10+ Rekomendasi Merk Net Voli Lengkap dengan Harga dan Penjelasan

Rekomendasi Merk Net Voli

Rekomendasi Merk Net Bola Voli – Assalamualaikum. Berjumpa lagi dengan saya, Pernahkah kalian para pemain voli berfikir apa jadinya kalau tidak ada net voli ketika kalian hendak berlatih maupun bertanding voli bersama teman? pasti rasanya kesel banget ya hehe. Dengan adanya net voli, kita jadi dapat berlatih tanding, berlatih smash, berlatih serve, dan lain-lain karena net dapat menjadi pembatas. Namun pernahkah kalian berfikir berapa harga dari net bola voli tersebut?

Pada kesempatan kali ini kami ingin sekedar berbagi kepada kalian tentang informasi harga dan juga merk net voli. Jadi jika kalian ingin beli, pastikan kalian mengerti dulu ya harga online’nya, agar jika suatu saat kalian beli net voli di toko terdekat, kalian dapat membandingkannya mana yang lebih murah dan mana lebih mahal. Tentu kalau berbicara masalah harga itu bersifat relatif ya. Terkadang harga murah pun belum tentu cepat rusak, begitupun sebaliknya harga yang mahal juga belum tentu bakal awet untuk digunakan.

Nah sebelum kami cantumkan daftar dan juga merk harga net voli. Ada baiknya kalian baca nih beberapa rekomendasi kami tentang net yang menurut kami mempunyai kualitas bagus dan mungkin kalian berminat juga untuk membelinya.

Merk Net Voli Terbaik

Rekomendasi Merk Net Voli
Rekomendasi Merk Net Voli

Berikut ini adalah rekomendasi dari merk net bola voli yang dapat anda gunakan ketika hendak membeli net tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Net Voli Mikasa

Tidak hanya meramah di dalam dunia bola saja, Mikasa juga telah memproduksi net voli yang mempunyai kualitas bagus. Tentu saja dengan background mereka selama puluhan tahun didunia olahraga tersebut, mereka menjadi brand yang paling konsisten menghadirkan perlengkapan-perlengkapan olahraga hingga sekarang.

Untuk harga bola voli Mikasa sendiri berkisar antara kurang 300-800ribu untuk produk ori, dan sekitar 80-200ribu untuk produk KW’nya tersebut.

2. Net Voli Mitzuda

Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengenal betul brand-brand pemroduksi net voli atau bahkan belum tahu sama sekali, tetapi untuk kalian para atlet didunia voli seharusnya paham betul masalah merk net voli. Mitzuda mengikuti jejak dari brend Mikasa dalam memproduksi net voli yang mempunyai kualitas bagus.

Jangan bandingkan dengan produk KW Mitzuda dengan produk orinya ya, karena kalau dilihat dari segi harga saja sebenernya udah jauh banget, tapi masalah kualitas? gak perlu diragukan lagi deh salah satu merek net voli mitzuda ini.

3. Net Voli Molten

Selain memproduksi bola voli dan bola futsal, Molten juga memperluas jangkauan mereka dengan memproduksi net voli. Brand satu ini memang sudah tidak asing lagi ya dalam dunia olahraga. Untuk harga net Molten sendiri berkisar antara 70-400ribu tergantung dari tipe dan kualitasnya.

Nah itulah 3 net rekomendasi dari kami. Semakin mahal harganya, kualitasnya pun semakin tidak tanggung-tanggung ya. Kalian tidak akan dikecewakan oleh ketiga brand tersebut

Sebenarnya banyak sekali produk-produk net voli dengan harga dibawah 100ribu. Biasanya net net seperti itu sudah memenuhi standar nasional kok jadi tidak perlu khawatir. Untuk masalah kualitas dari net standar nasional ya bisa dikira-kira sendiri lah ya hehe.

Net yang berstandar nasional dengan harga yang miring dapat kalian pertimbangkan jika kalian ingin membeli net voli dengan jumlah banyak, dan juga untuk berlatih teknik dasar voli saja ya. Jika digunakan untuk turnamen maupun latihan-latihan berat, kami lebih merekomendasikan ketiga produk diatas tetapi tetap mengusung ORI didalamnya. Ya yang namanya ori pasti tidak bakal bikin kalian kecewa deh.

FYI, sesuai kebijakan induk organisasi voli, tinggi net voli ialah 2,42m untuk pria dan 2.24m untuk wanita. Dan latihan yang paling membuat net voli cepat rusak yaitu latihan smash.

Latihan smash jika tidak dapat melewati net maka akan menabrak net dengan kekuatan yang cukup berat. Itulah mengapa kami lebih merekomendasikan produk ori ketimbang produk KW agar lebih dapat menahan beban berat bola yang jatuh menabrak net tersebut.

Daftar Harga Net Voli Berbagai Merk

Rekomendasi Merk Net Voli
Rekomendasi Merk Net Voli

Berikut ini adalah harga net voli dari berbabagai merk beserta dengan harganya:

1. NET VOLI MITZUDA VN199 – ORIGINAL net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih Rp. 350.000

2. Net Voli MOLTEN “VN-001” ORIGINAL net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih Rp. 140.000

3. Net Voli GTO net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih 100.000

4. NET VOLI MIKASA Super GOLD net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih 376.000

5. Net voli turnamen Molten net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih Rp. 150.000

6. Net Voli Powerspin atau Power Spin 305 net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih Rp. 175.000

7. Net voli Mitzuda VN572 VN 572 ORI net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih Rp. 135.000

8. Net Voli GTO Super net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih 580.000

9. Net Bola Voli Mizuno net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih Rp. 125.000

10 .Net Voli GTO VN-503A (ORIGINAL IMPORT) net dengan merk ini dijual dengan harga kurang lebih Rp. 300.000

Nah dari keterangan diatas silahkan pilih sesuai keinginan dan kebutuhan kalian masing – masing . Jika digunakan untuk latihan ringan, kami sarankan untuk membeli produk dengan standar nasional yang berharga dibawah 150rb saja. Tetapi jika digunakan untuk turnamen maupun latihan-latihan yang bersifat berat, kami lebih menyarankan untuk membeli salah satu produk diatas yang mempunyai harga diatas 300rb.

Teknik Jitu Memasang dan Mengukur Net Bola Voli

Rekomendasi Merk Net Voli
Rekomendasi Merk Net Voli

Dalam sebuah permaianan olahraga voli, net bola voli wajib dipasang dengan cara yang baik dan benar. Pasalnya, net adalah unsur yang menentukan perolehan skor dalam pertandingan bola voli. Jika setiap regu pemain gagal memantulkan bola ke atas jaring net, maka disitulah tim lawan akan mendapatkan nilai. Oleh sebab itu, net untuk bola voli harus punya ukuran dan cara pemasangan yang ideal.

Ukuran Net Bola Voli

Rekomendasi Merk Net Voli
Rekomendasi Merk Net Voli

Ukuran net untuk permainan bola voli terdiri atas ukuran panjang, lebar, dan mata net. Panjang net yang sesuai standar adalah sepanjang 9,5 m

Sedangkan untuk lebar net tidak boleh lebih atau kurang dari ukuran 1 meter. Tak ketinggalan, ukuran mata net harus persis mencapai ukuran 10 cm. Standar ukuran di atas pun sudah berdasarkan standar resmi internasional.

Cara Mengukur Lapangan Bola Voli

Rekomendasi Merk Net Voli
Rekomendasi Merk Net Voli

1. Net Bola Voli Dibuat Dengan Cara Mengukur Terlebih Dahulu Lapangan Yang Akan Dipakai.

Pasalnya net harus benar-benar dipasang di area tengah lapangan. Caranya adalah dengan menyesuaikan standar ukuran lapangan. Panjang lapangan wajib berukuran 60 kaki alias 18 m. Sedangkan lebar lapangan adalah 30 kaki alias 9,1 m. Selesai mengukur, barulah tempatkan tepat di tengah panjang lapangan.

2. Pastikan Lapangan Berada Pada Dataran Yang Tak Bergelombang Sehingga Tak Mengganggu Kelancaran Permainan Bola Voli.

Selepas itu, jika Anda sudah memiliki net yang terpasang pada tiang, Anda tinggal gelar saja net tersebut. Cara menggelar yang efektif adalah dari bagian tengah pinggir kanan lapangan ke bagian tengah pinggir kiri lapangan. Bisa juga dilakukan dengan sebaliknya.

3. Kalau Sudah, Tegakkan Tiang Dan Tanamkan Pada Tanah.

Lalu, ikat tiang dengan tali di bagian atas tiang untuk disambungkan dengan sebuah paku besar. Tanamkan paku dengan jarak sekitar 2 sampai 3 m. Tapi kalau net Anda belum jadi, lihat cara berikut.

Cara Memasang Net untuk Bola Voli

Rekomendasi Merk Net Voli
Rekomendasi Merk Net Voli

1. Sebelumnya, Anda Bisa Menggali Lubang Terlebih Dahulu Untuk Tiang Net Voli Anda.

Selepas itu, berikan Allen wrenchdi permukaan lubang sebagai alat yang membantu mengeratkan penanaman tiang. Allen wrench bisa dibeli di toko-toko bangunan terdekat atau dipesan secara online. Bentuknya menyerupai piringan yang bisa dikencangkan dengan menggunakan sekrup

2. Kini, Letakkan Tiang Ke Dalam Lubang Yang Telah Dipasangi Allen Wrench Tersebut.

Meletakkannya sembari ditekan dengan kuat hingga tiang bisa berpijak dengan tegak. Baru selanjutnya kaitkan tali jaring net pada kedua tiang.

Di bagian bawah tengah tiang sejatinya terdapat dua buah pengait tempat tali net dikaitkan. Putarkan tali di dua buah pengait tersebut sampai rapat.

3. Selanjutnya, Anda Beralih Mengikatkan Bagian Tali Net Yang Di Atas.

Ambil tali ini dan ikat pada setiap pengait yang tersedia di bagian atas tiang. Pastikan bahwa setiap tali net ini sudah membentuk garis horisontal dan paralel terhadap permukaan tanah. Sedangkan untuk tali net di bagian tengah, lakukan hal yang sama namun pada pengait tiang bagian tengah.

4. Sebagai Tambahannya, Anda Disarankan Memasang Yang Namanya Antena Voli.

Antena ini berfungsi untuk mempermudah para pemain dan pengamat dalam mengetahui pelanggaran dan kejadian foul saat permainan berlangsung.

Antena pun dipasang pada bagian pinggir net hingga melampaui permukaan jaring. Agar tidak goyang, stabilkan antena menggunakan klip atau objek khusus.

Harga Net untuk Permainan Bola Voli

Rekomendasi Merk Net Voli
Rekomendasi Merk Net Voli

Net bola voli yang bagus adalah net bola voli terbuat dari bahan pilihan. Seperti contoh, ada net bola voli dengan merek Mikasa yang dilengkapi dengan bahan tali jaring premium serta kolor kawat baja. Harga yang ditawarkan untuk net bola voli Mikasa adalah Rp400.000,-. Meski lumayan menguras kantong, net ini dipastikan awet dan punya daya tahan yang kuat.

Untuk alternatif yang jauh lebih murah, Anda bisa memilih net dengan merek Supra kualitas super. Anda pun hanya perlu menyiapkan budget senilai Rp97.500,- per piece.

Bahan jaring merupakan bahan benang yang lentur dan sudah sesuai standar. Namun memang daya tahannya kurang baik, apalagi kalau terkena cuaca ekstrim di lapangan.

Demikianlah uraian yang berkenaan dengan ukuran, cara memasang, hingga harga net bola voli. Net dengan kualitas bagus kini tak hanya bisa didapatkan di toko olahraga terdekat.

Melainkan, Anda sudah bisa memesannya dengan mudah secara online. Terakhir, pastikan Anda membeli produk net di distributor resmi atau toko tepercaya agar mutu produk tak mengecewakan.

Untuk menambah pengetahuan kalian didunia olahraga voli, silahkan baca peraturan permainan bola voli. Sekian dulu artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang bingung memilih net voli bagus dan berkualitas. Terimaksih banyak, Wassalamualaikum.

Teknik Smash Bola Voli yang Benar Beserta Penjelasannya {LENGKAP}

Cara Smash Bola Voli

Cara Smash Bola Voli – Dalam semua cabang olahraga, pastinya memiliki sebuah teknik-teknik dalam permainannya. Khususnya dalam permainan bola voli ini, yang kita tahu bahwasannya teknik dalam permainan bola voli pada umumnya yakni ada empat (4) yang terdiri dari Service, Passing, smash dan juga Blocking.

Semua teknik itu adalah teknik dasar dalam permainan bola voli. Teknik ini adalah sebuah teknik yang secara umum digunakan pada saat kita hendak bermain bola voli. Yang pada dasarnya teknik itu sudah diterapkan dan juga disepakati oleh semua orang maupun pecinta olahraga hingga sampai saat ini.

Nah, untuk saat ini kita hanya dapat memfokuskan satu teknik dasar permainan bola voli ini. Yakni teknik smash dalam permainan bola voli. Siapa sih yang tidak mengenal teknik yang satu ini? Teknik smash ini memang sudah benar-benar anda ketahui, namun jangan dikira teknik smash itu hanya begitu-begitu saja.

Namun, anda harus benar-benar paham betul bagaimana caranya agar teknik smash tersebut dijalankan dengan baik dan juga sesuai prosedur teknik smash permainan bola voli tersebut. Dan ketika kita hendak menggunakan maupun mempelajari teknik smash tersebut dengan baik maka jangan disangka jika nanti tim lawan dalam pertandingan bola voli akan kalah.

Maka dari itu, pelajari dan juga terapkan dengan betul-betul cara atau teknik dasar smash dalam permainan bola voli ini, yukkk langsung saja simak penjelasan tentang teknik smash di bawah ini.

Pengertian Teknik Dasar Smash Bola Voli

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Belajar tentang teknik dasar dalam permainan bola voli, lebih baiknya kita harus mengerti dan juga paham betul apa itu yang dimaksud dengan teknik smash? Ya, langsung saja saya akan menjelaskan sedikit apa itu smash.

Smash dalam teknik dasar permainan bola voli adalah teknik yang paling menarik bagi setiap pemula-pemula yang ingin belajar olahraga bola besar yang satu ini. Smash tersendiri adalah pukulan yang paling utama dalam penyerangan dalam bola voli terhadap tim lawan dalam upaya untuk mencapai kemenangan.

Smash ini adalah tahap awal atau utama disaat kita hendak bermain bola voli. Itulah definisi atau penjelasan singkat atas pengertian teknik smash dalam bola voli, pengertiannya saja tidak cukup jelas jika langkah-langkah teknik dan juga penerapannya belum kita praktikkan.

Maka dari itulah simak penjelasan singkat nan-jelas di bawah ini tentang langkah-langkah teknik dasar smash dalam permainan bola voli.

Penjelasan Teknik Dasar Smash Bola Voli

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentang pengertian teknik smash bola voli, benar juga yang dijelaskan bahwasannya pengertian saja kurang lengkap dan juga kurang jelas jika belum beralih ke langkah-langkahnya. Maka dari itulah lebih baik dan lengkapnya kita bersama-sama belajar untuk dapat memahami dan menerapkan teknik dasar smash ini.

Sebelum mengarah langsung pada teknik smash, yang harus diketahui dengan baik yakni kita juga harus mengetahui tentanng teknik-teknik yang lainnya seperti Service, Passing, dan juga Blocking. Karena dengan teknik tersebut permainan dalam bola voli akan terasa semakin lengkap dan dapat terbilang mendekati sempurna.

Maka dari itulah, kita juga harus dapat memahami teknik tersebut dengan baik dan benar. Antara satu teknik dan teknik yang lainnya yakni saling berkaitan anatara satu sama lain. Karena hubungan antara teknik-teknik dasar tersebut sangat berkaitan dengan baik dan juga benar.

Langsung saja kita beralih pada teknik smash dalam permainan bola voli, seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel-artikel sebelumnya yakni mengenai teknik dasar permainan bola voli yang di dalamnya juga menjelaskan mengenai teknik dasar smash dalam permainan bola voli yang menyatakan bahwa Smash adalah memukul bola dengan menggunakan kekuatan penuh sambil melompat.

Teknik smash ini adalah urutan ketiga dari Passing Bawah, Passing Atas, dan Smash. Dalam smash ini harus dilakukan dengan menghasilkan serangan yang keras dan menukik agar tidak dapat lagi diterima oleh tim lawan dan tim yang melakukan smash ini mendapatkan poin.

Dalam teknik smash ini terdapat bagian yang terbagi menjadi empat (4) yakni Smash Awalan, Smash Tolakan, Smash Pukulan, dan Smash Pendaratan.

Nah, itulah yang dijelaskan di dalam artikel sebelumnya yang memang kurang begitu lengkap, untuk itulah dalam artikel yang ini yang benar-benar fokus yang dibahas yakni tentang Teknik Smash Bola Voli maka dari itu langsung simak penjelasan sebagai berikut ini:

Tahapan Melakukan Teknik Smash dalam Permainan Bola Voli

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Berikut ini adalah tahapan ketika hendak mealukakan smash, baca yang serius dan juga dipahami agar nantinya anda dapat melakukan smash dengan baik dan juga terhindar dari cidera:

1. Langkah awalan.

2. Tolakan untuk melompat.

3. Memukul bola ketika melayang di udara.

4. Mendarat kembalo setelah memukul bola.

5. Langkah awalan itu diambil sekitar 1 (satu) samai 3 (tiga) langkah.

6. Langkah-langkah yang diambilnya itu merupakan langkah yang lebar.

7. Saat sudah mendekati net, kemudian kedua lengan tangan ayunkan ke belakang.

8. Setelah itu, kedua kaki juga hentakkan bersusulan kemudian lompat.

9. Lengan yang digunakan untuk memukul, ayunkanlah ke depan dan punggung menegang ke belakang.

10. Kemudian, pukullah bola dengan lengan yang terjulur dan tangan terbuka yang menaungi bola.

11. Untuk pergelangan tangan itu harus selalu longgar.

Maka dari itulah, smash itu dapat dikatakan sebagai pukulan yang benar-benar memiliki tujuan untuk meyerang kepada tim lawan yang sangat keras, terarah, dan membutuhkan skill (kemampuan) yang sangat baik untuk mencetak poin.

Untuk itulah sebagai seorang smasher atau orang yang pandai dalam melakukan smash, ini dibutuhkan yang benar-benar handal dalam kegesitan, kepandaian dalam melompat dan juga dapat melakukan kemampuan yang sangat baik dalam memukul bola sekeras mungkin.

Untuk itulah, bagi kalian-kalian yang ingin sekali meningkatkan dan sangat hobi sekali dalam melakukan smash di dalam permainan bola voli, maka dari itulah sangat dibutuhkan latihan yang sangat cukup matang, baik dan juga maksimal.

Langkah – Langkah dalam Melakukan Smash

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Adapun urutan atau langkah-langkahnya dalam melakukan pukulan smash dengan baik dan juga keras adalah sebagai berikut ini:

1. Mengambil langkah awalan sekitar 1 sampai 3 langkah.

2. Langkah yang diambil merupakan langkah kaki yang lebar.

3. Ketika mendekati net, ayunkan kedua lengan ke belakang.

4. Hentakkan kedua kaki bersusulan, lalu lompat.

5. Kemudian lengan yang akan memukul mulai diayunkan ke depan, dan punggung menegang ke belakang.

6. Pukul bola dengan lengan terjulur, tangan terbuka dan menaungi bola.

7. Sementara pergelangan tangan mesti longgar.

Dari langkah-langkah tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa smash ialah pukulan serangan yang sangat keras, terarah, dan juga butuh skill yang baik untuk mencetak angka.

Untuk menjadi seorang smasher yang handal, dibutuhkan kegesitan dan juga kepandaian dalam melompat, serta mempunyai kemampuan yang baik dalam memukul bola sekeras mungkin.

Cara Meningkatkan Kekuatan dalam Smash

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Di bawah ini akan admin jelaskan lebih rinci lagi, bagaimana sih dalam meningkatkan kekuatan-kekuatan dalam smash dalam permainan bola voli dengan baik dan juga maksimal? Simak penjelasan berikut ini:

1. Untuk meningkatkan kekuatan smash hal yang pertama dilakukan adalah dengan melatih power lengan dan juga        power bahu.

2. Power lengan yang ingin di tingkatkan adalah dengan cara melatih atau melakukan push up secara rutin.

3. Push up yang dapat dilakukan sekitar kurang lebih 30 (tiga puluh) sampai 50 (lima puluh) kali setiap harinya.

4. Untuk tambahan lagi supaya lebih maksimal, maka lakukan angkat barbel juga secara rutin setiap harinya.

5. Barbel yang diangkat sekitar kurang lebih berukuran 1kg (kilogram) ataupun lebih semampunya.

6. Power bahu yakni juga dapat melatihnya dengan olahraga angkat barbel juga.

7. Barbel untuk power bahu yakni dengan cara memutar-mutarkan seperti arah jarum jam.

Dengan melakukannya secara rutin dan juga maksimal, maka hasil yang diharapkan dalam latihan ini yaitu bisa dengan baik dan tangan yang diharapkan bisa untuk maksimal dalam melakukan smash dengan baik dan benar, semuanya akan terlaksana dengan harapan sebagaimana mestinya.

Itulah kelengkapan dari teknik dasar smash yang juga pada artikel sebelumnya juga pernah dibahas, ini adalah kelanjutan dari artikel-artikel sebelumnya. Dan tujuannya juga untuk menambah supaya lebih lengkap mengenai teknik smash bola voli.

Pelajari dengan baik-baik dan juga secara maksimal sesuai kemampuan yang anda miliki. Maka hasil yang diperoleh akan juga sebanding dengan upaya atau usaha keras anda. Sekian terima kasih, semoga bermanfaat untk kalian semuanya.

 

 

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya

Rekomendasi Merk Net Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli – Hampir semua orang pasti sudah pernah memainkan permainan atau olah raga bola voli, namun pernahkan anda untuk memperhatikan dengan detail lapangan bola voli ketika sedang bermain? berapa ukuran lapangan bola voli? berapa tinggi net bola voli?.

Pastinya,  Anda semua sudah tidak asing lagi dengan olahraga bola besar yang satu ini yaitu olahraga bola voli. Atau bahkan, Anda sering memainkannya. Pada umumnya, bola voli dimainkan secara beregu. Setiap regu terdiri dari atas 6 orang. Teknik dasar dalam permainan bola voli ini yaitu dengan menggunakan tangan, dimana setiap tim akan berusaha menjatuhkan bola di lapangan bagian dalam garis area lawan untuk menghasilkan poin.

Tidak perlu risau atau khawatir apabila anda belum mengetahuinya, karena pada artikel ini kita akan membahas Ukuran Lapangan Bola Voli sesuai standar nasional (sesuai Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia / PBVSI) dan internasional (sesuai Federation Internationale De Volleyball / FIVB) beserta komponennya lengkap dengan gambar dan keterangannya. Langsung saja berikut ini adalah contoh dan penjelasannya.

Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya

Ukuran Lapangan Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli

Berikut ini adalah contoh dari gambar lapangan bola voli lengkap dengan ukurannya:

Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya

Ukuran Lapangan Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli

Di Negara Indonesia sendiri, permainan bola voli sudah sangat populer dan juga banyak digemari oleh masyarakat. Jadi tidak heran, ada berbagai turnamen bola voli yang telah dilakukan, mulai dari tahap desa hingga nasional. Bahkan, ada persatuan bola voli nasional yang biasa dikenal dengan sebutan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Seperti yang telah kita ketahui, setiap permainan bola membutuhkan suatu arena lapangan demi terciptanya suatu pertandingan, begitu juga dengan bola voli. Lapangan yang digunakan dalam permainan bola voli mempunyai standar yang perlu Anda ketahui. Standar ukuran tersebut diperoleh dari pertimbangan berbagai pihak hingga menghasilkan suatu perjanjian yang sudah dikukuhkan tadi.

Pada umumnya standar ukuran lapangan bola voli berpatokan pada ukuran standar internasional, yakni hanyalah 1/5 dari ukuran lapangan sepak bola. Tentunya, standar inilah yang telah digunakan oleh setiap negara dalam membangun lapangan bola voli, meskipun ada beberapa kalangan yang tidak mengikutinya.

Secara umum, lapangan bola voli ini mempunyai ukuran 18 × 9 meter, dimana ukuran tersebut sudah menjadi standar nasional maupun internasional. Untuk apat membantu Anda dalam memahami standar ukuran lapangan bola voli, mari perhatikan gambar lapangan bola voli berikut ini. Berikut ini adalah penjelasan dari ukuran lapangan bola voli:

1. Panjang lapangan bola voli adalah 18 meter

2. Lebar lapangan bola voli adalah 9 meter

3. Panjang garis serang lapangan bola voli adalah 3 meter

4. Area servis lapangan bola voli adalah 3 meter

5. Lebar garis dalam lapangan bola voli adalah  5 sentimeter

6. Luas lapangan bola voli adalah 162 meter² (18m x 9m)

Ukuran lapangan bola voli tersebut digunakan dalam standar nasional maupun standar internasional. Jadi tidak ada perbedaan antara ukuran Lapangan bola voli di Indonesia dan di Luar Negeri karena mempunyai standar dan ketentuan yang sama.

Ukuran Net Bola Voli Beserta Ketentuan dan Keterangannya

Ukuran Lapangan Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ciri utama permainan bola voli yaitu menggunakan tangan (handball). Nantinya, bola voli itu dimainkan dengan cara dilambung-lambungkan diantara kedua sisi lapangan tersebut.

Jadi, ada satu komponen dari lapangan yang tidak kalah penting, yakni ukuran net yang telah digunakan dalam permainan bola voli. Net dalam bola voli berfungsi sebagai pembatas, dimana pembatas itu diletakkan di tengah-tengah dengan cara membagi wilayah antara kedua tim yang sedang melakukan pertandingan bola voli tersebut.

Untuk ukuran net atau jaring tidak boleh dibuat sembarangan, sebab sudah ada standar ukuran yang telah disepakati secara nasional maupun secara internasional. Ukuran net permainan bola voli yang dimainkan oleh laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan sehingga keduanya perlu lagi menggunakan aturan yang sudah ditentukan. Tinggi net untuk permainan voli bagi laki-laki yaitu 2.43 meter. Sedangkan ukuran tinggi net bola voli yang dimainkan oleh tim perempuan yaitu 2.24 meter.

Berikut ini adalah penjelasan dari ukuran net dalam permainan bola voli baik untuk putra maupun untuk putri:

1. Untuk tim putra, tinggi net bola voli adalah 2,43 meter

2. Untuk tim putri, tinggi net bola voli adalah 2,24 meter

3. Lebar net bola voli adalah 1 meter

4. Panjang net bola voli adalah 9 meter

5. Tinggi tiang net bola voli adalah 2,55 meter

6. Jarak antara tiang net dengan garis tepi / samping lapangan adalah 0,5 – 1 meter

7. Tinggi antenna pada net bola voli adalah 80 cm (di atas net)

8. Pita tepian samping net bola voli adalah 5 cm (dengan panjang 1 meter)

9. Pita tepian atas net bola voli adalah 5 cm

10. Ukuran mata jala net bola voli (berbentuk persegi) adalah 10 cm (10 sentimeter)

Ukuran Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli

Bola voli juga mempunyai ukuran tersendiri, berikut ini adalah penjelasan tentang ukuran bola voli yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional:

1. Diameter bola = 18 – 20 cm

2. Keliling bola = 65 – 67 cm

3. Tekanan bola = 0.30 – 0.325 kg/cm² atau 294.3 – 318.82 mbar atau 4.26 – 4.61 hPa/psi

4. Berat bola = 260 – 280 gram

Semua ukuran atau ketentuan yang sudah dijelaskan di atas merupakan ukuran atau ketentuan resmi sesuai standar nasional yang dipakai Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI dan sesuai standar internasional yang dipakai Federation Internationale De Volleyball  atau FIVB.

Contoh Lapangan Bola Voli Indoor

Ukuran Lapangan Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli

Contoh Lapangan Bola Voli Outdor

Ukuran Lapangan Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli

Contoh Lapangan Bola Voli Pantai

Ukuran Lapangan Bola Voli
Ukuran Lapangan Bola Voli

Demikianlah artikel mendetail tentang ukuran lapangan dan ukuran net bola voli lengkap disertai dengan gambarnya. Yang perlu Anda ingat dan ketahui bahwa permukaan lapangan bola voli harus dibuat datar atau horizontal. Dengan begitu, kecil kemungkinan risiko yang membuat para pemain terjatuh saat bsertanding atau bahkan dapat mengakibatkan cidera saat melakukan pertandingan bola voli yang sifatnya outdoor.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda semua, baik dalam hal membantu Anda dalam mengerjakan tugas maupun hanya sekedar menambah wawasan seputar ukuran lapangan voli dan juga gambarnya, ukuran net bola voli dan gambarnya. Terima kasih atas kunjungan Anda semuanya.