Cara Belajar Bahasa Aceh Yang Menyenangkan Untuk Pemula

Belajar Bahasa Aceh – Aceh adalah daerah yang kaya akan budaya dan penduduknya ramah. Jika Anda berencana ingin jalan-jalan ke Aceh atau akan dipindah tugaskan di sana, tak ada salahnya belajar bahasa Aceh.

Tujuannya agar cepat membaur dengan masyarakat. Bagi pemula, bahasa ini mungkin agak sulit untuk dipelajari, namun ini ada beberapa cara untuk mempelajarinya.

Cara Belajar Bahasa Aceh

Traveling ke Aceh

Belajar Bahasa Aceh

Bahasa Aceh

Cara cepat untuk belajar bahasa asing adalah dengan pergi ke tempat asalnya. Jika ada rezeki berlebih, cobalah untuk mengunjungi Aceh setidaknya selama seminggu.

Pilih travel guide orang Aceh lagi, jadi ia bisa menerangkan keindahan tempat-tempat wisata sekaligus mengajari Anda bahasa daerah ini. Sekali tepuk dua nyamuk, bisa traveling sambil belajar.

Jika masih kurang puas, Anda bisa merancang perjalanan ke Aceh untuk kedua kalinya. Karena sudah bisa sedikit-sedikit bahasa Aceh, maka ajaklah orang asli sana untuk mengobrol dengan bahasa itu.

Mereka akan merasa sangat senang karena mungkin masih sedikit sekali traveler yang bisa berbicara dengan bahasa nenek moyangnya.

Untuk memperkecil pengeluaran, maka datanglah ke Aceh di luar musim liburan. Harga tiket pesawat lebih rendah dari biasanya.

Di sana, carilah homestay yang nyaman dan lakukan interaksi dengan pemilik dan tetangga. Kagetkan dia dengan kemampuan berbahasa Anda dan minta tolonglah untuk dikoreksi jika ada pelafalan yang salah ketika bicara bahasa Aceh.

Baca juga : Bahasa Makassar

Menyimak Video di Youtube

Belajar Bahasa Aceh Lewat Youtube

Belajar Bahasa Aceh Lewat Youtube

Cara paling murah dan praktis saat ingin belajar bahasa adalah memanfaatkan video di Youtube. Ada banyak tutorial belajar bahasa dari negeri serambi Mekkah yang bisa Anda simak baik-baik.

Apalagi jika orang yang ada di video itu adalah keturunan Aceh lagi, kita bisa tahu pelafalan yang benar dari bahasa tersebut dan menghafal dialek khasnya yang unik.

Di video akan diterangkan bagaimana cara mengucapkan huruf vokal dalam bahasa Aceh. Ada huruf vokal yang tidak ada dalam bahasa Indonesia, misalnya vokal ee, eu, atau vokal oe.

Dalam tayangan video juga dipaparkan tulisan yang benar dan cara bacanya bagaimana, jadi Anda bisa mengucapkannya tanpa takut salah sebut.

Selain video tutorial, ada pula video klip lagu-lagu dari daerah Aceh seperti bungong jeumpa. Nyanyikan lagu ini untuk relaksasi sekaligus belajar bahasa daerah.

Telinga akan terbiasa mendengar bahasa Aceh. Cari pula artinya di Google, jadi sekalian menambah kosakata baru. Jangan hanya menonton kartun di Youtube, tapi manfaatkan untuk belajar bahasa ini.

Baca juga : Bahasa Manado

Mengadakan Festival A Day in Aceh

Bahasa Aceh

Belajar Bahasa Aceh

Jika Anda ingin belajar bahasa Aceh, maka adakan festival walau lokasinya hanya di dalam rumah. Perkenalkan bahasa, makanan, dan kesenian di Aceh pada seluruh anggota keluarga.

Misalnya Anda bisa memesankan beberapa porsi mie aceh dan es mentimun di minggu siang, untuk disantap bersama. Sesi makan ini dilakukan sambil nonton video tari saman.

Jika perlu, latihanlah mengikuti gerakan tari saman dan ajak anak-anak untuk ikut serta. Pakaikan baju adat Aceh yang cantik dan eksotis agar lebih meriah.

Istri Anda juga akan senang karena ini melatih kekompakan sekaligus memperkenalkan kebudayaan daerah lain pada anak. Ajaklah mereka bicara bahasa Aceh dan beritahu arti kata-katanya satu persatu.

Dengan cara ini, Anda bisa menghayati untuk belajar bahasa sekaligus mempelajari budaya di Aceh. Karena saat belajar suatu bahasa daerah sebenarnya yang dipelajari juga kebiasaannya, makanan, tarian, dan adat istiadatnya.

Jangan malu untuk ikut menari dan menghias ruangan dengan ornamen tradisional Aceh, agar lebih memeriahkan suasana.

Baca juga : Bahasa Minang

Mencari Guru Les Bahasa Aceh

Belajar Bahasa Aceh

Bahasa Aceh

Jika Anda masih kesulitan berbahasa Aceh, carilah guru les untuk mengajari secara intensif. Masalahnya, tak semua orang mengerti bahasa daerah ini, jadi pasanglah pengumuman di Facebook, Instagram, dan lain-lain tentang Anda yang butuh tutor.

Walau misalnya sang guru baru berstatus mahasiswa, tidak apa-apa, karena ia orang asli Aceh dan bisa mengajari Anda.

Jadwalkan les rutin setidaknya seminggu 2 kali. Besarnya biaya bukan masalah, yang penting Anda bisa lekas bisa berbahasa Aceh.

Jika perlu minta layanan chat via WA atau Line dengan tutor juga dalam bahasa Aceh, jangan bahasa Indonesia.

Jadi Anda bisa praketek terus setiap hari dan makin lama makin lancar dalam berbicara bahasa Aceh.

Rutin Menghafal Kosakata

Ketika Anda menemukan kosakata baru, maka segera catat dan hafalkan setiap hari. Kunci dari belajar bahasa adalah ketekunan dan praktek.

Jangan hanya bersemangat di awal tapi kendor di bulan berikutnya. Ingat-ingat lagi, apa motivasi Anda belajar bahasa daerah ini. Misalnya jadi lebih mudah mengobrol ketika akan dipindah ke kantor cabang Aceh.

Saat akan belajar berbahasa Aceh pertama-tama memang Anda merasa kesulitan, karena ada banyak kata serapan dari bahasa Arab.

Apalagi pengucapan huruf vokalnya beda jauh dari bahasa Indonesia, seperti vokal eu. Namun pasti Anda bisa mengucapkan kata-kata itu, jika tekun belajar, menghafal, dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Membuka Situs Belajar Bahasa Aceh

Ada beberapa situs yang bisa dibuat belajar bahasa Aceh. Di sana ada tutorial belajar bahasa itu dan simak baik-baik.

Belajar bahasa daerah memang unik, apalagi bahasa ini mirip dengan bahasa melayu walau ada diksi yang tidak sama.

Manfaatkan internet sebaik mungkin untuk belajar, jangan hanya dibuat menyetel lagu atau menonton serial drama luar negeri.

Biasanya, di situs belajar bahasa Aceh, dituliskan percakapan sehari-hari. Misalnya tapajoh yang artinya makan, gampong itu kampung, dan moto yang berarti mobil.

Hafalkan dialog itu dan praktekkan setiap hari.  Saat pertama belajar bahasa, maka yang dihafal adalah kata-kata penting seperti makan, ke mana, di mana, dan tidur. Cek di situs apa bahasa acehnya.

Praktik Setiap Hari

Ketika Anda sudah les bahasa aceh namun belum lancar juga, maka jangan menyerah. Praktikkan kosakata aceh setiap hari agar lekas bisa.

Ingatlah bahwa bisa karena biasa. Carilah komunitas mahasiswa Aceh, jadi Anda punya lawan bicara di sana. Mereka juga bisa membetulkan jika Anda mengucapkan diksi yang salah ketika mengobrol dan bercanda.

Jangan hanya belajar bahasa selama 2 hari lalu diharap langsung bisa. Bukankah anak baru bisa bicara di usia 2 tahun? Jadi, selama Anda terus mencoba untuk belajar dan praktik, maka akan bisa berbahasa Aceh.

Jangan mengharap hasil yang instan, atau menghukum diri sendiri saat tidak bisa mengucapkan kata-kata dalam bahasa Aceh dengan benar.

Ada banyak cara agar Anda bisa lekas berbicara dengan bahasa Aceh, misalnya dengan mencari guru privat yang orang Aceh asli, menonton video tutorial di Youtube, dan tekun menghafal kosakata.

Teruslah semangat dalam belajar, karena bahasa daerah perlu dilestarikan oleh orang Indonesia, jika tidak ingin hilang begitu saja dari peredaran.