Rekomendasi Aplikasi Edit Foto untuk Android dan iOS

Aplikasi Edit Foto – Dapat dikatakan bahwa, mengabadikan momen spesial melalui foto merupakan hal yang wajib bagi kebanyakan orang.

Namun terkadang Anda perlu melakukan sedikit sentuhan melalui proses pengeditan, agar foto tersebut menjadi lebih baik. Untuk itu tidak perlu khawatir, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi edit foto untuk smartphone sebagai berikut.

Jika dulu proses pengeditan foto hanya dapat dilakukan melalui perangkat PC, sekarang sudah banyak dicipatkan aplikasi edit foto pada smartphone. Berikut ini penjelasannya.

10 Aplikasi Edit Foto untuk Android dan iOS

Aplikasi Edit Foto

Aplikasi Edit Foto

  1. Aplikasi Adobe Photoshop Ligthroom

Aplikasi Android yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengeditan sebuah foto, adalah Adobe Photoshop Ligthroom. Dapat dikatakan bahwa fungsi dari Adobe Photoshop Andorid ini hampir sama dengan versi PC-nya. Aplikasi yang satu ini bersifat gratis dan tentunya intuitif. Lightroom akan membantu Anda dalam menciptkan sebuah hasil foto yang sangat indah.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat memperbaiki serta mengubah sebuah gambar dengan tujuan untuk memperbaikinya. Hal yang cukup menarik, Anda dapat menghilangkan titik yang mengganggu seperti jerawat dengan menggunakan salah satu fitur yang bernama spot removal dan juga adjusment brush.

Baca juga: Aplikasi Akuntansi

  1. Aplikasi Adobe Photoshop Express

Selain Lightroom, Adobe juga merilis aplikasi pengeditan foto Android lain yang bernama Adobe Photoshop Express. Penggunaan dari Adobe Photoshop Express ini tidak jauh berbeda dengan Adobe Photoshop Lightroom. Karena merupakan sebuah aplikasi pengedit foto melalui smartphone Android, jadi penggunaan dari aplikasi yang satu ini juga cukup mudah.

Salah satu fitur paling menarik yang dibawa oleh aplikasi ini, yakni berupa blemish-removal. Dengan fitur tersebut, maka Anda dapat melakukan pembersihan foto dari berbagai macam noda atau kotoran yang mengganggu. Sehingga akan menghasilkan sebuah foto editan yang bersih dan tentunya epik. Selain itu, aplikasi ini bersifat gratis. Anda dapat mendownloadnya melalui Google Playstore.

Baca juga: Aplikasi Pajak

  1. Aplikasi PicsArt

Sesuai dengan namanya, PicsArt ini merupakan sebuah aplikasi pengeditan foto di Android yang mampu menambah seni di dalam foto tersebut. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pengeditan foto yang baik dengan dekorasi serta filter yang menarik. PicsArt juga telah menyediakan kamera sampai berbagai macam fitur pengeditan foto menarik yang lain.

Beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut, seperti clipart, bolders, crop, collages, rotate, frame, dan juga text effect. Jika Anda sudah mendownload aplikasi pengeditan foto yang satu ini, maka Anda perlu untuk mencoba fitur yang bernama Magic Effect. Fitur tersebut dijamin akan membuat foto Anda menjadi lebih hidup dan bermakna.

Baca juga: Daftar Aplikasi Pertanian

  1. Aplikasi Photo Lab

Aplikasi edit foto untuk Android yang direkomendasikan selanjutnya, adalah Photo Lab. Aplikasi pengeditan foto kekinian yang satu ini, mempunyai banyak sekali efek serta mudah untuk digunakan. Dengan menggunakan Photo Lab, Anda dapat melakukan penggabungan antara beberapa foto secara otomatis menjadi satu dalam sebuah frame.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat melakukan pengambilan gambar secara langsung melalui aplikasi ini. Jadi Anda dapat langsung mengedit foto yang baru saja diambil. Ketika Anda hendak mengambil foto, Anda juga dapat mengatur warna yang akan dihasilkan pada foto tersebut hingga mencapai ketajaman warna yang diingkan.

Baca juga: Daftar Aplikasi Perpustakaan

  1. Aplikasi VSCO

VSCO Cam atau juga sering disebut dengan VSCO ini, adalah sebuah aplikasi yang dapat Anda download melalui smartphone Anda untuk urusan fotografi. Anda dapat menggunakan aplikasi yang satu ini pada smartphone Android maupun iOS. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam filter yang menarik, salah satunya adalah filter yang dibuat untuk meniru model film analog.

Selain itu, berbagai macam fitur menarik juga dapat Anda temukan dalam aplikasi ini. Seperti pengaturan warna, kecerahan, ketajaman, dan lain sebagainya. Dapat dibilang bahwa hasil pengeditan foto menggunakan VSCO ini, sangat cocok bagi Anda yang suka mengupload foto dalam media sosial untuk saat ini.

Baca juga: Daftar Aplikasi Cetak Foto

  1. Aplikasi Edit Foto Pixlr

Aplikasi selanjutnya yang cocok untuk mengedit foto melalui smartphone adalah Pixlr. Aplikasi pengolah foto yang satu ini, mempunyai banyak sekali alat, fitur, dan juga efek yang menarik. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, Anda mampu memberikan sentuhan yang unik dalam foto yang telah diambil.

Efek yang disediakan oleh Pixlr, antara lain overlay dan border. Aplikasi ini dapat Anda gunakan pada smartphone bersistem operasi Android maupun iOS. Jadi untuk Anda yang menggunakan iPhone, tidak perlu khawatir lagi karena apliaksi pengedit foto ini sudah tersedia di App Store dan siap untuk digunakan.

Baca juga: Daftar Aplikasi Presentasi

  1. Aplikasi Cymera

Dapat dikatakan bahwa Cymera merupakan salah satu aplikasi pengedit foto yang banyak digunakan oleh para pengguna smartphone Android. Aplikasi ini telah menyediakan berbagai macam fitur yang menarik dan tentunya mendukung proses untuk mempercantik foto yang telah Anda ambil. Beberapa fitur menarik dari aplikasi ini seperti filter and beauty hingga make up.

Dengan menggunakan beberapa filter yang tersedia dalam aplikasi tersebut, maka proses pengeditan foto akan berjalan dengan baik. Khususnya untuk hal wajah, Anda dapat mempercantik dan memperindahnya sehingga tampilan dari wajah tersebut dapat terlihat menjadi lebih sempurna.

  1. Aplikasi Edit Foto PicSay

Mungkin bagi Anda yang suka melakukan pengeditan foto melalui smartphone sejak lama, sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama PicSay. PicSay sendiri menyediakan dua versi, yakni pro dan gratis. Jadi jika Anda masih dalam tahapan mencoba, dapat menggunakan versi yang gratis terlebih dahulu.

Aplikasi ini juga terbilang mudah untuk digunakan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan perbaikan pada warna foto, menambahkan teks, hingga memberi kolom percakapan. Bukan hanya itu, dengan fitur remove red eye Anda dapat melakukan penggabungan anatara dua foto menjadi satu frame.

  1. Aplikasi Prisma Photo Editor

Aplikasi edit foto bernama Prisma Photo Editor ini, telah diklaim memiliki hasil filter terbaik. Aplikasi yang satu ini memerlukan koneksi internet dalam proses pengeditan foto, karena menggunakan metode kecerdasan buatan.

Aplikasi ini juga mempunyai banyak sekali fitur menarik seperti halnya pada aplikasi pengedit foto yang lain. Selain itu, Prisma Photo Editor juga dapat dipadukan dengan aplikasi pengedit foto yang lain. Sehinggan hasilnya akan lebih menakjubkan.

  1. Aplikasi Edit Foto Snapseed

Banyak yang mengatakan bahwa aplikasi pengedit foto online bernama Snapseed ini wajib dimiliki oleh semua orang. Aplikasi yang satu ini menyediakan berbagai macam fitur yang mampu membuat foto Anda menjadi lebih baik dan lebih indah.

Salah satu fitur menarik dari Snapseed adalah Vignette. Fitur ini dapat memberikan efek gradasi terang gelap secara transparan dari tengah hingga pinggir frame. Hal ini sangat cocok untuk memberikan efek dramatis dalam sebuah foto.

Dengan menggunakan beberapa aplikasi edit foto untuk Android dan iOS di atas, tentunya foto Anda akan menjadi lebih keren dan indah. Anda juga tidak perlu repot-repot untuk melakukan pengeditan foto melalui PC atau laptop. Karena dapat langsung mengedit foto melalui beberapa aplikasi tersebut.

Baca juga: Daftar Aplikasi Desain Baju