gerakkan oleh otot yang sudah tersambung pada masing – masing.

Otot memiliki fungsi untuk menggerakkan organ di luar tubuh maupun di dalam tubuh. Contohnya di dalam tubuh yaitu jantung untuk mempompa darah dan ginjal.

Selain itu di luar tubuh juga menggerakkan tangan, kaki, kelopak mata dan lainnya.

Otot sangat penting dalam kehidupan manusia terutama pada pergerakan kehidupan sehari – hari. Hingga banyak yang melatih otot supaya dapat mengangkat berat beban yang maksimum.

Hampir seluruh organ tubuh di hubungkan dengan otot. Seluruh yang bisa bergerakmemiliki otot untuk gerak masing – masing. Jumlahnya sangat banyak, sehingga dalam 1 (satu) organ memiliki banyak otot.

Baca juga : Fungsi Pergelangan Tangan

3 (Tiga) Jenis Jaringan Otot

Jenis Jaringan Otot

Jenis Jaringan Otot/ Sumber Image: biologyinmind.blogspot.com

  1. Jaringan otot polos merupakan otot yang ada pada organ – organ dalam seperti usus, lambung, pembuluh darah. Otot polos bisa untuk di sebut dengan visceral dan dianggap bahwa jaringan yang sangat lemah di bandingkan jenis  yang lainnya.

Otot ini memiliki fungsi untuk membuat organ dalam berkontraksi, hingga dapat mengantarkan makanan asupan yang lain masuk ke tubuh, menuju organ – organ yang tertentu.

Jaringan otot polos bekerjanya di bawh alam sadar atau secara spontan.

  1. Jaringan otot lurik merupakan otot yang bergandeng di tulang atau bisa di sebut dengan otot rangka. Otot ini berfungsi yang bisa dalam pergerakan tubuh. Otot lurik ada sekitar 40% dari berat badan manusia.
  2. Otot lurik bekerja jika sistem saraf menginstruksikan otot untuk bergerak. Pada saat ada instruksi, beberapa kelompok otot yang di butuhkan tubuh untuk bergerak kearah yang di tentukan, dan akan kerjasama satu dengan yang lainnya.
  3. Jaringan otot jantung cocok dengan namanya, jaringan otot jantung hanya dapat di jumpai di organ yang sama. Fungsi pokoknya dari otot jantung ialah untuk memompa darah menuju ke jantung. Tentu saja, otot ini berkerja secara spontan tanpa perlu di suruh.

Otot jantung ialah jaringan yang pokok dalam membangun dinding jantung.

Baca juga : Fungsi Tulang Pengumpil

Fungsi Jaringgan Otot

Fungsi Jaringgan Otot Pada Manusia

Fungsi Jaringgan Otot Pada Manusia / Sumber Image: www.sehatq.com

  1. Fungsi Jaringan Otot Menjaga Tubuh Agar Tetap Stabil

Jaringan otot lurik yang tempatnya di area perut hingga punggung, memiliki  fungsi sebagai penopang tubuh dan melindungi tulang belakang. Otot yang tempatnya di area perut di sebut dengan otot core. Semakin kuat otot core semakin stabil pula tubuh ini.

  1. Fungsi Jaringan Otot Adalah Membentuk Postur Tubuh

Jaringan otot di tubuh memiliki fungsi dalam mengatur postur tubuh. Untuk memperoleh poster tubuh yang baik, harus memiliki kelenturan otot yang baik.

Otot paha dan leher jika kaku serta punggung yang lemah menyebabkan nyeri pada area persendian. Mungkin bisa disebut juga dengan encok.

  1. Fungsi Jaringan Otot Membantu Pernafasan

Otot yang sangat penting dalam pernafasan yaitu diafragma. Saat otot diafragma itu menarik nafas, ruang yang apa pada paru – paru akan membesar, dan mungkin tubuh menghirup udara sebanyak – banyaknya. Lalu, pada saat otot itu relaksasi, udara yang sudah di olah akan di suruh untuk keluar.

  1. Mengatur Dalam Pencernaan

Pencernaan yang ada pada tubuh ini di atur oleh otot polos yang tempatnya di saluran cerna. Otot ini, tempatnya di mulut serta di organ pencernaan yang lain seperti pankreas, hati, empedu, dan juga anus.

  1. Membantu Saat Buang Air Kecil (BAK)

Jaringan otot polos yang membuat urine untuk keluar dari tubuh. Saat Buang Air Kecil (BAK), otot polos yang berada pada kandung kemih akan berkontraksi supaya urine bisa keluar. Lalu, saat sedang menahan Buang Air Kecil (BAK), otot tersebut akan menyesuaikan.

  1. Mengatur Suhu Pada Tubuh

Jaringan otot sangat penting dalam mengatur suhu di dalam tubuh. Karena 80% dari panas tubuh di sebabkan oleh otot yang sedang bekerja.

Saat suhu pada tubuh mulai menurun, otot akan bekerja keras supaya mengahsilkan panas yang stabil. Ketika otot bekerja keras maka tubuh akan jadi menggigil.

  1. Membantu Saat Persalinan atau Melahirkan

Jaringan otot polos selain bisa membantu urine keluar dari tubuh, otot polos juga ada yang tempatnya di rahim. Pada saat wanita menjalani proses persalinan atau melahirkan, otot polos pada rahim akan bekerja dan mendorong untuk bayi keluar melalui vagina.

  1. Memompa Darah ke Jantung

Otot jantung memiliki fungsi dalam sirkulasi darah ke tubuh dengan memompa dari jantung untuk ke seluruh tubuh.

Sedangka itu, otot polos yang ada pada pembuluh darah, akan memiliki peran untuk melancarkan aliran tersebut untuk mejaga tekanan darah. Supaya tidak hipertensi atau hipotensi.

Baca juga : Fungsi Tulang Atas

Struktur pada jaringan otot

  1. Tendon

Tendon merupakan penghubung antara otot dan tulang. Tendon memiliki serabut yang warnanya putih dan tidak elastis. Aponeuroses ialah lembar – lembar yang datar dari jaringan fibrus yang bermaksud untuk membuat kelompok – kelompok otot dan bisa menggandengkan otot dengan bagian penggerakkannya.

  1. Fascia

Fascia ialah jaringan yang bisa mengikat gabungan dari jaringan fibrus dan areolar yang bisa menghimpun dan membungkus otot – otot menjadi satu.

  1. Sarcolemma

Sarcolemma ialah struktural jaringan otot yang memiliki diameter 0,01 – 0,1 mm dan panjangnya 1-40 mm melapisi sel otot.

Jaringan ini memiliki fungsi pelindung otot. Besar dan jumlahnya jaringan utama pada jaringan elastic, seiring menambahnya usia maka jaringan ini akan meningkat. Protoplasma serat pada otot yang memiliki isi materi semicair yang di sebut dengan sarkoplasma.

  1. Miofibril

Miofibril ialah jaringan yang memiliki serat – serat yang terdapat pada otot. Bila di lihat di mikroskop, miofibril terlihat seperti pita gelap dan terang yang bersilang.

  1. Miofilamen

Miofilamen ialah merupakan jaringan yang berbentuk seperti benang – benang yang halus yang berasal dari myofibril. Jaringan ini memiliki 2 macam yaitu Miofilamen Heterogen dan Miofilamen Homogeny.

  1. Sarkoplasma

Sarkoplasma ialah jaringan yang berupa cairan sel otot yang mempunyai fungsi untuk tempar di mana miofilamen dan myofibri beradaa.

Baca juga : Fungsi Tulang Paha

Ciri – Ciri jaringan otot

Jaringan Otot Polos Jaringan Otot Lurik Jaringan Otot Jantung
Bekerja dengan tidak sadar. Bekerja dengan sadar. Bekerja dengan tidak sadar.
Reaksinya lambat. Bekerja secara cepat. Bekerja dengan sedang.
Sel memeiliki bentuk yang gelandong dan lancip. Sel memiliki bentuk silindris memanjang dan tidak bercabang. Sel memiliki bentuk silindaris memanjang dan kedua ujungnya bercabang.
Memiliki nukleus di bagian tengah selnya. Hanya memiliki nukleus di sisi pinggur sel. Memiliki hanya 1 (satu) nukleus
Serabutnya halus banget sampai tidak terlihat. Serabut halus yang melintang jaringan bisa dilihat. Serabut halusnya yang melintang pada jaringan terlihat sangat jelas.

Baca juga : Fungsi Tulang Hasta