Teknik Smash Bola Voli yang Benar Beserta Penjelasannya {LENGKAP}

Teknik Smash Bola Voli yang Benar Beserta Penjelasannya {LENGKAP}

Cara Smash Bola Voli – Dalam semua cabang olahraga, pastinya memiliki sebuah teknik-teknik dalam permainannya. Khususnya dalam permainan bola voli ini, yang kita tahu bahwasannya teknik dalam permainan bola voli pada umumnya yakni ada empat (4) yang terdiri dari Service, Passing, smash dan juga Blocking.

Semua teknik itu adalah teknik dasar dalam permainan bola voli. Teknik ini adalah sebuah teknik yang secara umum digunakan pada saat kita hendak bermain bola voli. Yang pada dasarnya teknik itu sudah diterapkan dan juga disepakati oleh semua orang maupun pecinta olahraga hingga sampai saat ini.

Nah, untuk saat ini kita hanya dapat memfokuskan satu teknik dasar permainan bola voli ini. Yakni teknik smash dalam permainan bola voli. Siapa sih yang tidak mengenal teknik yang satu ini? Teknik smash ini memang sudah benar-benar anda ketahui, namun jangan dikira teknik smash itu hanya begitu-begitu saja.

Namun, anda harus benar-benar paham betul bagaimana caranya agar teknik smash tersebut dijalankan dengan baik dan juga sesuai prosedur teknik smash permainan bola voli tersebut. Dan ketika kita hendak menggunakan maupun mempelajari teknik smash tersebut dengan baik maka jangan disangka jika nanti tim lawan dalam pertandingan bola voli akan kalah.

Maka dari itu, pelajari dan juga terapkan dengan betul-betul cara atau teknik dasar smash dalam permainan bola voli ini, yukkk langsung saja simak penjelasan tentang teknik smash di bawah ini.

Pengertian Teknik Dasar Smash Bola Voli

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Belajar tentang teknik dasar dalam permainan bola voli, lebih baiknya kita harus mengerti dan juga paham betul apa itu yang dimaksud dengan teknik smash? Ya, langsung saja saya akan menjelaskan sedikit apa itu smash.

Smash dalam teknik dasar permainan bola voli adalah teknik yang paling menarik bagi setiap pemula-pemula yang ingin belajar olahraga bola besar yang satu ini. Smash tersendiri adalah pukulan yang paling utama dalam penyerangan dalam bola voli terhadap tim lawan dalam upaya untuk mencapai kemenangan.

Smash ini adalah tahap awal atau utama disaat kita hendak bermain bola voli. Itulah definisi atau penjelasan singkat atas pengertian teknik smash dalam bola voli, pengertiannya saja tidak cukup jelas jika langkah-langkah teknik dan juga penerapannya belum kita praktikkan.

Maka dari itulah simak penjelasan singkat nan-jelas di bawah ini tentang langkah-langkah teknik dasar smash dalam permainan bola voli.

Penjelasan Teknik Dasar Smash Bola Voli

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentang pengertian teknik smash bola voli, benar juga yang dijelaskan bahwasannya pengertian saja kurang lengkap dan juga kurang jelas jika belum beralih ke langkah-langkahnya. Maka dari itulah lebih baik dan lengkapnya kita bersama-sama belajar untuk dapat memahami dan menerapkan teknik dasar smash ini.

Sebelum mengarah langsung pada teknik smash, yang harus diketahui dengan baik yakni kita juga harus mengetahui tentanng teknik-teknik yang lainnya seperti Service, Passing, dan juga Blocking. Karena dengan teknik tersebut permainan dalam bola voli akan terasa semakin lengkap dan dapat terbilang mendekati sempurna.

Maka dari itulah, kita juga harus dapat memahami teknik tersebut dengan baik dan benar. Antara satu teknik dan teknik yang lainnya yakni saling berkaitan anatara satu sama lain. Karena hubungan antara teknik-teknik dasar tersebut sangat berkaitan dengan baik dan juga benar.

Langsung saja kita beralih pada teknik smash dalam permainan bola voli, seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel-artikel sebelumnya yakni mengenai teknik dasar permainan bola voli yang di dalamnya juga menjelaskan mengenai teknik dasar smash dalam permainan bola voli yang menyatakan bahwa Smash adalah memukul bola dengan menggunakan kekuatan penuh sambil melompat.

Teknik smash ini adalah urutan ketiga dari Passing Bawah, Passing Atas, dan Smash. Dalam smash ini harus dilakukan dengan menghasilkan serangan yang keras dan menukik agar tidak dapat lagi diterima oleh tim lawan dan tim yang melakukan smash ini mendapatkan poin.

Dalam teknik smash ini terdapat bagian yang terbagi menjadi empat (4) yakni Smash Awalan, Smash Tolakan, Smash Pukulan, dan Smash Pendaratan.

Nah, itulah yang dijelaskan di dalam artikel sebelumnya yang memang kurang begitu lengkap, untuk itulah dalam artikel yang ini yang benar-benar fokus yang dibahas yakni tentang Teknik Smash Bola Voli maka dari itu langsung simak penjelasan sebagai berikut ini:

Tahapan Melakukan Teknik Smash dalam Permainan Bola Voli

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Berikut ini adalah tahapan ketika hendak mealukakan smash, baca yang serius dan juga dipahami agar nantinya anda dapat melakukan smash dengan baik dan juga terhindar dari cidera:

1. Langkah awalan.

2. Tolakan untuk melompat.

3. Memukul bola ketika melayang di udara.

4. Mendarat kembalo setelah memukul bola.

5. Langkah awalan itu diambil sekitar 1 (satu) samai 3 (tiga) langkah.

6. Langkah-langkah yang diambilnya itu merupakan langkah yang lebar.

7. Saat sudah mendekati net, kemudian kedua lengan tangan ayunkan ke belakang.

8. Setelah itu, kedua kaki juga hentakkan bersusulan kemudian lompat.

9. Lengan yang digunakan untuk memukul, ayunkanlah ke depan dan punggung menegang ke belakang.

10. Kemudian, pukullah bola dengan lengan yang terjulur dan tangan terbuka yang menaungi bola.

11. Untuk pergelangan tangan itu harus selalu longgar.

Maka dari itulah, smash itu dapat dikatakan sebagai pukulan yang benar-benar memiliki tujuan untuk meyerang kepada tim lawan yang sangat keras, terarah, dan membutuhkan skill (kemampuan) yang sangat baik untuk mencetak poin.

Untuk itulah sebagai seorang smasher atau orang yang pandai dalam melakukan smash, ini dibutuhkan yang benar-benar handal dalam kegesitan, kepandaian dalam melompat dan juga dapat melakukan kemampuan yang sangat baik dalam memukul bola sekeras mungkin.

Untuk itulah, bagi kalian-kalian yang ingin sekali meningkatkan dan sangat hobi sekali dalam melakukan smash di dalam permainan bola voli, maka dari itulah sangat dibutuhkan latihan yang sangat cukup matang, baik dan juga maksimal.

Langkah – Langkah dalam Melakukan Smash

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Adapun urutan atau langkah-langkahnya dalam melakukan pukulan smash dengan baik dan juga keras adalah sebagai berikut ini:

1. Mengambil langkah awalan sekitar 1 sampai 3 langkah.

2. Langkah yang diambil merupakan langkah kaki yang lebar.

3. Ketika mendekati net, ayunkan kedua lengan ke belakang.

4. Hentakkan kedua kaki bersusulan, lalu lompat.

5. Kemudian lengan yang akan memukul mulai diayunkan ke depan, dan punggung menegang ke belakang.

6. Pukul bola dengan lengan terjulur, tangan terbuka dan menaungi bola.

7. Sementara pergelangan tangan mesti longgar.

Dari langkah-langkah tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa smash ialah pukulan serangan yang sangat keras, terarah, dan juga butuh skill yang baik untuk mencetak angka.

Untuk menjadi seorang smasher yang handal, dibutuhkan kegesitan dan juga kepandaian dalam melompat, serta mempunyai kemampuan yang baik dalam memukul bola sekeras mungkin.

Cara Meningkatkan Kekuatan dalam Smash

Cara Smash Bola Voli
Cara Smash Bola Voli

Di bawah ini akan admin jelaskan lebih rinci lagi, bagaimana sih dalam meningkatkan kekuatan-kekuatan dalam smash dalam permainan bola voli dengan baik dan juga maksimal? Simak penjelasan berikut ini:

1. Untuk meningkatkan kekuatan smash hal yang pertama dilakukan adalah dengan melatih power lengan dan juga        power bahu.

2. Power lengan yang ingin di tingkatkan adalah dengan cara melatih atau melakukan push up secara rutin.

3. Push up yang dapat dilakukan sekitar kurang lebih 30 (tiga puluh) sampai 50 (lima puluh) kali setiap harinya.

4. Untuk tambahan lagi supaya lebih maksimal, maka lakukan angkat barbel juga secara rutin setiap harinya.

5. Barbel yang diangkat sekitar kurang lebih berukuran 1kg (kilogram) ataupun lebih semampunya.

6. Power bahu yakni juga dapat melatihnya dengan olahraga angkat barbel juga.

7. Barbel untuk power bahu yakni dengan cara memutar-mutarkan seperti arah jarum jam.

Dengan melakukannya secara rutin dan juga maksimal, maka hasil yang diharapkan dalam latihan ini yaitu bisa dengan baik dan tangan yang diharapkan bisa untuk maksimal dalam melakukan smash dengan baik dan benar, semuanya akan terlaksana dengan harapan sebagaimana mestinya.

Itulah kelengkapan dari teknik dasar smash yang juga pada artikel sebelumnya juga pernah dibahas, ini adalah kelanjutan dari artikel-artikel sebelumnya. Dan tujuannya juga untuk menambah supaya lebih lengkap mengenai teknik smash bola voli.

Pelajari dengan baik-baik dan juga secara maksimal sesuai kemampuan yang anda miliki. Maka hasil yang diperoleh akan juga sebanding dengan upaya atau usaha keras anda. Sekian terima kasih, semoga bermanfaat untk kalian semuanya.

 

 

Leave a Comment