Peranan Penting Bronkiolus Di Dalam Paru-paru Kita

Fungsi Bronkiolus – Paru-paru adalah salah satu organ yang begitu penting bagi tubuh kita. Terutama peranannya yang sangat penting yaitu sebagai tempat utama berlangsungnya sistem pernafasan di dalam tubuh kita.

Di dalam paru-paru kita juga terdapat banyak bagian yang menyusunnya, salah satunya adalah bronkiolus.

Bronkiolus adalah salah satu dari unsur pernafasan yang ada pada manusia.

Bronkiolus merupakan  percabangan dari bronkus yang terletak pada bagian batang tenggorokan, sehingga disana menjadi tempat bercabangnya alveolus yang amat luas untuk menentukan kadar oksigen yang masuk kedalam tubuh kita secara efektif.

Bronkiolus sendiri mempunyai batas secara langsung dengan gelembung-gelembung udara yang terdapat di dalam paru-paru.

Lalu, apa peranan bronkiolus di dalam paru-paru ? dan sebenarnya bronkiolus itu apa ? bentuknya bagaimana ? Anda akan mengetahuinya setelah membaca artikel ini, yuk kita simak pembahasan yang lebih lengkap.

Baca juga : Fungsi Bronkus

Pengertian Bronkiolus

Pengertian Bronkiolus

Pengertian Bronkiolus

Do you know ? Bronkiolus adalah salah satu jalur yang dilalui pada sistem pernafasan setelah trakea yang terdapat di dalam tenggorokan kita.

Bronkiolus dapat berguna sebagai jalur udara yang masuk dari hidung yang selanjutnya disalurkan kedalam paru-paru.

Bronkiolus sendiri tersusun dari banyak cabang yang meliputi dari bagian kanan dan bagian kiri paru – paru, sehingga percabangan dari bronkiolus tersebut akan dicabangkan kembali menjadi bentuk percabangan yang lebih kecil lagi.

Akan tetapi, bronkiolus hanya terlindungi oleh dinding yang sangat halus. Akibat yang bisa terjadi karena pertahannya sangat lemah, kemungkinan bronkiolus dapat dengan mudah terserang penyakit karena bertepatan dengan kedudukan bronkus yang mendatar.

Bronkiolus mempunyai peranan sebagai salah satu sistem pernapasan yang ada di dalam sepasang paru-paru kita, ataupun menjadi jalur dari trakea yang mana disana ia dapat menarik udara pada tekanan udara atmosfer.

Tekanan itu dapat memaksa udara yang kita hirup agar bisa masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut juga bisa dilakukan dengan memperluas rongga yang ada pada tulang rusuk kita, yang mana letaknya berada pada bagian bawah paru-paru.

Anda sekarang sudah mengerti pengertian dari bronkiolus itu apa ? untuk pembahasan selanjutnya, kita akan membahas tentang struktur dari bronkiolus. Langsung saja yuk!

Baca juga : Fungsi Alveolus

Struktur Bronkiolus

Struktur Bronkiolus

Struktur Bronkiolus

Seteleh kita mengetahui penjelasan mengenai apa sih bronkiolus itu ? maka sekarang kita juga akan membahas mengenai beberapa struktur penyusun dari bronkiolus itu sendiri, diantaranya :

Berikut adalah beberapa struktur penyusun bronkiolus, yang jika diuraikan terbagi menjadi tiga bagian :

  • Bronkiolus Lobular, bagian ini adalah salah satu alat dari lobus yang ukurannya lebih besar.
  • Bronkiolus Terminalis adalah salah satu alat yang bisa berfungsi untuk melakukan proses transfer makanan yang melalui jalur dari rongga mulut.
  • Bronkiolus Respiratorius , ini adalah bagian ketiga yang merupakan salah satu alat yang mempunyai fungsi untuk mengarahkan udara yang masuk kedalam tubuh untuk disalurkan pada alveoli.

Baca juga : Fungsi Paru-paru

Letak Bronkiolus

Beberapa penjelasan yang sudah kita bahas di dalam artikel ini mungkin sudah cukup untuk menjelaskan identitas dari bronkiolus itu sendiri, namun disini selain memiliki struktur bronkiolus juga memiliki tempat yang cukup penting di dalam paru – paru. Maka selanjutnya kita akan membahas sedikit ulasan tentang letak bronkiolus yang berada diantara perbatasan yang ada pada gelembung udara yang dihasilkan dari dalam paru – paru kita.

Oleh karena itu, berdasarkan tata letaknya bronkiolus  juga sering digunakan  sebagai salah satu jalur penghubung dengan melewati beberapa proses antara keluar dan masuknya udara dengan oksigen di dalam sistem pernafasan yang terdapat di dalam tubuh manusia.

Baca juga : Fungsi Trakea

Karakteristik Bronkiolus

Mari kita beranjak pada pembahasan selanjutnya, yaitu mengenai karakteristik bronkiolus. Sebenarnya apa karakteristik bronkiolus itu ?

Karakteristik bronkiolus dapat kita ambil pengertian sebagai sebuah percabangan dari bronkus yang bermula dari trakea, dimana tempat percabangan itu merupakan ujung dari bronkus sehingga disana tidak dilengkapi dengan tulang rawan yang sama seperti bronkus.

Maka bisa dikatakan, karakteristik bronkiolus yang mempunyai posisi berbatasan secara langsung dengan alveoli merupakan jalur yang saling berhubungan.

Sehingga karakteristik bronkiolus dengan  alveoli ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi sistem pernafasan yang terjadi di dalam tubuh kita.

Dikarenakan fungsi umum dari bronkiolus sendiri yaitu untuk membantu proses pernafasan pada tubuh manusia begitu juga hewan, dengan begitu kegiatan bernafas dapat di laksanakan secara efektif dengan menggunakan jaringan yang ada di dalam paru-paru.

Sebaliknya, apabila tidak ada bronkiolus di dalam struktur paru-paru , maka kemungkinan yang terjadi adalah kita bisa mengalami beberapa gangguan dan kerusakan pada tubuh kita.

Sehingga udara yang masuk ke dalam tubuh tidak akan dapat di proses sehingga pernafasan kita akan terganggu.

Baca juga : Fungsi Usus Besar

Fungsi Bronkiolus

Nah, setelah kita membahas beberapa bahasan penting dari awal mengenai pengertian bronkiolus, struktur hingga karakteristiknya, kini kita akan membahas poin utama dari bronkiolus. Apalagi kalau bukan fungsi dari bronkiolus itu sendiri ?

Berhubung Anda juga sudah membaca dari awal bahwa bronkiolus itu memiliki peranan yang sangat penting didalam tubuh kita, khususnya sebagai salah satu penyusun struktur organ yang ada didalam paru-paru.

Tentu penting untuk kita ketahui juga bagaimana bronkiolus itu bekerja bukan ? Baiklah, dibawah ini ada beberapa penjelasan mengenai fungsi dari bronkiolus, diantaranya :

  • Fungsi Bronkiolus mempunyai peranan sebagai salah satu alat untuk menyalurkan udara yang bisa dialirkan menuju alveoli dengan melakukan proses pertukaran gas dan oksigen.
  • Fungsi Bronkiolus berfungsi sebagai salah satu media yang mempunyai peran penting sebagai pengontrol kadar udara sehingga dapat di distribusikan kepada paru-paru.
  • Fungsi Bronkiolus ronkiolus mempunyai bagaian yang bernama tulang rawan, sehingga bagian tersebut dapat berguna untuk menjaga jaringan otot polos.
  • Fungsi Bronkiolus dapat melakukan kontraksi sehingga ia bisa mengalami pelebaran secara efektif.
  • Fungsi Bronkiolus terakhir, bronkiolus dapat berguna untuk melakukan sekresi zat yang bisa digunakan untuk memastikan proses pernafasan serta berguna untuk mengeluarkan protein yang mengandung racun pada pernafasan manusia.

Dari berbagai pembahasan yang sudah kita bahas dari awal sampai akhir, maka kita bisa menyimpulkan bahwa fungsi yang paling utama dari bronkiolus sendiri adalah sebagai alat yang berguna untuk menyalurkan udara kepada alveoli, serta fungsi lainnya adalah untuk mengontrol jumlah udara yang akan di distribusikan pada paru-paru.

Dengan begitu, kombinasi dari mekanisme kerja alveoli itu selanjtunya akan dapat disalurkan ke permukaan paru-paru.

Dengan adanya pertukaran gas lewat jalur percabangan yang dilalui udara menuju alveoli, dapat memaksimalkan tubuh kita untuk meningkatkan proses pertukaran oksigen dengan gas yang terdapat dalam udara.

Selain itu, bronkiolus juga berguna sebagai jalannya proses dari sistem yang akan di hasilkan oleh paru-paru, pada udara yang melakukan pertukaran dengan oksigen secara langsung di dalamnya.

Selesai sudah pembahasan kita kali ini mengenai bronkiolus ! Jangan pernah bosan untuk membaca dan mempelajari hal baru, karena wawasan yang luas akan semakin menambah kualitas diri kita. Tetap semangat untuk menjalani kesibukan dihari-hari Anda.

Baca juga : Fungsi Empedu