Aplikasi Pajak Untuk Kemudahan Dalam Urusan Perpajakan

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, banyak hal yang terpengaruhi oleh dampak dari perkembangan tersebut baik itu positif maupun negatif. Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi ini ada pada hal perpajakan, yang ditunjukkan dengan adanya aplikasi pajak.

Keberadaan dari aplikasi pajak ini, tentunya sangat menguntungkan bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan hampir semua hal yang berhubungan dengan masalah perpajakan ada pada aplikasi tersebut. Untuk itu, berikut beberapa aplikasi khusus pajak.

Daftar Aplikasi Pajak yang Perlu Untuk Anda Gunakan

Aplikasi Pajak

  1. Aplikasi e-SPT

e-SPT merupakan sebuah aplikasi yang dapat membuat sebuah formulir SPT yang berbentuk elektronik. Aplikasi ini mulai diresmikan sejak tahun 2008 silam. Dengan adanya aplikasi yang satu ini, maka Anda hanya perlu melakukan perhitungan secara manual dengan menggunakan Excel dan menyiapkan berbagai macam data pendukung yang lain.

Setelah itu, Anda hanya perlu untuk memasukkan hasil perhitungan serta data-data ke dalam aplikasi e-SPT ini. Dengan aplikasi ini, maka data perpajakan akan lebih terorganisir secara lebih baik dan juga lebih sistematis. Selain itu, proses penghitungan pajak juga dapat dilakukan dengan cepat karena menggunakan komputer.

Baca juga : Daftar Aplikasi Pertanian

  1. Aplikasi e-Faktur

e-Faktur adalah faktur pajak yang dibuat dalam sistem elektronik atau sebagai aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak DJP. Pengembangan dari aplikasi yang satu ini, memiliki latar belakang berupa kondisi banyaknya penyalahgunaan faktur pajak manual dan juga beban administrasi yang cukup besar untuk PKP sebagai DJP maupun wajib pajak.

Maka dari itu, tujuan dari pengembangan aplikasi yang bernama e-Faktur ini yakni untuk menghilangkan faktur pajak fiktif yang disalahgunakan. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat mengenai administrasi PPN atau Pajak Pertambahan Nilai.

Baca juga : Daftar Aplikasi Perpustakaan

  1. Aplikasi e-Filing

e-Filing adalah sebuah aplikasi yang diciptakan untuk menyampaikan SPT yang dilakukan secara Online dan tentunya real-time. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda tidak usah repot-repot untuk datang menuju KPP untuk melapor SPT. Anda hanya perlu mengakses website ASP atau DJP dari mana saja.

Untuk bisa menggunakan aplikasi yang satu ini, sebelumnya Anda harus sudah mempunyai EFIN atau Electronic Filing Identification Number. EFIN ini akan Anda peroleh dengan mengajukan permohonan atau pendaftaran diri di KPP tempat Anda terdaftar sebagai wajib pajak.

Baca juga : Daftar Aplikasi Cetak Foto

  1. Aplikasi e-Billing

Selain melapor dan juga melakukan penghitungan pajak, tentunya Anda juga perlu untuk melakukan pembayaran pajak yang harus dipenuhi tersebut. Dikarenakan banyaknya kesalahan input SSP ketika melakukan pembayaran di bank ataupun kantor pos, maka hadir sebuah aplikasi yang bernama e-Billing.

e-Billing ini merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan pembayaran pajak, tanpa perlu repot untuk mengunjungi bank ataupun kantor pos. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, pembayaran pajak dapat dilakukan secara lebih cepat, mudah, dan juga akurat.

Baca juga : Daftar Aplikasi Presentasi

  1. Aplikasi Pajakku

Aplikasi pajak adalah Pajakku. Sebagai salah satu ASP yang bermitra secara resmi dengan DJP, aplikasi yang satu ini mempunyai sejumlah fitur yang sangat mendukung dalam hal perpajakan. Salah satunya yakni bernama e-filing. Akan tetapi, Anda harus menggunakan versi premium dari aplikasi untuk menggunakan fitur tersebut.

Pihak Pajakku sendiri juga telah mengklaim bahwa layanan yang ditawarkan, memiliki keunggulan seperti kecepatan serta status laporan secara real-time dan bebas dari masalah human eror. Dengan ini, maka Anda akan lebih menghemat waktu dan juga biaya. Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini juga mudah digunakan oleh para pengguna yang tergolong masih baru.

Baca juga : Daftar Aplikasi Desain Baju

  1. Aplikasi Sarana Prima Telematika

Sarana Prima Telematika atau sering disingkat dengan SPT, merupakan salah satu jenis ASP yang memiliki saluran resmi pada e-filing. Pada dasarnya, aplikasi yang satu ini memiliki layanan berupa konsultasi Online, lapor data Online, layanan data info Online, serta layanan integrasi aplikasi akuntansi dan penggajian menggunakan aplikasi SPT.

Dari pihak SPT sendiri, telah menjanjikan bahwa dengan menggunakan aplikasi ini, maka biaya untuk proses laporan pajak yang biasanya membengkak akan berkurang. Tidak hanya itu, mereka juga mengklaim bahwa dengan aplikasi ini, maka Anda akan lebih menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya.

Baca juga : Daftar Aplikasi Pembuat CV

  1. Aplikasi Klikpajak

Dapat dikatakan bahwa, Klikpajak merupakan sebuah aplikasi pajak Online yang hadir sebagai solusi untuk adanya proses perpajakan yang mudah, aman, dan juga cepat. Aplikasi ini juga telah menjalin kemitraan secara resmi dengan Direktorat Jenderal Pajak Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang keresmian dari aplikasi yang satu ini.

Dengan menggunakan aplikasi Klikpajak ini, Anda dapat melakukan pengelolaan perpajakan bisnis dan badan dengan mudah. Mulai dari melapor hingga menghitung pajak yang wajib untuk dibayarkan. Anda juga tidak perlu repot-repot datang ke bank ataupun kantor pos untuk melakukan pembayaran pajak.

  1. Aplikasi Pajak Cek Pajak Kendaraan

Sesuai dengan namanya, Cek Pajak Kendaraan merupakan sebuah aplikasi khusus pajak kendaraan bermotor. Aplikasi yang satu ini, akan membantu Anda dalam melakukan pengecekan status pajak beserta nomor polisi. Saat ini, aplikasi ini mendukung wilayah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat.

Aplikasi ini tergolong sebagai aplikasi yang ringan dan mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu memasukan plat nomor dari kendaraan bermotor yang bersangkutan. Nantinya akan keluar informasi mengenai kendaraan, tanggal akhir STNK, tanggal akhir dari pajak, dan juga jumlah pajak yang harus dibayarkan. Selain itu, jumlah denda dari pajak yang menunggak juga akan muncul.

  1. Aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

Bagi Anda yang berdomisili di Jawa Tengah, maka cukup beruntung karena ada sebuah aplikasi pajak kendaraan bermotor yang bernama SAKPOLE e-SAMSAT JATENG. Aplikasi ini dikelola secara langsung oleh PSI – BPPD dari Provinsi Jawa Tengah.

Dengan aplikasi yang satu ini, Anda juga akan memperoleh kemudahan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor secara Online melalui samsat Online atau e-samsat. Jadi, Anda tidak usah repot-repot datang menuju samsat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor Anda. Namun sesuai dengan namanya, aplikasi ini hanya berfungsi untuk pembayaran area Jawa Tengah.

  1. Aplikasi SAMBARA

SAMBARA merupakan sebuah aplikasi pajak kendaraan bermotor khusus untuk wilayah Jawa Barat. Aplikasi yang satu ini, dikelola secara langsung oleh BAPENDA wilayah Jawa Barat. Dalam aplikasi ini, Anda dapat mengetahui status dari pajak kendaraan, melakukan pembayaran melalui samsat Online, dan juga mengetahui lokasi dari samsat yang ada di wilayah Jawa Barat.

Aplikasi ini juga tergolong ringan dan mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan bermotor, maka semua informasi mengenai kendaraan tersebut akan tampil secara otomatis. Termasuk dengan jumlah pajak yang harus dibayarkan dan juga denda jika Anda memilikinya.

Dengan beberapa aplikasi pajak di atas, tentunya akan memudahkan Anda dalam urusan perbajakan, baik itu penghitungan hingga proses pembayaran. Selain itu, adanya aplikasi tersebut akan membuat Anda menjadi lebih hemat waktu, tenaga, dan juga biaya.