Biografi Orang Sukses

10+ Biografi Orang Sukses dan Terkenal Yang Dapat Menginspirasimu

Biografi Orang SuksesMenjadi orang sukses pasti sudah menjadi impian setiap orang. namun untuk menjadi seseorang yang sukses bukanlah hal yang mudah, butuh banyak perjuangan dan usaha. Kesuksesan tentunya tidak datang begitu saja butuh waktu lama untuk bisa mendapatkannya. Jika kalian ingin menjadi seseorang yang sukses, berikut daftar biografi 10 orang sukses di dunia yang dapat kalian tiru dan contoh.

1.Bill Gates

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Lahir dengan nama lengkap William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates. Siapa yang tidak pernah mendengar namanya. Sebagai sosok yang terkenal karena menjadi salah satu orang tersukses di dunia dengan kekayaan mencapai 1.283 triliun rupiah menurut majalah Forbes ini merupakan seorang pendiri Microsoft.

Lahir pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington, Bill Gates merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Bill Gates memang dikenal sebagai sosok yang pintar dan aktif.

Bill Gates mulai mengenal komputer semenjak duduk di bangku sekolah dasar, ia termasuk anak yang cepat belajar dan langsung menguasai bahasa pemrograman. Bill Gates sempat menempuh pendidikan di Harvard University dan mulai mengembangkan kemampuannya pada bahasa pemrograman, itu namun ia memilih untuk keluar alias drop out untuk lebih fokus mengembangkan Microsoft kala itu.

Microsoft sendiri mulai didirikan pada tahun 1975 dengan nama Microsoft Corporation dan berhasil membawanya menjadi milyarder. Pada tahun 2008 Bill Gates mengundurkan diri dari manajemen perusahaannya dan fokus pada kegiatan sosial bersama istrinya dengan membangun Bill and Melinda Gates Foundation.

Melalui yayasannya, Bill dan istrinya fokus dalam memberikan bantuan kepada penderita AIDS dan juga memberikan beasiswa bagi universitas juga turut membantu negara-negara dunia ketiga.

2.Jack Ma

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Jack Ma lahir di Hangzhou pada 10 September 1964, merupakan pendiri Alibaba.com. Jack Ma terlahir dari keluarga yang hidupnya bisa dibilang kekurangan. Tunjangan pensiunan sang ayah tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga memasak Jack Ma kecil untuk bekerja membantu perekonomian keluarga.

Sejak kecil Jack Ma selalu menerima penolakan, bahkan untuk bersekolah saja sangat sulit karena nilai matematikanya yang tidak bagus. Namun Jack Ma yang senang dan tertarik dengan bahasa Inggris memilih untuk menjadi pemandu wisata di umur 12 tahun. Bertemu dan banyak bertukar pandang dengan orang asing mengubah cara berpikir Jack Ma.

Perusahaan Alibaba yang ia bangun berawal dari kegagalannya dalam melamar pekerjaan. Sempat ditolak oleh 30 perusahaan, membuat Jack Ma pindah haluan menjadi guru bahasa Inggris, namun pada saat itu belum banyak sistem penerjemah bahasa Mandarin ke dalam bahasa Inggris maupun sebaliknya.

Hal ini memunculkan ide bagi Jack Ma dan bersama temannya ia membuat sebuah halaman website jasa penerjemah. Tak disangka 4 tahun kemudian ia berhasil mengembangkan usahanya hingga ke retailer online yang menjadikannya salah satu orang tersukses di dunia.

3.Ma Huateng

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Mungkin belum banyak yang mendengar nama Ma Huateng, namun ia ternyata adalah orang terkaya se-Asia dan pemilik perusahaan raksasa teknologi, Tencent Group. Ma Huateng lahir di Guangdong pada 29 Oktober 1971. Ia merupakan lulusan ilmu komputer. Dan sempat bekerja di beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi sebelum akhirnya mendirikan perusahaannya.

Tencent didirikan pada bulan November 1998. Dengan bantuan keluarga Ma, dimana ayahnya membantu dalam bidang keuangan dan ibunya yang bertindak sebagai Corporate Representative, sedangkan Ma Huateng berperan sebagai CEO Tencent. Tencent sendiri terkenal sebagai “Kerajaan Game” dimana telah memproduksi beberapa game terkenal seperti Mobile Legends, Clash of Clans, Call of Duty, dan banyak lagi. Selain itu Tencent juga pemilik aplikasi WeChat dimana telah digunakan oleh lebih dari 1 milyar pengguna.

4.Stan Lee

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Bagi para pecinta film Marvel pasti nama Stan Lee sudah sangat akrab di telinga. Lahir dengan nama asli Stanley Martin Lieber, Lee dikenal sebagai pencipta atau kreator tokoh-tokoh superhero seperti Iron Man, Captain America, Spiderman, Thor, X-Men, Fantastic Four, dan masih banyak lagi. Lahir di New York pada 28 Desember 1922, Lee kecil sudah akrab dengan kisah- heroik karya Errol Flynn.

Stan Lee sempat bekerja pada perusahaan Timely Comics di divisi komik. Pekerjaannya saat itu hanyalah mengisi tinta, menghapus goresan pensil, dan meruncingkan pensil. Meski membosankan, Stan Lee memiliki tekad kuat untuk membuat komiknya sendiri suatu saat nanti.

Komik pertama Stan Lee adalah Destroyer yang diterbitkan pada tahun 1941. Pada saat usianya 19 tahun, Lee memutuskan keluar dari pekerjaannya dan memilih bergabung dengan angkatan darat AS yang pada saat itu sedang dalam masa perang dunia II, ia bergabung dalam Signal corps yang bertugas membuat laporan.

Setelah keluar dari angkatan darat, bersama dengan rekannya Jack Kirby, dan juga Martin Goodman, Lee mendirikan Marvel Comic. Komik-komik Marvel berhasil membawa perubahan pada dekade 60-an. Lee juga menggunakan komiknya sebagai bentuk kampanye seperti kampanye anti rasisme dan juga anti penyalahgunaan obat-obatan dalam komik Spiderman.

Stan Lee dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 12 November 2018. Lee telah berjuang dengan penyakit pneumonia. Ia meninggal karena serangan jantung. Stan Lee meninggal pada usia 95 tahun.

5.Steve Jobs

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Steve jobs merupakan pendiri perusahaan terkenal Apple. Steve Jobs lahir dengan nama Steven Paul Jobs di California pada tanggal 24 Februari 1955. Ayah biologisnya adalah seorang mahasiswa tamu dari Syria dan juga seorang profesor ilmu politik. Sejak kecil Steve diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs, dimana ia mendapatkan nama Steve Jobs.

Steve Jobs melewati masa sekolah menengah pertama dan atasnya. Ia sempat mengajar di Hewlett packards Company dan sempat bekerja disana. Setelah lulus SMA, Steve Jobs berkuliah di Reed College namun dikeluarkan setelah satu semester. Kemudian ia mendaftar di universitas yang sama namun memilih jurusan kaligrafi, karena inilah alasan mengapa Mac memiliki beragam font yang proporsional.

Steve Jobs pernah bekerja di perusahaan Atari Inc. Sebuah perusahaan pembuat permainan dengan jabatan sebagai perancang permainan. Kala itu tujuan utamanya hanyalah untuk mengumpulkan uang agar dapat melakukan perjalanan spiritual ke India.

Perjalanan inilah yang memberikannya banyak pelajaran. Pada tahun 1976, di garasi miliki keluarga Jobs, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mendirikan perusahaan Apple. Komputer pertama mereka diberi nama dengan Apple I. Pada tahun 1977, mereka berdua berhasil memproduksi Apple II yang laris di pasar rumah tangga dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Tahun 1980, perusahaan Apple Computers mencatatkan namanya dalam bursa efek dengan kesuksesan.

Kesuksesan Apple nyatanya tidak membawa peruntungan bagi Steve Jobs, meski perusahaannya sukses namun ia dinilai sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan memiliki emosi tinggi. Sehingga pada tahun 1985, Steve Jobs dikeluarkan dari Apple.

Ia kemudian mendirikan NeXT. Meski terbilang cukup sukses, namun belum dapat mengalahkan ketenaran Apple. Pada tahun 1996, Apple membeli saham NeXT, membuat Steve Jobs kembali ke perusahaannya sendiri.

Pada tahun 1986, bersama dengan Edwin Catmull, Jobs mendirikan Pixar Studio. Pixar Studio sendiri ia beli dari yang awalnya hanya sebuah divisi grafik komputer menjadi studio animasi yang sangat berkembang. Pixar studio telah berhasil mengeluarkan film-film animasi seperti Toy Story, Finding Nemo, The Incredibles, dan masih banyak lagi.

Steve Jobs meninggal pada tanggal 5 Oktober 2011, pada umur 56 tahun setelah bergelut dengan penyakit kanker pankreas selama bertahun-tahun.

6.Halimah Yacob

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Nama Halimah Yacob mulai dikenal publik mancanegara setelah berhasil terpilih menjadi presiden wanita pertama di Singapura. Ia juga merupakan presiden muslimah dan etnis Melayu pertama yang menjabat sebagai presiden semenjak Singapura berdiri.

Ayahnya adalah seorang muslim keturunan India dan telah meninggal dunia semenjak Halimah berusia 8 tahun. Ibunya yang berprofesi sebagai penjual nasi Padang keliling harus menghidupi dirinya dan keempat saudara laki-lakinya sendirian. Karena itulah sejak kecil Halimah sudah belajar untuk bekerja keras.

Halimah termasuk anak yang cerdas semasa sekolahnya, namun karena keterbatasan keluarganya dan ia harus membantu ibunya, Halimah pernah hampir dikeluarkan dari sekolah. Setelah menamatkan SMA nya, Halimah melanjutkan ke National University of Singapore ( NUS) jurusan ilmu hukum dengan bantuan beasiswa dari Islamic Religious Council.

Setelah lulus, Halimah bergabung dengan National Trades Union Congress dalam divisi hukum untuk memperjuangkan hak para buruh dan pekerja dimana ia menghabiskan 30 tahun waktunya disana. Ia kemudian terjun ke dalam dunia politik dan berhasil menjadi wanita Melayu pertama yang berhasil duduk di parlemen.

Pada tahun 2011, Halimah bergabung dalam Partai Aksi Rakyat, dan ditunjuk sebagai Menteri Pengembangan Masyarakat, Pemuda, dan Olahraga. Pada tahun 2013, ia berhasil menduduki posisi Ketua Parlemen Singapura dan menjadi wanita pertama yang mencapai posisi tersebut. Pada tahun 2017, ia mengundurkan diri dan mencalonkan diri sebagai presiden yang kemudian akhirnya terpilih.

7.Oprah Winfrey

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Jika ditanya nama wanita terkaya di dunia, pasti nama Oprah Winfrey selalu teringat. Oprah yang lahir pada tanggal 29 Januari 1954 di Mississipi. Sejak kecil ia sudah diasuh oleh neneknya yang keras dan disiplin. Sejak usia tiga tahun Oprah sudah sering tampil dan berbicara di publik yaitu di gereja neneknya.

Pada usia enam tahun, Oprah ikut bersama ibunya, namun karena kehidupan mereka yang miskin, ibunya jarang dirumah membuat Oprah sering kabur dari rumah hanya untuk mendapatkan perhatian dari sang ibu.

Kehidupan Oprah kecil bisa dibilang tidak begitu baik. Pada usia 9 tahun ia mengalami pelecehan seksual dari sepupunya yang bertugas menjaganya saat itu. Pada saat itu ia tidak berani menceritakannya pada siapapun, hal ini membuat perilakunya semakin tidak terkendali.

Pada umur 14 tahun, Oprah sudah hamil dan melahirkan bayi, namun sayang bayinya meninggal tak lama setelah dilahirkan. Ibunya yang sudah tidak sanggup mengurusnya akhirnya mengirimnya kepada sang ayah yang tegas dan disiplin. Saat bersama ayahnya itulah kehidupan Oprah berubah.

Saat di SMA, nilai Oprah meningkat pesat ia bahkan mendapatkan kesempatan untuk mewakili sekolahnya dalam konferensi pemuda di gedung putih. Oprah berhasil mendapatkan beasiswa sebesar $1.000 atas pidatonya mengenai orang negro di Amerika Serikat. Pada usia 17 tahun, Oprah bekerja sebagai penyiar radio lokal dan pada umur 19 tahun, Oprah masuk ke sebuah stasiun televisi di Nashville sebagai wartawan dan penyiar berita.

Namanya semakin melambung setelah membuat debut di televisi nasional dengan acara The Oprah Winfrey Show. Oprah juga berhasil mengeluarkan majalah ya seperti sendiri yaitu O, The Oprah Magazine. Menurut majalah Forbes, Oprah menjadi salah satu miliarder wanita dengan kekayaan mencapai 42,5 triliun rupiah pada tahun 2018.

8.Barack Obama

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Barack Hussein Obama II atau yang lebih dikenal dengan nama Barack Obama, merupakan presiden ke 44 dan ke 45 Amerika Serikat dan juga presiden kulit hitam pertama dalam sejarah kepresidenan Amerika Serikat. Lahir di Hawaii pada 4 Agustus 1961, Obama dilahirkan dari ayah seorang kulit hitam yang berasal dari kenya dan ibunya seorang kulit putih dari Hawaii.

Kedua orang tuanya bercerai ketika Obama berumur dua tahun. Ibunya kemudian menikah lagi dengan seorang pelajar asal Indonesia Lolo Soetoro.

Obama kecil sempat bersekolah di sekolah lokal di Indonesia hingga berumur sepuluh tahun. Ia kembali ke Hawaii dan tinggal bersama neneknya hingga menamatkan pendidikan SMA nya. Obama meneruskan pendidikannya ke Columbia University dengan mengambil jurusan ilmu politik.

Obama juga sempat menempuh pendidikan di Harvard University dan berhasil masuk ke Harvard Law School. Setelah lulus Obama bekerja menjadi seorang pengacara. Pada tahun 1991, Obama kembali ke Chicago dan selama dua belas tahun menjadi profesor di Universitas Chicago Law dan mengajar hukum konstitusi.

Pada tahun 1996, Obama terpilih menjadi senator Illinois dan mendapatkan banyak dukungan untuk reformasi undang-undang mengenai etika hukum perawatan kesehatan. Selain itu beberapa perundangan yang didukung oleh Obama adalah perundangan mengenai peningkatan kredit pajak bagi pekerja berpendapatan rendah, negosiasi perbaikan kesejahteraan, dan peningkatan subsidi bagi anak.

Pada tahun 2007, Obama resmi mencalonkan diri maju sebagai calon presiden dengan visi misi yang lebih menekankan pada perang Irak, peningkatan kebebasan energi, dan penyediaan perawatan kesehatan. Pada tahun 2008, Obama resmi dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke 44 setelah mengalahkan John McCain. Dan pada tahun 2012, sekali lagi Obama terpilih sebagai presiden ke 45 Amerika Serikat.

9.Donald Trump

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Siapa yang tidak mengenal Donald Trump. Presiden ke 45 Amerika Serikat ini dulunya merupakan seorang pengusaha sukses. Lahir di New York, Amerika Serikat pada tanggal 14 Juni 1946, Donald Trump lahir dari keluarga yang berkecukupan. Ayahnya merupakan seorang ahli pembangunan dan pemasaran real estate.

Donald Trump lulus dari Akademi Militer, setelah itu ia melanjutkan kuliah di Universitas Fordham lalu pindah ke Universitas Pennsylvania dan lulus pada tahun 1968 dengan sarjana ekonomi.

Donald Trump kemudian memulai karir di perusahaan ayahnya, The Trump Organizations yang bergerak dibidang Real Estate, yaitu penyewaan rumah kelas menengah. Di tangan Donald Trump, The Trump Organizations berhasil meraup berbagai keuntungan dari berbisnis properti. Namun keuntungan tersebut juga mendapatkan beberapa kendala termasuk ketika Trump harus berurusan dengan pemerintah kota New York untuk masalah Javits Convention Center.

Tak hanya di dunia bisnis saja, Donald Trump juga merambah ke dunia pertelevisian dengan menjadi host suatu acara reality show dan juga bertindak sebagai produser eksekutif. Dengan karir yang terbilang sukses, Donald Trump kemudian mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat pada tahun 2016 dan berhasil mendapatkan kursi presiden setelah mengalahkan Hillary Clinton. Ini menjadi penanda pertama kalinya presiden Amerika Serikat yang berasal dari kalangan pengusaha.

Sepanjang hidupnya Donald Trump telah menikah dua kali. Pernikahan pertamanya dengan Ivana Zelnickova berlangsung pada tahun 1977 dan menghasilkan 3 orang anak. mereka bercerai pada tahun 1992. Donald Trump kembali menikah pada tahun 2005 dengan Melania Kanvs dan dikaruniai seorang anak laki-laki.

10.Jusuf Kalla

Biografi Orang Sukses
Biografi Orang Sukses

Lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada tanggal 15 Mei 1942, Jusuf Kalla lahir dengan nama Muhammad Jusuf kalla. Jusuf Kalla merupakan seorang pengusaha sukses dari Makassar, namun banyak orang yang mengenalnya karena posisinya sebagai orang nomor dua di Indonesia yaitu wakil presiden Republik Indonesia.

Jusuf Kalla lahir di Watampone dan besar disana hingga berusia 10 tahun, saat itu ia dan keluarga pindah ke Makassar karena adanya kerusuhan DI/TII. Di Makassar kedua orang tuanya membuka toko kain dan berkembang pesat membuat nama kedua orang tuanya dikenal sebagai salah satu pengusaha terkenal dari Makassar.

Setelah menamatkan SMA, Jusuf Kalla melanjutkan sekolahnya pada jurusan ekonomi di Universitas Hasanuddin. Semasa kuliah, Jusuf Kalla dikenal sebagai pribadi yang aktif dalam berorganisasi, ia sempat menjabat sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Islam cabang Makassar.

Setelah lulus kuliah, Jusuf Kalla mengambil alih perusahaan keluarganya NV Hadji Kalla dan menjadi CEO di perusahaan tersebut. Di bawah kepemimpinannya perusahaan tersebut berkembang pesat sebagai perusahan ekspor impor mulai dari konstruksi, kendaraan, real estate, transportasi, dan lainnya.

Karir berpolitiknya dimulai saat Jusuf kalla ditunjuk sebagai ketua sekber partai Golkar Sulawesi Selatan dan Tenggara. Kemudian ia bergabung sebagai anggota DPRD SUlawesi Selatan hingga tahun 1968.

Pada tahun 1982, Jusuf Kalla kembali terjun di dunia politik menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat hingga tahun 1999. Namanya kian dikenal ketika berhasil dilantik sebagai Menteri Perindustrian dan perdagangan Republik Indonesia pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid hingga tahun 2000.

Pada masa Presiden Megawati, Jusuf Kalla ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat hingga tahun 2004. Tahun 2004 ia dilantik sebagai wakil presiden mendampingi presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada tahun 2009, Jusuf Kalla maju sebagai kandidat calon Presiden namun kalah oleh pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. Dan pada tahun 2014, sekali lagi Jusuf Kalla mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden kedua kalinya mendampingi Joko Widodo yang berhasil terpilih.

Jusuf Kalla juga aktif sebagai bendahara NU Sulsel melanjutkan tugas sang ayah. Jusuf Kalla juga menjadi ketua Persatuan Sepak Bola Makassar dan pemilik klub Sepak Bola Makassar Utama pada tahun 1985 hingga 1992.

Biografi Orang Sukses

Leave a Comment