10 Aplikasi Pertanian dan Peternakan yang Membantu Usaha Anda

Daftar Aplikasi Pertanian – Perkembangan teknologi yang semakin maju, juga memiliki efek pada sektor pertanian.

Salah satu bukti masuknya teknologi dalam sektor ini, yakni adanya aplikasi pertanian. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengelola pertanian tanpa perlu mempelajari hitung-menghitung rumit pda komputer dalam waktu yang lama.

Beberapa aplikasi yang akan dibahas berikut ini, juga mampu untuk memberi pandangan dalam membuat keputusan yang bijak. Untuk itu, berikut aplikasi pertanian dan peternakan yang dapat dicoba.

Daftar Aplikasi Pertanian dan Peternakan Terbaik Saat Ini

Daftar Aplikasi Pertanian

Daftar Aplikasi Pertanian

  1. Aplikasi Aquaponic Decision Software

Aplikasi Aquaponic Decision Software

Aplikasi Aquaponic Decision Software

Aplikasi khusus untuk pertanian yang pertama adalah Aquaponic Decision Software. Aplikasi ini merupakan sebuah template untuk spreadsheet Excel yang sederhana, serta mudah digunakan dalam pengelolaan usaha pertanian dan juga melihat hasilnya. Namun, tentunya hal tersebut akan berlaku jika Anda menggunakan model pertanian Aquaponic.

Dalam aplikasi yang satu ini, Anda hanya perlu untuk memasukan data yang terkait dengan proses pertanian yang dilakukan.

Baik itu selangkah demi selangkah, maupun secara serial. Nantinya akan tampil sebuah presentase terkait dengan usaha pertanian yang sedang Anda geluti untuk saat ini.

Baca juga : Daftar Aplikasi Perpustakaan

  1. Aplikasi Pertanian Farm at Hand

Aplikasi Pertanian Farm at Hand

Farm at Hand merupakan sebuah aplikasi yang mampu membantu Anda dalam pengelolaan usaha pertanian serta mengawasi semua hal tentang pertanian tersebut.

Dengan aplikasi yang satu ini, Anda bisa mengelola sebuah lahan, serta memilih lokasi dari usaha, nama dari usaha yang dijalnakan, luas area atau lahan, kepemilikan usaha, dan juga lokasi secara spesifik di Google Maps.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan aktivitas lain yang berhubungan dengan pertanian. Seperti halnya pembentukan jadwal untuk sistem irigasi, panen, penyiraman, dan penanman.

Anda juga dapat memberikan detail terkait dengan alat-alat yang hendak Anda beli.

Baca juga : Daftar Aplikasi Cetak Foto

  1. Aplikasi Pertanian Integrated Farm System Model

Aplikasi Pertanian Integrated Farm System Model

Sebuah aplikasi sederhana yang bernama Integrated Farm System Model, merupakan salah satu software yang dibuat oleh USDA dalam membantu urusan pertanian.

Salah satu fitur yang paling menarik dari aplikasi ini, yaitu dapat membandingkan biaya serta produksi.

Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat menambahkan informasi lengkap mengenai tanah dan tanaman. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan hal yang lebih detail seperti kepemilikan, opsi area tumbuhan, rotasi penanaman, jenis tumbuhan yang utama, level penumpukan fosfor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : Daftar Aplikasi Presentasi

  1. Aplikasi Pertanian CropPlanning

CropPlanning merupakan sebuah aplikasi pertanian berbasis Java. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan pengelolaan terhadap berbagai macam data yang mampu dihasilkan oleh perkebunan.

Anda juga dapat melakukan langkah-langkah yang memiliki asosiasi dengan proses pertanian.

Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini, yaitu sebuah fitur yang dapat mengatur penanggalan beserta durasi masa produksi serta berbagai macam aktivitas yang harus dilakukan semasa bertani sampai masa panen.

Anda juga dapat melihat detail menu yang lain seperti tanaman, hari panen, varietas tanaman, tanggal penanaman, tanggal panen, dan tanggal transpalasi.

Baca juga : Daftar Aplikasi Desain Baju

  1. Aplikasi Farm Works View

Daftar Aplikasi Pertanian dapat dikatakan bahwa Farm Works View adalah aplikasi keren yang dapat digunakan untuk usaha pertanian serta pengeluarannya.

Aplikasi yang satu ini, akan membantu Anda dalam mengelola berbagai macam usaha pertanian dengan banyak klien.

Farm Works View dapat Anda gunakan untuk menambahkan klien, usaha lahan dan tani, mesin, SDM, komoditas, peralatan, dan juga persediaan yang lain.

Aplikasi ini juga menyediakan banyak peralatan dengan berbagai macam jenis, jabatan pekerjaan untuk setiap SDM, serta klasifikasi untuk jenis komoditas secara lanjut.

Baca juga : Daftar Aplikasi Pembuat CV

  1. Aplikasi FuturesOptionsMarginAcounting

Daftar Aplikasi Pertanian yang keenam sudah banyak aplikasi manajemen untuk usaha pertanian yang dikeluarkan oleh Montana State University, salah satunya yaitu Exploring Futures and Options Contracts and Margin Accounting.

Aplikasi yang satu ini, berbentuk file Flash yang dapat dijalankan melalui web browser yang support flash file.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda bisa membuat sebuah perbandingan pada tingkatan yang berbeda mengenai tawaran kontrak oleh perusahaan futures dan options terhadap perlindungan harga yang diberikan.

Anda dapat memperoleh informasi mengenai future/options yang ada di internet hanya dengan satu kali klik saja.

Baca juga : Daftar Aplikasi Pembuat Logo

  1. Aplikasi Pertanian Agricolarum

Daftar Aplikasi Pertanian yang ketujuh adalah Agricolarum merupakan sebuah aplikasi khusus yang akan membantu Anda dalam mengelola usaha pertanian.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengetahui laporan harian yang berasal dari curah hujan, angin, cuaca, serta suhu maksimum dan minimum. Informasi yang dihadirkan oleh aplikasi ini juga cukup lengkap dan tentunya akurat.

Anda dapat memasukan dan mengklasifikasikan berbagai data seperti deskripsi dan biaya ke dalam cost centers. Dalam cost centers tersebut, terdapat berbagai macam menu seperti tanaman, mesin, pengerjaan, pekerja, item, dan masih banyak lagi yang lain. Anda juga dapat memonitor segala kegiatan untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan dan kecelakaan yang terjadi.

  1. Aplikasi Orchid CTS Data Viewer

Sebuah aplikasi sederhana yang bernama Orchid CTS Data Viewer ini, dapat Anda gunakan untuk melihat seluruh data mengenai produksi ternak.

Untuk menjalankan aplikasi yang satu ini, Anda perlu mengimpor file berbentuk CSV terlebih dahulu. Nantinya, aplikasi ini akan mengubah data tersebut menjadi CTS agar dapat diolah secara lebih lanjut.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengurutkan seluruh data, melakukan penyaringan dan pencarian data yang diperlukan, pengelompokan berdasarkan usia ternak, pemilihan warna highligt, serta masih banyak lagi.

Data-data yang akan ditampilkan dalam aplikasi ini, yakni mempunyai format grid yang mudah untuk dipahami.

  1. Aplikasi PS Stockbook Freeware

Dftar aplikasi pertanian yang kesembilan PS Stockbook Freeware adalah sebuah aplikasi khusus untuk pengelolaan peternakan, yang juga dapat Anda gunakan untuk mengelola usaha pertanian.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda bisa melihat seluruh data dari kelompok hewan yang produktif maupun yang tidak produktif. Harapan dari data yang disediakan ini, yakni membantu dalam mengembangkan bisnis Anda.

Aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk melakukan pendataan terhadap hewan yang akan ditambahkan, serta menjadwalkan perawatan rutin untuk hewan.

Hewan-hewan tersebut dapat Anda kelompokkan berdasarkan beberapa filter yang ada di dalam aplikasi tersebut. Dengan ini, maka Anda akan lebih mudah untuk menemukan kelompok hewan tertentu.

  1. Aplikasi Peranian Rice Doctor

Rice Doctor merupakan sebuah aplikasi Android yang sangat membantu Anda dalam melakukan usaha pertanian. Aplikasi besutan dari IRRI atau International Rice Research Intitute ini, mampu menjelaskan mengenai berbagai macam masalah yang sering dialami oleh para petani, terutama petani padi.

Masalah yang sering dialami para petani padi tersebut, di antaranya seperti hama, efisiensi atau kekurangan unsur hara mikro dan makro, hingga berbagai macam penyakit yang sering menyerang tanaman padi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, para petani akan dibantu untuk menemukan solusi terhadap segala jenis permasalahan yang dialami oleh tumbuhan padi mereka.

Dengan menggunakan salah satu dari beberapa daftar aplikasi pertanian di atas, tentunya usaha pertanian dan juga peternakan yang Anda buat akan berjalan dengan lancar.

Bukan hanya itu, bahkan Anda juga dapat memperoleh penghasilan yang lebih dengan adanya bantuan dari beberapa aplikasi tersebut.