Daftar Aplikasi Perpustakaan

Daftar Aplikasi Perpustakaan – Salah satu fungsi yang dimiliki oleh aplikasi perpustakaan adalah digunakan untuk mengatur semua kegiatan perpustakaan.

Mulai dari manajemen buku, transaksi peminjaman buku, kemudian pengembalian buku dan lain sebagainya. Software ini diklaim sangat diperlukan bagi pengelola perpustakaan baik di dunia pendidikan maupun dalam masyarakat pedesaan.

Jika pengelola perpustakaan tidak mampu melakukan manajemen dengan baik, dikhawatirkan nantinya terdapat banyak kasus buku hilang atau tidak kembali setelah dipinjam.

Terdapat beberapa aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengatur perpustakaan, aplikasi ini terdiri dari bermacam jenis dan merek serta keunikan masing-masing.

Daftar Aplikasi Perpustakaan

Daftar Aplikasi Perpustakaan

Daftar Aplikasi Perpustakaan

  1. Aplikasi Perpustakaan iPusnas

Aplikasi ini muncul dari hasil kerja sama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bersama dengan developer Aksmaraya.

Merupakan aplikasi yang menghadirkan perpustakaan digital dengan berbekal fitur seperti media sosial, sehingga para pengguna dapat melakukan interaksi antarsatu sama lain.

Memiliki fitur andalan berupa ePustaka, fitur ini memungkinkan para pengguna menjadi anggota dari banyak perpustakaan digital yang ada.

Terdapat pula firu feed, yakni digunakan untuk memantau aktivitas para pengguna seperti menjelajah buku yang akan dibaca dan memnbantu membaca eBook.

Baca juga : Daftar Aplikasi Cetak Foto

  1. Aplikasi Perpustakaan iJakarta

Dinas Perpustkaan dan Kearsipan DKI Jakarta juga bekerja sama dengan salah satu pengembang aplikasi, tak mau kalah dengan Perpustakaan Narional Republik Indonesa.

Diberi nama iJakarta, aplikasi untuk perpustakaan ini dibekali banyak fitur menarik seperti media sosial.

Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda akan dimungkinkan mendapat teman baru untuk sekadar berdiskusi mengenai buku-buku yang akan dibaca dan dipinjam.

Sama halnya dengan iPusnas, aplikasi ini juga memiliki fitur seperti ePustaka, feeed, koleksi buku eletronik dan lain sebagainya.

Baca juga : Daftar Aplikasi Presentasi

  1. Aplikasi Perpustakaan ePerpus

Aplikasi untuk perpustakaan selanjutnya adalah ePerpus, merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Gramedia Digital Nusantara.

Software ini dapat dipakai oleh masyarakat yang sudah mendaftar sebagai anggota untuk membaca dan meminjam buku.

Baik majalan atau koran ditigal untuk kebutuhan suatu perusahaan, kebutuhan peminjaman dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah memiliki banyak buku dari penerbit dan pengarang ternama.

Baca juga : Daftar Aplikasi Desain Baju

  1. Aplikasi Perpustakaan iSantri

Para santri tak perlu bingung ketika dihadapkan kebutuhan literasi untuk membaca melalui buku yang ada di perpustakaan. Aplikasi iSantri dapat diandalkan oleh para santri dalam menikmati membaca buku lewat perpustakaan digital.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, para santri pun dapat membaca dan meminjam buku dengan mudah. Fitur yang dimiliki tak jauh berbeda dengan yang ada di iPusnas dan iJakarta.

Baca juga : Daftar Aplikasi Pembuat CV

  1. Aplikasi Handy Library

Aplikasi yang satu ini dapat Anda gunakan untuk memindai ISBN dan memperoleh detail dari sebuah buku dengan meminjamnya secara online. Handy Library memiliki fitur pencarian buku dengan mudah, mulai lewat judul hingga penulis dan kode ISBN.

Selain digunakan untuk mencari dan membaca buku, para pengguna juga memiliki kesempatan menambah dan menyimpan buku di Handy Library. Kemudian, melacak buku yang Anda pinjam serta mengelola wishlist.

Anda juga dapat membuat catatan dalam mencari buku sesuai dengan keyword seperti judul dan kode ISBN. Bisa juga dengan menggunakan nama penulisnya serta masih banyak lagi fitur yang dimiliki oleh Handy Library.

  1. Aplikasi AnyBooks

Merupakan aplikasi untuk perpustakaan buku yang dapat dengan mudah diunduh oleh para pengguna, didalamnya terdapat berbagai macam jenis buku yang berbeda-beda. Mulai dari fantasi, horror, romantis, biografi hingga sejarah.

Aplikasi ini juga memiliki kamus bawaan yang dapat difungsikan memperkaya kosa kata bahasa Inggris. Para pengguna AnyBooks dimungkinkan dapat membaca buku yang sama di mana saja dan kapan saja melalui fitur singkornisasi.

  1. Aplikasi Buku Sekolah Elektronik

Terdapat aplikasi untuk perpustakaan yang diperuntukkan untuk anak-anak, Buku Sekolah Elektronik memiliki banyak buku sekolah dengan formal PDF. Terdapat lebih dari lima ribu buku yang bisa digunakan sebagai bahan bacaan para anak.

Mulai dari seribu buku dengan kurikulum 2016, kemudian seribu empat ratus buku dengan kurikulum 2013. Lalu, ada pula ratusan komik bertema pendidikan yang sangat cocok bagi sang buah hati.

Terdapat pula buku cerita, buku pra sekolah, buku pengetahuan agama, bahasa Inggris serta bahasa-bahasa daerah di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki kamus online hingga konversi antarsatuan.

  1. Aplikasi T-Perpus

Aplikasi T-Perpus juga merupakan salah satu aplikasi untuk perpustakaan yang dikembangkan oleh Gramedia Digital Nusantara.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah para pengguna bisa menikmati membaca eBook kapan dan dimana saja.

  1. Aplikasi Perpustakaan Islam

Bagi Anda yang muslim tak perlu lagi bingung mencari perpustakaan online yang bisa diakses dengan mudah guna mendapatkan bacaan-bacaan tafsir Al-Quran. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak tafisiran seperti waktu sholat, tafsir Ibnu Katshir. Al-Jalalain hingga resep makanan halal.

  1. Aplikasi Wattpad

Aplikasi ini mungkin sudah dikenal banyak orang karena memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan membaca. Tidak hanya membaca, para pengguna bahkan bisa membuat dan menerbitkan buku sendiri.

Anda juga dapat membangun perpustakaan mandiri berbasis digital secara gratis, memiliki ribuan buku yang ditulis oleh para pengguna Wattpad. Selain itu, terdapat berbagai jensi dan genre dari penulis ternama lain.

  1. Aplikasi Biblio

Daftar Aplikasi Perpustakaan yang ke-11 Biblio menjadi aplikasi untuk perpustakaan yang sangat direkomendasikan bagi Anda, alat ini kaya akan fitur tetapi mudah untuk digunakan, selain itu tersedia gratis.

Tak hanya membaca buku, Anda juga dapat menambahkan item dan mengisi detail mengenai buku tersebut.

Misalnya mengisi nomor katalog, nomor indeks, judul, bahasa, subjek, ISBN hingga catatan lainnya. Selain menambahkan buku, Anda juga dapat memberikan tambahan berupa DVD, CD, kaset dan juga video.

Para angota Biblio akan diberikan nomor anggota atau LCN, data para anggota juga akan disimpan dan di backup dalam file RAR atau diunduh ke server. Anda juga dapat memanfaatkan webcam untuk mendeteksi nomor ISBN.

  1. Software Perpustakaan

Merupakan software perpustakaan dalam versi PS02 yang dirancang serta dikembangkan dengan fitur yang sederhana.

Dengan sistem yang sederhana, aplikasi ini dapat dengan mudah dioperasikan karena software ini lebih mengutamakan kemudahan.

Namun, versi gratis aplikasi ini hanya saja trial karena belum tersedia dalam versi yang full. Meski demikian, versi trial ini memiliki fungsi sebagai percobaan dan menguji apakah fitur yang tersedia sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

  1. Aplikasi Perpustakaan LMS

Aplikasi ini terbilang menarik karena memungkinkan para penggunanya melakukan registrasi buku, baik itu dilakukan oleh murid, guru, kelompok atau bahkan dari donator. Anda juga dapat melihat sembari memantau entri dari buku yang sedang dpinjam.

Selain itu, terdapat fitur yang memungkinkan Anda membuat laporan dengan mudah, misalnya saja laporan daftar buku yang sedang dibaca dan dipinjam. Tentunya akan sangat membantu pekerjaan dalam mengawasi buku.

Beberapa Daftar aplikasi perpustakaan di atas merupakan sebagian kecil dari sekian banyak aplikasi untuk perpustakaan yang beredar.

Namun demikian, tidak semua fitur dalam aplikasi di atas dapat digunakan jika tidak dalam kondisi full versi.