12 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Pemula

Aplikasi Edit Video Terbaik – Video adalah salah satu sarana seni untuk mengekspresikan hasrat dalam diri. Video dapat pula digunakan untuk menyampaikan informasi agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti. Sehingga, cara untuk membuat video yang baik dan menarik sangat dicari.

Membuat video yang menarik memerlukan skill edit video yang mumpuni. Akan tetapi, seringkali terkendala oleh pengetahuan tentang aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit video. Oleh karena itu, aplikasi edit video sangat dibutuhkan.

Aplikasi Edit Video Untuk Android

1. Aplikasi FilmoraGo

Aplikasi FilmoraGo

FilmoraGo sudah didownload sebanyak 10 juta kali serta dengan rating 4.1 membuat FilmoraGo sangat direkomendasikan sebagai aplikasi edit video terbaik di android. FilmoraGo memiliki fitur edit video yang lengkap. FilmoraGo memiliki tombol virtual yang relatif besar sehingga memudahkan dalam memilih fitur yang diinginkan.

Video yang dihasilkan oleh FilmoraGo tidak memiliki watermark yang sangat mengganggu. Seperti yang Anda ketahui, Watermark merupakan tanda bahwa suatu karya atau video tersebut memiliki hak cipta.

Dengan adanya watermarak Anda juga akan lebih mudah melacak siapa saja yang melakukan pelanggaran hak cipta pada karya Anda.

FilmoraGo juga memiliki template keren dan efek-efek yang menarik. Dalam filmora Anda dapat menggabungkan video dengan video maupun membuat video dengan menggunakan gabungan dari beberapa foto.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk memasukkan backsound atau bahkan suara Anda sehingga Anda dapat belajar untuk menjadi dubing profesional.

2. Aplikasi KineMaster

Aplikasi KineMaster

KineMaster adalah salah satu aplikasi edit video yang tersedia di android secara gratis. KineMaster merupakan aplikasi bestutan KineMaster Corporation yang memiliki storyboard yang canggih sehingga Anda merasa seperti menggunakan aplikasi edit video super canggih. Dengan KineMaster Anda dapat memasukkan stiker, tulisan, animasi, musik, serta efek yang menarik.

3. Aplikasi VivaVideo

Aplikasi VivaVideo

VivaVideo dapat digunakan untuk memotong, memangkas, dan menyambung video dengan mudahnya. Aplikasi ini sangat recomended bagi editor pemula, karena hasilnya yang cukup baik serta cara penggunaannya terbilang mudah. VivaVideo dapat menghasilkan video dengan resolusi terbaik seperti 720p, Full HD 1080p, dan 4k.

4. Aplikasi Likee

Aplikasi Likee

Likee adalah platform kreasi untuk membuat video pendek yang menarik. Aplikasi Likee juga menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan sountrack dalam video yang Anda buat. Likee juga menyediakan fitur riasan sehingga Anda dapat terlihat lebih menarik dengan menambahkan efek make up pada wajah Anda.

5. Aplikasi Adobe Premiere Clip

Aplikasi Edit Video

Aplikasi Adobe Premiere Clip

Aplikasi edit video yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Meskipun tidak se canggih versi dekstop Adobe Premiere Clip tetap tergolong sebagai aplikasi yang memiliki fitur mumpuni.

Adobe Premiere Clip juga memungkinkan untuk disingkronisasikan dengan Adobe Premiere Clip asalkan Anda sudah memiliki akun Adobe Creative Cloud sehingga lebih praktis.

6. Aplikasi Videoshop

Aplikasi Videoshop

Videoshop dapat digunakan untuk menambahkan lagu pada video yang Anda buat. Videoshop juga dapat digunakan untuk memotong maupun menyambung video.

Fitur yang tidak boleh dilewatkan dalam aplikasi ini adalah slow motion dan fast motion. Selain itu, Anda dapat menambahkan efek suara yang unik pada video Anda seperti suara binatang, orang tertawa.

Aplikasi ini juga sudah didownload 10 juta kali ini juga memiliki fitur yang tidak kalah canggih yaitu reverse.

Reverse adalah fitur yang digunakan untuk menyetel video dari belakang ke depan. Menggunakan aplikasi ini, Anda akan terlihat seperti editor profesional. Aplikasi ini juga terpercaya karena

7. Aplikasi PowerDirector

Aplikasi PowerDirector

User interface yang disajikan oleh PowerDirector sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan bagi Anda yang ingin mengedit video secara mobile dengan mudah.

Fitur yang di sajikan cukup umum seperti aplikasi edit video lain yaitu memotong, menyambung serta menambahkan efek-efek tertentu pada video Anda.

PowerDirector memiliki kekurangan yang sangat mengganggu yaitu terdapat watermark di setiap video yang dihasilkannya.

Namun, terdapat opsi berbayar untuk menghilangkan watermark tersebut. meskipun begitu, kemampuan editing video hingga resolusi 4k membuatnya sangat menarik untuk digunakan sehingga rating aplikasi ini di google play mencapai 4.5/5.0.

8. Aplikasi Magisto

Aplikasi Magisto

Membuat video dengan menggunakan Magisto tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dengan memilih gambar atau video, kemudian tinggal memilih musik yang ingin di tambahkan dan terakhir menambahkan judul.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu lama dalam membuat video.

Magisto memiliki beberapa kelebihan yaitu hemat penyimpanan smartphone karena aplikasi ini berbasis cloud. Selain itu, aplikasi ini memiliki tampilan profesional sehingga Anda akan sangat bangga dalam menggunakannya.

Namun, untuk menggunakan aplikasi ini Anda membutuhkan internet berkecepatan tinggi serta kuota yang banyak.

9. Aplikasi Androvid

Aplikasi Androvid

Androvid memiliki user interface yang sangat sederhana. Namun, user interface ini kurang familier bagi sebagian orang sehingga cukup kesulitan dalam menggunakannya.

Androvid mempunyai fitur menyambung dan memotong video yang sangat bagus karena resolusi yang dihadirkan pun cukup tinggi.

Apabila Anda sudah mengerti cara menggunakan aplikasi ini, Androvid akan terasa lebih baik dari aplikasi lain. Androvid juga dapat digunakan untuk mengubah video menjadi file GIF sehingga akan menambah koleksi file GIF Anda.

Selain itu, terdapat pula fitur reverse yang dapat digunakan untuk menayangkan video dari depan mundur kebelakang.

Tampilan yang digunakan juga sederhana meskipun kurang familier di mata sebagian orang. Aplikasi ini juga tergolong ringan karena hanya memiliki ukuran 22 MB saja.

Keunggulan keunggulan sederhana tersebutlah yang membuat Androvid mempunya tempat tersendiri di hati para pengguna setianya. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat sulit digerus zaman.

10. Aplikasi VidTrim

Aplikasi VidTrim

Fitur yang disediakan oleh VidTrim cukup sederhana. Seperti namanya aplikasi berfokus pada memotong video. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena fiturnya tidak banyak.

Anda juga dapat menambahkan lagu pada video yang Anda buat. Namun aplikasi ini sangat tidak direkomendasikan untuk Anda yang ingin membuat video dengan banyak efek.

11. Movie Maker

Movie Maker

Movie Maker memungkinkan Anda untuk membongkar pasang video sesuka hati Anda. Fitur timeline dalam Movie maker membuat Anda bebas dan leluasa memotong dan menyambung video sebanyak mungkin.

Movie Maker juga menyediakan beberapa filter yang membuat video Anda lebih menarik. Tampilan yang digunakan dalam Movie Maker juga sederhana.

Aplikasi besutan ALIVE Inc ini memiliki rating yang cukup tinggi yaitu 4.5. Namun, aplikasi ini belum stabil sehingga seringkali terjadi kegagalan saat mendownload.

Untuk menggunakan aplikasi Movie Maker Anda memerlukan OS minimal 4.4 . Selain itu, aplikasi ini juga memakan sekitar 57Mb dari memori Anda.

12. Aplikasi Loopsie

Aplikasi Loopsie

Loopsie memungkinkan untuk membuat foto bergerak dramatis. Aplikasi ini hanya berukuran 20MB sehingga cocok untuk smartphone berkapasitas rendah.

Aplikasi besutan GameLounge ini baru bisa digunakan pada OS android minimal 6.0.

Rating aplikasi ini cukup rendah yaitu 3.8. wajar saja karena aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk media sosial bukan profesional.

Baca juga : Aplikasi Pemotong Video