Bagian Bagian Mata : Pengertian, Fungsi, Keterangan, Gambar {Lengkap}

Bagian Bagian Mata : Pengertian, Fungsi, Keterangan, Gambar {Lengkap}

Bagian Bagian Mata – Salah satu panca indera yang penting dalam kehidupan ini yaitu mata. Ada banyak bagian-bagian mata, baik bagian mata luar seperti alis dan kelopak atau pun bagian dalam mata  seperti kornea.

Pengertian Mata

Bagian Bagian Mata
Bagian Bagian Mata

Mata adalah salah satu panca indera yang mempunyai bagian-bagian dasar tersendiri. Meliputi bagian organ luar serta bagian organ dalam.

Fungsi dari masing-masing organ pun juga berbeda-beda akan tetapi antara satu dengan yang lain saling berkaitan dan juga berhubungan.

Untuk posisi bola mata sendiri letaknya ada pada lekuk mata yang berbatasan dengan tulang pipi serta dengan tulang dahi.

Kedua tulang tersebut memiliki fungsi untuk melindungi kedua mata Anda. Membahas tentang mata tidaklah perkara yang sederhana, ada banyak komponen di dalamnya yang penting untuk dipelajari.

Dengan keterkaitan hal tersebut, mata Anda pun dapat melihat dengan baik dan juga sempurna. Untuk lebih menyempurnakan pemahaman Anda mengenai mata, berikut akan kita ulas mengenai bagian-bagian dari mata.

Bagian Bagian Mata

Bagian Bagian Mata
Bagian Bagian Mata

Sebagaimana selama ini diketahui bahwa mata merupakan bagian dari organ tubuh yang sangat sempurna.

Diberikan kepada manusia agar mereka mampu unutuk melihat benda secara jelas. Di dalam tubuh manusia, mata terdiri dari dua jenis organ utama, pertama yaitu bagian luar mata dan kedua adalah bagian dalam mata.

Nah, pada bahasan kali ini  akan diulas mengenai tetang bagian mata berikut fungsi-fungsinya.

A.Bagian Luar Mata

Bagian luar mata terdiri dari empat jenis organ mata yang semuanya terletak di bagian luar mata. Berikut adalah rincian singkat tentang bagian luar mata:

  1. Kelopak mata yang berfungsi untuk melindungi dan juga menutup mata.
  2. Bulu mata yang fungsinya yaitu untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata dan juga mencegah masuknya debu atau kotoran ke dalam mata kita.
  3. Alis mata yang fungsinya untuk menahan keringat supaya tidak masuk ke dalam mata
  4. Kelenjar air mata yang fungsinya yaitu untuk menghasilkan air mata. Dan biasanya berfungsi untuk membasahi dan juga menjaga agar mata Anda tetap lembab. Juga  berfungsi untuk membersihkan debu. Selain itu juga untuk dapat membunuh berbagai jenis bibit penyakit yang terdapat di dalam mata.

B.Bagian Dalam Mata

Bagian dalam mata mempunysi sifat yang lebih sensitif dibandingkan dengan luar mata. Berikut merupakan ulasan mengenai bagian dalam mata:

Setelah mengetahui beberapa bagian dalam mata, berikut ini merupakan penjelasan yang lebih detail mengenai fungsi-fungsi dari mata bagian dalam.

  1. Sklera yaitu bagian dalam mata yang fungsinya adalah untuk melindungi bagain dalam pada bola mata. Pada bagian depan bola mata manusia, sclera telah mengalami sebuah modifikasi menjadi kornea yang berfungsi untuk dapat meneruskan rangsangan cahaya ke dalam bagian bola mata.
  2. Koroid adalah bagian dalam bola mata yang fungsinya yaitu untuk menyuplai makanan dan juga oksigen ke dalam retina dan juga untuk mencegah terjadinya pantulan cahaya yang kemungkinan masuk ke dalam bagian bola mata. Koroid sendiri semacam pembuluh darah dan juga semacam pigmen khusus untuk mata.
  3. Retina merupakan bagian dalam pada mata yang di dalamnya mengandung reseptor cahaya untuk bisa menangkap suatu bayangan. Pertama yaitu sel kerucut atau biasa dikenal dengan konus yang berfungsi untuk bisa melihat di saat terang. Selain itu juga untuk dapat menerima rangsangan cahaya yang mempunyai warna hijau, merah serta biru. Kedua yaitu sel batang atau biasa dikenal dengan basilus yang fungsinya adalah untuk melihat cahaya yang memiliki intensitas lemah.
  4. Iris merupakan bagian dalam mata selanjutnya yang fungsinya adalah untuk memberikan warna kepada mata serta mengatur besar kecilnya pupil. Tujuannya yaitu untuk membatasi jumlah dari cahaya yang masuk ke dalam mata kita.
  5. Sementara pupil fungsinya yaitu untuk mengatur kesediaan cahaya atau sedikit dan banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata.
  6. Lensa mempunyai fungsi untuk mengatur daya akomodasi pada lensa supaya bayangan yang ada dapat jatuh secara tepat pada bagian retina.
  7. Bintik kuning ini adalah bagian dalam mata yang bisa dibilang paling peka terhadap adanya cahaya. Hal itu terjadi karena di sini menjadi tempat berkumpulnya reseptor.
  8. Bintik buta adalah bagian dalam mata yang menjadi tempat masuk dan juga membelokkan berkas saraf.
  9. Kelenjar air mata merupakan bagian dalam mata yang fungsinya adalah untuk menjaga kelembaban serta kesehatan pada mata.

Kelainan Yang Terjadi Pada Mata

Bagian Bagian Mata
Bagian Bagian Mata

Setelah mengetahui bagian-bagian mata beserta fungsinya, penting juga untuk diketahui bahwa tidak semua orang memiliki mata yang dalam keadaan sehat sehingga mereka mampu menyaksikan objek sekitar dengan jelas.

Ciri untuk jenis mata yang sehat yaitu apabila ia mampu melihat benda dekat ataupun jauh. Sedangkan orang yang tidak mampu melihat secara jelas terindikasi mengidap kelainan mata atau penyakit mata.

Setidaknya ada lima jenis kelainan yang umum terjadi pada mata manusia. Berikut adalah beberapa kelainan pada mata tersubut:

1.Rabun Jauh

Rabun jauh `atau biasa  dikenal dengan Miopi. Orang yang menderita penyakit ini tidak mampu melihat berbagai jenis benda yang letaknya jauh dengan tempat mereka melihat.

Penyebab dari kelainan ini adalah lensa mata yang bentuknya terlalu pilij. Sehingga bayangan benda jatuh tepat di depan retina kita.

Solusi yang tepat untuk penderita ini yaitu dengan menggunakan jenis kacamata yang memiliki lensa cekung atau jenis lensa negatif.

2.Rabun Dekat

Rabun dekat juga dikenal dengan Hipermetropi yaitu suatu kelainan mata dimana penderita tidak mampu melihat jenis benda kecil yang letaknya berdekatan dengannya.

Misalnya saja seseorang yang tidak mampu membaca secara jelas tulisan dari buku atau majalah pada jarak terdekat mereka.

Penderita penyakit mata satu ini mengalami masalah pada bayangan benda yang jatuhnya di belakang retina. Solusi bagi penderita kelainan mata ini yaitu dengan menggunakan lensa positif atau jenis lensa cekung.

3.Rabun Tua

Rabun tua atau biasas dikenal juga dengan Presbiopi. Yaitu sebuah kelainan pada mata yang diderita oleh orang yang usianya sudah mulai lanjut atau melemah.

Dampaknya seseorang penderita penyakit ini adalah tidak bisa melihat suatu benda, entah itu benda yang letaknya dekat ataupun jauh.

Solusi untuk penderita kelainan mata ini yaitu dengan menggunakan jenis kacamata dengan lensa rangkap atau kacamata positif dan juga negatif.

4.Rabun Senja

Kelainan pada mata selanjutnya yaitu rabun senja atau dikenal dengan Hemerolopi. Kelainan ini memang terkesan langka dimana penderita tidak dapat melihat suatu benda dengan jelas pada saat senja. Penyebab dari kelainan ini yaitu kurangnya vitamin A.

5.Buta Warna

Orang yang telah menderita buta warna tidak mampu membedakan warna satu dengan warna yang lainnya. Dan penyakit satu ini mempunyai sifat yang menurun ke keturunan di bawahnya.

Dan itulah penjelasan singkat tentang pengertian mata, fungsi mata, bagian – bagian mata, serta kelainan yang sering terjadi di dalam mata kalian semua.

Dan informasi yang selanjutnya yakni membahas tentang bagaimana merawat mata kita, supaya terhindar dari penyakit atau kelainan pada alat penglihatan kita. Berikut adalah cara merawat mata kita supaya terhindar dari penyakit.

Kita terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata kita. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting yang ada didalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak mampu untuk melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita.

Untuk memastikan bahwa mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut merupakantata cara untuk merawat kesehatan mata kita semua, langsung saja ya.

6.Makan Banyak Buah-Buahan Dan Sayuran

Buah yang baik untuk kesehatan mata kita yaitu buah karena Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata.

Itu dikarenakan beta karoten adalah antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula atau disebut dengan gangguan mata terkait usia yang memengaruhi kemampuan untuk melihat. Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan..

7.Hindari Penggunaan Lensa Kontak Selama Lebih Dari 19 Jam

Hal yang satu ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula menggunakan kacamata terlalu lama.

8.Kurangi Penggunaan Tetes Mata

Mengurangi penggunaan atau pemakaian obat tetes mata. Menggunakan cairan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan dapat merusak kesehatan mata Anda.

9.Gunakan Mentimun

Gunakan mentimun untuk dapat mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan juga lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

10.Pakailah Kacamata Hitam Pelindung UV

Gunakan lensa yang sudah terpolarisasi, tidak hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk dapat melawan paparan dari sinar matahari

11.Hindari Duduk Terlalu Lama Di Depan Komputer

Untuk dapat menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan waktu yang terlalu lama di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah anda lelah sehingga mata anda menjadi sakit.

12.Kenakan Kacamata Di Saat Yang Tepat

Pastikan untuk menggunakan kacamata atau menggunakan pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

13.Jangan Membaca Dalam Cahaya Redup

Untuk tetap menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang dapat menyebabkan ketegangan pada mata anda semua. Jika mata anda terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat supaya mata anda agar tidak sakit.

14.Jangan Langsung Melihat Cahaya Yang Terlalu Terang

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang karena dengan cahaya yang terlalu terang dapat membuat mata menjadi pedih dan perih dan jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

15.Melatih Mata Dan Membuatnya Untuk Bersantai

Cobalah anda untuk memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh dengan pandangan kita. Ulangilah proses ini beberapa kali dalam sehari.

Duduklah, tempatkan siku di pinggul anda, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama kurang lebih 10 detik. Kemudian buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

Dan itulah beberapa pengertian tentang mata, fungsi, bagian-bagian, kelainan dan cara perawatannya, semoga dengan artikel diatas dapat manambah pengetahuan anda semua dan terutama buat saya pribadi.

Bentuk Mata Manusia

Bagian Bagian Mata
Bagian Bagian Mata

Berikut merupakan bentuk mata manusia dengan kepribadiannya yang dimana dari kalian semua sudah mengerti atau bahkan sudah tahu tentang bentuk-bentuk mata manusia. Langsung saja ya kita simak penjelasannya berikut ini:

1.Bentuk Kacang Almond

Orang dengan bentuk mata seperti kacang almond memiliki kepribadian yang hangat dan juga penyayang, tetapi dia jarang untuk dapat menunjukkan kepribadiannya tersebut. Dia punya pengendalian diri yang sangat bagus, disiplin dan juga berakal budi yang baik

2.Bentuk Bulat

Pemilik bentuk mata yang bulat pada umumnya orang tersebut  sangat kreatif, menarik dan artistik. Tidak  heran kalau kebanyakan orang dengan tipe mata bulat cukup menarik untuk lawan jenisnya dan juga supel. Akan tetapi, orang ini agak memiliki sifat emosional, suka mendramatisir keadaan, dan moodnya gampang berubah.

3.Mata Turun

Mata turun dimiliki oleh seseorang yang mudah sekali bergaul, tidak  heran kalau merekamempunyai banyak sekali teman baik. Dia mempunyai dedikasi tinggi pada pekerjaannya dan susah bilang “gak”. Orang dengan mata yang turun seringkali mempunyai sifat yang pesimis dan mudah sekali untuk patah semangat.

4.Mata Naik

Seseorang dengan bentuk mata naik merupakan orang yang memiliki sifat penuh optimisme, ambisius, dan juga kepo. Ia  cukup cerdik dan juga ceria, tetapi terkadang agak egois.

5.Mata Dalam

Orang dengan bentuk mata yang dalam biasanya dia cukup teliti untuk dapat mengamati keadaan di sekitarnya. Dia juga cukup kreatif, romantis, dan juga idealis

6.Jarak Kedua Mata Lebar

Pemilik mata ini mempunyai pandangan yang sangat  luas dalam menganalisa suatu masalah yang ada di sekitaranya. Dia juga mempunyai toleransi yang tinggi, fleksibel, senang berinovasi dan suka sekali untuk mencari petualangan yang baru.

7.Jarak Kedua Mata Sempit

Seseorang dengan jarak antar matanya sempit maka orang tersbeut memiliki sikap atau sifat yang sangat disiplin, detil, dan fokus. Tidak heran jika dia mudah sekali stres dan marah karena toleransinya pun sangat rendah.

8.Mata Belo

Orang dengan mata belo pada umumya orang tersebut sangat ramah dan mudah bergaul. Akan tetapi, dia cukup sensitif, sering pesimis dan merasa khawatir yang timbul pada dirinya.

9.Mata Besar

Si pemilik mata besar mempunyaisifat rasa ingin tahu yang sangat besar, berpikiran terbuka, dan juga cerdas. Dia juga romantis, hangat dan mudah untuk bersimpati kepada orang lain. Pemilik mata besar harus jauh-jauh dari orang yang memiliki sifat licik karena dia mudah sekali untuk percaya kepada orang lain.

10.Mata Kecil

Orang dengan bentuk mata yang kecil merupakan orang yang perfeksionis. Dia memiliki sifat yang sangat teliti, jeli, fokus, dan tepat. Dia pintar dan juga senang sekali  memandang jauh ke depan. Dengan sikap sangat hati-hati kepada orang baru sering membuatnya tampak arogan dan dingin terhadap semua orang.

Itulah sedikit ulasan tentang arti mata, fungsi mata, bagian – bagian mata, kelianan mata, penanggulangan mata, serta bentuk bentuk mata sesuai dengan kebribadiannya.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan, wawasan serta bermanfaat bagi anda semua dan khususnya buat diri saya pribadi. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga : Bagian Bagian Telinga

 

Leave a Comment