ARTI SPAM : Pengertian, Tujuan, Dampak, Beserta Contohnya {Lengkap}

ARTI SPAM : Pengertian, Tujuan, Dampak, Beserta Contohnya {Lengkap}

Arti Spam –  Kalian yang sering melakukan kegiatan atau bersosialisasi melalui dunia maya seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, dan sebagainya pasti sudah seirng mendengar istilah spam bukan? Tahukah kalian apa pengertian spam itu? Dan apa saja macam-macam jenis dari tindakan spam? Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai spam.

Pengertian Spam

Arti Spam
Arti Spam

Spam didefinisikan sebagai berbagai bentuk pesan yang dikirimkan melalui perangkat elektronik yang dikirimkan secara terus-menerus dan isinya adalah sesuatu yang tidak dikehendaki atau diinginkan oleh si penerima.

Tindakan spam tergolong ke dalam tindakan yang menganggu dan merugikan karena isi dari spam itu sendiri. Selain masyarakat yang dirugiakn pihak seperti penyelenggara jasa internet juga turut dirugikan dengan adanya tindakan spam ini.

Spamming, istilah spamming memiliki makna sebagai bentuk aktivitas penyebaran spam. Aktivitas ini beragam macamnya mulai dari mengirimkan email yang berisi berita palsu, menelepon atau mengirimkan suatu pesan singkat ke nomor orang yang tidak dikenal, mengirimkan link-link yang berisi sesuatu yang tidak penting, dan banyak lagi.

Kegiatan spamming pada dasarnya adalah mengirimkan suatu informasi dari seseorang kapada orang lain secara acak padahal orang yang bersangkut tidak menginginkan berbagai bentuk informasi tersebut.

Spammer, sedangkan istilah spammer digunakan bagi sebutan kapada orang yang malkukan aktivitas spamming. Untuk menjadi seorang spammer memiliki penuh resiko, karena tindakan spamming telah dicantumkan ke dalam tindak kriminal dalam cybercrime atau tindakan kriminal yang berhubungan dengan dunia maya, maka menjadi seorang spammer dapat dituntut ke dalam jalur hukum. Hal ini karena seorang spammer terkadang merusak privasi seseorang, melakukan tindakan penipuan, bahkan hingga mencemarkan nama baik. Karena itulah berhati-hatilah dalam menggunakan dunia maya jangan sampai kalian menjadi seorang spammer.

Jenis Spam

Arti Spam
Arti Spam

Ada enam jenis spam yang biasa dilakukan oleh orang-orang yaitu spam melalui email, spam melalui pesan singkat atau SMS, spam melalui telepon, spam melalui ikaln, spam melalui blog, dan spam melalui media sosial. Berikut penjelasan lebih mengenai jenis spam ini.

1. Spam email.

jenis spam yang pertama adalah spam melali surat elektronik atau email. Ada beberapa jenis spam pada email yaitu spam surat elektronik massal yang tidak diminta atau disebut dengan Unsolicited bulk Email atau UBE, junk mail, atau surat elektronik komersial yang tidak diminta atau disebut dengan Unsolicited Commercial Email atau UCE.

Contoh spam pada email yang sering dilakukan adalah iklan program investasi, iklan program untuk menjadi cepat kaya, dan banyak lainnya.

Spam pada email mulai merajalela semenjak awal tahu 1990 an ketika internet mulai berkembang di masyarakat pada saat itu. Dan hingga kini penyebaran spam melalui email telah mencapai angka 80 hingga 85 persen dari keseluruhan email yang dikirimkan di seluruh dunia.

Para spammers ini mengambil keuntungan setiap spam yang merek akirimkan dibuka oleh seseorang, karena metode ini dianggap merugikan dan illegal maka di beberapa negara di dunia telah membuat hukum untuk menangani para pelaku spam ini.

Namun yang menjadi masalah spam saat ini adalah karena begitu luas dan udahnya akses pada internet membuat sulitnya untuk melacak asal muasal spam, apalagi dengan adanya suatu jaringan yang dibentuk oleh para spammer, perusak, dan penipu yang disebut dengan jaringan zombie.

Melalui jaringan zombie ini penyebaran spam menjadi tidak bisa dikontrol. Dan yang lebih merugikan lagi adalah karena terkadang spam ini membawa virus yang berasal dari perangkat elektronik pribadi maupun kantor dari seluruh dunia.

2. Spam Iklan.

Spam iklan biasanya berisi penawatan untuk sebuah produk barang maupun jasa. Penyebaran spam iklan bisa dilakukan melalui media apa saja, termasuk media sosial, telepon, pesan singkat, maupun blog.

Contoh spam iklan yang sering muncul adalah pop-up iklan pada blog atau website yang muncul setiap kali kita membuka website atau blog tersebut, atau spam iklan pada instagram tentang obat penambah tinggi badan pad kolom komentar, atau iklan program yang dapat membuat cepat kaya setiap kali kalian membuka browser. Itu adalah contoh spam iklan yang merugikan karena tentunya akan menganggu kenyaman kita.

3. Spam SMS.

Spam melalui pesan singkat atau SMS merupakan bentuk spam yang paling mudah dilakukan. Contoh spam melalui pesan singkat adalah pesan yang berisi pemenang undian berhadiah atau bahkan yang sempat tenar dulu SMS mama minta pulsa.

Meskipun spam melalui pesan singkat ini tergolong mudah dilakukan karena pesan singkat tidak mendapatkan perlindungan atu tidak diblokir oleh firewall maka memudahkan para spammer melancarkan aksinya, namun ternyata spam pesan singkat ini masih memiliki kekurangan dibandingkan dengan spam emali yang tingkat kecepatan penyebarannya sangat cepat dan luas.

Bahkan menurut penelitian dari Ferris Research, pada tahun 2003 spam pesan singkat meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 500 juta spam pesan singkat di seluruh dunia.

4. Spam Telepon.

Yang selanjutnya adalah spam melalui telepon. Contoh spam jenis ini adalah telepon menawarkan suatu produk atau barang, spam telepon yang menawarkan produk asuransi, dan masih banyak lagi.

Spam ini termasuk menganggu karena biasanya pelaku spam tidak hanya menelpon sekali saja namun dapat melakukannya berkali-kali. Tentunya hal ini akan menganggu kenyaman seseorang. Dan biasanya spam jenis ini meminta biaya yang dikenakan kepada si penerima telepon.

5. Spam Blog.

Spam pada blog disebut juga dengan Blam yang merupakan singkatan dari spam pada weblog. Spam jenis ini biasanya dilakukan dengan memasukkan sebuah link ke dalam kolom komentar. Isi dari komentar tersebut biasanya tidak sesuai dengan topik atau pembahasan yang sedang dibicarakan. Spam seperti ini biasanya dapat ditemukan secara berulang-ulang dalam satu postingan blog.

6. Spam Media Sosial.

Media sosial memang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan harian. Karena itulah medai sosial menjadi ladang yang empuk bagi para spammer untuk melakukan kegiatan spamming. Spam pada media sosial banyak bentuknya, mulai dari menawarkan jasa atau produk atau dapat juga spam yang meminta untuk saling memfollow atau spam like contohnya pada instagram.

Tujuan Spam

Arti Spam
Arti Spam

Secara umum spam memiliki tiga tujuan yaitu sebagai media promosi suatu barang maupun jasa, sebagai modus penipuan, dan digunakan hanya untuk keisengan saja. Berikut penjelasan tujuan dari adanya spam.

1. Sebagai Bentuk Promosi.

Spam sebagai media promosi penjualan atau pemasaran suatu barang atau pun jasa sudah bukan hal yang aneh lagi. Kalian pasti pernah mendapatkan sebuah email, sms, maupun telepon dari seseorang yang tidak kalian kenal yang mengatasnamakan suatu perusahaan atau pun suatu lembaga yang berniat untuk mempromosikan atau berusaha menawarkan suatu produk kepada kalian, itulah salah satu bentuk spam yang paling sering terjadi di dunia nyata.

Tentunya spam seperti sangatlah menganggu bagi para konsumen, selain itu metode yang dilakukan oleh perusahaan ini juga dapat dinilai kurang etis dalam bidang pemasaran karena bersifat memaksa dan menganggu.

Dan biasanya spam promosi jenis ini jauh lebih sering diabaikanoelh para konsumen karena mereka merasa terganggu dan bukannya tertarik untuk membeli.

2. Sebagai Bentuk Penipuan.

Yang kedua dan tidak kalah menganggunya adalah spam ssebagai betnuk modus penipuan. Pasti kalian pernah mendapatkan pesan singkat atau telepon yang mengatakan bahwa kalian baru saja memenangkan undian berhadiah dari suatu perusahaan ataupun lembaga lainnya yang mengadakan undian. Dan apabila kalian ingin mengambil hadiah tersebut kalian diwajibkan untuk membayar sejumlah uang untuk di transfer sebagai biaya pengambilan. Hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk spam yang merugikan, karena tidak sedikit orang yang tertipu dengan hal semacam itu.

Spam penipuan lainnya yang harus diwaspadai adalah spam yang mengatakan bahwa kalian mendapatkan panggilan interview kerja dari sebuah perusahaan yang biasanya dikirim melalui emial maupun pesan singkat.

Namun kalian harus menggunakan transportasi dan agen yang telah disediakan oleh si perusahaan, sehingga kalian diharuskan membayar sejumlah uang yang katanya akan diganti oleh perusahaan.

Tipe penipuan seperti ini sekarang sedang marak terjadi sehingga perlu diwaspadai oelh kalian yang sedang mencari pekerjaan karena tiadka akan ada perusahaan yang berbaik hati untuk memberikan akomodasi dan transprotasi bagi calon pelamar kerja.

3. Sebagai Keisengan Belaka.

Tujuan yang ketiga juga dikategorikan cukup menganggu pasalnya spam yang bertujuan sebagai keisengan belaka hanya akan merugikan si korban saja. Contoh spam dengan tujuan untuk keisengan adalah membagikan link video atau gambaar tidak senonoh melalui pesa singkat atau pun media sosial seperti facebook, twitter, dan lainnya. Ada juga yang membagikan sebuah link melalui media sosial yang ternyata berisi virus yang dapat membahayakan peranglat elektronik si korbannya.

Dampak Adanya Spam

Arti Spam
Arti Spam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas barusan, tujuan dari adanya spam memang semua merugikan karena itu lah akan muncul dampak-dampak bagi para korban yang terkena spam. Berikut beberapa dampak yang muncul karena adanya spam.

1. Menghabiskan Kapasitas Penyimpanan.

Dengan adanya spam yang terkadang jumlahnya sangat banyak, maka akan memenuhi kapastias penyimpanan memori pada perangkat elektronik. Apalagi model spam dimana mereka akan terus bermunculan berapa kalipun kita berusaha menghapusnya.

2. Memerlukan Waktu Untuk Menghapus.

Apabila jumlah spam yang masuk ke dalam perangkat elektronik sudah terlalu banyak maka akan sulit bagi kita untuk menghapusnya.

3.Menghabiskan Bandwicth Kuota Internet.

Spam dapat terjadi melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya, karena itu untuk menghapusnya membutuhkan kuota internet, dan apabila kita menghabiskan banyak waktu untuk menghapusnya maka tentu akan menghabiskan bandwidth kuota internet kita.

4. Menyebabkan Internet Menjadi Lemot.

Spam yang biasanya masuk ke dalam blog, website, atau web forum lainnya biasanya akan membuat kecepatan mengakses dalam blog maupun website tersebut menurun, tentunya para pengunjung blog atau website tidak akan senang dengan hal itu, belum lagi spam berbentuk pop-up iklan yang muncul setiap kita mengklik sesuatu di dalam blog tentunya membuat para pengunjung harus memiliki waktu ekstra untuk menutup halaman iklan tersebut.

5. Perangkat Elektronik Mudah Terkena Virus.

Dan yang terakhir adalah dampak dari spam adalah menjadikan perangkat elektronik menjadi rentan akan virus sebab spam tersebut terkadang membawa virus-virus yang dapat ditularkan ketika kita membuka isi spam tersebut.

Demikian pembahasan tentang Arti Spam beserta dampaknya. Perlu anda ketahui juga bila Spam tetap menjadi sesuatu yang penting, baik dalam dunia medsos atau dalam kegiatan sehari hari.

Hal ini dikarenakan dunia internet menjadi lebih luar tidak dapat terlepas atau dipisahkan dari peran serta Spam. Diharapkan artikel dan pembahasannya akan sangat berguna bagi anda dan pembaca lainnya. Sukses selalu.

 

Leave a Comment