Arti Dari Stalking Lengkap Dengan Ciri-ciri dan Tipsnya

Arti Dari Stalking Lengkap Dengan Ciri-ciri dan Tipsnya

Arti Stalking – Setiap orang pasti pernah mengalami sebuah stalking dan ketika seseorang itu stalking maka akan berubah drastis dari memek wajahnya hingga gaya berbicaranya akan mengalami sebuah perubahan, berikut ini adalah arti dari stalking itu sendiri.

Pengertian Stalking

Arti Stalking
Arti Stalking

Kalian pasti pernah mendengar kata stalk, stalking, dan stalker kan. Ketiga kata itu memang berhubungan. Kata-kata tersebut merupakan bahasa serapan yang diambil dari bahasa Inggris yang selanjutnya sering digunakan oleh kaum millenial saat ini. Namun apa sebenarnya pengertian dari katiga kata tersebut?

Kata stalk memiliki banyak arti, namun yang paling mendekati dengan topik pembahasan kali in adalah mengikuti, pengejaran dengan hati-hati, maupun mengejar. Lalu kata stalking apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah menjadi menguntit, yaitu suatu kegiatan mengikuti seseorang.

Dalam bahasa gaul, kata stalking sering dikaitkan dengan kepo atau perasaan ingin tahu mengenai informasi seseorang. Sedangkan kata stalker dalam bahasa Indonesia berarti si penguntit atau orang yang melakukan tindakan menguntit.

Kegiatan stalking dapat berupa macam-macam hal mulai dari sering mengintip atau mengikuti dia saat disekolah, mengikuti dan sering melihat update kegiatan seseorang dari sosial medianya. Namun ada beberapa tindakan stalking yang merugikan dan membahayakn juga ternyata.

Dan modus dari stalking pun bermacam-macam ada yang karena didasarkan perasaan suka terhadap seseorang hingga modus kejahatan seperti menguntit untuk mencuri, menculik, bahkan yang lebih parah untuk balas dendam.

Jenis Stalking

Arti Stalking
Arti Stalking

Ada empat jenis stalking yang biasa dilakukan, yaitu high school stalking, media sosial stalking, psycho stalking, dan predator stalking. Berikut penjelasan lebih detail mengenai masing-masing tipe stalking.

High School Stalker.

Dinamakan High School Stalker karena biasanya orang yang melakukan kegiatan stalking ini merupakan seorang siswa sekolah yang ingin mengetahui tentang orang dia sukai. Stalking tipe ini mungkin dapat dikatakan adalah tipe stalking yang paling kuno karena sudah ada dari zaman ayah ibu atau bahkan kakek nenek kita dulu.

Tipe jenis ini tidak melakukan kegiatan stalkingnya melalui media maya tetapi secara langsung atau face to face.

Contoh stalking tipe ini adalah ketika dulu kita duduk di bangku sekolah dan naksir kakak kelas pasti setiap kali melewati kelasnya kita suka mengintip ke dalam ruangan untuk mencari sosoknya, hal kecil seperti itu juga sudah termasuk ke dalam kategori stalker. Atau ketika kita pulang sekolah lalu sambil menunggu jemputan diam-diam memperhatikan si dia sedang menunggu jemputan juga.

Stalker jenis ini juga mempunyai tahapan yang biasa saja seperti di atas dimana hanya sebatas memandang saja atau bila beruntung kalian dapat bertatap mata atau justru disapa oleh si dia.

Media Sosial Stalker.

Seperti namanya stalker tipe ini banyak melakukan kegiatannya di sosial media. Mereka biasanya melakukan kegiatan stalking untuk dapat mengetahui informasi atau kabar dari orang-orang di sekitarnya, bisa jadi pacar, gebetan, mantan pacar, hingga musuh sekalipun.

Hampir semua media sosial dapat dijadikan media untuk melakukan kegiatan stalking, biasanya para stalker akan membuka instagram orang yang ingin mereka cari informasinya, melihat-lihat kumpulan foto yang dapat menunjukkan aktivitas mereka, terkadang mereka juga melakukan stalking melalui media sosial facebook untuk melihat lingkup pertemanan dan kegiatan mereka, itu beberapa contoh tindakan stalking yang dilakukan melalui media sosial.

Ada beberapa media sosial lainnya yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan stalking contohnya yaitu twitter, blog, snapchat, dan masih banyak lagi. Stalking jenis ini yang sekarang banyak dilakukan oleh anak-anak muda, karena media sosial sangatlah mudah untuk diakses. Dan orang-orang pun kini bebas untuk menceritakan kisahnya melalui sosial media.

Psycho Stalker.

Tipe stalker yang satu ini sudah termasuk ke tahap yang mengganggu karena stalker tipe ini biasanya tidak hanya melihat dari jauh tetapi hingga menguntit. Stalker tipe ini tidak tanggung-tanggung dapat melakukan hal- hal yang ekstrim dan melanggar privasi seperti mengikuti kalian kemanapun pergi, mengetahui secara detail tentang kalian mulai dari informasi tentang keluarga kalian hingga kisah masa lalu kalian, memasang cctv di dekat rumah korbannya, masuk ke dalam rumah tanpa izin, mencuri barang-barang milik korban, hingga menyakiti korban. Stalker tipe ini jangan dianggap remeh karena biasanya mereka memang memiliki niat jahat kepada korbannya, banyak kasus penculikkan dan pembunuhan juga berasal dari stalker seperti tipe satu ini. Apabila kalian menemui seseorang sebaiknya segera laporkan ke pihak yang berwajib.

Contoh lain dari stalker tipe ini adalah sasaeng di dunia kpop. Sasaeng sendiri adalah seseorang yang mengatasnamakan fans suatu grup atau seseorang namun menunjukkannya dengan cara yang mengerikan.

Seperti menguntit dan memasang kamera tersembunyi di kamar hotel, mengirimkan surat yang ditulis menggunakan darah, dan banyak lagi. Bahkan tak tanggung-tanggung ada yang mengikuti hingga mobil yang sang artis kendarai mengalami kecelakaan.

Predator Stalker.

Tipe stalker yang terakhir ini adalah tipe stalker yang juga mengganggu. Biasanya mereka tipikal orang yang ingin mencari perhatian dengan cara mengancam ketenangan orang lain. Contoh stalker tipe ini adalah orang yang membuat suatu akun di media sosial dengan nama dan biodata yang sama persis seperti milik seseorang namun isinya justru hal-hal yang berlawanan dengan isi akun aslinya atau bahkan berisi hal-hal yang bersifat pribadi dan yang bermaksud menjatuhkan si pemilik asli. Taktik para stalker tipe ini biasanya berpura-pura berkenalan lalu menjadi teman dan mulai akrab untuk menggali informasi mengenai si korbannya. Terkadang kegiatan ini dimaksudkan sebagai bahan untuk membalas dendam.

Tips Stalking

Arti Stalking
Arti Stalking

Kegiatan stalking memang mengasyikkan, karena kita dapat mencari tahu hal-hal yang menyangkut orang yang kita sukai, tokoh idola kita, atau keluarga bahkan teman kita.

Tapi tentunya kegiatan stalking ini jangan samapai diketahui oelh orang yang bersangkutan karena tentunya kita akan menjadi malu. Karena itulah, berikut ada beberapa tips jitu agar kegiatan stalking kalian berjalan dengan aman dan nyaman.

Santai.

Tips pertama adalah santai. Lakukan kegiatan stalking kalian denga rasa santai dan nyaman, jangan sampai karena terburu-buru stalking kalian menjadi ketahuan. Carilah posisi dan tempat yang nyaman untuk melakukan stalking.

Jangan sampai ketika sedang melakukan scroll tentang si dia dan kalian grogi malah jadi kepencet tombol like, kan malu jadinya. Perasaan santai dan nyaman juga akan meminimalisir rasa kecewa yang sering timbul ketika selesai stalking.

Stalking Sesuai Aplikasi.

Ada begitu banyak aplikasi sosial media yang digunakan oleh anak-anak millienial zaman sekarang. Untuk melaksanakan misi staking pun harus dilihat dan diperhatikan terlebih dahulu aplikasi apa yang sering digunakan si dia untuk mengupload kegiatan kesehariannya.

Kalau kalian ingin tahu tentang bagaimana dulu dia saat sekolah mungkin harus mengecek halaman facebooknya, jika kalian ingin mengetahui dia pernah dekat dengan siapa mungkin bisa cek mention twitternya, atau jika ingin tahu sedang apa dia sekarang cek saja foto-foto terbaru miliknya di instagram.

Hindari Tempat Umum.

Jangan melakukan stalking di tempat umum. Kenapa? Karena di tempat umum kita tidak tahu akan bertemu dengan siapa saja. Mungkin saja ketika kalian sedang stalking gebetan ternyata orang yang duduk di sebelah kalian adalah kakak atau adiknya.

Jadi lebih baik jika kalian melakukan kegiatan stalking ini di rumah atau di kamar saja biar aman. Ketika kita stalking sendirian di kamar jelas akan lebih menyenangkan dan santai, jika ada hal yang membuat kecewa kalian dengan bebas dapat melampiaskannya karena tidak ada siapa-siapa disebelah kalian yang akan dirugikan.

Lebih Baik Menggunakan PC Atau Laptop.

Kenapa stalking lebih aman menggunakan laptop atau PC? Hal ini dikarenakan PC dan laptop memiliki resiko ketahuan yang lebih sedikit dibandingkan stalking menggunakan handphone. Kalian tidak perlu menyentuh layar yang dapat berakibat terpencetnya tombol-tombol seperti like dan follow. Kalian juga dengan bebas dapat menzoom foto tanpa takut tombol like terpencet.

Bersihkan Riwayat.

Tips terakhir adalah jangan lupa untuk menghapus riwayat pencarian. Jangan sampai ketika teman kalian meminjam handphone kalian untuk melihat beranda seseorang eh nama dia yang muncul pertama, tentunya semua orang akan tahu tentang rahasia kecil kalian.

Efek Samping Dari Stalking

Arti Stalking
Arti Stalking

Perlu diketahui mungkin kebiasan stalking memang mengasyikkan namun ada baiknya untuk mengontrol kebiasaan tersebut, karena ternyata kebiasaan stalking terutama di media sosial dapat membawa pengaruh buruk. Berikut beberapa pengaruh buruk dari kebiasan stalking media sosial.

Kecanduan.

Ternyata hobi stalking juga dapat menjadi penyebab kita kecanduan. Kecanduan stalking sama berbahaya dengan kecanduan hal lainnya, seperti kecanduan kopi, kecanduan junk food, kecanduan alkohol, dan berbagai jenis kecanduan lainnya.

Karena secara umum yang namanya kecanduan akan membuat kita seolah-olah merasa ada yang kurang bila tidak melakukan hal tersebut atau bahkan merasa tidak dapat hidup tanpa melakukan hal tersebut.

Kecanduan ini ditandai dengan tidak bisa lepasnya kita dari handphone, PC, maupun laptop dan alat elektronik lainnya. Kita merasa seperti ada yang hilang bila sehari saja tidak memegang handphone apalagi tidak membuka media sosial.

Dalam sehari kita dapat menghabiskan waktu lebih dari 2 jam di depan media sosial. Apabila hal ini terjadi selain dapat merusak mata dan organ lainnya karena kurangnya bergerak,  juga dapat berakibat pada kondisi kesehatan mental kita.

Negative Thinking.

Seperti yang sudah disebutkan diatas kecanduan gadget dan media sosial dapat berdampak buruk baik bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental kita. Contoh rusaknya kesehatan mental kita adalah seringnya kita memiliki prasangka buruk atau sering bernegatif thinking. Kebanyakan kegiatan stalking sering berujung dengan kekecewaan karena kita terlalu cepat mengambil kesimpulan padahal belum tentu faktanya demikian.

Hal tersebut dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari dimana kita sering mengambil keputusan karena pikiran subjektif belaka bukan lagi karena objektifitas. Yang lebih parah lagi adalah ketika kita belum benar-benar tahu fakta yang terjadi namun kita sudah berani memberikan komentar yang tidak sesuai.

Insecure.

Perasaan negatif yang kita rasakan ketika terlalu sering melakukan stalking dapat menimbulkan perasaan insecure atau perasaan cemas. Contohnya ketika kita melihat foto orang yang kita sukai sedang bersama orang lain dan kita tidak mengenal mereka kita terbiasa langsung berspekulasi negatif tanpa tahu kejadian ssesungguhanya.

Atau ketika kita melihat teman kita sering mengupload foto liburan terkadang timbul rasa iri kepada mereka, padahal hal tersebut hanya akan membuang waktu kita saja. Parahnya lagi adalah ketika kita jadi merasa rendah diri dan merasa bukan apa-apa dibandingkan dengan mereka yang hidupnya sering diunggah ke dalam sosial media.

Anti Sosial.

Efek samping terkahir dari buruknya pengaruh stalking adalah membuat kita menjadi anti sosial atau sulit bahkan tidak mau bergaul dan bersosialisasi dengan orang-orang lainnya. Menjadi anti sosial dapat terjadi karena kit sering menggunakan media sosial dalam mengerjakan atau bahkan mencari informasi apapun sehingga membuat kita lupa untuk berinteraksi secara langsung, bertatap muka dengan orang lain.

Hal ini dapat berakibat buruk dengan perkembangan kita sebagai manusia, dengan semakin berkurangnya intensitas kita untuk saling menyapa maka hampir dipastikan tidak akan ada orang yang akan keluar rumah lagi dai masa depan.

Itulah sedikit penjelasan tentang stalking semoga dengan adanya artikel atau pembahasan diatas tidak membuat anda stalking lagi. Dan semoga dengan adanya artikel diatas dapat menambah wawasan kalian semuanya. Sekian terimakasih.

Leave a Comment