10 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik dan Paling Banyak Digunakan 2021

Aplikasi Perekam Layar PC – Aplikasi Perekam ini biasa digunakan oleh para content creator Youtube. Mereka menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat konten yang akan mereka pasarkan melalui platform Youtube. Konten yang mereka buat biasanya berupa rekaman layar pada game ataupun tutorial aplikasi.

Mereka bisa mendapatkan konten yang mereka inginkan dengan kualitas yang bagus, dengan cara memilih aplikasi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka. Informasi tersebut sangat berguna sebagai referensi untuk ke depanya.

Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik dan Fungsinya

Aplikasi Open Broadcaster Software (OBS Studio)

Aplikasi OBS Studio

OBS Studio atau Open Broadcaster Software merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam layar Anda sehingga membentuk sebuah video.

Anda dapat menambahkan suara eksternal menggunakan microphone sehingga membuat video yang dihasilkan sesuai ekspektasi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggabungkannya dengan wab cam.

Tampilan yang digunakan oleh aplikasi ini sangat sederhana namun banyak fitur yang tersedia di dalamnya. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai kreatifitas yang tinggi.

Namun, interface yang digunakan dalam Open Broadcaster Software kurang user frendly sehingga tidak disarankan bagi Anda yang baru belajar menjadi content creator.

OBS Studio tidak hanya dapat digunakan dengan sistem operasi Windows saja, tetapi Anda juga dapat menggunakannya menggunakan sistem operasi lain seperti Linux dan MAC.

Video yang dihasilkan juga berkualitas HD jika Anda memilih Format MP4 ataupun FLV. Aplikasi ini dapat Anda download dengan ukuran 66 MB.

Baca juga : Aplikasi Edit Video

Aplikasi Perekam Layar WM Capture

Aplikasi WM Capture

WM Capture merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC yang patut Anda pertimbangkan. Aplikasi ini menyediakan fitur schadule recording yaitu perekaman terjadwal.

Sehingga, Anda dapat membuat video rekaman secara terjadwal dengan otomatis dengan begitu Anda tidak perlu menekan tombol record berulang-ulang.

Keunggulan aplikasi ini yang dapat menjadi bahan pertimbangan adalah Anda dapat menggunakannya untuk merekam sebagian layar saja.

WM Capture hanya dapat digunakan pada PC yang menggunakan sistem operasi Windows saja. Aplikasi ini lancar digunakan pada RAM minimal 512 MB. Spesifikasi ringan membuat WM Capture cocok digunakan bagi pemula.

Baca juga : Aplikasi Pemotong Video terbaik

Aplikasi Perekam Layar Windows 10 Game Bar

Windows 10 Game Bar

Windows 10 Game Bar atau sering disebut sebagai Game DVR merupakan aplikasi perekam layar PC yang tersedia untuk Windows 10.

Game DVR merupakan fitur bawaan sehingga Anda tidak perlu mendownload aplikasi untuk merekam layar. Anda cukup menekan tombol Windows + G untuk mengaktifkan layanan tersebut.

Video yang dihasilkan tergolong berkualitas rendah sehingga ukuran video yang dihasilkan juga sangat kecil. Aplikasi ini dapat pula digunakan untuk menambahkan suara pada rekaman Anda.

Game Bar sudah terintegrasi dengan Xbox sehingga untuk Anda pemain game besutan Xbox menjadi kabar yang sangat baik.

Aplikasi Perekam Layar Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder

Bandicam menyediakan fitur perekaman layar dengan kualitas video yang dihasilkan mencapai FULL HD 4K.

File yang dihasilkan dengan perekaman menggunakan aplikasi ini cenderung lebih kecil dibandingkan dengan screen recorder lainya dengan kualitas yang sama.

Dengan begitu, Anda tidak perlu risau untuk membuat konten video dengan kualitas yang bagus.

Anda dapat menjalankan aplikasi ini menggunakan sistem operasi Windows XP hingga Windows 10.

Brandicam dapat digunakan secara lancar menggunakan PC yang mempunyai spesifikasi minimal RAM 1 GB, Graphics card with DirectX 9, dan ruang penyimpanan kosong minimal 10 GB.
Brandicam menyediakan versi gratis untuk Anda yang memiliki dana terbatas.

Baca juga : Aplikasi Download Youtube

Aplikasi Perekam Layar VLC Media Player

Aplikasi VLC Media Player

VLC Media Player biasanya digunakan untuk menyetel video atau film. Tidak banyak yang tahu bahwa aplikasi ini dapat pula digunakan untuk merekam layar pada PC.

Keunggulan tersebut membuat Anda mampu mendapatkan dua keuntungan sekaligus apabila Anda mendownload aplikasi tersebut. Anda bisa menemukan cara merekam layar menggunakan VLC Media Player di internet.

Aplikasi Perekam Layar DXTory

DXTory mempunyai tampilan yang kuno dan membosankan. Namun, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk merekam layar PC Anda dan menghasilkan kualitas yang tinggi.

Kualitas video yang dihasilkan akan tergantung kepada performa PC Anda sehingga semakin tinggi performa PC Anda akan semakin bagus video yang dihasilkannya.

Anda dapat menggunakan DXTory karena memiliki kemampuan audio yang bagus. Aplikasi tersebut mampu merekam suara yang keluar dari laptop Anda sekaligus suara yang Anda masukan secara eksternal kemudian Anda baru mengeditnya secara terpisah.

Spesifikasi yang direkomendasikan untuk menggunakan software ini dengan lancar adalah RAM minimal 2 GB.

Aplikasi Perekam Layar Nvidia GeForce Experience

Aplikasi Nvidia GeForce Experience

Nvidia GeForce Experience atau yang sering disebut sebagai ShadowPlay merupakan software yang dapat digunakan untuk PC yang menggunakan graphics card Nvidia saja.

Untuk Anda yang menggunakan graphics card selain Nvidia otomatis tidak dapat merasakan pengalaman menggunakan ShadowPlay.

ShadowPlay memiliki kemampuan untuk merekam layar Anda sejauh 20 menit kebelakang. Sehingga, Anda dapat mengulangi momen yang sudah terlewat asalkan tidak lebih dari 20 menit.

Kemudian, video yang dihasilkan akan disimpan dengan format MP4.

Nvidia GeForce Experience dapat dijalankan tanpa membebani CPU karena yang digunakan oleh aplikasi ini adalah GPUnya. Sehingga, tidak akan mengganggu performa aplikasi lain apabila dijalankan secara bersamaan.

Aplikasi Perekam Layar Action!

Aplikasi Action

Action! dapat digunakan untuk merekam layar Anda dengan kualitas yang tidak bisa diremehkan. Resolusi yang dihasilkan menggunakan aplikasi ini mencapai FULL HD 1080p.

Keunggulan tersebut membuat Action sangat digandrungi oleh content creator masa kini.

Aplikasi tersebut dapat pula digunakan untuk merekam layar secara realtime atau live streaming. Fitur tambahan yang disediakan oleh Action! adalah tangkapan layar cepat atau screenshot yang membuat aplikasi ini menjadi lebih menarik.

Namun, Anda hanya bisa menggunakan Action! pada sistem operasi Windows saja sehingga pengguna Mac dan Linux harus berbesar hati.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan lancar dengan processor yang memiliki kecepatan minimal 2,0 GHz. RAM yang direkomendasikan untuk aplikasi ini hanyalah 2 GB. Serta Anda dapat menggunakan sistem operasi Windows 7 ke atas.

Baca juga : Aplikasi Download Film Gratis

Aplikasi Perekam Layar Ezvid Video Maker

Aplikasi Ezvid Video Maker

Ezvid Video Maker memiliki fungsi untuk merekam layar yang terdapat pada personal computer atau PC. Anda dapat menggunakannya untuk merekam seluruh maupun sebagian layar saja.

Keunggulan lainnya adalah Anda dapat menambahkan teks pada video yang dihasilkan oleh Ezvid Video Maker. Aplikasi ini akan menyimpan video yang dihasilkan secara otomatis.

Tersedia pula fitur voice synthesis yang berguna menjernihkan suara yang dimasukkan ke dalam video tersebut. Sehingga, kualitas suara yang dihasilkan menjadi salah satu yang terbaik diantara aplikasi lainnya.

Sayangnya Ezvid Video Maker tidak menyediakan shortcut sehingga Anda perlu bersusah payah untuk membukanya.

Aplikasi Perekam Layar TinyTake

Aplikasi TinyTake

TinyTake dapat digunakan untuk merekam layar Anda namun maksimal hanya 5 menit saja. Sehingga, Anda harus mengulanginya jika ingin membuat video yang lebih panjang.

Interface yang diperlihatkan sangat user frendly sehingga mudah digunakan untuk pemula. Meskipun aplikasi ini kurang efisien karena dibatasi oleh durasi yang sangat singkat.

TinyTake menyediakan versi gratis yang dapat Anda gunakan tanpa menggunakan uang Anda sedikitpun. Aplikasi ini juga menyediakan aplikasi berbayar yang memiliki fitur tambahan berupa annotation yang dapat digunakan untuk menambah teks pada video.