Daftar Aplikasi Kasir

Daftar Aplikasi Kasir – Dikenal dengan sebutan software POS, aplikasi kasir pada dasarnya merupakan sebuah cash register bisnis.

Penggunaan aplikasi ini biasanya diterapkan pada sebuah perusahaan yang berbasis di bidang penjualan barang dan juga jasa.

Pemanfaatan teknologi internet, program ini tak hanya digunakan oleh gerai ritel fisik tetap juga situs jual beli berbasis online.

Aplikasi POS mampu digunakan untuk mencatat semua transaksi penjualan dengan menggunakan komputer.

Transaksi yang dilakukan juga dapat disimpan pada perangkat Anda atau di dalam cloud, barang atau jasa yang ditawarkan dapat dimasukkan ke dalam komputer lengkap beserta harga dan jumlah yang sudah terjual.

Daftar Aplikasi Kasir

Daftar Aplikasi Kasir

Daftar Aplikasi Kasir/ Sumber Image: akuntansilengkap.com

Selain memasukkan nama barang lengkap beserta harga, para pengguna juga dapat memasukkan total biaya yang harus dibayar.

Termasuk pajak, aplikasi ini akan memberi tahu Anda jika perlu mengembalikan beberapa perubahan pada para pelanggan.

Fungsi utama aplikasi sebagai cara mudah mengetahui total biaya yang dibayar.

Bagi Anda yang belum mengetahui terdapat berapa macam aplikasi yang bisa dipakai untuk menghitung jumlah pembayaran oleh para pelanggan, berikut beberapa daftar aplikasi kasir.

  1. Aplikasi Kasir Moka POS

Aplikasi Moka POS

Aplikasi Moka POS

Moka POS merupakan salah satu aplikasi software kasir yang berbasis cloud, fungsinya dapat digunakan membantu mengelola berbagai hal tentang membuat daftar barang belanjaan, transaksi hingga mengecek stok barang.

Aplikasi ini berbasis iOS dan Android dengan fitur yang berbagai macam, seperti menyediakan laporan keuangan secara realtime baik ketika Anda dalam keadaan online maupun offline. Moka POS diklaim sebagai solusi yang ramah bagi pekerja UMKM.

Dengan menggunakan aplikasi ini, para pekerja UMKM diklaim akan menghemat biaya pengeluaran dari pembelian yang dilakukan. Untuk penggunaan Moka POS, para pengguna hanya perlu membayar Rp250 ribu setiap bulannya.

Baca juga : Aplikasi Desain Rumah Terbaik

  1. Aplikasi Kasir Square Register

Merupakan aplikasi software kasir gratis yang mudah digunakan dan diterapkan oleh para penggunanya, untuk perusahaan yang bergerak di bidang jual beli baran dan jasa sangat dianjurkan untuk menggunakan aplikasi ini.

Perusahaan dapat melakukan pembayaran melalui perangkat Android atau ios dimanapun dan kapanpun. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menerima pembayaran melalui kartu kredit dan debit.

Fungsi lain yang ditawarkan oleh Square Register diantaranya untuk pengelolaan barang.

Kemudian penjualan realtime dan pelacakan stok dari barang tersebut, aplikasi ini mampu memberikan Anda transaksi yang lebih cepat dalam menghasilkan laporan penjualan, mengelola stok barang dan jasa hingga menyimpan penerimaan digital.

Baca juga : Aplikasi Recording Audio Terbaik

  1. Aplikasi Kasir Vend

Aplikasi Vend

Merupakan salah satu aplikasi software kasir yang dirancang khusus untuk iPad dan dipakai dalam bisnis ritel. Pada umumnya Ven digunakan untuk mengelola persediaan, penjualan dan pelanggan dengan biaya yang sangat terjangkau.

Ven menjadi aplikasi software kasir yang fleksibel dan dapat disesuaikan guna mendukung pemasukan data dengan layar sentuh atau memakai keyboard dan mouse.

Layar pada aplikasi juga dapat ditingkatkan guna memungkinan akses ke barang terpopuler secara online maupun offline.

Baca juga : Aplikasi Pemutar Musik Terbaik

  1. Aplikasi Oktopus Solution

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Oktopus Solution menawarkan fitur yang lengkap serta mudah digunakan. Aplikasi software kasir ini dirancang khusus untuk bisnis ritel dengan skala menengah kebawah seperti toko dan warung.

Meski demikian, banyak toko ritel yang memakai aplikasi ini mulai dari toko pakaian, elektronik, obat bahkan hingga obat-obatan.

Oktopus Solution memberikan Anda banyak manfaat seperti kemudahan dalam pembayaran transaksi yang cepat serta efisien.

Dapa pula menerima pembayaran melalui kartu kredit, kemudian digunakan untuk pemograman pengelolaan inventaris.

Tampilan yang dimiliki mudah untuk digunakan, selain itu aplikasi ini juga memiliki laporan yang akurat mengenai penjualan dan dapat dilihat secara langsung.

Baca juga : Aplikasi Kamera Terbaik

  1. Aplikasi Kasir True POS

Aplikasi ini merupakan buatan perusahaan POS asal India, terdapat dua versi yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis. Versi pertama gratis, para pelaku UMKM sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi True POS versi yang satu ini.

Versi gratis hanya dapat diaplikasikan pada satu mesin kasir dengan jumlah transaksi yang kruang dari 100 pada setiap bulannya.

Versi kedua berbayar, jenis yang kedua ini bisa diterapkan dalam semua skala bisnis ritel enterprise dengan ketersediaan fitur yang lebih lengkap.

True POS telah dilengkapi dengan sistem terintegrasi dan mampu diakses dari beberapa perangkat di mesin kasir, PC hingga perangkat mobile.

Aplikasi software kasir ini berbasis web, namun masih dapat digunakan untuk menyimpan penjualan dalam mode offline.

Baca juga : Aplikasi Burning CD Terbaik

  1. Proffit Centre

Aplikasi ini bisa dibilang software kasir terbaik yang diaplikasikan pada PC, Proffit Centre sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menjaga transaksi penjualan tetap aman dan dapat terpantau setiap saatnya.

Sistem aplikasi ini dikembangkan oleh Dale Haris, bermula dari pengembangan aplikasi toko online Cash Register Keyhut yang sudah dikenal banyak para pelaku bisnis.

Dengan menggunakan Proffit Centre, para pengguna dapat menjaga stok ketersiaan barang tetap aman.

Selain fitur tersebut, ada pula sistem lain seperti penamaan label rak dagang, print bar code. Cara penggunannya pun sangat mudah, para pengguna hanya perly menyediakan pemindai bar code, PC serta printer.

  1. Aplikasi Keyhut

 

Aplikasi software kasir ini bisa digunakan oleh para pelaku bisnis yang masih dalam skala mirko atau dapat dikatakan sebagai UMKM. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Keyhut secara gratis pada PC milik Anda.

Meski terbilang gratis, aplikasi ini tetap menjadi andalan karena kompatibel dengan mesin kasir, printer atau PC yang Anda gunakan. Memiliki sistem yang cukup bagus dan dapat digunakan untuk menjalankan beberapa jenis laporan.

Seperti diantaranya adalah catatan penjualan oleh karyawan dengan dilengkapi fitur manajemen karyawan, CRM hingga pelacakan inventaris. Selain versi gratis, aplikasi ini juga tersedia dalam versi berbayar.

  1. Chromis POS

Tak hanya dapat diaplikasikan pada Android dan juga ios, Chromis POS juga bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Linux hingga Mac. Merupakan aplikasi yang sangat direkomendasikan bagi para generasi milenial di abad ini.

Chromis POS memiliki beberapa fitur yang dapat dikatakan cukup lengkap, seperti diantanya fitur untuk membuat laporan keuangan, mencatat transaksi penjualan hingga kitchen display. Sangat cocok digunakan para pelaku bisnis dalam bidang kuliner.

Seperti restoran, depot café dan lain sebagainya karena aplikasi ini memiliki fitur kitchen display atau tampilan dengan menu pesanan ke dalam dapur. Sehingga proses pemesanan yang dilakukan para pelanggan lebih mudah terpantau.

  1. Aplikasi Kasir uniCenta

UniCenta merupakan salah satu aplikasi berbasis software gratis yang bisa digunakan pada PC atau komputer para pelanggan.

Aplikasi ini sangat cocok untuk bisnis menengah ke bawah seperti UMKM karena memiliki beberapa fitur seperti management inventori, laporan, CRM hingga sistem untuk manajamen karyawan.

Sedikit penjelasan di atas merupakan pengertian dari beberapa daftar aplikasi kasir yang mudah digunakan dan banyak dipakai oleh para pelaku usaha.

Baik bisnis yang masuk dalam skala menengah kebawah, menengah ke atas hingga bisnis kelas atas banyak yang menggunakan aplikasi yang telah disebutkan di atas.