Contoh Iklan Bahasa Jawa Lengkap Dengan Gambar

Contoh Iklan Bahasa Jawa – Halo sahabat berjumpa kembali dengan kitchenuhmaykoosib.com!

Sahabat, pada kesempatan kali ini kitchenuhmaykoosib akan membahas tentang contoh iklan Bahasa jawa.

Berbicara tentang iklan sebagaimana yang biasa kita ketahui bersama, jika salah satu fungsi dari iklan ialah mengenalkan produk-produk kepada konsumen ya kan?.

Mengapa Menggunakan Bahasa Jawa?

Yang pertama ialah untuk membuat iklan salah satu syarat yang harus di penuhi adalah unik dan mudah diingat oleh masyarakat.

Sobat, di sini saya akan membahas iklan Bahasa Jawa dan contohnya.

Tahukah Anda, mengapa iklan menggunakan Bahasa Jawa bisa di katakana paling unik dan menarik?

Sahabat, tentu saja donk karena pada umumnya iklan-iklan yang sering kita lihat dan kita baca pasti selalu menggunakan Bahasa Indonesia ya kan?.

Nah, bila terdapat salah satu iklan yang berbeda( Memakai Bahasa Jawa ataupun tidak hanya Jawa) hingga dapat saja jadi pusat atensi audience.

Di samping itu bisa jadi terdapat sahabat yang berfikir bila nanti segmen iklan cuma terbatas orang Jawa saja.

Komentar itu pula tidak salah, tetapi dengan kemajuan tenologi data dikala ini, siapa saja dapat silih mengenali budaya dan Bahasa dari macam- macam suku bangsa di dunia.

Tidak hanya Bahasa Jawa aja loh.

Dan taukah sahabat kenapa banyak industri besar yang membuat iklan memakai Bahasa Jawa?

Awal industri komersil tersebut memanglah berlokasi penciptaan di Pulau Jawa.

Dengan membuat iklan dengan Bahasa Jawa mereka dapat merasa lebih dekat dengan orang- orang kebanyakan penunggu Pulau Jawa.

Gampangnya untuk menjalakan keakraban gitu.

Contoh Iklan Bahasa Jawa yang di buat banyak berbagai sektor semacamnya seperti:,

  1. Iklan Pendidikan
  2. Iklan layanan masyarakat
  3. Iklan santapan/ minuman
  4. Iklan penguman/ pemberitahuan

Bila kamu tinggal di Pulau Jawa dan kerap mencermati siaran di radio tentu kamu bakala kerap menemukan Contoh Iklan Bahasa Jawa.

Tidak Hanya di radio sih, banyak di stasiun televisi yang menyiarkan seluruh programnya dengan memakai Bahasa Jawa, semacam J– TV misalnya.

Ataupun keluar topik sedikit masih ingatkah kamu dengan youtuber ternama Bayu Skak yang dalam tiap konten video yang di buatnya senantiasa memakai Bahasa Jawa.

Contoh Iklan Bahasa Jawa

Iklan Bahasa Jawa Teh Melati

Nah, berikut ini ialah contoh iklan, caption ataupun perkataan yang memakai Bahasa Jawa,

Kebayang tidak sih semacam apa iklannya? Ayo ikuti contoh iklan Bahasa jawa berikut ini!

Contoh Iklan Bahasa Jawa Makanan

Iklan Indomie Goreng Bahasa Jawa

Bacaan Iklan:

“ Indomie Goreng: Nggawe Nonton Bal Luwih Bungah”

Artinya teks Iklan:

Indomie goreng: “ Membuat nonton bola jadi lebih mengasyikkan”. Kurang lebih makna kalimat Bahasa Jawa di atas demikian.

Nah, ini ia salah satu contoh iklan santapan kesukaan kita seluruh di dunia. Apa lagi jika bukan Indomie seleraku, eh selera kita semua.

Mie praktis yang telah bertahun- tahun jadi penyelamat para mahasiswa dan kariawan di kala tanggal tua menghampirinya.

Tetapi terdapat slogan bawaan Indomie yang senantiasa terngiang di kepala kita semua.

Indomie, seleraku!

Iklan Makanan Siap Saji

Iklan Bahasa Jawa Makanan Siap Saji

Iklan Bahasa Jawa Makanan Siap Saji

Teks iklannya:

“ Sing Dobel Tansah Nggawe Wareg!”

Luar biasa Gede 2–@pitik+ Sego+ Pepsi

Spesial mangan ing panggonan

50% off rebo spesial

Arti bacaan Iklan:

Sing Dobel Tansah Nggawe Wareg!= Yang double senantiasa membuat kenyang.

Luar biasa Gede 2– 2 pitik+ Sega+ Pepsi= Luar biasa gede 2 Ayam+ Nasi+ Pepsi

Spesial mangan ing panggonan= Khsusu di makan di tempat

50% off rebo istimewa= Istimewa Rabu 50% off

Contoh Iklan Bahasa Jawa Minuman

Iklan Okky Jelly drink

Iklan Bahasa Jawa Okky Jelly Drink

Iklan Bahasa Jawa Okky Jelly Drink

Bacaan iklan:

Okky Jelly Drink:“ Ngeleh ilang, Ngelak ilang!”

Arti bacaan Iklan:

“ Ngeleh ilang, Ngelak ilang!”= Lapar hilang, haus hilang.

Selanjutnya merupakan iklan miuman ringan( Softdrink) Okky Jelly drink.

Miuman yang isinya cermat dengan bermacam berbagai varian rasa. Kamu sempat minum enggak hayo?

Ngeleh ilang, Ngelak ilang!

Iklan Kuku Bima Energi

Iklan Bahasa Jawa Kukubima

Iklan Bahasa Jawa Kukubima

Bacaan iklan:

“ Kuku Bima Enegri Roso!”

Arti bacaan iklan:

Iktikad dari tagline“ Roso”( berenergi) tersebut merupakan minuman berenegi yang betul- betul membagikan energi

Iklan minuman berenergi yang sangat terkenal ini siapa sih yang enggak tau.

Industri minuman berenergi yang satu ini membuat iklan ini dengan artis- artis ternama semacam Ade Ray, Iko Uwais dan lain sebagainya.

Tetapi tetap saja yang membuat minuman berenergi yang satu ini jadi jadi terkenal sebab terdapatnya Mbah Marijan yang ialah salah seseorang kuncen dari Gunung Merapi.

Walaupun saat ini Mbah Marijan telah tiada tetapi kata- katanya akan senantiasa teringat di kepala semua rakyat Indonesia.

Kuku Bima Energi, ROSO!”

Iklan Milo Bahasa Jawa

Contoh Iklan Bahasa Jawa Minuman

Contoh Iklan Bahasa Jawa Minuman

Bacaan Iklan:

“ Milo, Energi Menang Saben Dino!!!”

Arti bacaan iklan:

Milo, Energi Menang Saben Dino!!!= Milo, Energi menang setiap hari!

Selanjutnya terdapat iklan Minuman susu coklat yang sebagian waktu kemudian booming jadi jajanan ringan es kepal milo.

Milo, Energi menang tiap hari!

Contoh Iklan Bahasa Jawa Obat

Iklan Oskadon– Obat sakit kepala

Iklan bahasa jawa Oskadon

Iklan bahasa jawa Oskadon

Bacaan iklan:

“ Oskadon Pancen Oye!”

Arti bacaan iklan:

Jadi, ibarat obat ini udah oke banget. Oye itu semacam sebutan semacam“ Oke”,“ Joss”,“ Mantap”

“ Oskadon pancen oye!”= Oskadon emang oke!

Semacam seperti itu maksudnya.

Iklan Bintang Todjoe– Masuk Angin

Iklan Bintang Todjoe

Bacaan iklan:

“ Bejo Teko Angin Lungo”

Arti bacaan iklan:

“ Bejo Teko Angin Lungo”= Bintang Toedjoe( Bejo) tiba( masuk) angin pergi.

Selanjutnya merupakan iklan Bintang tuju masuk angin. Bintang tuju masuk angin masih tipe jamu- jamu pula untuk menolak masuk angin

Bejo tu maksudnya kek semacam beruntung gitu jika di Bahasa Jawa.

tetapi di iklan ini“ Bedjoe”= Bintang Toedjoe

Bejo Teko Angin Lungo!

Iklan Antangin JRG

Iklan Antangin JRG

Iklan Antangin JRG

Bacaan Iklan:

 

“ Wes…ewes…ewes bablas angine!”

 

Arti bacaan iklan:

“ Wes…ewes…ewes bablas angine!”

kalimat ini tu kek semacam mantra pengusir masuk angina gitu.

Nah kata wes…ewes…ewes kaya bunyi anginnya gitu. Sebaliknya kalimat“ Bablas angine!”= anginnya melalui. Gampangnya gitu.

Wes…ewes…ewes bablas angine!

Iklan Bahasa Jawa Tutor Belajar

Iklan Ruangguru

Iklan Ruangguru

Iklan Bahasa Jawa

Bacaan Iklan:

BIMBEL? Elinga Ruangguru!

Ayo gabung dadi squad ruangguru karo aku

Biar#SinauDadilinuwih!

Arti bacaan Iklan:

BIMBEL? Ingat Ruangguru!

Mari bergabung jadi squad Ruangguru dengan saya

Supaya#BelajarJadilebih

Nah, kalo yang ini merupakan contoh iklan Bahasa Jawa tutorial belajar ternama, Ruang guru.

Iklan Bahasa Jawa Provider Kartu

Iklan Bahasa Jawa

Iklan Bahasa Jawa

Bacaan iklan:

XL

Rego sangat murah!!!

Sinyal apik lan lancar

Nyambung terus

Arti bacaan Iklan:

XL

Rego sangat murah!!!= Harga sangat murah

Sinyal apik lan mudah= Sinyal bagus dan lancar

Nyambung terus

Tidak hanya santapan, minuman dan lain sebagainya, itu di atas terdapat pula contoh iklan provider kartu telfon XL gunakan Bahasa Jawa.

Rego sangat murah, sinyal apik lan lancar

Iklan Bahasa Jawa Jual Bibit Jagung

Iklan Bahasa Jawa Jagung Hibrida Unggul

Iklan Bahasa Jawa Jagung Hibrida Unggul

Bacaan Iklan:

Jagung Hibrida Unggul– Tani Makmur

Para Kadangkala Tani ora harus bimbang yen arep nenandur

Jagung Hibrida unggul

Gampang golek- golekane

Mudah nandure

Mutu unggul

Arti bacaan iklan:

Jagung Hibrida Unggul– Tani Makmur

Para Kadangkala Tani ora harus bimbang yen arep nenandur= Para petani jangan

bimbang bila mau bercocok tanam

Jagung Hibrida unggul

Mudah golek- golekane= gampang di cari

Mudah nandure= gampang di tanam

Mutu unggul

iklan bahasa jawa

Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang JAMU

Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang JAMU

Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang JAMU

Bacaan Iklan:

Jamu Mugi waras

Jamu Mugi waras nyediakake aneka jamu

  • Akeh pilihane
  • Mesti alami
  • Mudah ngracike
  • Tanpo dampak samping

Di jamin awak seger, waras lan ati makmur.

Arti bacaan iklan:

Jamu Mugi waras= Jamu Lekas Sembuh

Jamu Mugi waras nyediakake aneka jamu= Jamu Lekas Sembuh sediakan bermacam berbagai jamu.

  • Akeh pilihane= Banyak berbagai pilihannya
  • Mesti natural= Tentu alami
  • Mudah ngracike= Gampang meraciknya
  • Tanpo dampak samping= Tanpa dampak samping

Di jamin awak seger, waras lan ati makmur.= Di jamin tubuh fresh fit, sembuh dan hati makmur.

Jamu Mugi Waras, Di jamin awak seger, waras lan ati makmur.

Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Makanan Tradisional

 

Contoh Iklan Bahasa Jawa Tentang Covid 19

Contoh Iklan Bahasa Jawa Covid 19

Contoh Iklan Bahasa Jawa Covid 19| Sumber Image: jatengprov.go.id

“JOGO TONGGO JATENG GAYENG” Artinya Mari jaga saudara Jawa Tengah Menyenangkan.

Iklan Bahasa Jawa Bergambar

Iklan Bahasa Jawa Bergambar

Iklan Bahasa Jawa Bergambar

“Nutrisi Apik Kanggo Bocah-bocah Kang Aktif…” Artinya Nutrisi untuk anak yang aktif.

Iklan Bahasa Jawa Teh Gelas

 

Iklan Bahasa Jawa Minuman Teh Gelas

Iklan Bahasa Jawa Minuman Teh Gelas

Segerke! Duniamu Lan Urip Mu Ngombe Teh Gelas ! Artinya segerkan duniamu dan hidupmu dengan teh gelas…

Contoh Iklan Rokok Bahasa Jawa

Iklan Rokok Bahasa Jawa

Iklan Rokok Bahasa Jawa

Iklan Lucu Gambar Indonesia

Sahabat, setelah kita membahas tentang contoh iklan Bahasa Jawa di atas saatnya kita refreshing sejenak sambil melihat beberapa plesetan iklan lucu Indonesia berikut ini ya teman-teman.

Karu Simpati

Iklan Lucu Kartu Simpati

Iklan Lucu Kartu Simpati

Spanduk Pinjaman

Iklan Lucu Spanduk Peminjaman Dana

Iklan Lucu Spanduk Peminjaman Dana

Iklan Lucu Obat Diapet

Iklan Lucu Obat Diapet

Iklan Lucu Obat Diapet

Iklan Lucu Gudang Garam

Iklan Lucu Gudang Garam

Iklan Lucu Gudang Garam

Iklan Lucu Tanggo

Iklan Lucu Tanggo

Iklan Lucu Tanggo

Iklan Lucu Kitkat

Iklan Lucu Coklat

Iklan Lucu Coklat

Iklan Lucu Indomie

Iklan Lucu Mie Sedap

Iklan Lucu indoMie Sedap

Penutup

Demikian pembahasan kami tentang contoh iklan jawa yang bisa dijadikan referensi Anda semua semoga bermanfaat.