Arti Kata Keren “Noob” Beserta Penjelasan dan Contohnya {Lengkap}

Arti Kata Keren “Noob” Beserta Penjelasan dan Contohnya {Lengkap}

Arti Noob – Kalian pasti pernah mendengar kata “ noob”. Kata “ noob” sendiri sering disebutkan dalam permainan-permainan seperti game online maupun di jejaring sosial media seperti facebook, twitter, maupun instagram.

Apalagi dengan kian maraknya dan mudahnya penggunaan internet, kata noob menjadi cepat sekali tersebar. Kini kata noob bahkan sudah tidak lagi berada dalam dunia maya saja, tetapi kata penggilan tersebut sudah mulai digunakan di dunia nyata. Tapi tahukah kalian tentang pengertian kata noob sendiri. berikut penjelasannya.

Pengertian Kata Noob

Arti Noob
Arti Noob

 

Noob atau Nub sebenarnya merupakan suatu kata serapan dari bahasa Inggris. Diambil dari kata dasar Newbie yang berarti adalah seorang pemula. Kata noob merupakan suatu istilah slang dari kata newbie yang sering digunakan oleh kaum muda untuk menyebutkan seseorang yang baru atau belum berpengalaman dalam suatu bidang atau aktivitas. Kata noob sering ditulis dengan n00b di dalam permainan game online.

Penggunaan kata noob awalnya lebih sering digunakan pada suatu aktivitas yang merujuk pada penggunaan internet seperti pengguna baru komputer hingga game online.

Tetapi kini penggunaannya dapat dikatakan tidak hanya merujuk pada konteks tersebut saja namun sudah meluas bahkan kepada aktivitas atau kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan internet sama sekali.

Di dalam permainan game online, apabila seseorang mendapat julukan sebagai seorang noob maka dapat dipastikan orang tersebut adalah seseorang yang baru saja mencoba permainan dan belum memiliki kemampuan apapun.

Meski kata noob awalnya hanya mewakili kaum pemula dalam suatu permainan, namun sekarang ini penggunaan kata noob lebih merujuk kepada sindiran kepada mereka yang menurut mereka tidak dapat bermain dengan bagus meskipun bukan lagi seorang pemula dalam permainan.

Jadi orang-orang yang biasanya mendapatkan predikat noob dipandang sebagai pemain yang payah, lemah, suka mengacau, keras kepala, tidak dapat diajak bekerjasama, bahkan egois.

Sehingga penggunaan kata noob kini tidak hanya terbatas pada game online saja melainkan meluas hingga ke sosial media seperti facebook dan twitter.

Predikat Noob Pada Game Online

Arti Noob
Arti Noob

Bahkan menurut urbandictionary.com, pengertian dari noob adalah bodoh. Contoh penggunaan kata noob seperti di dalam game-game online seperti MOBA, AOV, PUBG, dan game online lainnya. Contoh ciri-ciri para pemain yang biasanya mendapatkan predikat noob dalam sebuah game online adalah

Memilih Karakter Asal-Asalan.

Sebagai contoh, ketika seseorang bermain game mobile legend, maka dia akan memilih hero secara asal tanpa memperhitungkan atau memperhatikan pemain lain dalam satu tim. Ketika mereka menggunakan karakter atau hero yang sama dengan pemain lain dalam satu tim maka tentu hal ini akan menganggu kerja tim.

Terlalu Terburu-Buru.

Seorang pemain yang bermain dalam tim seharusnya memerhatikan kerja tim seperti strategi maupun rencana yang telah dibuat tim, jangan sampai malah bertindak sendiri dan terburu-buru yang justru akan menggagalkan semua rencana tim.

Contohnya adalah ketika mereka menyerang lawan sesuka hati padahal teman lainnya dalam tim tidak ada yang melakukan penyerangan.

Selain dapat membahayakan permainnya juga dapat membuat tim kalah dalam permainan. Maka dari itu sebelum melakukan tindakan sebaiknya lihat kondisi apakah memungkinkan dan yang jelas tidak merugikan kerja tim.

Tidak Bisa Membaca Situasi.

Baik kalian bermain secara solo atau dalam tim, ada baiknya jangan terlalu terfokus pada apa yang sedang kalian lakukan sehingga tidak mengerti kondisi di tempat lain atau bahkan teman satu tim kalian. Seorang pemain yang baik harus bisa membaca map maupun situasi agar dapat mengerti mana yang aman dan yang berbahaya.

Terlalu Fokus Pada Diri Sendiri.

Memang tidak salah jika ingin meningkatkan skill maupun level karakter kita, namun ketika kita sedang bekerja dalam tim dalam game, ada baiknya untuk mengontrol keinginan kita itu. Jangan sampai karena terlalu serius dan fokus dengan diri kita sendiri kita samapi melupakan teman tim yang mungkin sedang dalam bahaya.

Membuat Masalah.

Para pembuat masalah dalam game juga tidak jarang mendapatkan predikat noob dari pemain lainnya. Biasanya mereka yang masuk kategori noob pembuat masalah adalah mereka yang suka memakai cheat apalagi yang dapat merusak permainan, berkata kasar kepada pemain lain di chat, dan mereka yang bermain dengan tidak serius.

Tidak Dapat Memilih Waktu Yang Tepat.

Di beberapa kesempatan, sebagai pemain kita dihadapkan pada pilihan yang sullit. Contohnya adalah ketika kalian dan teman- teman kalian di kepung oleh lawan, dan teman kalian sedang dalam kondisi sekarat, jangan justru kalian langsung lari pergi meninggalkan teman kalian agar kalian selamat.

Apalagi jika kalian masih memiliki skill yang dapat kalian lakukan untuk membantu teman kalian selamat dari pengkeroyokan seperti kemampuan untuk menyembuhkan teman kalian, tapi alih – alih menggunakannya untuk membantu teman kalian justru kabur dan menyelamatkan diri sendiri.

Tidak Belajar Dari Pengalaman.

Dan yang paling penting adalah tetap belajar dari pengalaman. Jangan sampai kesalahan yang pernah kita perbuat justru terulang lagi dan tanpa ada perbaikan. Hal ini tentunya akan membuat teman kalian menjadi malas untuk berada dalam satu tim dengan kalian, karena mereka merasa tidak ada untungnya berada dalam satu tim dengan kalian.

Dan apabila kalian kalah itu adalah hal yang wajar, terimalah masukkan dari rekan satu tim atau teman kalian, jangan justru langsung mencari-cari alasan kekalahan agar terlihat keren di hadapan teman- teman kalian.

Sejarah Penggunaan Kata Noob

Arti Noob
Arti Noob

Sejarah awal penggunaan kata noob sebenarnya masih belum begitu jelas. Pada awalnya kata noob berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu Newbie.

Diperkirakan pertama kali mulai dipergunakan dalam bahasa sehari – hari yaitu pada tahun 1850 di Amerika Serikat dan Australia. Saat itu kata newbie lebih diartikan atau diperuntukkan bagi mereka yang baru saja terjun atau pemula di suatu bidang maupun tempat.

Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa kata newbie sebenarnya berasal dari sekolah – sekolah umum di Inggris pada kisaran tahun yang sama. Kata newbie yang dipergunakan pada sekolah – sekolah di Inggris lebih menenkankan atau merujuk kepada mereka siswa baru atau angkatan baru. Kata ini diperkirakan merupakan bentuk kiasan atau kata slang dari new boy atau new blood.

Pada sekitar tahun antara 1960 hingga 1970 ketika Pernag Vietnam berkecamuk, kata newbie banyak digunakan oleh tentara- tentara Amerika Serikat yang sedang bertugas disana sebagai kata slang atau kata panggilan bagi anak baru dalam unit kesatuan.

Ada juga yang beranggapan bahwa kata ini sering digunakan pada angkatan laut Amerika Serikat dan panggilan tersebut diberikan kepada prajurit muda yang baru saja bergabung dan akan menempuh pendidikan di sekolah elektro dasar dan elektronik. Kata ini biasanya merupakan panggilan wajib dari para kakak angkatan.

Kata newbie dan noob sendiri diperkirakan masuk ke dalam dunia internet pada sekitar tahun 1981 saat penggunaan internet mulai marak terjadi. Penggunaan atau pengucapan kata newbie pun berbeda – beda ada yang menyebutkan newby, nubie, bahkan newbee.

Perbedaan Noob Dan Newbie

Arti Noob
Arti Noob

Kata noob memang diambil dari kata newbie yang dalam bahasa Inggris berarti baru atau pemula dan dijadikan sebagai kata slang atau bahasa gaul disana. Meski memiliki makna yang sama tetapi kini kata noob dan newbie memiliki perbedaan dalam penggunaannya dalam kosakata bahasa sehari-hari.

Apabila kata noob kini lebih merujuk kepada suatu ejekan terhadap mereka yang dipandang tidak mampu bermain baik dalam suatu game online atau payah dalam permainan. Kata newbie merujuk kepada pemula yang sedang atau ingin belajar sesuatu.

Biasanya seseorang dikatakan sebagai seorang newbie dalam game online adalah ketika dirinya baru saja memulai suatu permainan dan belum begitu menguasai atau masih dalam tahap pengenalan mengenai seluk beluk permainan.

Namun mereka yang sering mendapatkan predikat sebagai noob adalh mereka yang sudah memiliki pengalaman namun memiliki ciri-ciri seperti di atas yaitu bertindak menyusahkan orang lain dan seringkali tidak mau dinasehati.

Kata newbie juga dapat digunakan dalam cakupan lingkup yang luas tidak hanya terbatas pada dunia internet saja. Misalkan seseorang yang baru saja lulus dan mulai berkerja di suatu perusahaan dapat dikatakan sebagai newbie. Namun penggunaan kata noob kini lebih sering digunakan sebagai bahan sindiran kepada seseorang yang berarti cupu.

Itulah sedikit penjelasan tentang arti noob semoga dengan adanya artikel tersebut dapat menambah wawasan kepada semuanya dan terutama buat saya sendiri. Sekian terimakasih.

 

 

 

 

 

Leave a Comment