10 Aplikasi Pembuat Animasi Gratis Terbaik

Aplikasi Pembuat Animasi – Dapat diakatakan bahwa animasi merupakan sebuah objek gambar yang bergerak. Untuk membuanya, diperlukan peralatan dan juga aplikasi yang cukup mahal.

Namun jika Anda masih pemula tidak usah khawatir, karena terdapat beberapa aplikasi pembuat animasi yang dapat dicoba.

Tenang saja, beberapa aplikasi pembuat animasi berikut ini bersifat gratis. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya jika ingin mencobanya dan melatik kreativitas Anda dalam membuat sebuah animasi. Langsung saja, berikut aplikasinya.

Aplikasi Pembuat Animasi yang Wajib Dicoba

Aplikasi Pembuat Animasi

Aplikasi Pembuat Animasi

  1. Aplikasi Pembuat Animasi Pencil2D

Aplikasi pembuat animasi yang pertama adalah Pencil2D. Aplikasi yang satu ini bersifat gratis dan juga open source. Meskipun gratis, namun aplikasi ini tidak kalah dengan aplikasi untuk membuat aplikasi yang berbayar.

Pencil2D cukup kuat jika digunakan untuk membuat animasi berupa vektor ataupun bitmap.

Aplikasi yang satu ini, memang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang belajar membuat animasi pada laptop atau PC.

Hal ini diakrenakan Pencil2D memberikan tampilan antarmuka yang cukup sederhana. Selain itu, aplikasi ini tegolong mudah untuk digunakan jika dibandingkan dengan aplikasi yang lain.

Baca juga : Aplikasi Gudang

  1. Software Synfig Studio

Aplikasi pembuatan animasi kedua yang bersifat gratis dan open source adalah Synfig. Aplikasi ini telah diklaim merupakan aplikasi yang sangat cocok digunakan untuk pembuatan animasi 2D.

Syfig Studio memang telah dirangcang sebagai pondasi dalam pembuatan film animasi 2D. Dengan ini, maka Anda dapat menghasilkan sebuah animasi dengan jumlah orang yang sedikit.

Hal menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu adanya dua versi yang berbeda. Pertama ada versi pengembang, di mana Anda akan menemukan berbagai macam fitur eksperimen yang masih belum disempurnakan.

Hal ini membuat proses pembuatan animasi semakin sempurna. Sedangkan untuk Stable version, memungkinkan Anda untuk membuat animasi dengan mudah.

Baca juga : Aplikasi Penghasil Pulsa

  1. Software Pembuat Animasi Video Blender

Jika Anda sudah lama belajar untuk membuat animasi, pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar nama dari aplikasi yang satu ini.

Blender merupakan salah satu aplikasi untuk membuat animasi yang terbaik. Aplikasi yang satu ini , memang didesain secara khusus untuk pembuatan objek animasi 3 dimensi.

Tidak hanya dapat digunakan untuk membuat animasi 3D saja, namun Blender juga dapat Anda gunakan untuk pembuatan game 3D.

Dengan adanya komunitas yang memiliki jumlah besar, maka juga akan turut membantu Anda dalam mengembangkan kemapuan dalam pembuatan objek animasi.

Baca juga : Aplikasi Hotspot

  1. Software Opentoonz

Pastinya Anda mengetahui aplikasi pembuat animasi premium yang bernama Toonz, aplikasi yang banyak digunakan oleh para animator terkenal dalam membuat animasi.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi tersebut namun tidak mau menghabiskan banyak biaya, maka dapat menjadikan Opentoonz sebagai alternatif.

Meskipun tidak selengkap Toonz, namun dapat dikatakan bahwa fitur yang dibawa oleh Opentoonz ini sudah mampu digunakan untuk membuat animasi yang keren.

Selain itu Anda dapat menggunakan bantuan dari efek plug-in SDK. Plug-in tersebut, akan memudahkan Anda dalam menukar gaya serta menerapkan efek yang sangat bagus.

Baca juga : Aplikasi VPN Gratis

  1. Aplikasi Pembuat Animasi Sqrilz Morph

Jika Anda pernah melihat suatu perubahan wujud dalam sebuah film, maka hal itu disebut dengan animasi transisi morphing.

Untuk saat ini, Anda dapat membuat animasi transisi tersebut dengan menggunakan aplikasi gratis yang bernama Sqrilz Morph. Jadi Anda tidak perlu kerepotan untuk mencari sebuah fitur pada aplikasi yang lain.

Bisa dibilang jika Sqrilz Morph termasuk dalam daftar aplikasi animasi terbaik yang bisa Anda dapatkan dari internet secara gratis.

Aplikasi yang satu ini, merupakan sebuah utilitas animasi yang terbilang sederhana dan mampu memungkinkan Anda untuk mengedit serta morphing beberapa video atau gambar dengan langkah yang cukup mudah.

Baca juga : Aplikasi Cari Jodoh

  1. Aplikasi Pembuat Animasi Tupi

Tupitube atau sering disebut dengan Tupi, merupakan sebuah aplikasi untuk membuat video animasi 2D yang diperuntukkan untuk para pengguna tablet iOS dan juga Android.

Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda hanya perlu mendownloadnya saja lalu tinggal menjalankannya. Hal ini dikarenakan Tupi bersifat gratis.

Tupi memiliki tampilan antarmuka yang cukup sederhana. Jadi mudah untuk digunakan dan dipelajari, bahkan oleh para pemula sekalipun.

Aplikasi ini, akan membantu Anda dalam membuat animasi secara perlahan sehingga hasilnya bisa lebih mendetail. Walaupun diciptakan untuk Android dan iOS, namun aplikasi ini juga tersedia untuk sistem operasi Mac, Windows, dan juga Linux.

Baca juga : Apalikasi Pembobol Wifi

  1. Aplikasi Pivot Stickfigure Animator

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan sebuah animasi yang bernama stickman. Meskipun terlihat sederhana, namun terbukti banyak yang tertarik dengan aplikasi tersebut.

Nah, salah satu aplikasi pembuatan animasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat stickman adalah Pivot Stickfigure Animator.

Aplikasi yang satu ini, dapat Anda download dan gunakan secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, maka proses pembuatan animasi akan berjalan semakin lancar.

Tidak hanya itu, Pivot Stickfigure Animator juga menyediakan berbagai macam efek animasi yang wajib untuk Anda coba.

Baca juga : Aplikasi Karaoke PC

  1. Aplikasi Anime Studio

Jika Anda menyukai animasi dari Jepang yakni anime dan ingin mencoba untuk membuatnya, maka aplikasi paling tepat yang perlu untuk Anda gunakan adalah Anime Studio.

Tidak hanya pembuatan animasinya saja, namun Anda juga dapat menambahkan suara. Jadi, Anda akan benar-benar merasakan rasanya menjadi seorang animator untuk anime.

Anda dapat menggunakan Anime Studio ini secara gratis untuk versi trialnya. Namun jika tenggang waktu yang diberikan sudah habisa, Anda perlu berganti ke versi full yang tentunya berbayar.

Dengan versi full dari Anime Studio ini, Anda akan memperoleh berbagai macam fitur keren yang telah disediakan oleh aplikasi yang satu ini.

Baca juga : Aplikasi Penghasil Uang

  1. Aplikasi Pembuat Animasi Stykz

Stykz merupaka sebuah animasi berbentuk freeware yang cukup kuat dan mendukung hampir semua sistem operasi. Aplikasi yang satu ini bersifat gratis dan mudah untuk digunakan.

Selain itu, Stykz juga mampu menyediakan berbagai macam alat yang akan membantu Anda dalam mewujudkan sebuah animasi yang keren dan menarik.

Baca juga : Aplikasi Edit Foto

  1. Aplikasi Aurora Animasi 3D Maker

Salah satu aplikasi pembuat animasi yang paling populer dan memiliki banyak fitur, adalah Aurora Animasi 3D Maker.

Aplikasi ini tergolong mudah untuk digunakan. Selain itu, Aurora Animasi 3D Maker juga mempunyai tampilan antarmuka yang cukup sederhana dan mudah untuk dipahami.

Jadi Anda tidak perlu kerepotan dan kebingungan untuk menggunakan Aurora Animasi 3D Maker.

Aplikasi yang satu ini, juga memungkinkan Anda dalam menambahkan efek khusus pada watermark dalam sebuah foto dan video.

Aurora Animasi 3D Maker juga menyediakan banyak sekali fitur yang sangat berguna dalam pembuatan animasi keren. Akan sangat rugi rasanya jika Anda tidak mencoba aplikasi ini.

Dengan mengetahui beberapa aplikasi pembuat animasi di atas, maka segala keinginan Anda dalam membuat sebuah animasi yang keren dapat terwujud.

Tidak perlu menyerah karena aplikasi yang harus digunakan mahal. Cukup menggunakan aplikasi yang bersifat gratis saja, maka Anda akan mewujudkan semua bayangan animasi dalam pikiran Anda.

Baca juga : Aplikasi Akuntansi